Monday, December 24, 2018

5 Jenis Teknologi yang Mendorong Tren Bisnis Startup Berkembang Pesat

  Deka pradifta       Monday, December 24, 2018
Jenis teknologi yang mendorong startup memamg perlu anda perhatikan, untuk sekarang ini perkembangan startup di indonesia memang sudah sangat pesat sekali, karena hal ini sudah tidak dapat kita pungkiri lagi dengan hadirnya pengusaha pemula, nah maka dari itu anda perlu mengetahui apa saja jenis teknologi yang membantu atau mendorongnya trend startup tersebut. Walaupun menguntungkan sekali, pastinya anda perlu melakukan pertimbangan terlebih dahulu di bidang teknologi tersebut.
5 Jenis Teknologi yang Mendorong Tren Bisnis Startup Berkembang Pesat

Memang perusahaan startup sekarang ini pada dasarnya sudah berkaitan erat sekali dengan dunia digital, tak heran teknologi tersebut akan membuat perusahaan startup terus tumbuh dan berkembang seiring waktu, namun anda harus melakukan seleksi atau pemilihan terlebih dahulu agar bisnis yang anda jalankan tersebut tidak mengalami kegagalan atau bisa dibilang bangkrut, bila penasaran apa saja jens teknologi digital mendorong trend startup tersebut, silakan langsung simak penjelasannya dibawah ini.

1. Go mobile


Faktor pertama ialah teknologi Go mobile, untuk sekarang ini kita sudah mengetahui semuanya bahwa sudah bersifat go mobile, contohnya bila anda ingin memesan go-jek, tentu lewat aplikasi mobile saja sudah bisa melalukan transaksi kemudahan, tidak hanya itu, akan tetapi belanja online juga dapat dilakukan melalui akses internet mobile.

Baca juga Apa Sih Perbedaan Antara Internet Marketer dgn Pelaku Bisnis Startup ? Ini Jawabannya

Nah yang menjadi pertanyaan ialah, apakah perusahaan startup anda mendukung teknologi go mobile ? Tentu jawaban yang tepat adalah "iya" hal ini dikarenakan teknologi jaman sekarang go mobile memang sudah tidak dapat dielakan lagi, sebab semua perangkat sudah memanfaatkan smartphone sebagai teknologi serba kemudahan, maka dari itu siapkan lah startup anda dengan fitur go mobile, jangan sampai ketinggalan jika ingin bersaing dengan kompetitor.

Apabila sekarang ini aplikasi atau website startup hanya bisa diakses melalui tampilan pc desktop, alangkah lebih baiknya untuk menunjang perusahaan tersebut anda perlu mengubahnya ke versi go mobile, karena untuk sekarang ini pengguna smartphone android terbilang banyak sekali dari tahun ke tahun, sehingga tak jarang semakin tahun akan terus bertambah pengguna mobile smartphone.

2. Kemudahan Pembayaran 


Faktor kedua kali ini yaitu dengan adanya kemudahan pembayaran, sebelumnya kita sudah mengingat bahwa perkembangan jaman akan terus maju, pastinya produk digital akan terus dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat luas, termasuk juga produk digital marketing, nah maka dari itu akan disajikan kemudahan dalam berbelanja online bagi konsumen di internet sehingga tidak perlu ribet lagi ketika ingin melakukan pembayaran, beberapa metode seperti ini terbilang gratis dan mudah dilakukan siapa saja.

Berikanlah kemudahan berbelanja bagi konsumen, jangan dipersulit, karena bisa membuat bisnis anda tertinggal bahkan sangat sulit bersaing, dengan adanya kemudahan ini bisa membuat pelanggan betah berbelanja produk anda. Untuk contoh sederhananya ialah anda membuat online shop website fashion, maka berikan metode pembayaran yang mudah bagi pengunjung.

3. Keamanan Cyber


Keamanan adalah faktor yang sangat terpenting sekali untuk anda perhatikan bagi yang ingin menjalankan bisnis bersifat online, sebab untuk sekarang ini dunia cyber sangat rentan sekali terjadinya pembobolan, entah itu pencur!an, dan pen!puan, nah tentu saja inilah pentingnya keamanan cyber bagi perusahaan startup. Apakah anda mau jika pelanggan mengeluh karena hilangnya data ? Tentu saja tidak, keluhan pelanggan dapat menurunkan reputasi branding perusahaan sehingga bisa mengakibatkan turunnya tingkat penjualan produk di internet.

Untuk poin kali ini yang kami maksudkan ialah teknologi yang bertujuan sebagai pengaman data pelanggan yang ingin berbelanja di website anda, data pribadi seseorang adalah faktor yang paling penting sekali dan harus di jaga kerahasiaannya. Pelaku bisnis startup perlu memperhatikan sekarang juga jenis teknologi seperti ini untuk menunjang kelancaran dan keamanan dalam bertransaksi di internet.

4. Teknologi Media Sosial


Hadirnya media sosial bisa memberikan dampak positif dan negatif bagi kalangan masyarakat umum, pengguna media sosial pada jaman sekarang ini bisa dibilang lumayan banyak sekali sebab social media dapat memudahkan aktivitas sehari-hari di internet, contohnya ialah chatting, update status, dan lain sebagainya. Nah bagi pelaku bisnis online pendiri perusahaan startup tentu bisa memanfaatkan sisi teknologi social media ini sebagai media internet marketing atau bisa dibilang pemasaran online di internet yang bertujuan membentuk branding dan meningkatkan penjualan.

Anda disini harus handal mengelola media sosial sebagai media pemasaran di internet, tidak perlu manajemen banyak akun sosmed, alangkah lebih baiknya fokus pada satu medsos saja, contohnya seperti facebook, dimana pengguna media sosial ini menempati urutan nomor dua dalam kategori pengguna terbanyak sedunia. Jadi, anda bisa menggunakan teknik pemasaran online versi gratisan maupun berbayar seperti media periklanan facebook ads.

5. Penyimpanan Data


Pada poin sebelumnya kita sudah membahas mengenai keamanan cyber dimana hal ini berguna untuk pengaman transaksi di internet, namun untuk poin terakhir kali ini cukup berbeda sekali karena anda perlu melindungi data pribadi pelanggan, kita sudah tahu bahwa data pribadi merupakan data paling terpenting dan harus di rahasiakan. Jadi, ketika konsumen melakukan transaksi anda perlu juga menyimpan data tersebut.

Baca juga Kewajiban Digital Agency dalam Kampanye Produk Sebuah Bisnis

Kebanyakan pelaku bisnis startup sering melontarkan pertanyaan, bagaimana bisa memakai teknologi tersebut, sedangkan biayanya sangat mahal sekali ? Sebagai solusi termudah anda bisa memanfaatkan infrastruktur sebagai media tempat penyimpanan data yang paling murah. Setidaknya dalam penyimpanan data ternyata asa beberapa hal yang perlu anda perhatikan ialah luasnya tempat penyimpanan tersebut, daya, hingga jaminan keamanan. Nah dengan memperhatikan ketiga hal tersebut akan bisa membuat perusahaan startup anda lebih terpercaya.

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah ditulis tentang jenis teknologi yang mendorong trend startup, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan lebih luas dan bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih

logoblog

Thanks for reading 5 Jenis Teknologi yang Mendorong Tren Bisnis Startup Berkembang Pesat

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.