Friday, January 4, 2019

Cara Memulai Serta Analisa Usaha Bisnis Jual Beli Gabah Kering

  Deka pradifta       Friday, January 4, 2019
Analisa usaha jual beli gabah - memulai menjadi pedagang atau menjadi pengusaha adalah hal yang selalu ditargetkan semua orang dalam menggeluti bisnis yang ia inginkan tersebut, salah satunya yakni anda harus pandai melakukan analisa usaha jual beli gabah ini supaya bisnis tersebut bisa berkembang pesat, memang tidak mudah untuk menjalankan bisnis dari nol, jika anda langsung terjun begitu saja tentu akan sulit tumbuh besar, alangkah lebih baiknya lakukan analisa sedetail mungkin agar pertumbuhan usaha bisa mudah berkembang.
Cara Memulai Serta Analisa Usaha Bisnis Jual Beli Gabah Kering

Tahukah anda bahwa ada banyak sekali kalangan masyarakat umum yang sedang mencari gabah kering tersebut, terkadang juga bagi kalangan pebisnis pemula sering kali langsung terjun begitu saja tanpa adanya melakukan analisis pasar terlebih dahulu, nah bagi anda yang sedang kebingungan bagaimana menerapakn cara analisis bisnis jual beli gabah kering tersebut, maka artikel ini merupakan jawaban yang sangat tepat sekali bagi pembaca, silakan anda simak baik-baik dibawah ini.

Analisa Usaha Jual Beli Gabah Kering


1. Pengeluaran modal awal untuk menyewa kios setidaknya sekitar 9 juta, lalu siapkan stok awal beras sebesar 5 juta

2. Modal operasi seperti meja serta wadah penyimpanan beras gabah sekitar 700 ribu, valet 300ribu, jadi jumlah semuanya 1 juta, sedangkan jumlah modal awal 15 jutaan.

3. Untuk harga pokok gabah per bulan dalam pembeliannya 5 jutaan, jadi dalam laba kotor per bulan 5 juta lima ratus.

4. Modal pengeluaran perlengkapan kios 100 ribu, untuk sewa kios per tahunnya bisa anda totalkan sendiri, sedangkan gaji pegawai cukup 600 ribu per bulannya, penyusutan 25 ribu, biaya listrik 50 ribu, dan lain lain.

Baca juga Bisnis Rumahan Yang Bagus Memulai Usaha Setelah Resign Berhenti Bekerja

5. Dalam penjualan per bulan untuk laba dan ruginya, estimasi rata-rata harga beras 7,5 juta per kilogram nya, jika 50 kg × 7,5 juta maka dalam 30 hari sudah dapat 11 jutaan.

6. Kesimpulannya metode garis lurusnya ialah 3 tahun, untuk beban penyusutan per bulannya apabila kita nilai lewat residu 100 ribu yakni sebesar (Rp.satu juta -Rp.100.000,00) per (3 tahun x 12 bulan) = 2.000,00 maka per bulan.

Cara Memulai Usaha Jual Beli Gabah


1. Kawasan yang strategis


Faktor pertama yang bisa anda lihat agar usaha tersebut bisa berkembang lebih cepat ialah dengan memilih lokasi kawasan yang cukup strategis, bila anda menentukan tempat usaha yang tidak tertarget tentu akan sulit untuk berkembang, hal ini dikarenakan sepi akan konsumen, alangkah lebih baiknya anda bisa lakukan analisis terlebih dahulu seperti target pasar, kawasan pemukiman penduduk, dan lain sebagainya.

Banyak orang saat ini bertanya-tanya mengenai tips memulai bisnis jual beli gabah kering ini tentang pemilihan lokasi yang strategis, perlu diketahui juga bahwa memilih tempat harus diperhatikan sebelum usaha tersebut didirikan, karena ini akan memberikan efek jangka panjang serta efek positif terhadap laku atau tidaknya usaha anda tersebut.

Kebanyakan ibu-ibu atau pemborong lebih memilih berbelanja di lokasi berdekat dengan pasar tradisional, jadi alangkah baiknya anda perlu memperhatikan kepadatan penduduk disekitar wilayah tersebut, bila terlihat sangat sepi alangkah baiknya jangan ambil resiko, tentukan lokasi strategis yang berkaitan terhadap kepadatan penduduk seperti kawasan bisnis dekat dengan pasar tradisional, sebab mudah dijangkau dan ingat banyak orang.

2. Tentukan Harga


Dalam memulai bisnis gabah kering ternyata ada faktor lainnya yang perlu anda perhatikan yaitu harus melihat harga serta kualitas beras tersebut, jangan sampai harga yang sudah anda tentukan tidak sesuai pasaran, hal ini dikarenakan bisa mengakibatkan sulitnya masyakarat untuk membeli gabah beras anda, tidak hanya itu saja akan tetapi siapkan pula berbagai macam jenis gabah yang ingin dipasarkan.

Sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa masyakarat umum kebanyaka membeli gabah atau beras yang berdekatan dengan lokasi pasar tradisional, siapkan juga macam-macam jenis gabah yang anda jual tersebut, berikan harga yang bervariasi, artinya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah juga, lebih baik sesuaikan dengan harga pasar saat ini, optimalkan profit keuntungan anda agar penjualan bisa lebih efisien.

Selanjutnya apabila anda bingung menentukan harga tersebut, maka solusi terbaik adalah melakukan surveys pasar terlebih dahulu, contoh sederhanya anda bisa mengintip harga gabah kering milik kompetitor bisnis, sesuaikan dengan penjualan nominal anda, lebih bagus lagi bisa turunkan ke nominal 0,3% agar dapat menjaring banyak konsumen baru serta pelanggan setia. Jika usaha tersebut masih dalam kategori pemula, maka jual lebih murah saja, tujuannya yakni bisa mengenalkan bisnis anda ke orang banyak.

3. Pemasok beras untuk bisnis 


Untuk tips ketiga dalam usaha jual beli gabah kering kali ini adalah harus mencari pemasok beras atau distributor gabah anda, silakan cari tahu disekitar lokasi tersebut, perhatikan juga harga yang ditawarkan.

Baca juga Daftar Bisnis Uang Gratis Langsung Transfer Masuk Ke Rekening Bank

Untuk syarat utama yang perlu di ingat yaitu anda harus melihat pemasok tersebut yang bersedia menyiapkan ketersediaan beras yang bersifat kesinambungan atau bisa dibilang berlanjut, artinya pemasok harus terus berkomitmen memberikan jatah beras kepada anda walaupun pada daerah tertentu sedang sulit terhadap kondisi pertanian yang cukup susah.

Namun kekurangannya ketika muncul masalah dari beberapa petani, pastinya jatah beras atau gabah yang disuguhkan dari pemasok akan berkurang drastis, alangkah baiknya anda perlu memilih pemasok yang tepat dan menyajikan lebih banyak stock kepada banyak pelanggan, dengan itu distributor akan lebih condong mempersiapkan stock beras kepada calon konsumen, sebab pada dasarnya sudah mempunyai permintaan yang cukup banyak sekali dalam melakukan usaha jual beli gabah kering.

Namun bagi seorang pemula yang baru saja berniat membangun bisnis gabah kering, tentu ada solusi lainnya yang efektif yaitu anda perlu membangun hubungan baik dengan dengan distributor tersebut, hal ini ternyata dapat membuat usaha anda mudah berkembang lebih maju, karena pemasok beras akan berkomitmen rutin memberikan jatah kepada bisnis anda, jadi mulai sekarang cari mereka, ajak ngobrol atau jika ingin hebat lagi bangunlah kerja sama yang sifatnya positif terhadap kedua belah pihak.

Cara Menarik Pelanggan Dalam Berjualan


Dalam menjalankan bisnis ada banyak sekali upaya analisa usaha beras yang dilakukan kalangan pedagang terutama pengusaha di Indonesia, perlu di ingat ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan transaksi penjualan terjalin baik antar pelanggan dan penjual, faktor ini ternyata bisa membuat usaha tersebut terus berkembang dengan baik, hal ini dikarenakan produk yang dijual sudah dipercayai konsumen tersebut.

Lalu bagaimana tips sederhana dalam berjualan agar profit keutungan bisa lebih meningkat ? Pernyataan seperti ini banyak sekali diajukan, nah untuk permasalahan tersebut artikel ini akan memberikan jawaban yang tepat, memang dalam berjualan anda tidak boleh melakukan cara curang, karena dapat memberikan faktor negatif terhadap usaha gabah anda tersebut, selain menurunkan penjualan ternyata dapat mengurangi kepercayaan antara calon pelanggan.

Tahukah anda bahwa mereka yang termasu dan masyarakat menengah atas lebih memilih membeli gabah dalam stock yang cukup banyak, untuk masyarakat menengah bawah lebih afdol membeli dengan takaran yang sedang saja, lakukan pemasaran dengan target market yang sesuai, sebab bisa mempengaruhi hasil penjualan maupun keuntungan anda.

Baca juga Situs Penghasil Uang Rupiah Tanpa Modal Tercepat

Dalam menarik atau bisa dibilang memikat banyak pelanggan sebenarnya cukup sederhana sekali, anda hanya perlu melakukan re-packing produk gabah beras tersebut dengan pengemasan yang rapi, karena kemasan akan pada dasar pengemasan produk bisa menggambarkan kualitas branding anda, semakin bagus kualitasnya tentu semakin baik pula di mata calon konsumen. Seuaikan juga takaran yang wajar dengan kompetiror, sajikan dengan harga terjangkau, jangan sampai harga tersebut menyulitkan konsumen untuk membeli.

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah kami bagikan tentang analisa usaha jual beli gabah, semoga artikel ini dapat memberikan informasi atau wawasan yang sangat bermanfaat bagi pembaca, bila ada yang bingung silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar. Terima kasih
logoblog

Thanks for reading Cara Memulai Serta Analisa Usaha Bisnis Jual Beli Gabah Kering

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.