Tuesday, September 14, 2021

Contoh Resume Online

  Poor Man       Tuesday, September 14, 2021

Bagi Anda yang berniat melamar kerja baik di perusahaan swasta atau nasional, belajar menulis atau membuat resume dengan melihat berbagai contoh resume online merupakan hal yang penting untuk Anda. Pasalnya resume menjadi hal pertama yang akan dibaca dan dipahami oleh HRD tentang diri Anda.

Resume menjadi suatu gambaran calon karyawan yang akan bekerja di sebuah perusahaan. Seringkali HRD akan menilai diri Anda seperti apa dan memutuskan akan memberikan peluang kerja atau tidak kepada Anda melalui resume yang Anda tulis. Oleh sebab itu berikut contohnya yang penting Anda pahami!

Contoh Resume Online

Jl. Anggrek, RT 12 RW 02, Surabaya, Indonesia
https://umardanny.com
umardanny112@gmail.com

Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 20 Agustus 1990
Jenis kelamin : Laki-laki
Status : Menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Anggrek, RT 12 RW 02, Surabaya, Indonesia
Telepon : (021) 5846441, 08180257456
E-mail : umardanny112@gmail.com

Bidang keahlian

Sales Director

Pendidikan Terakhir

Universitas Airlangga (2005 – 2009)

Sarjana Ekonomi (Cumlaude) dengan IP 3,8

Pengalaman kerja

Sales supervisor area Semarang, PT Indah Nusa Jaya

Juni 2015, sampai sekarang

Prestasi kerja :

·         Memimpin 10 orang Sales Representative dengan omset penjualan mencapai 1,5 milyar rupiah per bulan

·         Mendapatkan sampai 100% target penjualan selama 5 tahun berturut – turut melalui konsisten training, audit terhadap tim serta melakukan pembinaan hubungan baik dengan top customer

Sales Representative, PT. Grosir Sepatu Nusantara
April 2000 – Mei 2014

Prestasi kerja :

·         Mengcover sampai dengan 50 toko retail baju terbesar yang ada di wilayah Jawa Tengah

·         Mencapai lebih dari 100% target penjualan selama bekerja di sana dengan menjalin hubungan baik dengan setiap customer serta melakukan distribusi produk dengan baik melalui metode fast moving atau pun slow moving

Kemampuan dan skill

·         Microsoft Excel

·         Microsoft Word

·         Microsoft Power Point

·         Memiliki kemampuan bahasa Inggris secara aktif atau pun pasif

Kemampuan tambahan :

·         Memberikan informasi secara persuasif terhadap orang lain utamanya customer untuk menunjang penjualan perusahaan

Kursus dan pelatihan

2010

Effective Selling Strategi

2006 – Ganesha Mandiri Komputer

Aplikasi Komputer untuk Bisnis

2005 – PT. Media Nusantara

Seminar Digital Marketing untuk Memaksimalkan Penjualan Usaha Perusahaan Secara Online

Hobi

Membaca, main sosial media, traveling dan olahraga basket

Melalui contoh resume online di atas, kita tahu bahwa ada banyak poin penting yang harus ditulis yang mampu memberikan gambaran tentang seperti apa kita di atas kertas secara singkat. Poin – poin penting semua harus Anda cantumkan di sana.

Lantas, apa saja informasi tentang data diri pelamar kerja yang harus ada pada resume? Sesuai dengan contoh di atas, ada beberapa informasi yang harus ada pada resume di antaranya :

Data diri lengkap

Pastikan Anda menulis data diri Anda secara lengkap seperti contoh. Data diri yang Anda informasikan ada baiknya berisi tentang diri Anda baik itu alamat rumah, sampai dengan alamat email Anda.

Informasi pendidikan

Pastikan Anda mengisi informasi pendidikan yang Anda telah selesaikan. Tulis juga apakah Anda berhenti di SMA atau meneruskan sampai kuliah D3, S1, S2 atau S3. Biasanya meski bukan hal yang utama, kualifikasi pendidikan juga sangat dicari dan diperhatikan oleh HRD yang tengah bertugas di perusahaan yang sedang Anda lamar tadi.

Pengalaman kerja

Tak banyak perusahaan utamanya sebuah perusahaan yang sudah besar mau menerima tenaga kerja yang masih fresh graduate. Kebanyakan perusahaan mencari tenaga kerja baru yang sudah berpengalaman.

Hal ini karena perusahaan pasti menginginkan tenaga kerja dengan skill yang maksimal guna menunjang segala aktivitas dan produktivitas perusahaan. Oleh sebab itu ketika Anda menulis sebuah resume, pastikan di sana Anda juga menjelaskan tentang pengalaman kerja Anda.

Jelaskan dimana saja Anda pernah bekerja dan apa saja prestasi Anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

Keterampilan yang Anda punya

Tambahkan keterampilan yang Anda punya dan Anda kuasai. Beberapa keterampilan yang penting Anda kuasai di antaranya seperti mengoperasikan Microsoft Word, Excel dan yang lainnya seperti contoh resume online di atas.

Informasikan pengalaman pribadi Anda

Tambahan informasi pengalaman yang bersifat pribadi boleh Anda tambahkan. Akan tetapi pastikan masih identik atau sesuai dengan pekerjaan yang Anda akan ambil atau pertanggungjawabkan nanti. Misalkan tentang kedudukan Anda yang pernah menjadi wakil manager pemasaran di sebuah perusahaan atau lainnya.

Kalau untuk informasi pengalaman yang bersifat pribadi tapi tidak ada kaitannya dengan pekerjaan tidak terlalu penting untuk Anda informasikan, misalkan seperti mendapatkan warisan dan sebagainya.

Jadi untuk Anda yang sedang mencari kerja di sebuah perusahaan, Anda harus selalu ingat bahwa tujuan utama Anda dalam pembuatan CV lamaran kerja harus menarik dan mampu mencuri perhatian seorang manajer personalia atau HRD sehingga mereka tertarik untuk merekrut Anda bergabung bersama perusahaan mereka.

Oleh sebab itu memastikan lamaran kerja disusun dengan baik dan rapi sangat dianjurkan. Setelah mereka melirik kertas lamaran pekerjaan Anda, tentu saja peluang untuk bergabung di perusahaan bisa muncul lebih banyak.

Oleh karena itu setelah berkas lamaran kerja ditulis, berkas tersebut yang akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja yang lain di perusahaan yang sama. Baiknya sebelum mengirim surat lamaran kerja, Anda kembali baca dengan cermat dan teliti mulai dari awal sampai dengan akhir untuk meminimalisir kesalahan dan melakukan koreksi ulang jika memang ada yang harus dibenahi sebelum dikirimkan.

Kalau Anda merasa sudah benar semua dan informasi yang dibutuhkan juga sudah sesuai, maka jangan ragu untuk segera mengirimkan CV lamaran kerja Anda ke perusahaan yang Anda inginkan atau ke perusahaan yang Anda tuju.

Jangan lupa untuk berdoa sebelum dikirimkan supaya pekerjaan yang Anda ingin ambil posisinya di perusahaan tersebut bisa jatuh ke tangan Anda. Tetap optimis dan semoga kesuksesan bersama Anda.

Itulah sedikit tips dan trik beserta contoh resume online untuk Anda yang menulis resume yang akan ditujukan sebagai resume melamar kerja baik di perusahaan swasta atau nasional. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat melamar kerja, semoga sukses ya!

 

logoblog

Thanks for reading Contoh Resume Online

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.