Ikuti Info Bisnis Online Terbaru

Sunday, January 6, 2019

Pengertian Bisnis Dan Strategi Bisnis, Tujuan, Macam-macam, Contoh, Manfaat, Serta Konsep Strategi Bisnis

  Deka pradifta       Sunday, January 6, 2019
Pengertian bisnis dan strategi bisnis - Sebelum itu arti bisnis disini ialah tujuan yang hendak dicapai dari usaha yang hendak dilakukan tersebut, ada berbagai macam tujuan yang mau dicapai entah itu penjualan produk ataupun jasa sehingga dapat menghasilkan keuntungan agar bisa mencukupi kebutuhan pelaku usaha tersebut dan bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Pengertian Bisnis Dan Strategi Bisnis, Tujuan, Macam-macam, Contoh, Manfaat, Serta Konsep Strategi Bisnis

Sebenarnya bisnis meliputi banyak hal, diantaranya ialah di bidang pertanian, transportasi, jasa, komunikasi, perhotelan, produk, dan lain sebagainya, tujuannya tetap sama yaitu menjualkan atau memasarkan suatu jasa produk tersebut ke banyak orang sehingga dapat menghasilkan uang atau target yang telah dicapai sebelumnya, pastinya jasa maupun produk tersebut sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat banyak, secara sederhananya bisnis bisa meliputi dua hal yaitu proses produksi dan marketing barang serta jasa.

Pengertian Strategi Bisnis


Bila anda tidak tahu arti tersebut, maka artikel ini menjelaskan informasi cukup singkat yaitu pengertian strategi bisnis ialah perencanaan suatu usaha perusahaan yang terorganisir, sesuai komitmen, tindakan, serta terintegrasi untuk dirancang dalam membangun keunggulan usaha tersebur agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan. Tahukah anda biasanya strategi bisnis lebih cocok apabila di kombinasikan dengan kerja sama tim yang solid.

Pengertian strategi bisnis menurut para ahli


Untuk pengertian menurut ahli ini yaitu menurut Ward dan Peppard ; Strategi bisnis ialah pencapaian yang hendak dicapai usaha tersebut termasuk melakukan upaya banyak hal salah satunya tindakan terintegrasi agar kekuatan usaha tersebut bisa lebih kuat dibandingkan kompetitor lainnya, dibawah ini adalah beberapa strategi bisnis yang dijelaskan menurut para ahli.

  • Vission, merupakan pencapaian misi atau bisa juga diartikan sebagai salah satu pandangab ke masa depan dalam target perusahaan tersebut, ini sama saja artinya dengan tujuan umum usaha tersebut.
  • Mission, arti singkat dari mission disini ialah misi dalam bentuk pernyataan untuk memberikan arahan kemana usaha tersebut ingin dicapai, terkadang tiap perusahaan akan memberikan mision supaya cepat berkembang pesat.
  • Business driver, merupakan beberapa faktor dalam hal kritis pendorong suatu perubahan yang bisa saja memberikan   fokus terhadap bisnis tersebut sehingga nantinya dapat   memenuhi standar syarat sasarannya.
  • Objectivitas, salah satu sasaran yang telah ditetapkan suatu perusahaan tersebut agar semua visi dan misi bisa lebih terorganisir dan mudah dicapai.

Jenis-Jenis Strategi Bisnis


1. Pertumbuhan


Jenis pertama kali ini pertumbuhan, definisi singkatnya yakni cara strategi pertumbuhan tersebut supaya dapat memperluas jumlah pasar dalam suatu pemasaran produk mereka yang ingin ditawarkan tersebut, upaya ini ternyata dapat dilakukan untuk bisnis baru ataupun kategori bisnis lama mereka.

Baca juga Cara Memulai Serta Analisa Usaha Bisnis Jual Beli Gabah Kering

Ada banyak sekali tujuan yang didapatkan ketika sudah membuat strategi pertumbuhan bisnis, terutamanya ialah dapat membuat jumlah pangsa pasar lebih luas lagi, bertambahnya karyawan, dan meningkatkan profit yang didapatkan perusahaan tersebut. Organisasi yang dapat tumbuh pula bisa dalam bentuk horizontal maupun vertikal.

2. Stabilitas


Poin kedua ini merupakan strategi stabilitas dimana perusahaan tersebur akan terus melakukan apa yang telah mereka lakukan sebelumnya, bila anda tidak paham, maka saya berikan contoh sederhananya misalnya perusahaan khong guan telah menjul ratusan produk ke daerah yang sama, maka ia akan tetap melakukan pelayanan yang baik serta penjualan produk yang sama agar dapat mempertahankan pangsa pasar tersebut.

3. Pembaruan


Apabila terjadi suatu masalah dalam suatu perusahaan tersebut, maka solusi yang paling tepatnya adalah melakukan pembaruan, manager akan memperbaiki strategi pembaruan bisnis agar celah masalah tersebut dapat tertutupi dengan sempurna, ada banyak sekali manfaat yang didapatkan jika sudah menerapkan langkah pembaruan ialah bisa mengatasi penurunan kinerja bisnis. Ada dua upaya pembaruan yaitu diantaranya strategi penciutan dan kedua adalah turn around.

Tujuan Strategi Bisnis


  • Dapat mengevaluasi hasil yang ingin dicapai maupun menjalankan strategi yang sudah ditentukan tersebut agar hasil bisa lebih tertarget, dan ini ternyata lebih efektif serta efisien sekali.
  • Dapat menyelesaikan permasalahan kerja setelah meninjau ataupun mengkaji ulang semua celah masalaj tersebut serta melakukan perbaikan apabila terdapat suatu permasalahn dalam strategi bisnis tersebut ataupun terjadi masalah penyimpangan dalam melaksanakan strategi yang hendak dicapai.
  • Bisa memperbarui strategi yang hendak dicapai, biasanya ini jika terjadi masalah yang timbul maka strategi akan diperbarui ulang kembali, jadi sebelum itu ada tujuannya terutama dapat meningkatkan kekuatan strategi dibandingkan kompetitor lainnya bahkan dapat melihat kelemahan perusahaan tersebut.

Manfaat Strategi Bisnis


  • Dapat manajemen hasil sehingga bisa menghasilkan penjualan serta keputusan yang tepat, ini lebih baik apabila dilakukan interaksi antar kelompok dan bisa mendapatkan lebih banyak bermacam-macam keputusan strategi yang hendak dicapai nantinya.
  • Dapat mempertinggi kelebihan perusahaan tersebut dibandingkan kompetitor, hal ini tidak perlu diragukan lagi karena manfaat strategi bisnis bisa menghadapi segala macam permasalahan yang timbul.
  • Adanya keterlibatan antara pegawai dari manajemen bisnis tersebut, faktor ini bisa lebih memberikan penyelesaian masalah dan meningkatkan produktivitas untuk setiap perencanaan strategi yang di inginkan perusahaan tersebut, hasil yang didapatkan diantaranya ialah dapat memberikan motivasi terhadap pegawai bisa lebih tinggi lagi.
  • Manfaat lainnya ialah mampu membuat penerapan strategi yang lebih efektif lagi dan akurat dibandingkan persaingan pangsa pasar lainnya, hal ini bisa memberikan perusahaan tersebut lebih peka terhadap berbagai macam masalah yang timbul dari faktor eksternal maupun internal.

Contoh strategi bisnis


Pasang Iklan


Ada banyak sekali strategi bisnis yang dapay dilakukan sehingga bisa menghasilkan penjualan lebih besar, salah satu strategi yang sangat efektif pertama kali ini ialah dengan pasang iklan, kita sudah tahu sebelumnya bahwa metode pasang iklan ternyata sangat baik untuk meningkatkan branding perusahaan, namun disini pastinya perlu mengeluarkan modal yang tidak sedikit, contohnya saja iklan televisi dimana budget yang dikeluarkan lumayan besar sekali.

Baca juga Ternyata Alasan Ini Mengapa Mahasiswa Harus Magang di Sebuah Perusahaan Startup

Namun bagi mereka yang kategori perusahaan skala besar, memasang iklan adalah online marketing yang ampuh sekali, akan tetapi tidak perlu khawatir karena iklan yang dipasarkan tersebut bisa saja balik modal dan mendapatkan profit cukup banyak sekali, tergantung target yang dibidik.

Pemasaran


Salah satu strategi yang sangat populer di kalangan internet marketer jaman sekarang ini ialah pemasaran online atau sering disebut sebagai online marketing, upaya ini ternyata dapat menghasilkan penjualan yang cukup banyak sekali, karena sebelumnya kita sudah tahu bahwa pengguna internet di Indonesia sudah cukup banyak dan ini sangat cocok apabila dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam pemasaran online, contohnya fb ads, google adwords, dan SEO ( Search Engine Marketing ). Upaya seo sampai sekarang sudah cukup familiar di kalangan online shop sebab ini adalah salah satu teknik optimasi mesin pencari search engine google agar konten dan website bisa berada di halaman pertama.

Promo


Apabila anda melakukan pemasaran online yang cukup brutal dan masih saja tidak menjaring banyak pelanggan, maka ada satu strategi yang anda tinggalkan ialah melupakan promo produk tersebut. Perlu diketahui bahwa konsumen ternyata lebih menyukai sesuatu yang bersifat murah meriah, jadi ketika anda memasarkan produk tersebut di internet alangkah lebih baiknya berikan tawaran promo atau bisa dikatakan diskon agar bisa menarik perhatian banyak calon konsumen.

Inovasi


Supaya bisnis anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya maka ada strategi lain yang wajib diterapkan ialah melakukan inovasi terbaik bagi perusahaan tersebut, dengan adanya inovasi terbaru ini ternyata bisa memberikan value atau nilai tersendiri di perusahaan anda dibandingkan yang lainnya, selain dapat menangkap pangsa pasar ternyata inovasi bisa membuat bisnis tersebut lebih kredibel dimata konsumen dan tentunya dapat menarik minat untuk selalu berlengganan.

Kebanyakan orang lebih terpaku terhadap inovasi produk saja, padahal masih ada banyak lagi inovasi yang dapat terapkan dalam suatu perusahaan, contoh sederhananya ialah pada tempat restoran, dimana inovasi ruangan yabg efektif ialah memberikan nuansa romantis bagi pengunjung atau orang yang ingin makan di restoran tersebut, atau contoh lainnya pada ruangan cafe bisa dilakukan inovasi ruangan dengan tampilan kuno, hal ini dapat menarik minat anak muda untuk nongkrong di cafe anda.

Konsep strategi bisnis


Sikap Positif


Konsep strategi bisnis pertama yang dapat ditiru ialah memiliki sikap positif, pada dasarnya kebanyakan pebisnis yang tidak mempunyai sikap positif memiliki mental yang sangat lemah sekali, hal ini sudah tidak dapat kita pungkiri lagi karena tidak adanya sikap positif bisa membuat bisnis anda mudah menyerah ketika adanya ancaman kegagalan dari faktor internal maupun eksternal, ujung-ujungnya akan berhenti dan gagal. Jadi, sikap positif harus ditanamkan sejak dini untuk seorang pebisnis agar bisa meminimalisir kagagalan yang terjadi pada perusahaan yang baru didirikan tersebut.

Baca juga Tips Ampuh Yakinkan Partner Teman Bisnis Dalam Membangun Startup

Sikap positif seperti ini harus ditanamkan mulai dari sekarang, sebab konsep strategi bisnis dapat menghindari permasalahan yang timbul, contoh sederhananya apabila muncul masalah negatif maka anda harus mampu mengubahnya menjadi suatu energi positif yang bisa bermanfaat terhadap perusahaan yang dijalani sekarang.

Fokus dan Komitmen


Sikap lainnya yang harus ditanamkan dalam konsep bisnis ialah mempunyai jiwa fokus dan komitmen yang cukup tinggi, kebanyakan orang ketika menjalankan bisnis mereka terkadang tidak fokus terhadap satu hal dan ini ternyata dapat menghambat perkembangan bisnis mereka sehingga lambat sukses, alangkah baiknya anda harus fokus terhadap bisnis yang dijalankan dan tidak terlalu banyak buka browsing hal-hal yang tidak penting di internet.

Tidak hanya fokus, masih ada faktor lainnya yang harus ada dalam jiwa seorang pebisnis ialah komitmen yang tinggi, apabila tidak mempunyai komitmen mulai dari sekarang maka siap siap saja bisnis yang dijalankan tersebut sia-sia dan tidak dan mudah mengalami kegagalan.

Komitmen ini tidak dapat ditolak dan dilambaikan begitu saja, misalnya anda saat ini sedang membangun usaha startup di bidang blogging, maka target yang harus dicapai ialah harus mampu membuat konten berkualitas dalam jumlah lumayan banyak agar dipublikasikan ke banyak orang, komitmen ini tidak dapat ditolak dan harus dikerjakan di hari itu juga.

Konsisten


Konsiten harus dilakukan juga, pengaruhnya cukup besar sekali bagi bisnis yang anda jalankan tersebut, jika tidak memiliki konsitensi konsep bisnis pastinya akan sulit bersaing dengan kompetitor serta tidak hanya itu saja, ternyata dapat berpengaruh terhadap usaha anda, alangkah baiknya tanamkan sifat konsisten kerja agar keinginkan yang ditargetkan bisa tercapai lebih cepat.

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah kami bagikan tentang informasi  pengertian bisnis dan strategi bisnis, semoga artikel yang sudah kami paparkan diatas dapat memberikan wawasan yang lengkap bagi pembaca, apabila masih ada yang kurang kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih
logoblog

Thanks for reading Pengertian Bisnis Dan Strategi Bisnis, Tujuan, Macam-macam, Contoh, Manfaat, Serta Konsep Strategi Bisnis

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.