Tuesday, February 23, 2021

Cara Menjadi Marketing Pemula yang Sukses

  Poor Man       Tuesday, February 23, 2021

Cara Menjadi Marketing Pemula - Marketing punya peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis, baik itu bisnis berbasis online maupun offline. Tidak lain karena fungsi dari marketing itu sendiri, di mana tanpa adanya marketing pastinya akan sulit bagi sebuah perusahaan atau bisnis untuk mendapatkan banyak pelanggan. Marketing ini sendiri terbagi menjadi dua metode, yakni digital marketing dan offline marketing. Di era modern seperti sekarang ini keduanya harus beriringan agar hasil yang didapatkan menjadi semakin maksimal.

Berbicara mengenai marketing, banyak orang yang menginginkan profesi ini. Hanya saja, kebanyakan para marketing pemula salah dalam memulai serta menjalankan tugasnya tersebut. Alhasil usahanya tersebut gagal dan akhirnya harus mencari lagi profesi lain yang sesuai dengan kemampuannya. Agar tidak mengalami hal tersebut, ada beberapa tips menjadi marketing handal yang bisa kamu terapkan. Tips ini tidak hanya berlaku bagi pemula saja, melainkan bagi yang sudah profesional juga perlu. Berikut ini cara menjadi marketing pemula yang sukses bisa kamu terapkan.

Cara Menjadi Marketing Pemula yang Sukses


Mengenal Marketing Online dan Marketing Offline

Sebelum lanjut ke pembahasan cara menjadi marketing pemula agar sukses, sebaiknya kamu ketahui dulu jenis dari marketing tersebut. Secara umum marketing terbagi menjadi dua, yakni online marketing dan offline marketing. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal menjangkau dan menargetkan konsumen. Jika ditanya mana yang lebih efektif, keduanya menurut kami sama-sama efektif. Tinggal cara bagaimana kamu menjalankannya.

1. Informasi Seputar Marketing Online

Di era modern seperti sekarang ini rasanya semua orang sudah tidak asing lagi dengan marketing online. Ini merupakan cara memasarkan dan mengenalkan produk atau jasa kepada para konsumen melalui internet. Semua dilakukan secara online, termasuk saat melayani para konsumen.

Salah satu keunggulan dari online marketing ini adalah memiliki jangkauan pasar yang sangat luas dan tidak terbatas oleh waktu. Apalagi saat ini banyak orang yang lebih menghabiskan waktunya di dunia maya. Tentunya ini menjadi peluang besar bagi kamu untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Ada beberapa strategi untuk online marketing ini, mulai dari SEM (Search Engine Marketing), SEO (Search Engine Optimization), Media Sosial Marketing, hingga Content Marketing. Semuanya harus kamu jalankan agar lebih maksimal dalam meningkatkan omset penjualan.

2. Informasi Seputar Marketing Offline

Ini kebalikan dari online marketing, yakni dalam hal pemasaran atau pengenalan produk dan jasa tidak melibatkan internet sama sekali. Seorang marketing akan langsung bertatap muka dengan para calon pelanggan sehingga lebih mudah dalam hal penyampaiannya.

Selain itu, cara ini diklaim sangat efektif untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, sehingga mereka akan mudah terdorong untuk membeli produk atau jasamu tersebut. Dalam hal membangun barnd awareness, marketing offline sepenuhnya menggunakan media offline, seperti koran, TV, billboard, hingga poster.

Cara Menjadi Marketing pemula yang Sukses

Sudah tadi perbedaan marketing online dan offline, sekarang lanjut ke cara menjadi marketing yang sukses. Ada beberapa trik yang harus kamu lakukan agar menjadi marketing handal sehingga mampu meningkatkan omset penjualan. Adapun beberapa cara menjadi marketing untuk pemula selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menguasai Product Knowledge

Cara yang pertama untuk menjadi marketing pemula yang handal yakni dengan mengetahui semua informasi dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dengan demikian, kamu bisa dengan lebih mudah memberikan penjelasan terhadap para konsumen atau calon pelanggan. Terkadang memang calon pelanggan akan mengajukan berbagai pertanyaan untuk meyakinkannya membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Memberikan informasi lengkap kepada calon pelanggan secara tidak langsung juga akan membangun kepercayaan dan keyakinan mereka. Dan akhirnya mereka terdorong untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut. Adapun beberapa informasi yang harus kamu sampaikan, mulai dari fungsi produk, kelebihan dan kualitasnya, dan juga harganya. Kalau ada, kamu juga informasikan promo yang sedang berlaku saat itu.

2. Membuat Strategi Marketing

Tidak akan mudah mendapatkan para pelanggan dalam waktu singkat, kecuali kamu menerapkan strategi yang tepat untuk itu. Strategi marketing yang harus kamu lakukan, mulai dari yang berbasis online dan offline. Untuk strategi marketing online kamu bisa mengandalkan Search Engine Optimization, Search Engina Marketing, Content Marketing, hingga Sosial Media Marketing.

Sementara untuk offline marketing, bisa kamu lakukan pendekatan dengan para konsumen dengan cara mengenalkan produk dan jasa di koran, TV, poster, hingga billboard. Informasikan kepada semua orang kelebihan dari produkmu, kualitas, harga, dan promo yang berlaku.

Kamu juga bisa mengadakan event-event khusus untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan yang sangat efektif untuk bisnismu.

3. Memperluas Jaringan

Trik lain untuk menjadi seorang marketing handal adalah dengan melakukan perluasan jaringan, baik itu jaringan bisnis maupun pertemanan. Ini sangat penting untuk dilakukan, karena akan ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari itu. Misalnya saja lebih mudah untuk melakukan pemasaran, mudah membangun barnd awareness, bisa mendapatkan partner yang mau diajak bekerjasama dan lain sebagainya.

Luasnya jaringan bisnis tidak hanya akan membuatmu mendapatkan banyak konsumen baru, melainkan juga lebih mudah menyelesaikan beberapa kendala yang dihadapi. Kamu bisa sharing dengan teman atau pebisnis lain untuk menemukan cara meminimalisir kendala yang dihadapi di dalam bisnismu tersebut.

4. Paham dengan Apa yang Konsumen Inginkan

Sebagai seorang marketing kamu juga harus memahami keinginan dari para konsumen. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari mereka, sehingga mereka akan terdorong untuk membeli produk atau jasamu.

Selain itu, kamu juga harus memahami respon yang diberikan oleh konsumen yang kamu beri penawaran. Jika respon yang diberikan kurang memuaskan, maka jadikanlah ini sebagai pelajaran. Kamu harus melakukan evaluasi ulang dan membenahi apa kekurangan dari bisnismu sehingga tidak bisa memberikan kepuasan bagi konsumen.

5. Menentukan Target Konsumen

Hal ini sangat penting dilakukan sebelum kamu mulai menawarkan produk atau jasamu ke para konsumen. Pahami kalangan mana yang sekiranya cocok dengan produk tersebut, sehingga ini akan secara otomatis meningkatkan penjualannya. Misalnya saja menargetkan kalangan anak muda, komunitas anak-anak, kalangan dewasa, para wanita atau laki-laki saja dan yang lain sebagainya.

6. Selalu Berpikir Positif dan Pantang Menyerah

Menjadi seorang marketing haruslah punya rasa keyakninan yang tinggi agar hasil yang didapatkan pun lebih besar. Jangan pernah bersikap pesimis terhadap segala hal yang kamu lakukan dalam menjalankan profesi sebagai marketing. Sebaliknya, kamu harus selalu optimis bahwa yang kamu lakukan tersebut pasti akan berhasil.

Jika pun kamu mengalami kegagalan dalam menggaet pelanggan, lakukan evaluasi dan perbaikan. Temukan apa yang salah dengan cara kamu menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, kemudian perbaiki kesalahan tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menjadi marketing pemula yang sukses bisa coba kamu terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

logoblog

Thanks for reading Cara Menjadi Marketing Pemula yang Sukses

Newest
You are reading the newest post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.