Friday, March 12, 2021

6 Alasan Memiliki Blog Sangat Penting Untuk Bisnis

  Poor Man       Friday, March 12, 2021

Saat menjalankan bisnis, memiliki blog kadang sulit untuk diterapkan oleh sebagian orang. hal ini cukup bertentangan dengan pelaku bisnis di luar negeri. faktanya, di indonesia pelaku bisnis yang menggunakan blog dikuasai oleh perusahan-perusahaan besar.

Pada dasarnya, membangun blog cukup mudah. tapi rata-rata pemilik bisnis enggan membuatnya, dengan alasan sulit terlalu rumit. selain alasan tersebut, adapun kendala dalam mempelajari dan mengoprasikannya. belum lagi ditambahan biaya untuk membayar jasa penulis artikel. ini akan membebani pengeluaran setiap bulan.

6 Alasan Memiliki Blog Sangat Penting Untuk Bisnis


Meski dalam kenyataannya benar. tapi blog memiliki peran yang sangat penting untuk dijadikan strategi marketing. keberadaan blog dapat membantu calon pelanggan untuk mengenal lebih dekat pada bisnis Anda sebenarnya. di sisi lain, memiliki blog bisa mempercepat produk-produk Anda untuk di kenal masyarakat secara luas.

Beberapa kendala yang kami sebutkan tadi, itu menjadi alasan utama kenapa banyak pelaku masih belum menggunakan blog untuk mejalankan bisnisnya. tapi jika diperhatikan, blog dapat menjadi investasi bisnis jangka panjang yang nantinya benar-benar akan sangat berguna dan bermanfaat.

Ketika Anda dapat mempertahankan bisnis dalam waktu empat, lima, hingga sepuluh tahun kedepan. keberadaaan blog akan sangat membantu bisnis Anda tersebut. untuk Anda pemilik bisnis yang masih tidak yakin untuk memiliki blog sebagai media bisnis.

Kami sedikit memberikan informasi yang mana dapat memberikan banyak manfaat utuk Anda. setelah menyimak hingga akhir, Anda mungkin akan berubah pikiran untuk membuat blog sebagai perantara untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

Keuntungan memiliki blog untuk bisnis

Jika membicarakan tentang keuntungan yang diterima saat memiliki blog untuk bisnis. tidak bisa dipungkiri jika sulit untuk melepasakan satu konsep penting yakn customer journey. pada tahun 1998, konsep tersebut mulai dipublikasikan oleh OxfordSM (dahulu lebih dikenal dengan nama Oxford Cerporate Consultants).

Konsep ini berhasil menjelaskan tentang cara berinteraksi yang benar kepada calon pelanggan dengan mengenalkan sebuah brand (produk). semua itu tidak menghilangkan unsur pengalaman, perasaan, dan motivasi kepada pelanggan.

Pembuatan konsep tersebut sangat membantu pelanggan untuk mengetahui sebuah brand (produk) dengan cara yang mudah. ini dapat menjadi strategi marketing yang tepat untuk menarik calon pelanggan.

Brand (produk) dapat memahami kepada siapa calon pelanggan yang akan ditargetkan. mendesain brand juga penting untuk pengembangan bisnis. ini dapat menjangkau ke semua berbagai sektor yang diharapkan oleh pelaku bisnis.

Untuk membuat costomer journey, Anda bisa mengawalinya dengan fase awareness (perkenalan), dilanjutkan ke consideration (petimbangan), kemudian purchase (pembelian), lalu retention (pembelian ulang), dan advocacy (promosi).

Jika Anda cermat dan teliti penjelasan kami tersebut. Anda dapat melihat sebuah blog yang muncul di fase customer journey. dalam arti, bahwa Anda dapat memanfaatkan blog untuk mendapatkan banyak pelanggan di fase yang berbeda-beda.

Agar mendapatkan penjelasan yang lengkap, Anda bisa menyimak info dari kami disini tentang kenapa penting untuk memiliki blog sebagai bisnis.


1. Mendapatkan pelanggan potensial

Pada kenyataannya, tidak ada satu pelanggan yang bersedia “di paksa” untuk membeli sebuah produk. kenapa? Anda bisa memperhatikan saat pergi ke sebuah mall. ada cukup banyak pengunjung yang berupaya untuk menghindar dari salesman. bujukan semanis apapun dari kata-kata yang keluar dari sales pasti akan selalu dianggap tidak menarik. bahwa cukup jelas, tujuan akhir pengunjung akan diminta untuk membeli.

Dalam fakta, banyak orang yang lebih senang dengan bentu promosi yang halus (soft-selling). dengan menggunakan hubungan emosinal dan membangun sebuah koneksi, nyatanya cendurung sangat dihargai. dalam kasus ini, calon pelanggan kadang tidak menyadari. jika konten yang sedang di baca merupakan sebuah iklan.

Setalah menyimak iklan secara penuh konten tersebut, calon pelanggan biasanya akan menyadari. bahwa tujuan dari konten untuk menarik secara halus membeli produk. ini dapat menjadi strategi yang bagus untuk Anda. sebab berdasarkan dari informasi yang pelanggan cari, akan sangat potensial untuk mengenalkan produk.

Disinilah letak pentingnya memiliki blog untuk bisnis. dengan memberikan sebuah konten menarik, Anda dapat menarik banyak calon pelanggan baru untuk mengenal produk-produk yang Anda jual.


2. Menaikan trafik blog

Bagi pelaku bisnis yang memiliki blog, pengunjung dapat meningakat 60%. membuat blog bisnis lebih cepat terindeks oleh mesin pencari Google empat kali halaman atau sebesar 450 %. ini akan sangat potensial untuk meningkatkan calon pelanggan baru untuk mengenal bisnis Anda. data tersebut jauh lebih besar dibandingkan sebuah bisnis tanpa blog.

Tidak hanya, menaikan jumlah trafik blog di mesin pencarian. tapi blog untuk bisnis dapat sangat membantu dalam menerapkan strategi email marketing. dalam sebuah penelitian, menemukan data 28% email marketing sangat membantu untuk meningkatkan blog. angka tersebut sangat berbeda jauh ketika dibandingkan dengan bisnis tanpa blog.


3. Tingkatkan jumlah lead (prospek)

Dalam fakta, memiliki blog untuk bisnis tidak sekedar mendapatkan trafik. Anda bisa meningkatkan lead (prospek). lead dikaitkan dengan perilaku calon pelanggan yang memiliki ketertarikan untuk membeli produk. itu dapat terlihat dalam beberapa aksi, mulai dari download booklet, berlangganan newsletter, mengisi contact form, menyimak konten, dan lainnya.

Semakin bertambahnya jumlah lead yang Anda buat, maka besar kemungkinan calon pelanggan yang potensial Anda dapatkan. menggunakan lead, akan mempermudah Anda untuk memiliki identitas calon pelanggan (namun ada persetujuan dari yang bersangkutan). data yang Anda dapatkan ini bisa di kelompokan.


4. Tingkatkan reputasi bisnis

Mengetahui reputasi bisnis dengan akurat bukan pekerjaan mudah. tapi Anda bisa meningkatkannya dengan melalui blog. dalam fakta, memiliki blog bisnis memang sangat bagus untuk meningkatkan reputasi produk. dengan membangun blog, Anda menjadi lebih dekat kepada semua pelanggan. itu juga dapat menjadi solusi yang bagus untuk pelanggan dalam memecahkan masalah.

“Perasaan Anda pasti akan sangat nyaman saat ada seseorang yang membantu dalam menjawab pertanyaan atau keluhan, bukan”! hal tersebut juga akan dirasakan sama oleh semua pelanggan Anda ketika mendapatkan respon yang baik. ini akan sangat membantu juga untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda.


5. Membangun sebuah komunitas

Ada keuntungan lain saat Anda memiliki blog bisnis. bahwa Anda dapat membangun sebuah komunitas. Anda bisa memulainya dengan mengaktifkan fitur komentar pada bagian sisi bawah konten blog Anda. fitur ini dapat membantu pelanggan Anda untuk mendapatkan respon yang cepat. fitur tersebut juga dapat memberikan pelanggan lain untuk saling berkomunikasi secara bersamaan.

Pendapat dan pemahaman yang dibagikan dalam komentar bisa menjadi data yang cukup penting untuk pelanggan baru. dalam komentar, Anda dapat lebih memahami apa yang di minati dari konten yang sudah Anda bagikan.


6. Menjalin hubungan yang dekat

Membangun blog untuk bisnis tidak hanya menawarkan fitur bagus. tapi melalui blog bisnis, ini bisa menjadi tempat yang sempurna untuk mengenalkan produk. kedekatan hubungan berinteraksi juga dapat menumbuhkan ikatan erat dengan pelangggan. Anda bisa melakukan ini untuk membuat pelanggan merasa nyaman saat masuk kedalam blog bisnis Anda. bahkan dapat membuatnya untuk selalu kembali membeli produk-produk Anda.

logoblog

Thanks for reading 6 Alasan Memiliki Blog Sangat Penting Untuk Bisnis

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.