Saturday, March 13, 2021

Tips Sukses Berjualan Online Untuk Pemula

  Poor Man       Saturday, March 13, 2021

Sekarang berbagai kebutuhan hidup bisa dibeli secara online. mulai dari membeli pakaian, sepatu, tas, peralatan olahraga, hingga makanan dapat Anda beli. berjualan secara online sudah menjadi hal umum. meskipun ini sudah Anda ketahui, tapi belum tentu dapat mengantarkan Anda untuk mendapatkan kesuksesan yang mudah saat ikut menjalankannya.

Tips Sukses Berjualan Online Untuk Pemula


Kesempatan untuk berjualan online memang terbuka untuk semua orang. baik itu, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa / pelajar dapat mencobanya. tapi dalam faktanya, cukup banyak pelaku bisnis online shop yang berakhir ditengah jalan dan menutup toko online miliknya. kegagalan seperti itu kadang membuat seorang enggan untuk mencoba sebelum memulai.

Kesuksesan dalam kenyataannya tetap menjadi hak semua orang, termasuk Anda. disini ada tips sukses yang dapat mengantarkan Anda untuk berjualan online dengan jalan yang mudah, simple, dan cepat dalam menghasilkan keuntungan. ada beberapa tips yang tepat untuk digunakan, Anda dapat membacanya secara lengkap berikut ini.

·         Memahami nilai dari produk;

·         Membuat website / toko online sendiri;

·         Analisa data penjualan;

·         Content marketing dibutuhkan;

·         Sosial media harus aktif;

·         Terapkan strategi marketing dengan email;

·         Lebih mengoptimalkan word of mouth;

·         Pasang iklan di media sosial;

Poin diatas akan kami bahas dalam artikel ini untuk Anda. itu adalah tips yang sangat bagus dalam berjualan online. Anda bisa menerapkan semua tips yang kami bagikan tersebut. selain menambah pengetahuan dan informasi. Anda juga akan lebih mudah untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis.


Tips sukses berjualan online untuk pemula

1. Memahami nilai dari produk

Saat menjalankan bisnis pertama kali, apakah disini Anda sempat melihat kelebihan dari produk yang Anda jual? kenali dan pahami hal tersebut dengan baik. apakah produk Anda memiliki harga yang terjangkau, berkualitas baik, atau lainnya. meskipun pertanyaan ini cukup mudah untuk dijawab oleh pelaku bisnis. tapi sadarkah Anda, jika ada yang mungkin tidak Anda pahami?

Misalnya jika pertanyaan diatas kami ubah menjadi, “kelebihan apa yang dimiliki oleh kompetitor Anda dengan produk serupa”.

Untuk menjawab pertanyaan ini, mungkin sekarang Anda hanya terdiam dan memilih tidak menjawab. tidak ada yang salah, jika Anda memilih diam.

Tapi sebenarnya itu adalah hal yang membuat Anda harus lebih fokus dan berbenah. dari poin ini Anda bisa menemukan jawaban unique selling points (USP) dengan arti nilai jual produk.

Ini tidak sama dengan keunggulan produk dalam jumlah banyak. sebab biasanya hanya terdapat satu USP. itu akan menjadi kunci sukses yang dapat menjadi pembeda dari kompetitor Anda.


2. Membuat website / toko online sendiri

Untuk membuat Anda sukses berjualan online, “Anda harus memiliki website / toko online sendiri”, kenapa? dalam menjalankan bisnis online, memang sudah wajar jika haru memilikinya. meski saat ini telah banyak platform atau marketplace yang dapat membantu Anda lebih mudah berjualan. seperti Lazada, shopee, Bukalapak, blibli, Tokopedia, dan lainnya.

Untuk Anda yang baru menjalankan bisnis online, marketplace bisa memudahkan untuk berjualan online. tidak hanya memudahkan, namun untuk membuat akun hanya membutuhkan beberapa menit. Anda bisa langsung berjualan atau menjalankan bisnis. marketplace dikenal memiliki garfik yang cukup besar dan Anda dapat menemukan banyak pelangggan dengan cepat.

Kenapa Anda masih harus memiliki website atau toko online sendiri? ini ditekankan karena dalam marketplace Anda memiliki perasingan bisnis yang sangat ketat. disini Anda berlomba-lomba untuk mendapatkan calon pelanggan dengan kompetitor lain. ditambah lagi, Anda harus menawarkan harga murah, membangun reputasi (rating), dan menawarkan pelayanan cepat.

Itu kurang optimal untuk Anda dalam mengenalkan brand atau produk dengan baik. dimana pelanggan Anda justru hanya akan ingat dengan marketplace yang digunakan tanpa mengenal brand Anda.


3. Analisa data penjualan

“Tidak memiliki data dan membuat kesimpulan sendiri menjadi sebuah kesalahan besar”. data sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis, ini tidak boleh dianggap sepele. dalam menjalankan bisnis, analisa data penjualan sangat penting. jadi Anda harus pintar dalam mempelajarinya saat akan berbisnis. informasi ini akan digunakan untuk mempromosikan produk Anda kepada calon pelanggan.

Dari kumpulan analisa data yang Anda temukan. buat sebuah riset data untuk target pasar dan produk. Anda juga harus dapat mengenalkan produk-produk baru untuk tahap selanjutnya. Anda juga harus dapat mencegah low season dan high season dengan membangun strategi marketing yang tepat.


4. Content marketing dibutuhkan

Apakah disini Anda memahami istilah content marketing? jika belum paham, disini kami akan sedikit menjelaskannya kepada ada dengan singkat.

Content marketing ialah strategi dalam bentuk promosi yang menempatkan pemilik bisnis menyiapkan sebuah konten. ini tidak boleh dikerjakan sembarangan. konten yang dibuat harus selalu berkaitan, bermanfaat, dan relevan. tujuannya untuk menarik calon pelanggan dari waktu ke waktu.

Semakin baik Anda dalam menyiapkan konten, konten yang Anda buat dapat muncul dihalaman utama Google. artinya, itu akan semakin bagus untuk memudahkan calon pelanggan menemukan produk Anda.


5. Sosial media harus aktif

Tidak bisa disampingkan, meski Anda telah membuat blog atau website sendiri. jangan pernah melupakan adanya sosial media. ini dapat menjadi senjata ampuh untuk Anda mempromosikan produk. harus diakui, bahwa sosial media punya peran yang sangat bagus untuk mengenalkan produk kepada calon pelanggan baru.

Banyak dari calon pelanggan yang tertarik dengan promosi di sosial media dan kadang akan mengukuti perkembangan dari produk-produk Anda. baik itu melakukannya dengan menyimak komentar, mem-follow akun, membagikan beberapa konten, hingga masuk ke website / blog Anda.


6. Terapkan strategi marketing dengan email

Dalam fakta bisnis online, Anda memiliki harapan 60% hingga 70% untuk dapat kembali menjual produk-produk Anda kepada pelanggan lama. sedangkan kemungkinan 30% sampai 40% Anda dapat menjual produk kepada pelanggan baru.

Artinya 80% keuntungan yang dapat Anda terima, hanya bisa menikmati 20% hasilnya dari pelanggan lama. jadi sangat penting untuk Anda memiliki hubungan yang erat dengan semua pelanggan.

Lantas bagaimana melakukannya?

Cukup mudah untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba terapkan strategi marketing dengan email. melalui pesan email, Anda dapat mengirimkan informasi tentang produk baru, promo, dan info terupdate yang Anda bagikan.


7. Lebih mengoptimalkan word of mouth

Dalam menjalankan bisnis online, mungkin ada hal yang membuat Anda kurang percaya. kenapa harus pemilik bisnis mengeluarkan banyak uang promosi untuk membayar key opinion leader atau selebgram untuk memberikan review yang bagus?

Bagi Anda yang memiliki kesiapan modal lebih tidak menjadi permasalahan untuk melakukan hal tersebut. dengan menggandeng micro influencer atau selebgram, dalam waktu singkat bisnis Anda mudah untuk dikenal banyak orang.

Tapi ini tidak akan mudah dikerjakan oleh Anda yang minim dengan modal. Anda harus dapat menemukan cara yang lebih efektif untuk mengenalkan produk.

Apakah benar ada cara yang tepat untuk meminimalkan uang promosi?

Cukup sederhana dan mudah untuk Anda kerjakan. Anda hanya perlu menyediakan pelanggan tempat untuk berkomentar di dalam website / blog Anda. ini akan menjadi awal yang baik untuk menarik perhatian calon pelanggan baru dengan membaca komentar dari pelanggan lama Anda.


8. Pasang iklan di media sosial

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Anda tidak boleh melupakan sosial media untuk mengenalkan produk Anda. ini dapat memberikan pengaruh atau efek yang besar dalam pengembangan bisnis online. mungkin akan sedikit berbeda dari pembahasan awal tadi. disini kami coba menjelaskan kepada Anda lebih detail tentang pemanfaatkan sosial media untuk bisnis online.

Pasang iklan di sosial media, dapat meningkatkan pendapatan Anda lebih cepat. brand aau produk Anda jauh lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas melalui iklan yang dibuat dalam media sosial. iklan tersebut juga dapat memberikan kesempatan yang besar untuk menarik reseller. jadi peluang Anda untuk mendapatkan calon pelanggan baru akan semakin terbuka.

logoblog

Thanks for reading Tips Sukses Berjualan Online Untuk Pemula

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.