Wednesday, September 29, 2021

4 Keunggulan Utama Aplikasi Absensi Karyawan Dibandingkan Manual

  Poor Man       Wednesday, September 29, 2021

Menggunakan aplikasi absensi karyawan merupakan alat bantu yang memudahkan perusahaan dalam mengatur jam kerja karyawan yang akurat. Zaman dahulu, perusahaan membuat absensi karyawan dengan manual membuat kericuhan tersendiri terutama saat penggajian. Data yang tersebar, jam kerja yang tidak sesuai terutama karyawan yang sedang bekerja dinas akan susah untuk absen dengan tipe manual.

Oleh karena itu, terdapat 4 keuntungan jika perusahaan Anda beralih ke basis aplikasi absensi karyawan. Apa saja? Mari kita simak bersama!


Hemat Waktu dan Uang

Jika menggunakan absensi karyawan secara manual, akan menghabiskan banyak uang untuk pembelian kertas. Selain itu, menghitung penggajian secara manual dapat menghabiskan waktu berjam-jam dari dan membebani karyawan yang bertugas.

Sistem waktu dan kehadiran yang terintegrasi dapat secara tajam mengurangi biaya yang terkait dengan pengumpulan, pengelolaan, dan entry data yang terlibat dalam sistem manual. Informasi karyawan baru dapat secara otomatis ditransfer dari platform HR pusat untuk membantu memastikan bahwa setiap orang diperhitungkan dan dibayar dengan benar.

Selain itu, penggunaan aplikasi juga dapat membantu perusahaan untuk menghemat anggaran karena tidak lagi membutuhkan biaya pemeliharaan mesin. Semua aplikasi langsung di-install di masing-masing smartphone milik karyawan dan tidak lagi membutuhkan perangkat tambahan. 


Mengurangi Kesalahan Karyawan

Karyawan yang menggunakan sistem absensi berbasis manual mungkin salah dalam absensi ataupun datanya yang tidak beraturan. Dalam upaya untuk mengingat informasi yang tepat, akhirnya menebak waktu untuk mulai bekerja, lama istirahat makan siang mereka, dan jam berapa selesai untuk hari itu. Kesalahan seperti itu dapat menyebabkan pihak perusahaan membayar lebih atau kurang membayar karyawan.

Pelacakan waktu dan pelaporan otomatis dapat mengurangi risiko kesalahan pelacakan manual dengan menggunakan waktu real time jam kerja karyawan yang secara langsung masuk ke dalam sistem penggajian dan hal ini juga  meningkatkan produktivitas karyawan.


Baca Juga: Cara Membuat CV yang Baik dan Benar


Meningkatkan Produktivitas dan Kepuasan Kerja

Sistem yang efisien dan akurat memungkinkan karyawan untuk lebih fokus pada tanggung jawab pekerjaan mereka. Daripada terjebak dalam mengisi secara manual dan memeriksa ulang untuk memastikan keakuratan, karyawan tahu bahwa gaji berikutnya akan diterima tepat waktu dan jumlahnya akan didasarkan pada jam kerja. 

Cara ini menghilangkan sejumlah besar potensi stres dan gangguan dari tempat kerja, yang dapat membantu meningkatkan kepuasan dan moral karyawan. Selain itu, mengganti metode berbasis kertas dengan sistem aplikasi, memberi karyawan lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan mereka.


Fleksibilitas Akses

Hal terbaik dari penggunaan aplikasi absensi karyawan yaitu dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Dengan bantuan smartphone atau PC, Anda dapat mengaksesnya dengan cepat. Oleh karena itu tidak menjadi hal yang berat terutama bagi pekerja yang sedang dinas dapat mencatatkan absen dari tempatnya bekerja. 

Data juga lebih ringkas dan mudah tanpa tercecer karena hanya dapat melihat dari history clock in dan clock outnya. Sehingga memudahkan HRD untuk menyortir dan merekap data kehadiran termasuk membuat laporan absensi bulanan. 

Itulah ulasan singkat mengenai apa saja keuntungan menggunakan aplikasi absensi karyawan dibandingkan menggunakan absensi fingerprint. Nah, apakah perusahaan Anda tertarik untuk menggunakannya? 

Perusahaan dapat mengembangkan sistem mengandalkan sumber daya interna. Namun, jika perusahaan belum mampu untuk mengembangkan sistem sendiri, perusahaan dapat mengandalkan jasa dari berbagai vendor penyedia aplikasi. 

Dalam memilih vendor, perusahaan harus memperhatikan berbagai aspek. Salah satunya adalah pengalaman dan kualitas vendor itu sendiri. Contoh vendor yang sering direkomendasikan adalah LinovHR dengan berbagai pengalaman membantu manajemen SDM perusahaan. 

LinovHR dipercaya banyak perusahaan karena pengalaman dan jaminan keamanan sistem. Sudah bukan rahasia umum lagi jika keamanan sistem menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan perusahaan karena maraknya pencurian dan manipulasi data. Maka dari itu perusahaan harus mempertimbangkan dengan seksama bagaimana cara menjaga keamanan data karyawan itu sendiri. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi absensi karyawan? Dibandingkan cara manual, tentu saja penggunaan aplikasi dalam mencatatkan absensi lebih mudah dan praktis. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu Anda dalam mengelola kehadiran karyawan! 


logoblog

Thanks for reading 4 Keunggulan Utama Aplikasi Absensi Karyawan Dibandingkan Manual

Newest
You are reading the newest post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.