Monday, May 17, 2021

Bagaimana Memulai Investasi Jangka Panjang yang Aman?

  Poor Man       Monday, May 17, 2021

 

Bagaimana Memulai Investasi Jangka Panjang yang Aman?

Memulai investasi jangka panjang tidaklah sulit, investasi jangka panjang bisa Anda mulai sejak dini sesuai dengan budget yang dimiliki. Investasi berjangka panjang memang menjadi solusi yang tepat, khususnya untuk Anda yang ingin aman secara finansial setelah melakukan pensiun. Berikut ini adalah informasi penting mengenai cara memulai investasi dengan benar.

 

Memulai investasi jangka panjang

Ketahui Memulai Investasi Jangka Panjang dengan Benar dan Jenisnya

1. Apa Itu Investasi Jangka Panjang

Penting untuk mengetahui perbedaan investasi yang memiliki jangka pendek dan panjang, sebab keduanya memiliki karakteristik dan keuntungan yang berbeda. Untuk Anda yang tertarik menggunakan investasi berjangka panjang, maka Anda harus melakukannya dalam waktu lama, minimalnya sekitar 5 tahun.

 

Jika Anda melakukan investasi dengan jangka waktu diatas 5 tahun, maka Anda termasuk melakukan investasi berjangka panjang. Akan tetapi, tidak semua investasi berjangka panjang akan memberikan keuntungan kepada Anda setelah dilakukan selama 5 tahun. Analisis resiko tetap harus dilakukan agar Anda tidak mengalami kerugian.



2. Jenis Investasi Jangka Panjang

Ada beberapa jenis investasi berjangka panjang yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah:

 

· Emas

Penggunaan logam mulia sebagai media investasi bukanlah hal yang asing, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga cukup besar. Jika Anda menggunakan emas sebagai media investasi jangka panjang maka keuntungan yang didapatkan berasal dari kenaikan harganya yang terjadi setiap tahun.

 

· Reksadana

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi namun khawatir dengan resiko yang dimiliki, Anda bisa menggunakan reksadana. Investasi ini dinilai aman karena memiliki resiko yang rendah, namun tetap memberikan keuntungan yang tinggi. Untuk memilih yang tepat, Anda bisa memilih sesuai dengan tingkat resiko dan rentang waktunya.

 

· Properti

Apabila Anda sudah siap melakukan investasi tingkat lanjut, investasi properti merupakan pilihan yang direkomendasikan. Propperti merupakan investasi yang dikhususkan untuk Anda yang sudah memiliki modal yang besar. Keuntungan yang didapatkan juga pasti dan cukup besar, sebab setiap tahun harga property terus naik.

 

· Tabungan Berjangka

Memulai investasi jangka panjang juga bisa dilakukan dengan menabung, sebab tabungan berjangka memiliki perbedaan dengan tabungan biasa. Secara berkala, Anda akan menabung dengan rentang waktu yang telah ditentukan, kemudian menunggunya untuk berbunga sebagai hasil dari tabungan berjangka tersebut.

 

· Saham

Apabila Anda memiliki analisis yang baik terhadap perkembangan ekonomi dan dunia pialang, memilih untuk berinvestasi di saham bisa dipertimbangkan. Saham memang memiliki keuntungan yang cukup besar, namun ia memiliki resiko yang sama tingginya. Karena itu, ia lebih direkomendasikan untuk orang-orang yang sudah berpengalaman.

 


3. Bagaimana Melakukan Investasi Jangka Panjang

Setelah memilih salah satu dari investasi berjangka panjang yang telah disebutkan diatas, Anda sudah bisa memulai untuk melakukan investasi. Namun penting untuk memperhatikan resiko di tiap investasi, sebab pemahaman mengenai profil resiko penting jika ia sudah mengerucut pada investasi.

 

Ketika melakukan investasi, jangan lupa tujuan Anda, ingat bahwa investasi digunakan untuk memudahkan kebutuhan finansial di masa yang akan datang. Jangan tergoda dengan keuntungan yang besar dan terlihat tidak masuk akal. Pilih instrument yang paling cocok sesuai dengan tujuan Anda melakukan investasi.

 

Demikianlah cara memulai dan melakukan investasi jangka panjang yang bisa Anda mulai sedini mungkin. Anda bisa mulai mencari informasi mengenai jenis investasi yang telah disebutkan sebelumnya dan memilih lembaga yang tepat guna melakukan investasi. Pemilihan lembaga yang tepat cukup penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

logoblog

Thanks for reading Bagaimana Memulai Investasi Jangka Panjang yang Aman?

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.