Thursday, February 28, 2019

Analisa Lengkap Modal Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan Ibu Rumah Tangga

  Deka pradifta       Thursday, February 28, 2019
Peluang usaha mie ayam - ada banyak sekali bisnis yang dapat anda jalankan sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar, mulai dari membuka usaha mie ayam, usaha di pinggir jalan, hingga bisnis online juga dapat digeluti. Namun bagi mereka yang hobi dalam memasak tepatnya di bidang kuliner, maka memulai bisnis peluang usaha jual mie ayam ini adalah jalan yang tepat untuk dicoba.

Perlu diketahui juga bahwa usaha mie ayam ternyata tidak semuah yang dibayangkan banyak orang, disini pastinya kita harus mengeluarkan modal agar peralatan hingga bumbu masak mie ayam atau bisa disebut sebagai bakmie ayam dapat terpenuhi.
Analisa Lengkap Modal Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan Ibu Rumah Tangga
Terkadang sebuah analisa juga sangat diperlukan dalam mendukung perlengkapan ilmu anda ketika terjun ke usaha tersebut nantinya. Pada dasarnya mie ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mie rebus campuran daging, sayur-sayuran, pentol, serta campuran kuah sebagai pelengkap rasa.

Tidak hanya itu saja, mie ayam sudah termasuk dalam kuliner terpopuler tepatnya di Asia tenggara timur dan pastinya ini adalah salah satu makanan paling disukai masyarakat Indonesia, anda bisa memanfaatkan peluang ini dalam membuka usaha jual mie ayam modal kecil untung besar.

Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya masakan kuliner mie ayam ini ? Saya yakin anda pasti pernah sekali, dan pastinya tidak asing dengan olahan bumbu menggiurkan dengan beberapa campuran cincangan daging serta bawang goreng dan kaldu yang nikmat.

Peluang Usaha Mie Ayam Rumahan Dan Toko


Menurut beberapa data yang kita ketahui bersama bahwa penikmat makanan kuliner mie ayam ini ternyata mencakup berbagai kalangan, artinya tidak memandang usia, bahkan bisa dari kalangan orang tua, remaja hingga anak-anak suka dengan masakan mie ayam.

Baca juga 7 Inspirasi Jenis Usaha Yang Cocok Ada Di Lingkungan Dekat Sekolah

Anda bisa mengambil peluang ini sebagai usaha sampingan yang menghasilkan keuntungan besar sekali, beberapa orang diluar sana sudah banyak yang sukses hanya berawal dari berjualan usaha masakan mie ayam ini saja.

Lalu yang menjadi pertanyaan ialah apa saja persiapan rincian modal awal yang harus dilaksanakan ? Beruntungnya sudah saya ulas dengan lengkap pada artikel bawah ini, silakan anda simak baik-bai

Analisa usaha mie ayam bakso


Persiapan


  • Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah modak awal yang tepat dalam menjalankan bisnis jualan mie ayam di pinggir jalan atau bisa langsung dirumah, merincikan modal harus akurat agar bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.
  • Kedua yakni perlu lakukan perincian membeli peralatan secara detail untuk kebutuhan usaha anda nantinya agar bisa berjalan dengan lancar, contohnya meja, kursi, gerobak, sewa tempa, kompor, dan lain sebagainya.
  • Perlu handal dalam meracik bumbu mie ayam, disini anda harus memiliki catatan resep sebagai simpanan ketika ingin membuat masakan, atau bila punya pengalaman membuat mie ayam maka anda bisa membuat ciri khas makanan supaya lebih menarik.
  • Perlu menyajikan tempat yang bersih dan nyaman agar tidak terlihat kotor, serta perlu juga membuat perisiapan makanan dan minuman yang harus disuguhkan kepada pelanggan.

Pelaksanaan


  • Anda perlu melaksanakan dalam menyiakan beberapa bahan, serta harus meracik semua bahan untuk mengolah masakan lebih lezat
  • Tidak hanya itu saja, anda juga harus membersihkan semua peralatan sebelum melaksanakan usaha tersebut agar terlihat bersih, intinya buatlah proses produksi anda sebaik mungkin.
  • Persiapan pemasaran juga wajib dilakukan agar usaha tersebut cepat laris dan bisa mendatangkan pelanghan lebih banyak. Bisa dilakukan marketing mulut ke mulut atau bisa juga langsung ke promosi media sosial.
  • Ada banyak sekali teknik promosi yang bisa dilakukan, contohnya lewat media sosial, membuat brosur dan bagikan ke banyak orang, kirim SMS, dan lain sebagainya.

Hambatan atau kelemahan usaha mie ayam


  • Jika pemasaran yang anda lakukan kurang gencar, maka akan terasa sangat sulit sekali untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak.
  • Bila racikan olahan atau rasa mie ayam dirasa kurang cocok, maka akan sulit sekali dalam mendapatkan pelanggan, hal ini mampu menguragi reputasi bisnis anda.
  • Punya banyak pesaing, sudah kita ketahui sebelumnya bahwa memulai bisnis ini pasti ada banyak sekali kompetitornya.

Modal usaha mie ayam 2019

Analisa Lengkap Modal Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan Ibu Rumah Tangga
Membeli atau membuat gerobak jualan dengan modal kisaran Rp 1.000.000

Beli peralatan kompor gas, cukup satu kisaran Rp 250.000

Mempersiapkan tabung gas kecil beserta isinya Rp 160.000

Membeli tempat masak sekitar Rp 500.000

Perlatan tempat makan, contohnya mangkok Rp 60.000, bisa beli beberapa lusin

Keperluan sendok beli 2 lusin sekitar Rp 50.000

Tidak hanya sendok, sumpit juga perlu, kisaran harga Rp 8.000

Tempat penyaringan rebusan mie Rp 35.000

Membeli peralatan sendok sayur Rp 14.000

Membeli mesin untuk penggilingan pembuatan mie Rp 500.000

=
Jika ditotalkan semuanya mencapai jumlah sekitar Rp.2.557.000

Perlengkapan


Modal membeli kantong plastik Rp 50.000

Membeli gas untuk kebutuhan sekitar Rp 70.000 ( 14.000 × 5 )

Peralatan payung seharga Rp 50.000

Total jumlah perlengkapan mencapai Rp 170.000

Bahan baku


Membeli sambal dan perlengkapan bahan lainnya Rp 10.000

Kebutuhan kecap cukup 1 botol sekitar Rp 3.500

Kebutuhan saos sebagai pelengkap mie ayam cukup 1 botol Rp 6.000

Beli daging ayam segar ( minimal butuh sekitar 4-5 porsi ) 3 kilogram, Rp 66.000

Kebutuhan pelengkap sayuran masakan 4 kilogram Rp 12.000

Perlengkapan penyedap atau bumbu lainnya Rp 10.000

Membeli minyak sayur sekitar Rp 8.000

Kebutuhan tepung sebanyak sekitar 50 porsi, total semua Rp 30.000

Kebutuhan membeli telor sebanyak 15 biji, Rp 12.000/1 kilogram

Jumlah keseluruhan bahan baku sekitar Rp 157.000

Menghitungkan laba/rugi dalam per bulannya


Jika dalam sehari usaha anda bisa laku pelanggan 50 porsi × 1 bulan/30 hari × 1 porsi Rp 10.000 = Rp 15.000.000

Pengeluaran uang untuk biaya-biaya per bulan

Membeli bahan baku dengan jumlah Rp. 4.725.000

Kebutuhan perlengkapan lainnya dengan total Rp 250.000

Biaya untuk membayar gaji karyawan per bulan Rp. 750.00

Pengeluaran biaya yang tak terduga kisaran Rp 300.000

Jumlah seluruh pengeluaran uang sekitar = Rp 6.025.000

Laba atau rugi bersih = anggap pendapatan yang dicapai sebulan sekitar (Rp 15.000.000) - Biaya-biaya lainnya (Rp 6.025.000) = Rp 9.000.000

Baca juga Analisa Lengkap Cara Usaha Kredit Barang Biar Sukses Untuk Pemula

Itu hanya perkiraan saja dari beberapa survei yang saya dapatkan, silakan sesuaikan dengan analisa yang anda inginkan, atau bila bingung, silakan lihat referensi diatas sebagai tips untuk menambah wawasan dalam membangun bisnis tersebut.

Keuntungan jual mie ayam


1. Keuntungan lebih besar


Ini adalah salah satu keuntungan pertama yang anda dapatkan, sebelumnya analisa diatas sudah kita lihat bersama-sama bahwa hitungan profit dari jualan mie ayam memang terbilang lumayan menjanjikan, bahkan sekarang ini sudah banyak orang yang sukses hanya berawal dari usaha tersebut.

2. Pengeluaran modal lebih kecil


Tidak perlu banyak, dengan modal 3 jutaan saja anda sudah bisa membeli semua perlengakan mie ayam termasuk bahan baku, bahan masak, dan perlengkapan peralatan lainnya.

Sebagai tempat usaha bisa langsung mulai dari rumah atau membuat gerobak sendiri agar lebih terjangkau pengeluarannya, nah memang beberapa orang memilih sewa tempat di toko ataupun warung, saran saya pilih angsuran bayaran yang murah.

3. Tidak ada matinya


Hal ini tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa menggeluti usaha di bidang kuliner tepatnya di usaha jual mie ayam ini memang tidak ada matinya, sampai kapanpun orang lain butuh yang namanya makan, apalagi mereka yang termasuk pecinta kuliner.

Tidak hanya itu, masakan mie ayam juga sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, ada berbagai kalangan yang menyukai makanan kuliner yang satu ini terutama orang tua, remaja, dan anak-anak.

Baca juga Peluang Bisnis Jualan Apa Ya Enaknya Dirumah, Yang Cepat Laku

Tidak perlu menyewa tempat yang mahal, cukup sederhana saja contohnya gerobak, toko, ataupun bisa juga menyewa di warung kecil.

Dibawah ini adalah contoh usaha mi ayam yang sudah berdiri 13 tahun lebih dengan omset menggiurkan, bisa anda lihat

Kesimpulan


Intinya dalam membangun bisnis ini anda perlu jeli memilih lokasi yang strategis, jangan berjualan di tempat yang sepi, lakukan survey lapangan terlebih dahulu untuk mengetahui kepadatan penduduk di sekitarnya. Jika berdekatan dengan kampus mahasiswa itu akan lebih efektif lagi.


logoblog

Thanks for reading Analisa Lengkap Modal Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan Ibu Rumah Tangga

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.