Tuesday, March 12, 2019

7 Desain Epic Konsep Warung Usaha Angkringan Kekinian, Modern, Dan Unik

  Deka pradifta       Tuesday, March 12, 2019
Konsep angkringan - saat ini ada berbagai macam usaha yang digeluti banyak orang, salah satunya ialah angkringan ini, memang ketika kita berkeliling kota pasti sudah pernah menemui yang namanya tempat nongkrong ini, berbagai macam konsep angkringan mulai dari warung hingga lesehan.

Nah dari banyaknya orang yang memulai bisnis ini dari berbagai macam desain angkringan, tentunya dapat menarik minat orang lain untuk singgah nongkrong maupun menikmati hidangan yang ada di menu tersebut.
8 Desain Epic Konsep Warung Usaha Angkringan Kekinian, Modern, Dan Unik
Banyak orang bertanya-tanya juga, apakah usaha angkringan cocok bila dibuka sekitar pedesaan atau perkotaan ? Jawabannya "tentu sangat cocok sekali", malah sangat dianjurkan bila ingin meraup keuntungan banyak, asalkan usaha anda terlihat menarik dimata pembeli.

Pasalnya kuliner adalah salah satu kebutuhan utama manusia, jadi usaha ini lebih cocok dimulai dengan modal kecil, bahkan seorang pemula juga dapat menggelutinya dengan mudah.

Cemilan Yang Cocok Jualan Angkringan


Tahukah anda bahwa ada berbagai macam menu angkringan yang dapat disuguhkan kepada pembeli, menu tersebut pastinya mempunyai rasa nikmat tersendiri serta ada keunikannya masing-masing.

Contohnya menu yang paling laris dan di lirik banyak pelanggan adalah steak, burger, nasi goreng, roti bakar, ayam bakar, fried chicken, dan lain sebagainya.
Nasi goreng
Sedangkan minuman yang dihidangkan kepada pelanggan lebih menonjolkan ke rasa yang menyegarkan, nah kita sudah mengetahui sebelumnya kalau makanan tanpa minuman bagaikan menikmati sayur tanpa garam😂, jadi kurang nikmat.

Untuk jenis minuman yang paling laris untuk usaha angkringan adalah susu coklat, teh manis, milkshake, cappucino cincau, wedang jahe, es jeruk, bajigur, kopi, dan lain sebagainya.

Konsep angkringan kekinian


Nah bagi anda seorang pemula yang mau sekali memulai bisnis seperti ini maka alangkah baiknya tentukan sekarang juga model desain angkringan tersebut supaya menarik minat pelanggan.

Bagi yang bingung model desain apa yang cocok untuk pemula, dibawah ini sudah saya ulas lebih lengkap mengenai referensi tepat untuk anda coba nantinya. Silakan simak baik-baik.

1. Konsep gerobak angkringan


Tahukah anda bahwa banyak orang mengeluh tentang lahan yabg tidak memadai ketika mereka memulai sebuah bisnis baru, padahal lahan bukan faktor terpenting, yang paling penting ialah niat dan tekad kuat agar usahanya dapat berjalan terlebih dahulu.
Gerobak angkringan
Memang pada dasarnya menywa lokasi atau menentukan lahan yang memadai bisa di pikirkan juga apabila sudah mempunyai modal yang mencukupi.

Baca juga Analisa Usaha Menggiurkan Mandi Bola Playground di Rumah Yang Menjanjikan

Akan tetapi bagi pelaku usaha yang menargetkan audiens pelanggan seperti mahasiswa kampus, maka alangkah baiknya pilih konsep angkringan gerobak.

Menurut saya ini sangat sederhana sekali untuk dicoba, misalnya ada banyak mahasiswa di lokasi tersebut, maka anda bisa mangkal menjajakan usaha kepada anak-anak di kampus sekitar, biasanya pada tempat keramaian akan lebih efektif.

Kekurangannya sering kali seorang pemula merasa minder dalam memulai konsep gerobak seperti ini....kalau anda minder kapan bisa berhasilnya, anggap saja ini adalah langkah dalam pengumpulan modal, bila sudah terkumpul silakan sewa tempat atau buat inovasi terbaru.

Pasalnya dalam membuka angkringan harus di dasari dengan niat yang kuat sekali, terutama tidak boleh malu dan minder apabila ada di keliling keramaian orang termasuk mahasiswa kampus.

Aneka kuliner sudukan yang cocok untuk usaha gerobak :

- sate ayam ceker
- sate kepala ayam
- sundukan jeroan
- sundukan usus
- sundukan puyuh
- sate kere
- sate kikil sapi
- sate keong
- sundukan baso bakar

2. Konsep warung angkringan


Desain dengan model warung seperti ini memang menarik minat pelaku usaha untuk mencobanya, sekarang kita juga sudah mengetahui bersama bahwa popularitas dengan konsep warung semakin menjamur di kalangan pebisnis angkringan.
Warung angkringan
Anda juga bisa mencobanya, hanya dengan beberapa kreasi unik agar menarik minat pembeli, tidak lupa juga lengkapi dengan fasilitas menarik seperti free wifi, radio, televisi besar, vcd, tape recorder, dan lain sebagainya.

Bila semakin banyak fasilitas yang disediakan, maka semakin unik juga usaha angkringan anda.

Tujuan dalam perlengkapan fasilitas menarik tersebut ialah supaya orang lain berbondong-bondong ke tempat usaha yang anda jajakan.

Tidak hanya itu saja, jangan lupa buat konsep yang unik dan kekinian, artinya desain usaha anda bisa mengikuti perkembangan jaman terutama anak muda milenial sekarang ini yang suka dengan tampilan modern namun cukup klasik.

3. Konsep angkringan rumahan


Bila di lokasi tempat tinggal anda ramai penduduk terutama tempat lalu lalang orang lain lewat, maka manfaatkanlah dengan baik seperti membuka angkringan sederhana dengan konsep rumahan, artinya disini kita tidak perlu menyewa tempat.
Apalagi tempat tinggal di pinggir jalan, dimana lokasi tersebut sering dilewati kendaraan bermotor, pastinya ini sangat cocok sekali untuk dicoba.

Ada banyak sekali kelebihannya jika anda memulai bisnis ini langsung di depan rumah, contohnya tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat perbulan bahkan pertahunnya dengan biaya yang terbilang mahal sekali.

Nah mengingat ini gratis😂, maka alangkah baiknya simpan atau tabung saja uang tersebut agar lebih hemat untuk kedepannya.

4. Konsep angkringan lesehan

Biasanya ketika jalan-jalan saya sering sekali menemukan usaha yang menerapkan konsep bisnis lesehan, jadi bila pengunjung datang ke usaha tersebut mereka langsung menikmati makanan serta minuman langsung di lantai atau lesehan begitu saja.
Angkringan lesehan
Ini cukup nikmat sekali karena dibuat dengan konsep desain sederhana namun disukai banyak pelanggan. Anda bisa membuka bisnis ini di teras rumah langsung, bahkan bisa juga memulainya di desa. Tapi lebih baik lihat dulu apakah banyak pemukiman penduduk atau tidak ?

Kita sudah mengetahui bahwa orang makan dan minum pastinya tidak lupa menggunakam meja dan kursi, namun ini menurut saya agak berbeda, karena konsep angkringan unik sistem lesehan tidak memakai kursi, jadi cukup meja makan kecil saja.

Terkadang dilengkapi dengan alas tikar agar pelanggan tidak kedinginan ketika malam hari, walaupun sistem lesehan, banyak pengunjung dapat menikmati sajian yang ada, sebab konsep lesehan terasa nyaman dan terlihat sederhana.

5. Konsep food truck


Bila anda mempunyai mobil pribadi yang nganggur atau tidak terpakai begitu saja, alangkah baiknya manfaatkanlah dengan membuka konsep food truck. Lalu apa itu food truck ? Ini adalah desain usaha memakai mobil yang bak terbuka.
Angkringan food truck
Memang sekarang lumayan populer di kalangan masyrakat, kita sering menemui konsep food truck ini di pinggir jalan, terutama malam minggu yang ramai akan pelanggan.

Baca juga 8 Peluang Bisnis Usaha Modal Kecil 200 Ribuan Yang Cocok Untuk Pengangguran

Contohnya adalah jualan kopi serta penyajian makanan lainnya telah tersedia pada desain food truck, nah menurut saya hal ini lebih cocok bila anda yang memiliki mobil pribadi nganggur.

Bila berminat silakan coba sekarang juga, anda bisa meniru konsep seperti diatas, akan tetapi penyajian makanan bisa dibuat berbeda-beda sesuka hati anda, bila semakin unik penyajiannya maka semakin banyak pula pembelinya.

6. Konsep murah dan merakyat


Konsep murah merakyat adalah model usaha yang bisa anda coba sekarang juga sebagai referensi nantinya, ini sangat cocok dicoba pada daerah pedesaan maupun perkotaan, walaupun konsepnya sangat sederhana namun lebih menonjol terhadap keunikannya.
Angkringan murah dan merakyat
Dengan desain yang merakyat ini tidak hanya menampilkan tempat yang sederhana, namun harga juga lebih murah karena sudah sesuai dengan namanya "merakyat". Calon pembeli juga bisa termasuk mahasiswa, anak sekolahan, dan pegawai negeri sipil.

7. Konsep angkringan cafe


Cafe merupaman tempat nongkrong anak muda untuk mereka bersantai pada malam hari, di sela-sela itu juga pasti sambil menikmati makanan yang disediakan oleh pelaku usaha cafe tersebut.
Angkringan cafe
Bagi yang mau mencoba konsep usaha dengan model cafe ini bisa menjadi salah satu referensi anda untuk kedepannya, fasilitas harus yang disediakan juga lebih lengkap seperti free wifi, black coffee, televisi, dan lain-lainnya.

Yang namanya cafe tentu lebih terlihat modern layaknya anak milenial jaman sekarang. Penataan ruangan juga harus diperhatikan, berikan tataan tembok dengan tumpukan batu bata agar terlihat lebih unik serta menarik di mata konsumen.

Strategi bisnis angkringan


1. Pemilihan Lokasi


Faktor utama yang harus diperhatikan untuk usaha angkringan 2019 sekarang ini adalah pemilihan lokasi, pastikan anda melakukan survei terlebih dahulu pada lokasi tersebut. Apakah banyak pemukiman penduduk atau tidak ?

Sangat disarankan bila membuka angkringan harus berada di lokasi tour lombok yang ramai kerumununan masyarakat.

Atau bila ingin lebih instant lagi, gunakan saja google maps untuk melihat kepadatan penduduk pada lokasi tersebut

Caranya tinggal masukan lokasi/alamat pada jalan tempat tersebut.

2. Menentukan konsep suasana


Selain modal, ternyata ada faktor lainnya yang perlu anda perhatikan salah satunya ialah menetukan konsep atau suasan yang harus disajikan kepada pelanggan. Pasalnya mendirikan sebuah usaha kuliner ternyata tersedia berbagai macam pilihan konsep.

Baca juga 7 Jenis Usaha Memanfaatkan Menggunakan Mobil Pribadi Yang Nganggur

Contohnya tradisional, kekinian/modern, gaul, klasik, unik, dan lain-lainnya.

3. Menentukan pangsa pasar


Menentukan pangsa pasar juga sangat penting sekali dalam strategi bisnis ini, misalnya anda menargetkan anak muda, maka suasana yang harus dipersiapkan ialah menyungsung tampilan modern layaknya anak milenial.

Anak muda : tampilan desain modern
Dewasa : lebih menonjolkan suasa tradisional, unik.

4. Pemilihan Menu


Menentukan menu juga tak kalah penting, memang ada banyak sekali berbagai macam menu kuliner yang bisa anda aplikasikan ke usaha tersebut, namun hanya beberapa saja yang cocok dan banyak diminati kalangan masyarakat, bahkan dalam membuat makanan kuliner untuk sajian pelanggan ini juga terbilang terjangkau biaya modalnya.

Dibawah ini adalah beberapa menu angkringan yang bisa anda jadikan referensi untuk memulai nantinya, silakan tentukan saja :

Aneka berbagai menu nasi kucing
- nasi teri
- nasi tempe oseng kering
- nasi + sambal ikan
- nasi ikan
- dan lain-lainnya

Aneka sudukan
- sudukan keong
- sate telur puyuh
- sudukan jeroan ( misal hati, usus ayam, dan lain-lain )

Aneka minuman
- es teh manis
- STMJ
- kopi susu
- es jeruk, dan lain-lain.

5. Menentukan modal usaha


Sudah tidak asing lagi, modal usaha ini paling penting sekali menurut saya, jika tidak ada modal, maka sangat kesulitan membuat atau membeli semua peralatan yang anda butuhkan dalam menjajakan usaha tersebut ke lingkungan masyarakat luas.

Lakukan analisa terlebih dahulu, contohnya mencari tahu semua harga perlatan yang dibutuhkan, bila sudah tahu, maka silakan beli semuanya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Tentukan tema konsep yang disajikan kepada pelanggan, lakukan juga pencatatan pengeluaran biaya anda tadi agar dapat menghitungkan laba/rugi bersihnya.

Tonton video dibawah ini tentang angkringan pak kancil yang sukses raup banyak keuntungan :

Penutup


Demikianlah konten yang sudah saya bagikan kepada pembaca mengenai konsep angkringan, semoga artikel diatas bisa menjadi referensi yang tepat sekali kepada pembaca, bila bermanfaat silakan bagikan ke media sosial lainnya. Terima kasih
logoblog

Thanks for reading 7 Desain Epic Konsep Warung Usaha Angkringan Kekinian, Modern, Dan Unik

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.