Thursday, October 29, 2020

Cara Mengatasi Messenger Disadap Orang Lain

  Gus Faqir       Thursday, October 29, 2020

Apakah kamu menggunakan aplikasi Facebook Messenger?,Jika ya, waspadalah akan potensi adanya penyadapan yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab di internet. Kasus penyadapan ini tidak hanya terjadi pada pesan teks akan tetapi juga pada pesan suara.




 

Sebuah media international  beberapa waktu lalu telah melaporkan, bahwa Facebook melakukan ujicoba dengan melibatkan ratusan orang untuk menyalin sebuah percakapan yang menggunakan mesanger . 

Simulasi ini dilakukan untuk melakukan pengujian tingkat keamanan messenger pada facebook dari gangguan gangguan penyadapan yang marak terjadi saat ini.

Bagian sebagian pengguna internet yang hanya memanfaatkan messenger sekedar mengirimkan pesan obrolan biasa, kondisi ini tidak terlalu memiliki dampak serius.

Namun bagi beberapa kalangan yang menggunakan messenger sebagia media komunikasi untuk menyampaikan pesan pesan penting dan sangat rahasia. Tentunya ancaman penyadapan ini sangat serius dan tidak bisa dianggap enteng.

Penerapan End To End Encryption dimana pesan yang dikirimkan akan diacak baik dari sisi pengirim pesan atau pun penerima pesan, namun hal ini belum cukup untuk menjadikan percakapan anda aman dari penyadapan.

Tips Agar Messenger Tidak Disadap 

Berikut beberapa cara agar messenger tidak mudah disadap oleh orang lain.

Menggunakan Fitur Secret Conversation

Fitus Secret Conversation adalah sebuah fitur yang dimiliki oleh facebook messenger dimana pesan yang anda kirimkan akan otomatis dapat terhapus setelah pesan tersebut diterima oleh lawan percakapan anda.

Setelah pesan terbaca maka seluruh history yang sudah terkirim dan terbaca akan terhapus permanent dan tidak bisa dibaca lagi.

Untuk mengatur berapa lama pesan akan otomatis terhapus setelah dibaca, ada beberapa setting durasi untuk mengatur lamanya waktu penghapusan setelah pesan terbaca.

Kelemahan dari fitur ini adalah, anda tidak bisa lagi mengakses percakapan apabila sudah terhapus. Karena sifat penghapusan pesan ini adalah bersifat permanent dengan tujuan menghindari penyadapan.

 

Menggunakan Aplikasi Stealth Messenger 

Stealth Messenger memiliki 3 Lapis pengamanan dalam mengamankan pesan dari penyadapan. Dengan teknologi security ini Stealth Messanger mengclaim bahwa seluruh pesan baik berupa teks, gambar atau video yang dikirimkan tidak akan dapat dibaca sama sekali. 
Feature lainnya hampir sama dengan Secret Conversation, aplikasi ini memiliki settingan penghapusan pesan secara otomatis yaitu BURN. Sama dengan feature Secret Conversation, pesan pesan yang sudah terkirim dan terbaca akan otomatis terhapus secara permanent.

PENUTUP

Demikian artikel singkat tentang bagaimana cara agar messenger anda tidak dengan mudah disadap oleh orang lain. Sampai saat ini teknologi yang telah banyak digunakan adalah 2 cara tersebut diatas.

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi tentunya berbagai macam perkembangan akan terus terjadi kedepannya. Untuk mengetahui perkembangan seputar dunia teknologi, sosial media dan internet anda bisa mengunjungi website kangsandi

Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat untuk anda. terima kasih






logoblog

Thanks for reading Cara Mengatasi Messenger Disadap Orang Lain

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.