Thursday, March 21, 2019

14 Inovasi Menu Usaha Angkringan Kekinian, Unik, Dan Modern Paling Laris

  Deka pradifta       Thursday, March 21, 2019
Menu angkringan - pasalnya di sekeliling kita pasti sering menemui berbagai macam usaha yang disajikan banyak orang dalam mendapatkan uang tambahan mereka untuk kebutuhan hidu sehari-hari, salah satunya seperti usaha angkringan ini, memang ada banyak sekali macam menu angkringan yang dapat tentukan untuk disajikan kepada pelanggan.

Nah menurut saya usaha angkringan sangat cocok sekali dijalankan bagi mereka yang sedang terhimpit modal usaha, hal ini dikarenakan dalam memulai angkringan ternyata bisa dengan biaya yang kecil sekali, jadi tidak perlu mengeluarkan modal besar.

Jika anda bertempat tinggal di Yogyakarta atau pernah berkunjung ke jogja tentunya tidak asing dengan yang namanya angrkingan, sebab model bisnis yang satu ini cukup populer disana, bahkan peminatnya juga lumayan banyak terutama anak muda mahasiswa.
14 Inovasi Menu Usaha Angkringan Kekinian, Unik, Dan Modern Paling Laris
Dulunya angkringan hanya tersedia dalam versi gerobak dorong, artinya bisa berkeliling di berbagai tempat kerumunan banyak orang.

 Namun sekarang sangat berbeda jauh, sebab banyak pelaku usaha menerapkan dengan konsep warung bahkan ada yang hampir mirip seperti desain konsep cafe kekinian.

Sangat mudah sekali untuk ditemui, biasanya terletak di pinggir jalan untuk menjajakan usaha tersebut.

Inovasi menu angkringan Jogja

Kita sudah mengetahui sebelumnya bahwa angkringan mudah sekali ditemui pada lokasi jogja, solo, dan klaten. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, banyak pelaku usaha baru mulai merintis di berbagai kota daerah, jadi bisa saja di lokasi anda saat ini ada angkringan yang mangkal tiap malam😂.

Ada berbagai macan menu yang disajikan, pastinya menu tersebut sangat disukai masyarakat sehingga tak heran juga masyarkat kelas menengah dan bawah gemar nongkrong sambil menikmati hidangan yang ada.

Nah bagi anda yang mau merintis usaha ini, maka artikel saya sudah mengulas lebih lengkap tentang daftar makanan yang paling laris beserta gambar aneka menu angkringan, silakan simak baik-baik dibawah ini.

Menu angkringan kekinian

1. Nasi kucing

Sudah tahu yang namanya dengan nasi kucing/sering disebut sebagai sego kucing, ini merupakan salah satu makanan utama terfavorit di bisnis angkringan. Nasi kucing adalah jenis makanan yang dibungkus dengan daun pisang, lalu di dalamnya berisi nasi, sambel, dan suwiran ikan.
Nasi kucing
Biasanya di kota solo dan jogja, nasi kucing menjadi makanan favorit anak muda, karena rasanya yang sangat nikmat serta harga cukup terjangkau, intinya cukup untuk mengganjal perut pelanggan.

Nah ini bisa menjadi referensi anda nantinya ketika kebingungan mencari menu yang efektif ketika berjualan, dibawah ini adalah resep sederhananya.

Resep

Bahan mie goreng:
Beli 1 bungkus mie goreng
Cabe rawit atau bisa beli bon cabe
Bahan kering tempe:
Tempe, iris tipis-tipis seperti bentuk papan
4 cabe rawit
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 sdm kecap manis
1 sendok saos tiram
Garam dan gula sucukupnya.
Bahan telur dadar:
1 telur ayam ras
Garam dan merica secukupnya
Bahan pelengkap:
1/ setengah piring nasi
Daun pisang sebagai pembungkus.

Cara membuat :

1. Rebus mie goreng seperti biasa lalu berikan bon cabe
2. Selanjutnya tumis cabe, bawang putih dan bawang merah yang sudah di iris, bila sudah tercium harum, silakan masukan lagi saos tiram, tempe, kecap manis. Bila hambar tambahkan lagi garam.
3. Untuk telur goreng saja seperti biasa.
4. Siapkan daun pisang, buat layaknya seperti bungkusan, lalu masukan nasi, lalu osengan tempe, berikutnya silakan tata sesuaka hati anda.

Sederhana dan harga modal terjangkau..

Harga : Rp8.000 - Rp10.000

2. Teh kampul

Bagi yang sering sekali jalan-jalan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan menu angkringan yang satu ini, sebenarnya teh kampul adalah sajian teh hangat disertai dengan buah jeruk. Rasanya memang tidak asam, karena buah yang digunakan adalah sejenis jeruk wedang.
Teh kampul
Nah dengan segelas teh kampul ini dapat menemani pelanggan ketika bersantai di tempat usaha anda, alangkah lebih nikmatnya lagi bisa peras sendiri buah jeruk tadi ke teh yang disajikan tersebut.

Baca juga 7 Desain Epic Konsep Warung Usaha Angkringan Kekinian, Modern, Dan Unik

Resep

Teh celup manis
1 Buah jeruk limau warna orange yang kecil

Cara membuat

Buat teh celup seperti biasa dengan suhu hangat, lalu masukan irisan/perasan buah jeruk limau. 1 cangkir teh cukup 1 buah limau saja.

Harga : Rp3.000

3. kopi susu jahe

Susu jahe adalah hidangan yang cocok kepada pelanggan pada malam hari, apalagi memasuki cuaca yang dingin, menurut saya menu ini ternyata sangat disukai kalangam dewasa, tidak hanya itu saja akan tetapi anak muda juga sangat menyukainya. Cocok untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan.

Resep

1 sachet susu kental manis
1 sendok kopi
1 ruas jahe

Cuci bersih, lalu buat air mendidih 250ml, masukan geprekan 1 ruas jahe tadi beserta susu kental manis. Aduk merata kemudian sajikan kepada pengunjung.

Harga : Rp3.000

4. Sundukan telur puyuh

Mampir di tempat nongkrong angkringan, tentu sudah sering sekali kita temukan makanan sundukan telur puyuh. Pembuatan makanan yang satu ini terbilang mudah sekali, sangat enak ketika di nikmati malam hari, rasanya cukup manis.
Resep

19 telur puyuh yang mau di rebus
Air matang
1 lembar daun sam
1 ruas laos
1 serai
1/2 sendok garam
1/2 gula pasir
2 sendok makan kecap manis
1 gula aren/gula merah
6 tusuk sate
4 bawang merah
2 bawang putih
1/2 ketumbar yang sudah sangrai
1/2 garam

1. Pertama silakan anda didihkan air secukupnya, lalu masukan saja semua bumbu-bumbu halus tadi seperti campuran daun salam, serai, laos. Jangan lupa tambahkan juga garam dan gula.

2. Selanjutnya tinggal masukan telur puyuh yang tadinya sudah di kupas, sembari aduk agar semua bumbu tercampur merata dengan telur.

3. Bila sudah berubah warna menjadi kecoklatan, silakan angkat dan sajikan bersama dengan tusukan sate.

Harga : Rp2.000

5. Tempe dan tahu bacem

Nah ini adalah menu angkringan jogja yang paling menjadi favorit dikalangan mereka yang hobi nongkrong, bagi anda yang mau membuka usaha sampingan angkringan dalam mendapatkan penghasilan, maka silakan tambahkan menu tempe dan tahu bacem ini sebagai inovasi masakan anda. Pastinya berbahan dari kedelai..
Tempe dan tahu bacem
Resep

2 tempe ( buat potongab jadi kecil-kecil )
3 bawang putih
5 bawang merah
1 sendok teh ketumbar
2 kemiri
1 buah lengkuas
Setengah gula merah
12 sendok kecap manis
1/2 asam jawa
1/2 garam
1/2 garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat

Haluskan bawang putih, kemiri dan terakhir bawang merah. Setelah itu tumis semua bumbu dengan halus, masukan juga daun salam, aduk. Selanjutnya tinggal masukan lagi tempe, jangan lupa anda juga harus menambahkan gula merah, garam secukupnya. Hidangkan bila sudah matang

Harga : Rp5.000 - Rp7.000

6. Sate keong


Sate keong merupakan makanan primadona yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia walaupun itu makanan yang satu ini terdengar cukup unik di telinga mereka yang tidak pernah konsumsi jenis keong sebagai bahan makanan.
Sate keong
Di kota jogja menu sate keong yang satu ini sering sekali disajikan ke rombongan pelanggan..enak saja mereka nikmati, cara membuatnya juga terbilang mudah.

Harga : Rp1.000 per tusuk

7. Sundukan jeroan

Sudah tahu apa itu sundukan jeroan, bagi yang belum paham, sundukan jeroan adalah salah satu berbagai jenis kuliner seperti sate rampela ati, paruh, ceker, kepala ayam, usus, dan lain sebaginya. Maka itulah kenapa disebut jeroan, karena terdiri dari macam-macam jeroan ayam.

Biasanya pengolahan nikmatnya cukup dibakar, jangan lupa campurkan racikan bumbu nikmat ketika proses bakar, hal ini supaya jeroan memiliki cita rasa gurih dan nikmat.

Bila anda membuka usaha angkringan dirumah atau langsung di gerobak, maka jangan lupa tambahkan menu jeroan ini sebagai pelengkapnya.

Harga Rp3.000 per tusuk

8. Macam-macam gorengan

Tidak hanya jeroan saja, namun bila tidak ada menu gorengan maka terasa kurang afdol bisnis angkringan anda tersebut, alangkah baiknya tambahkan juga berbagai macam gorengan seperti bakwan, tahu, tempe, risoles, pisang goreng, dan lain sebagainya.
Macam-macam gorengan
Menu gorengan biasanya lebih prioritas ke penyajian piring, jadi tidak boleh di makan begitu saja, karena lebih enak jika di nikmati dengan piring langsung.

Harga : Rp1.000/gorengan

9. Susu jahe 

Susu jahe adalah salah satu minuman hangat yang cocok sekali untuk meredakan sakit perut, pembuatannya juga sangat mudah bahkan seorang pemula juga bisa membuatnya. Menurut saya susu jahe sekarang ini termasuk jenis menu angkringan jogja sederhana namun banyak disukai pelanggan terutama kalangan dewasa dan anak muda.

Resep

1 sachet susu kental manis
1 ruas jahe
Air panas 1 gelas

Cara membuat :

Pertama anda harus bakar jahe tersebut sampai tercium aroma wanginya, sesudah itu bersihkan kulitnya lalu geprek ( jangan sampai terlalu hancur ), setelah itu buat susu kental manis, campurkan saja geprekan jahe tadi ke minuman.

Harga : Rp2.000 - 2.500

Menu angkringan modern


10. Sambal teri kering


Apakah sudah pernah mencicipi yang namanya sambal ? Saya yakin anda pasti pernah, rasanya yang cukup pedas ternyata bisa mengunggah selera tersendiri, namun kali ini lebih unik lagi, sebab sajian sambal harus disertai dengan ikan teri, maka dari itu dinamakan sebagai sambal ikan teri.
Sambal teri kering
Anak muda sangat menyukai sambal ikan teri di angkringan, biasanya ketika mereka nongkrong akan terasa kurang cocok jika tidak menikmati menu angkringan modern ini.

Harga Rp3.000 - Rp5.000

11. Pisang bakar keju


Pengolahan makanan kuliner pisang biasanya hanya digoreng begitu saja, memang terdengar membosankan menurut saya, akan tetapi ada olahan yang cukup unik namun terasa sangat lezat sekali yaitu disebut sebagai pisang bakar keju, artinya pisang tersebut dibakar lalu di sajikan dengan parutan keju.
Pisang bakar keju
Wah... ini cukup menggiurkan dan bisa mendapatkan keuntungan uang lebih besar terhadap profit bisnis anda apabila memilih menu pisang bakar keju sebagai inovasi terbarunya. Lalu bagaimana cara membuat makanan tersebut, simak saja dibawah ini.

Baca juga Analisa Usaha Menggiurkan Mandi Bola Playground di Rumah Yang Menjanjikan

Bahan-bahan

Siapkan beberapa buah pisang kepok, atau uli juga bisa
Parut keju secukupnya
1 sachet susu kental manis
3 sendok margarin

Pertama silakan kupas beberapa buah pisang, lalu bakar di teflon, tambahkan margarin juga ( jangan sampai gosong )
Bila sudah matang, silakan tuangkan susu kental manis beserta parutan keju pada pisang tersebut, hidangkan kepada pelanggan

Harga : Rp10.000

Menu angkringan unik


11. Cengkaruk ( nasi kering di goreng )


Punya nasi sisa alangkah baiknya jangam dibuang begitu saja, nah anda bisa memanfaatkan nasi tersebut sebagai olahan makanan unik dan terasa cukup lezat sekali. Cengkaruk adalah kuliner yang dibuat dari nasi sisa lalu digoreng dan disajikan dengan sebungkus plastik.
Nasi goreng kering
Lebih nikmat disajikan dengan rasa balado atau bisa juga pakai boncabe, harganya cukup murah dan cocok untuk kantong anak muda jaman sekarang ini. Biasanya di kota solo cengkurak cukup populer karena harganya murah.

Resep

Nasi sisa yang sudah kering ( jemur di terik matahari )
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat

Panaskan minyak goreng di wajan, masukan nasi sisa, tiriskan bila sudah matang, tambahkan royco/balado sebagai penyedap rasa, sajikan dengan sebungkus platik kecil.

12. Sosis solo mini


Terdengar unik akan tetapi sangat menarik untuk dicoba sebagai inovasi usaha angkringan anda nantinya, saya menulis menu ini sebenarnya terinspirasi dari salah satu usaha bisnis angkringan di klaten. Berbentuk seperti gulungan dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp1.000 saja.

13. Oseng soun cabe hijau (angkringan solo)


Soun menjadi masakan terfavorit untuk mengganjal perut ketika di siang hari, harganya sangat murah, anda bisa mengolah menjadi berbagai macam rasa, seperti balado dan pedes-pedes. Biasanya menu satu ini tersedia di usaha angkringan kota solo.
Oseng soun cabe
Bisa anda coba sebagai inovasi nantinya karena sangat nikmat untuk dinikmati bagi kalangan remaja bahkan dewasa.

Cara membuat

Pertama harus rendam terlebih dahulu soun tersebut dengan air panas.
Kemudian silakan tiriskan, dan jangan lupa lumuri pakai kecap manis, biarkan beberapa menit
Iris 2 bawang putih, serai, daun salam, cabe hijau, lengkuas. Tumis semua bumbu sampai harum
Setelah itu langsung saja masukan soun tadi, oseng sampai terasa meresap. Kemudian bisa di hidangkan kepada pelanggan.

14. Kripik bayam merah 


Nah ini adalah salah satu menu paling sederhana menurut saya, kenapa ? Karena terbuat dari sayur bayam merah yang digoreng menjadi bentuk semacam keripik, rasanya juga tidak jauh seperti peyek pada umumnya. Namun yang memberikan perbedaan adalah rasa tersebut.

Baca juga 8 Peluang Bisnis Usaha Modal Kecil 200 Ribuan Yang Cocok Untuk Pengangguran

Cemilannya cukup renyah, ini juga mengingatkan saya pada salah satu usaha angkringan di jogja😂.

Daftar harga menu angkringan 2019


Tidak hanya menyajikan seputar resep dan cara membuatnya saja, nah disini saya mengulas lebih lengkap tentang harga menu angkringan 2019 yang perlu anda ketahui sebelum menjalankan bisnis tersebut. Silakan dilihat gambar dibawah ini :
Harga menu angkringan
Perlu di ingat ..penyajian menu tersebut hanya sebagai contoh saja, silakan sesuaikam dengan inovasi atau kemauan anda sendiri..

Dibawah ini adalah tutorial bagaimana cara membuat nasi kucing yang nikmat, silakan ditonton saja :

Penutup

Demikianlah artikel yang sudah kami tulis ini kepada pembaca tentang menu angkringan, semoga bisa bermanfaat kepada pembaca, bila ada yang bingung silakan ajukan pertanyaan kolom komentar. Terima kasih

Baca Juga: Artikel lengkap tentang Peluang usaha di desa dan Usaha sampingan di rumah
logoblog

Thanks for reading 14 Inovasi Menu Usaha Angkringan Kekinian, Unik, Dan Modern Paling Laris

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.