Tuesday, March 9, 2021

5 Kunci Sukses Untuk Pelaku Usaha

  Poor Man       Tuesday, March 9, 2021

Saat menuliskan sebuah kata kunci di mesin pencari google. Anda bisa menjumpai deretan hasil yang sangat beragam. sebagai contoh kecil saat Anda menuliskan kata “cara memulai bisnis“. ada banyak hasil yang dapat Anda lihat. terkadang selalu berkaitan dengan kata lain seperti “peluang bisnis“, “tips menjalankan bisnis“, “cara mengelola bisnis agar sukses”, dan lainnya.

5 Kunci sukses untuk pelaku usaha

Hasil dari kata tersebut merupakan susunan yang selalu berkaitan dengan kebutuhan orang-orang saat mencari informasi. semua tidak akan lepas dari perbedaan yang kuat, antara umur, gender, hingga etnisitas. dalam hidup ini, orang-orang sudah cukup mengenal istilah bisnis online ataupun startup. banyak anak mudah yang cukup familir dengan kata tersebut. karena beberapa alasan seperti ini.

·         Bercita-cita menjadi bos;

·         Mencari passion yang tepat;

·         Ingin mendapatkan penghasilan dengan cara yang lebih fleksibel;

Tiga alasan diatas telah mendorong banyak anak muda ingin membangun sebuah bisnis sendiri dengan ide dan kretifitas.

Dari sebuah data yang tercatat di Small Business Trends, ada hal yang cukup menarik untuk diketahui. bahwa dalam popularitas dari startup diseluruh dunia. sebanyak 73% di jalankan oleh kaum pria dan 23% lagi dijalankan oleh kaum wanita.

Dalam fakta, pelaku bisnis muda setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup besar. tapi masih banyak yang tidak bisa mencapai kesuksesan dengan mudah, apa yang terjadi dan kenapa?

Ada 5 juta bisnis yang mengalami pembangunan setiap tahun, tercatat 90% dari bisnis tersebut mengalami kegagalan. jika dihitung dalam jumlah angka, maka terdapat 123 perusahaan stratup yang harus merasakan gulung tikar stiap hari. dalam hal ini, setiap perusahaan startup yang mengalami kegagalan cukup bervariasi dari masing-masing industri.

60% kegagalan yang terjadi ada dalam bisnis informasi. selebihnya ada di bisnis asuransi, finansial, kesehatan, pendidikan, dan property. dari beberapa yang disebutkan, bisnis pendidikan adalah yang paling rendah kemungkinan untuk mengalami kegagalan. tercatat kegagalan yang akan terjadi hanya sebesar 45%.

5 Kunci sukses untuk pelaku usaha

Pelaku bisnis adalah orang-orang yang sangat berani dalam segala resiko. tapi untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis terdapat beberapa kunci sukses. dari masing-masing pelaku bisnis memiliki strategi yang tak sama. lantas bagaimana untuk mencari kesuksesan yang mudah? ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan saat menjalankan bisnis agar cepat sukses.

1. Punya tujuan yang jelas

Merencanakan satu tujuan yang jelas dalam membangun sebuah bisnis adalah kunci sukses. banyak orang yang sukses menyebutnya dengan istilah “intuisi ata panggilan”. langkah tepat dalam meraih kesuksesan akan terletak dengan tepat saat mau belajar untuk mendengar intuisi tersebut. saat Anda memiliki tujuan yang jelas dan sejalan dengan bisnis. Anda bisa mencari pelanggan yang tepat sasaran.

“Jadi Anda mesti tahu bagaimana mengambil langkah yang tepat di awal untuk mendapatkan kesuksesan”. Ketika ini bisa Anda yakinkan dengan baik, itu bisa memberikan arahan yang bagus untuk Anda memulai bisnis.

2. Memperlihatkan keunggulan berbeda

Invoasi baru selalu dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis. tapi itu tidak selamanya diperlukan. ide yang bagus dapat mengembangkan bisnis lebih baik dan fokus. bahkan ini bisa memberikan poin tambahan atau nilai yang lebih bagus. Anda dapat memulainya dengan memperlihatkan keunggulan yang berbeda di bandingkan milik kompetitor.

Ide ini diciptakan untuk menarik perhatian lebih kepada target atau pelanggan. semakin bagus Anda dalam memberikan pelayanan kepada calon konsumen. artinya, hasil yang akan diterima pasti selalu mengikuti. jika Anda memiliki bisnis di bidang online, buat sebuah website yang mempermudah akses pelanggan Anda untuk mencarinya dengan cepat.

Beli atau gunakan domain yang mudah di ingat. semakin pendek kata yang Anda terapkan untuk brend atau produk Anda. jelas pelanggan Anda lebih mudah untuk mengenalnya, bahkan dengan cepat bisa membagikan ke berbagai sosial media ketika sudah merasakan banyak manfaatnya.


3. Tidak mudah putus asa dan gampang menyerah

Banyak pelaku bisnis yang mengharapkan kesuksesan besar saat pertama kali melangkah. tapi hampir 50% lebih merasakan kegagalan dengan mudah. dalam hal ini, belum tentu ada jaminan dari kualitas produk dapat mempermudah pelaku bisnis untuk sukses dengan proses yang cepat. justru, kesuksesan sering diterima melalui proses kesabaran dan dedikasi yang besar dari pemilik bisnis.

Melihat contoh nyata yang sudah terjadi dalam kehidupan. perusahaan besar seperti Google, Amazon, Apple, hingga Microsoft adalah perusahaan startup yang berhasil mencapai kesuksesannya dengan ketekunan dan kerja keras. hasilnya, kini telah memiliki ribuan hingga jutaan karyawaan yang tersebar luas di berbagai Negara.

Perusahaan startup tersebut, membutuhkan proses selama bertahun-tahun hingga dapat mencapai kesuksesaan. kuncinya adalah jangan pernah mudah untuk putus asa dan gampang menyerah. resiko, dan masalah yang mungkin Anda hadapi saat membangun bisnis menjadi sebagian tantangan. Anda harus dapat menyikapinya dengan kepala dingin dan lebih sabar.


4. Dapat selalu berinovasi saat keadaan tidak bagus

Bertahan dalam situasi yang tidak kondusif saat menjalankan bisnis terkadang cukuup sulit untuk dilewati. tapi jika Anda memiliki keyakinan yang kuat dan mampu berikan terobosan baru. tidak bisa dipungkiri, bahwa itu dapat memberikan hasil yang bagus. kunci sukses dalam mengembangkan bisnis dapat Anda capai dengan melakukan tindakan seperti ini.

Meski sebagian pelaku bisnis memilih untuk menyerah saat terjadi masalah besar. mungkin itu terjadi akibat dorongan yang sangat keras dan tidak mampu untuk diatasi. keadaan yang tidak bagus, memang dikatakan sangat kurang menguntungkan. tapi hal itu sebenarnya masih dapat teratasi jika dapat memberikan inovasi-inovasi baru dalam kondisi yang tidak bagus tersebut.

Kondisi seperti ini tidak mau diulangi oleh pelaku bisnis. memilih untuk mundur adalah jalan yang tepat. ketahui, bahwa tindakan itu bukan kunci untuk sukses dalam menjalankan bisnis. setiap bisnis apa pun, pasti akan mengalami tantangan dan resiko. jika itu dapat terselesaikan dengan baik, hasil yang akan diterima jelas mengikuti.


5. Kepuasan pelanggan harus diprioritaskan

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis adalah selalu memberikan kepuasan pelanggan. ini harus di prioritaskan untuk menjaga bisnis dapat berkembang dengan pesat.

Untuk sukses dalam menjalankan startup bukan hanya dari mindset seperti ini:

“Semakin banyak jumlah pelanggan yang didapat”, “pasti akan banyak uang”.

Mindset ini tidak bisa dimiliki bagi pelaku bisnis yang ini sukses, tetapi Anda harus berpikir seperti ini:

“Memiliki pelanggan setia harus diperioritaskan”, “akan menjadi keuntungan jangka panjang”.

Dari mindset diatas, bisa Anda bedakan. bahwa untuk menjadi orang yang sukses, Anda harus dapat lebih menghargai pelanggan. Anda sebagai pemilik bisnis wajib untuk selalu memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan kritik/saran. dengan selalu memprioritaskan kebutuhan tersebut, Anda bisa sukses dengan cepat.

Sebagus apapun produk yang Anda miliki, tapi pelanggan Anda tidak merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. perlahan akan mengurangi pendapatan Anda di kemudian hari.  

logoblog

Thanks for reading 5 Kunci Sukses Untuk Pelaku Usaha

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.