Wednesday, June 23, 2021

5 Trik Kelola Gaji 3 Juta Agar Sisa Untuk Ditabung

  Poor Man       Wednesday, June 23, 2021
5 Trik Kelola Gaji 3 Juta Agar Sisa Untuk Ditabung - Bagi seorang karyawan mengelola gaji 3 juta rupiah agar sisa untuk ditabung tentu tidaklah mudah, sebab seperti kita ketahui bersama di era modern ini hampir semua kebutuhan pokok terus melambung tinggi setiap harinya namun tidak diimbangi dengan pendapatan yang stabil. Oleh sebab itu tentu hal ini membuat sebagian karyawan atau buruh pabrik merasa resah akan masa depan mereka kelak, mereka khawatir dengan gaji nya yang masih terbilang minim tidak cukup untuk membiayai kehidupan mereka kelak pada nantinya.

5 Trik Kelola Gaji 3 Juta Agar Sisa Untuk Ditabung

 

Pada dasarnya mengelola gaji 3 juta agar sisa untuk ditabung sangatlah mudah. Dimana anda hanya perlu menerapkan beberapa pola hidup hemat dan juga meminimalisir segala kebutuhan yang sifatnya kurang seberapa penting, seperti belanja kosmetik, baju dan mengurangi aktivitas nongkrong di cafe ataupun mall. Sebab jika anda selalu terbiasa memenuhi kebutuhan tersebut maka dijamin uang gaji anda akan ludes dalam hitungan hari. Nah jika anda seorang karyawan yang memiliki gaji 3 juta namun ingin tetap menabung, berikut strategi atau Trik Kelola Gaji 3 Juta Agar Sisa Untuk Ditabung.

1. Buatlah Schedule Atau Daftar Belanja Bulanan

Tips yang pertama dalam mengelola gaji 3 juta agar sisa ditabung ialah dengan cara membuat schedule atau daftar belanja bulanan. Pada dasarnya cara ini cukup efektif dalam menekan biaya bulanan dan membantu anda tetap terkendali dalam membelajankan uang gaji anda. Nah saat anda membuat daftar belanja bulanan ini pilihlah mana biaya bulanan yang sifatnya penting seperti biaya makan, biaya kost/ kontrakan, tagihan listrik ataupun biaya kendaraan.

2. Hindari Gaya Hidup Mewah

Secara umum faktor yang membuat seorang karyawan gagal dalam mengelola keuangan umumnya disebabkan karena mereka tidak dapat mengendalikan diri untuk hidup dengan gaya mewah. Nah oleh sebab itu jika anda ingin memiliki gaji yang minim dan tetap memiliki sisa untuk ditabung maka hindarilah gaya hidup mewah, seperti belanja pakaian mahal, nonton film di bioskop setiap hari ataupun menghabiskan waktu dengan cara belanja di mall.

3. Buatlah Tabungan Sendiri

Tips paling jitu dalam mengelola gaji 3 juta agar tetap sisa ditabung yang selanjutnya ialah dengan cara membuat tabungan sendiri. Saat anda menerima gaji bulanan maka segera sebisa mungkin untuk sisakan 10% dari gaji anda untuk ditabung. Sedangkan sisa dari gaji anda bisa anda gunakan untuk kebutuhan lain yang sifatnya mendesak. Nah dengan cara ini maka secara otomatis anda akan tetap memiliki tabungan untuk masa depan anda meski gaji bulanan anda sangat minim

4. Hindari Kredit Atau Mencicil Barang

Tahukah anda bahwa mengkredit atau mencicil barang seperti motor, ponsel baru, kulkas dan alat elektronik lain merupakan langkah paling bodoh untuk menghabiskan uang, meskipun cicilan ini terlihat kecil namun justru sangat memberatkan, belum lagi jika cicilan anda memiliki bunga yang relatif tinggi maka uang gaji anda akan habis untuk mengkredit barang cicilan ini,. Nah oleh sebab itu jika anda memiliki gaji bulanan yang minim maka ada baiknya jika anda mampu menghindari kredit atau barang yang sifat terapresiasi.

5. Investasikan Uang Anda Untuk Mencicil Tanah atau Rumah

Yang terakhir, Trik Kelola Gaji 3 Juta Agar Sisa Untuk Ditabung adalah dengan cara menginvestasikan uang untuk mencicil tanah atau rumah. Alih-alih menghabiskan uang anda untuk belanja barang yang sifatnya dapat terapresiasi seperti barang elektronik, maka cara paling efektif dalam menambah tabungan anda ialah dengan cara menginvestasikan uang anda untuk mencicil tanah atau rumah, tahukah anda di zaman modern ini ada banyak sekali cicilan rumah tanpa KPR dan bunga cicilan yang rendah. Nah dibandingkan anda harus mengkredit barang - barang yang sifatnya dapat terapresiasi maka ada baiknya jika anda mencicil tanah ataupun rumah. Sebab harga tanah atau rumah akan melambung tinggi setiap harinya dibandingkan dengan barang -barang elektronik yang justru semakin menurun harga nya. Semoga bermanfaat!

logoblog

Thanks for reading 5 Trik Kelola Gaji 3 Juta Agar Sisa Untuk Ditabung

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.