Tuesday, July 30, 2019

14 Jenis Jajanan Usaha Dagang Sarapan Pagi Hari Sampai Siang

  Deka pradifta       Tuesday, July 30, 2019
Usaha dagang saparan pagi - jika anda bertempat tinggal di lokasi yang padat dengan penduduk masyarakat, maka menjalankan bisnis berdagang atau berjualan adalah potensial yang sangat bagus sekali dicoba terutamanya peluang usaha dagang sarapan pagi yang sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi masyarakat bila ingin makan dan malas memasak di rumah.

Memang situasi pagi sering kali membuat banyak orang terdesak dengan kesibukannya masing-masing, contoh mengantar anak, berangkat bekerja, berkarir di rumah, dan lain sebagainya.

Dari beberapa kesibukan tersebut terkadang membuat ibu rumah tangga enggan memasak di pagi hari, mereka lebih ketimbang memilih maasakan yang dijual lingkungan sekitar, entah itu jajanan kue untuk buah hati maupun masakan untuk sang suami.

Ibu-ibu rumah tangga lebih suka memilih jenis makanan yang sifatnya praktis seperti mie instant yang harganya relatif lebih murah, bahkan penyajiannya juga mudah, namun sekarang panganan mie instant bukan solusi yang bagus untuk sarapan pagi hari.

Karena kurang menyehatkan..

Selain itu juga, mie intanst kurang baik untuk nutrisi tubuh, jadi jangan heran banyak orang lebih afdol membeli masakan di luar.

Menurut saya menjalankan bisnis berjualan di pagi hari untuk penyajian orang sarapan merupakan sesuatu yang menguntungkan sekali, sebab dalam sehari anda mampu maraup keuntungan hingga ratusan ribu rupiah.

Jenis usaha pagi hari

Pada artikel ini saya memberikan dua paparab informasi yaitu makanan dan juga masakan yang cocok di bisnis pagi hari sampai siang hari, silakan anda simak baik-baik artikel dibawah ini dengan baik.

Macam-macam makanan untuk sarapan pagi

1. Lemper

Sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, nah kue lemper jajanan saparan  pagi yang satu ini ternyata cukup digemari oleh kalangan anak-anak maupun orang dewasa, bahkan tidak hanya itu saja, dalam menentukan target konsumen kue lemper ternyata lebih mudah.
Lemper
Dalam pembuatan kue lemper bisa dibilang simpel sekali, anda hanya memerlukan beberapa bahan alami saja tanpa bahan pengawet sekalipun kue lemper dapat dinikmati dengan cita rasa lezat. Siapapun bisa membuatmya.

Baca juga 14 Inovasi Menu Usaha Angkringan Kekinian, Unik, Dan Modern Paling Laris

Untuk harga jual, berikan saja patokan per biji antara Rp. 1000 - Rp. 2000.

Resep lemper

1 kilo gram beras ketan
2 lembar daun salam segar
3 daun pandan muda
1 sendok teh kaldu jamur
2 sendok teh garam
200 gram gula pasir
600 ml santan cair

Isi :

75 gram gula
Setengah sendok teh lada
3 siung bawang merah
Setengah gelas air
1 sachet santan kara
200 gram ayam rebus, suwir-suwir saja.
1 sereh
1 sendok teh kaldu jamur
Setengah sendok teh garam
2 lembar daun salam
1 daun jeruk

Langkah membuat

1. Langkah pertama silakan rendam beras selama 1 jam, kemudian tiriskan.
2. Setelah itu anda masak santan, jangan lupa masukan juga bumbu gula, santan, garam, daun salam, kaldu, sereh, dan pandah. Masak sampai mendiidih...

Apabila sudah mendidih, masukan saja langsung beras ketannya, aduk perlahan agar tidak melengket di wajan.

Dalam langkah ini kita sembari memanaskan kukusan

3. Langkah ketiga jika sudah panas kukusan tadi, pindahkan nasi aron ke dandang, proses mengukus memakan waktu sekitar 1 jam.

4. Dalam membuat isinya mudah saja, pertana haluskan bawang putih dan bawang merahnya, goreng saja sampai tercium aroma wangi, jangan lupa tambahkan juga bahan rempah tadi sepsrti daun salam, lada bubuk, daun jeruk, dan sereh geprek. Masukan air santan cair

5. Aduk masakan santai beserta rempah tadi, bila dirasa sudah mendidih, masukan ayam suwir, kemudian matikan apinya.

6. Bila ketan tadi sudah matang, silakan anda buat bulatan se kepal, masukan daging ayam suwir, setelah itu bulatkan lagi dengan dibungkus daun pisang.

Selesai, mudah sekali bukan... ekonomis namun menjanjikan bisa dapat uang banyak

2. Lopis

Sudah ingat dengan jajanan makanan lopis, nah lopis adalah salah satu kue tradisional yang sekarang ini sudah mulai sulit untuk dijumpai, hal ini dikarenakan banyaknya hadir kue-kue dengan varian warna serta bentuk terbaru.

Dengan sulitnya dijumpai penjual kue lupis, maka dunia persaingan usaha akan semakin mudah bahkan dalam pembuatan kue ini terlihat tidak ribet hanya membutuhkan taburan kelapa parut, gula merah, dan bahan lainnya, maka lupis sudah dapat dinikmati.
Lupis
Resep

Berapa lembar daun pisang, secukupnya saja
Siapkan kelapa parut kukus
Vanili dan garam
Seperempat sendok tepung maizena
2 sendok makan gula pasir, bisa disesuaikan sendiri
50 ml air
200 gram gula merah
500 gram beras ketan
Siapkan sedikit pasta pandan

Langkah membuat

1. Langkah pertama silakan anda cuci sampai bersih beras ketan tadi, lalu tirisikan, nah disini kita tidak perlu merendam beras tadi.

2. Jangan lupa siapkan juga beberapa lembar daun pisang, potong dengan bentung panjang lalu rapikan.

3. Ketiga, tinggal anda masukan beras ketan tadi yang sudah dicuci ke daun pisang, lipat sampai tertutup, jangan sampai banyak lubangnya. Pakai tusuk gigi untuk menutup

4. Berikutnya anda siapkan saja air rebusan, kemudian teteskan pasta pandan sesuai selera alangkah baiknya sedikit saja, jika sudah masukan lupis panaskan selama 7 menit dengan cara ditutup rapat, lalu matikan dan diamkan selama 30 menit.

5. Tiriskan saja, biarkan lupis mengeras dan agak dingin

Untuk membuat kinca cukup anda iris-iris gula aren tadi dan jangan lupa masukan ke dalam panci dengan air mendidih, tambahkan garam, gula pasir, vanili, maizena.

7. Terakhir, silakan balur lupis dengan parutan kelapa parut, selesai...

Untuk menjual jajanan ini, berikan patokan harga Rp. 2000 per bijinya

3. Martabak mini

Saya yakin anda pasti mengenal yang namanya martabak, apalagi bentuknya yang mini, biasanya di jual ke banyak orang dengan patokan harga sekitar Rp. 2000 - Rp. 3000, tergantung rasanya.

Kalau di lokasi saya nama makanan yang satu ini sering disebur sebagai "terang bulan", mengapa ? Karena sering dijual di malam hari.
Martabak mini
Anda dapat menghasilkan keuntungan besar hanya menjual makanan martabak mini ke anak-anak maupun orang dewasa. Bila berminat silakan simak resepnya dibawah ini.

Bahan campuran

Siapkan 100 cc air
1 butir telur
Seperempat sendok teh baking powder
7 sendok makan tepung terigu

Bahan pengembang
5 sendok teh gulpas
Siapkan secukupnya gulpas
2 sachet susu kental manis coklat
Keju parut, sesuai selera saja
Toping
100 cc air 
1 sendok teh fermipan

Langkah membuat

1. Langkah pertama silakan anda campurkan saja bagan pengembang tadi, aduk bersama dengan gula sampai larut san terlihat agak mengembang

2. Berikutnya campur saja bahan campuran dan jangan lupa tambahkan adonan bahan pengembang. Disini anda harus terus mengaduknya sampai tercampur rata dan agak mengental, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai mengental dan terlihat berongga.

3. Nyalakan api dan panaskan cetakan, bisa gunakan cetakan bolu ataupun apem, gunakan api kecil saja, tambahkan mentega di cetakan tersebut.

4. Masukan adonan martabak, tekan dengan sendok agar sedikit berbentuk lempeng, berikan juga toping berupa keju parut, gula, dan susu coklat tadi.

Masak hingga setengah matang, biasanya diamkan hingga 5 menit lalu hidangkan kepada pelanggan.

Tips yang harus diperhatikan : hati-hati dalam memasaknya, jangan sampai gosong bagian bawah martabak.

4. Pastel

Pastel adalah jajanan yang cara pengolahannya dengan di goreng, rasanya nikmat membuat banyak penggemarnya suka mencicipinya makanan ini saat pagi hari
Pastel
Sebenarnya ada dua jenis cemilan pastel yang bisa kita sajikan yakni pastel kering dan juga pastel basah, namun saat ini yang cukup popoler  dengan banyak peminat ialah lebih memilih pastel kering ketimbang yang basah.

Anda bisa membuatnya dengan mudah, ikuti resepnya di Google. Untuk per biji di hargai kepada pelanggan sekitar Rp. 2000, silakan coba saja, tentu ada keuntungan dari penjualan yang anda dapatkan.

5. Risoles isi nasi

Risoles pada umumnya berisi sayuran, dan juga daging ayam, namun kali ini agak unik yaitu berisi nasi. Mengapa demikian ? Karena saat pagi hari banyak orang membutuhkan karbohidrat untuk mengenyangkan perut. 

Jadi, saya lebih memilih risoles isi nasi, selain modalnya lebih ekonomis ternyata membuatnya juga terbilang mudah, mengingat harga daging sekarang ini lumayan mahal.
Risoles isi nasi
Resep

Pertama siapkan minyak goreng
Tepung panir
1 butir telur
Air
Penyedap rasa ( royco )
1 sendok makan terigu
1 sendok susu bubuk cair
Mozarella secukupnya saja, potong sesuai selera
Seperempat batang keju parut
1 wortel potong kotak kecil-kecil
4 siung bawang merah, iris tipis saja
Nasi 1 piring
1 sendok makan daging giling
1 daun bawang

Langkah membuat

1. Pertama silakan anda tumis saja bawang merah yang sudah di iris tadi sampai tercium wangi, jika sudah jangan lupa masukan 1 sendom daging hilung tadi beserta daun bawang dan wortel, aduk hingga rata.

2. Langkah kedua masukan saja nasi, berikan air susu, air biasa, keju parut, penyedap rasa ( royco ), dan garam. Masak sampai airnya mendidih.

3. Nah sambil kita menunggu minyak goreng yang dipanaskan, maka alangkah baiknya bentuk nas risoles tadi sesuai keinginan kita, bisa masukan isinya dengan keju mozarella. Lakukan cara ini sampai nasinya benar-benar habis.

4. Terakhir bila sudah dibentuk, silakan celupkan nasi risoles tadi ke adonan kocokan telur, balurkan hingga rata diserta tepung manir rata. Kemudian lanjut goreng dengan api kecil, goreng hingga berubah warna agak kuning. Silakan sajikan

Perlu diketahui, risoles nasi lebih cocok anda jual saat pagi hari, cemilan ini bisa saja anda jual di pinggi jalan, karena penikmatnya bisa dari berbagai kalangan. 

Menjual nasi risoles saat malam hari ternyata tidak efektif...

Menu warung pagi

Pada penjelasan di atas kita sudah menulis mengenai jual sarapan unik tentang makanan atau bisa disebut cemilan, nah pada poin kali ini memang berbeda yaitu mengenai topik warung pagi.
Kedua konsep tersebut bisa anda kombinasikan agar lebih laris manis usahanya, silakan simak dibawah ini.

6. Nasi kuning jawa

Menu yang paling cocok sekali dalam usaha dagang pagi hari ialah berjualan nasi kuning jawa, biasanya kalau di kalimantan nasi kuning versi jawa yang satu ini cukup ngetrend dan paling banyak di buru oleh ibu rumah tangga maupun mahasiswa. 
Nasi kuning jawa
Rasanya memang enak karena ciri khas nasinya yang bewarna kuning akibat dari bahan rempah asli kunyit disertai campuran bumbu lainnya. Anda bisa berjualan nasi kuning jawa di pinggir jalan ataupun pada warung-warung sederhana yang beralaskan meja dan kursi.

Penasaran...

Resepnya dibawah ini

Garam secukupnya
Kaldu bubuk
1 sendok teh ketumbar bubuk
2 batang sereh, geprek saja
2 centimeter laos
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
800 ml air bersih + 1 bungkus sachet santan 
100 gram beras ketan
500 gram beras

Bumbu Halus

2 ruas kecil kunyit
1 siung baput, pakai ukuran kecil saja
2 siung bamer

Lauk

Bawang merah yang sudah digoreng untuk taburan
2 potong ayam goreng atau bisa diganti telur rebus

Langkah membuat

1. Cara pertama, silakan anda rendam secara bersamaan beras ketan dan beras biasa selama kurang lebih 1 jam, jika sudah tiriskan saja, lalu aduk lagi hingga rata campurannya. Selanjutnya kukus lagi beras yang sudah di aduk tadi selama 30 menit. 

Bila terlihat matang, angkat dan taruh dalam wadah yang besar.

2. Kedua, tinggal anda haluskan saja beberapa rempah bumbu tadi kecuali sereh, daun pandan, jahe, daun jeruk, dan laos. Untuk bumbu seperti sereh, jahe, daun pandan, laos, daun jeruk cukup anda rebus bersama kaldu bubuk dan air sampai tercium aroma wanginya, jangan lupa masukan juga santan hingga mendidih.

3. Proses selanjutnya anda cukup masukan saja santan tadi sedikit demi sedikit denga cara disarung ke dalam nasi aron, dalam tahap ini harus di aduk pelan-pelang sampai santan di tuang hingga habis.

Tambahkan juga bumbu rempah ketumbar bubuk, nah anda perlu mengukus nasi sampai matang selama 30 menit.

Perlu di ingat, untuk sepiring harga jual nasi kuning jawa yakni Rp. 10.000, takaran porsu menyesuaikan dengan permintaan harga konsumen.

Analisanya anda perlu memasak nasi kuning jawa lebih banyak di rumah dan menjualnya kembali menggunakan bungkusan dengan cantuman harga Rp. 10.000 per bungkus.
Atau bisa juga menyajikan langsung beserta ayamnya, tapi anda membutuhkan etalase dan meja sebagai perlengkapan jualan.

8. Lontong sayur bumbu pecel

Biasanya lontong sayur menggunakan bahan bumbu rempah santan sebagai media kuahnya, namun ini agak terdengar unik yaitu menggunakan bumbu pecel sebagai kuahnya. Rasanya tetap nikmat bagi pecinta lontong sayur.
Terbukti laris manis sebab cita rasanya sangat khas, anda bisa menambahkan menu ini ke usaha warung jualan pagi nantinya. Resepnya ada dibawah ini, simak saja :

300 gram sayur kangkung
300 gram sawi
1 liter air bersih
Beberapa tusuk gigi
Beras 1 gelas
Plastis es 1 bungkus, ukurannya bebas saja

Bumbu kacang

Minyak secukupnya
Garam secukupnya
2 siung bawang putih
1 ruas kencur
10 cabe (sesuaikan selera saja)
2 lembar daun jeruk
100 gram kacang tanah

Langkah membuat

1. Pertama silakan cuci beras tadi sampai bersih, selanjutnya isi palstik es tadi dengan setengah beras, rebus hingga matang menjadi lontong. Bisa pakai metode 5,30,7 agar menghemat gas anda

2. Bila bingung ternyata caranya cukup mudah, pertama masukan saja beras ke dalam air selama 5 menit merebusnya, lalu matikan dan tutup kompornya selama 30 menit, nyalakan lagi dan rebus selama 7 menit. Tiriskan...

3. Langkah ketiga anda harus mencuci sayur tadi sampai bersih dan merebusnya, jika sudah silakan tiriskan

4. Berikutnya anda perlu menggoreng kacang tadi sampai matang, lalu tiriskan, kemudian goreng lagi rempah seperti daun jeruk, bawang putih, cabe, dan kencur. Jika kacang sudah digoreng, silakan blender saja sampai setengah hancur.

Selanjutnya siapkan juga cobek, campurkan bumbu rempah yang sudah digoreng tadi, ulek saja hingga berbentuk setengah hancur, jangan lupa tambahkan gula beserta kacang tanah. Ulek semua bahan tersebut sampai tercampur merata, agar berbentuk seperti pasta bisa tambahkan air sedikit demi sedikit.

5. Terakhir tinggal anda susun saja lontong dalam piring, tambahkan sayur sebagai pelengkap, tuang bumbu kacang ke lontong tersebut. 

Untuk harga per piring sekitar Rp. 10.000 saja.

9. Soto ayam

Selain lontony sayur ternyata soto ayam cukup memiliki peminat yang banyak, masakan yang satu ini banyak di gandrungi oleh berbagai kalangan karena cita rasanya yang nikmat disertai kuah lezat.
Soto ayam
Cara membuanya pun mudah, anda hanya memerlukan beberapa rempah bahan saja, untuk harga jual bisa diberikan patokan harga Rp. 10.000 per piringnya. Masakan soto sangat laris dijajakan pada pagi sampai siang hari.

Resep

1 siung bawang bombay, iris saja
1 mangkok bihun
Setengah kg ayam, bisa pakai ayam kampung

Bumbu halus

Setengah sendok makan merica
Seperempat ruas kunyit
Jahe 
3 kemiri
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah

Bahan topping

1 helai daun seledri
Setengah tomat
1 butir telur
2 buah kentang

Langkah

1. Pertama anda perlu merebus ayam bagian dada atau paha tersebut dengan api kecil, tambahkan bawang bombay.

2. Selagi kita menunggu rebusan tadi hingga mendidih, anda perlu mengulek bumbu halus tadi untuk dimasukan ke rebusan ayam.

3. Agar lebih nikmat, bisa tambahkan penyedap rasa contohnya royco atau kaldu ayam sachet.

4. Supaya lebih wangi lagi aromanya, tambahkan rempah sereh, daun salam, lengkuas. Bila mendidih silakan saja sajikan.

Perlu diketahui, anda perlu membuat soto ayam dalam porsi yang banyak seperti pada kuah, ayam, dan juga sayurannya untuk dijual kepada pelanggan.

10. Mie goreng sosis

Sudah ada banyak menu yang ada di beberapa warung menyajikan mie goreng sebagai masakan andalan mereka, hal ini dikarenakan masakan mie tidak kalah nikmatnya dibandingkan masakan lainnya.

Membuatnya juga mudah, untuk harga jual mie goreng sosis sangat bervariasi, biasanya disajikan menggunakan piring ataupun dijual pakai bungkusan plastik.
Mie goreng sosis
Untuk 1 piring mie goreng harganya Rp. 10.000, untuk bungkusan hanya Rp. 8.000.

Resep

Lada
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Setengah kaleng kornet sapi
Sosis 2
1 ikan caisim, potong saja kecil-kecil
Wortel 
3 siung bawang putih, iris tipis-tipis
2 telur yang di dadar 
1 mie telor, rebus saja dan tiriskan

Langkah membuat

1 Panaskan wajan, goreng telur dadar lalu acak2 dan sisihkan.

1. Pertama perlu panaskan wajan, goreng 2 telur tadi, dadar saja. Sisihkan masing-masingnya

2. Kedua, tambahkan lagi sedikit minyak, langsung saja tumis semua bumbu rempah tadi seperti bawang putih, bila sudah harum jangan lupa tambahkan kornet sapi. Masukan juga beberapa garam, lada, gula secukupnya, caisim, dan wortel. Supaya wortel tidak mengeras, tambahkan sedikit air, masak setidaknya 5-10 menit.

3. Apabila terlihat mendidih dan wortel tidak mengeras, silakan anda tambahkan saja sosis potong, telur dadar, mie telur. Aduk sampai semuanya merata, berikan sedikit kecap manis.

11. Nasi uduk

Hampir sama dengan nasi kuning jawa, namun yang membedakan nasi uduk ialah lada rempah yang yang lebih komplit, rasanya juga tak jauh berbeda. Biasanya nasi uduk lebih cocok anda jual pada pagi hari, terutama orang yang mencari masakan sarapan pagi.
Nasi uduk
Untuk per porsi nasi uduk yaitu Rp. 10.000 per piring, lebih nikmat lagi disajikan bersama dengan kerupuk.

Resep

1 sendok makan minyak
1 sendok garam
Ketumbar bubuk
1 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
Sereh, geprek saja
3 siung bawang putih
1 sachet santan kara
1 kilogram beras

Langkah membuat

1. Pertama anda perlu mencucui beras sampai bersih, lalu jika sudah, masukan juga santan kara tadi, jangan lupa tambahkan bahan rempah bawang putih yang sudah dihaluskan, daun jeruk, ketumbar, garam, dan 1 sendok minyak goreng, aduk rata sampai semuanya meresap.

2. Masak di magic jar seperti biasa, apabila dirasa matang, aduk nasinya sampai santan tadi tercampur sempurna.

3. Selesai, tambahkan ayam goreng dan sayuran lainnya sebagai pelengkap nasi uduk.

Mudah sekali bukan...

12. Bubur ayam rumahan

Tahukah anda bahwa masyarakat Indonesia ketika pagi hari pasti mencari bubur ayam untuk sarapan mereka, nah sebenarnya masakan bubur ayam merupakan kuliner yang bahan pokoknya terbuat dari beras dengan dimasak sampai bentuknya agak lunak layaknya bubur.
Bubur ayam
Pada setiap daerah mempunyai variasi bubur yang berbeda-beda namanya, bahkan rasanya. Tapi tetap nikmat walaupun berbeda.

Contohnya jika di daerah bandung maka populer masakan dengan nama jenis bubur ayam bandung, begiti juga di kota Jakarta, maka jenisnya lebih dikenal dengan nama bubur ayam jakarta, padahal bahan remaphanya tidak jauh berbeda😂.

Harga jualnya juga cukup murah, bisa dibanderol mulai dari Rp. 8.000 - Rp. 10.000, anda bisa menjadikan menu masakan ini sebagai alternatif usaha berdagang nantinya.

13. Nasi pecel

Bahan pembuatan nasi pecel ternyata tidak banyak, jadi modal yang dikeluarkan juga relatif lebih kecil, nah dari beberapa masakan diatas bisa anda pilih salah satu alternatif nantinya untuk berjualan, contohnya adalah nasi pecel, dimana pembuatannya lebih mudah.
Harga jual bisa diberi patokan harga Rp. 10.000 per porsinya. Resepnya bisa anda simak dibawah ini :
Nasi pecel
Bumbu pecel :

Gula secukupnya
Garam secukupnya
1 buah jeruk nipis
3 cabai, bisa sesuai selera 
3 siung bawang putih
Gula merah
Seperempat kacang tanah

Sayuran :

Beberapa daun kemangi
Toge
Beberapa helai Kacang panjang
Sayur bayam, bisa juga ganti kangkung atau sawi

Pelengkap :

Peyek daru kacang
Nasi yang sudah masak
Beberapa tempe goreng

Langkah membuat

1. Pertama kita harus membuat bumbu pecel, caranya silakan gorng kacang kemudian tiriskan, tuang kacang tersebut ke cobek, tambahkan gula, garam secukupnya, dan gula aren, lalu ulek hingga halus.

Untuk mengetes pasta bumbu kacang tadi bisa tambahkan air sedikit demi sedikit

2. Terakhir tinggal anda sajikan saja beserta nasi, jangan lupa tambahkan sayuran maupum tempe goreng, siram dengan bumbu pecel yang sudah halus.

Note : anda harus membuat bumbu pecel dalam jumlah yang banyak, resep diatas saya paparkan untuk satu piring saja.

14. Nasi kucing

Saya yakin anda pasti mengenal yang namanya nasi kucing ini, nah masakan nasi kucing cukup populer di kota jogja dimana penjualnya adalah pedagang angkringan pada malam hari, walaupun begitu ternyata nasi kucing banyak diburu masyarakat pada pagi hari.

Harganya juga cukup terjangkau, untuk 1 bungkus nasi kucing dapat dibeli dengan harga Rp. 5.000, bila anda berminay silakan tekuni bisnis dagang sarapan pagi ini dengan menambahkan menu nasi kucing, resenya ada dibawah ini :

1 papan kecil tempe
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
5 buah lombok hijau
2 buah cabe rawit
1 ruas lengkuas/laos
Secukupnya garam dan masako
Secukupnya gula aren

Gula aren secukupnya
Penyedap rasa royco dan garam
1 ruas laos
1 buah cabe, bisa sesuaikan selera
4 buah cabe hijau
1 siung bawang putih, iris tipis
1 papan tempe yang sudah di goreng
2 siung bawang merah, iris tipis

Langkah

1. Langkah pertama langsung saja tumis semua bumbu tadu seperti bawang putih, bawang merah, cabe, dan laos geprek secara bersamaan sampai tercium aroma wanginya

2. Bila sudah harum, masuan gula aren secukupnya, berikan sedikit air agar tidak kering

3. Jangan lupa masukan juga tempe goreng disertai bumbu penyedap rasa royco. Bila sudah dirasa matang, silakan bungkus nasi panas beserta osengan tempe tadi, nah sekarang nasi kucing sudah siap anda jual.

Note: untuk membungkusnya bisa gunakan daun pisang supaya lebih hemat.

Tips membuat sambal penambah selera konsumen

Orang Indonesia kalau tidak makan tidak dengan sambal, tentu masih ada yang kurang, nah maka dari itu anda wajib menambahkan sambal terutama mereka yang pecinta pedas.
Sambal tomat
Triknya sederhana sekali, kita wajib menyajikan sambal yang enak agar bisa mengunggah selera makan orang lain terutama konsumen kita, jadi anda harus pintar dalam mengolahnya. 

Bila tidak tahu resepnya, simak dan catat resepnya ada dibawah ini :

Minyak goreng secukupnya
Garam, gula secukupnya
Setengah jeruk nipis, bisa pakai limau
1 buah tomat
6 siung bawang putih
5 siung bawang merah
6 cabe keriting, bisa sesuai selera
16 buah cabe rawit, sesuaikan selera

Langkah

1. Pertama tinggal ulek saja semua bumbu tersebut beserta semua cabenya sampai agak halus

2. Kedua, tinggal oseng dengan sedikit minyak goreng, tambahkan perasan jeruk, gula, garam sesuai rasa. Jika tercium wangi silakan angkat.

Modal bisnis dagang sarapan pagi

8 Toples plastik bentuk persegi untuk jualan, Rp. 48.000
Meja dan kursi
2 Payung tenda Rp. 95.000
Etalase kecil ukuran 50 x 30 x 50 cm, Rp. 300.000
Jepit kue stainless 6.000
Plastik bungkus 5.000
Perlengkapan bahan baku kue lainnya Rp. 500.000
Kebutuhan membeli peralatan lainnya Rp. 300.000
Gerobak kayu jika perlu Rp. 500.000
Usaha dagang sarapan pagi
Total perlengkapan sekitar Rp. 1.200.000, jika ditambah keperluan gerobak yakni Rp. 1.700.000

Itu hanya asumsi saja, silakan sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.

Tips usaha sarapan pagi

1. Tempat yang strategis

Hal pertama yang wajib sekali kita perhatikan ialah lokasi usaha, alangkah baiknya pilih tempat berjualan yang padat akan penduduk terutama di pinggir jalan. Hal ini dikarenakan supaya warung anda dapat dilihat banyak orang.

Jika anda tidak menemukan lokasi yang cocok, gunakan sistem berpindah tempat agar lebih efektif.

2. Makanan yang dijual harus beragam

Ini berlaku kalau anda menjual jenis makanan saja, buka menu masakan. Mengapa ? Karena setiap selera masing-masing orang pastinya berbeda, dengan variasi yang beragam pelanggan lebih leluasa memilih jajanan makanan yang mereka sukai, entah itu pastel, donat, dan lain sebagainya.

3. Jaga kebersihan

Faktor ketiga ini wajib sekali kita perhatikan, jangan sampai lokasi tempat anda berdagang terlihat kotor ataupun jorok, coba saja berpikir ? Jika lokasi kita penuh dengan sampah maka selera konsumen akan berkurang.
Pakai plastik penutup untuk menutup kue agar tidak di hinggapi oleh lalat maupun debu polusi.

4. Cita rasa masakan

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, cita rasa makanan memang harus kita prioritaskan terutama mengenai rasanya yang pas. Ini akan menjadi suatu ide bisnis anda dalam jangka panjang nantinya. 

Memang pelanggan tidak hanya cukup mengganjal isi perut mereka, tetapi rasa juga perlu diperhatikan.

5. Terjun secara langsung

Harus terjun langsung..jangan berpikir saya takut gagal, terlebih dahulu berpikir saja secara positif, untuk negatifnya biarkan berlalu

Jangan lupa di iringi doa, usaha maksimal tanpa doa sama saja bohong, ikhtiar itu lebih penting untuk kesuksesa bisnis.

Bila anda ingin menambah wawasan mengenai dunia kuliner, silakan tonton video dibawah ini mengenai tips bisnis kuliner

Penutup

Demikianlah artikel yang panjang ini sudah saya tulis kepada anda, sebagai imbalan terima kasih cukup bagikan konten ini ke media sosial anda. Terima kasih
logoblog

Thanks for reading 14 Jenis Jajanan Usaha Dagang Sarapan Pagi Hari Sampai Siang

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.