Ikuti Info Bisnis Online Terbaru

Powered by Blogger.

Wednesday, December 23, 2020

19 Peluang Usaha Di Desa Dengan Prospek Menjanjikan

  Poor Man       Wednesday, December 23, 2020

Peluang usaha di desa jika digali dan tekuni tidak menutup kemungkinan untuk sukses. Terutama pada kondisi pandemi covid 19 ini.

Seperti sudah kamu ketahui bahwa pandemi covid 19 menyebabkan banyak sekali permasalahan terutama di bidang ekonomi. Banyak pekerja yang harus terima dirinya di PHK karena perusahaan sudah tidak bisa menggaji karyawannya.

19 Peluang Usaha Di Desa Dengan Prospek Menjanjikan

Sumber foto: https://pixabay.com/id/photos/pasar-pedesaan-india-jalan-bazaar-837345/


Untuk menciptakan peluang usaha di desa pada saat dalam tekanan batin memang susah. Jangankan untuk menciptakan peluang usaha, hanya sekedar memikirkan ide saja rasanya sudah tidak mampu.

Tenang, kamu tidak perlu panik. Dibawah ini ada referensi peluang inovasi usaha di desa yang bisa coba dilakukan. Dengan kesabaran dan ketekunan bukan menjadi hal yang mustahil usaha kamu di desa akan berhasil.

Ini Dia 19 Peluang Usaha yang Cocok untuk Dikembangkan di Desa

Perlu adanya ide kreatif dari diri kamu dan sikap pantang menyerah tentu harus dimiliki. Terdampak pandemi covid 19 tidak boleh menjadikan diri terpuruk lemah tidak berdaya. Kamu harus bangkit dan ciptakan usaha sendiri meskipun di desa. Berikut peluang usaha menjanjikan di desa yang bisa dilakukan:

1. Pengepul Hasil Pertanian

Menjadi pengepul hasil pertanian bisa menjadi pilihan utama untuk menciptakan bisnis di desa. Faktanya bisnis ini adalah peluang usaha yang belum banyak pesaing. Masih sedikit yang menjalankan usaha sebagai pengepul hasil pertanian.

Faktornya dikarenakan perlu modal yang besar dan sulit menemukan pembeli. Namun, untuk memulai modal kecil pun sebenarnya tetap bisa jalan. Syarat utama ada keberanian memulai, mengatasi rasa malu, rajin mencari relasi dan bisa komunikasi dengan baik.

Langkah awal kamu bisa jadi perantara dulu untuk menjualkan hasil pertanian ke distributor. Jika sistem langsung bayar belum memungkinkan bisa gunakan sistem bayar besok atau paling tidak berikan setengah pembayarannya.

Baru setelah dapat bayaran dari distributor langsung diberikan ke petani. Ingat ya jangan sampai mengecewakan petani karena ia adalah aset utama kamu. Jika sudah menjanjikan besok maka harus tepat waktu.

2. Jual Sayur Keliling

Jika menjadi pengepul hasil pertanian dirasa terlalu sulit bagi kamu. Coba peluang usaha menjadi penjual sayur keliling. Kamu bisa memanfaatkan motor dan taruh semua barang dagangan ke dalam gerobak di belakang jok motor kamu.

Jual sayur tersebut keliling desa, dan berpindah dari desa satu ke desa lainnya. Kamu bisa mengambil waktu pagi dan sore hari agar dagangan sayur bisa cepat habis dan untung banyak.

Kumpulkan hasil keuntungannya sehingga peluang usaha di desa berkembang mulai dari awalnya pakai motor bisa ganti dengan mobil.

Lantas, bagaimana jika tidak memiliki kendaraan. Tidak ada usaha yang menghianati hasil. Kamu bisa berjualan keliling dengan jalan kaki dan kunjungi setiap rumah. Keluarkan semua ide kreatif kamu, tawarkan ke konsumen apa yang mereka butuhkan biar bisa kamu antar keesokan harinya.

3. Jual Oleh-Oleh Khas Daerah

Peluang usaha rumahan di desa contohnya adalah dengan menjual oleh-oleh khas daerah. Setiap daerah tentu memiliki makanan khas yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis sendiri.

Lalu, bagaimana jika kamu tidak bisa membuat makanan khas tersebut. Ya harus usaha untuk berani bertanya ke ahlinya. Kamu ingin punya penghasilan tidak? Jika ia besarkan niat kamu, belajar membuat makanan khas tersebut dan menjualnya.

Untuk menjualnya kamu bisa coba hubungi toko-toko makanan yang ada di pinggiran jalan. Coba titipkan dan berikan layanan bisa pesan dalam jumlah besar. Cantumkan nomor kamu yang aktif jika ada pesanan masuk.

Menjual dengan cara online juga bisa jadi cara baru di era pandemi ini. Sekarang zaman serba online dan orang ingin yang serba praktis. Kamu bisa manfaatkan cara ini dan buka layanan siap antar atau COD.

4. Internet RT / RW

Salah satu peluang usaha di desa 2020 dan cukup baru berkembang adalah buka bisnis internet RT / RW. Pandemi covid 19 menuntut semua kalangan bisa menggunakan internet untuk segala kegiatan.

Pelajar diliburkan dan belajarnya dari rumah. Pekerja juga demikian hanya beberapa saja yang masuk kerja. Jika jumlah karyawannya banyak maka 50% yang masuk dan sisanya bisa datang ke kantor.

Nah, kondisi ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis dengan membuka internet RT / RW. Kamu bisa tawarkan ke warga sekitar untuk berlangganan WIFI. Pastikan kecepatan aksesnya memadai dan cepat.

5. Penggilingan Padi

Mayoritas di desa mata pencaharian utama mereka adalah pertanian. Hasil pertanian yang juga sebagai kebutuhan pokok adalah padi. Kamu bisa coba manfaatkan jasa penggilingan padi.

Sistem menjalankan bisnis nya bisa jemput bola atau kamu yang langsung datang ke tempat para petani. Jika kamu pergi ke desa ada penggilingan padi yang menggunakan mobil dan keliling ke desa-desa untuk mencari pelanggan.

Jangan lupa untuk tinggal nomor telepon agar petani bisa menghubungi kamu lagi saat ingin melakukan penggilingan padi. Awalnya memang sulit karena belum ada pelanggan. Tapi, jika sudah lama, kamu tinggal nunggu telepon saja dari petani-petani langgananmu.

6. Penjahit

Di era pandemi penjahit adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Meskipun kamu buka usaha di daerah sepi, keberadaan penjahit bisa berubah drastis menjadi ramai. Kamu bisa keluarkan skill menjahit kamu dengan membuat masker kain yang bagus dan murah.

Lalu, promosikan ke sosial media, meskipun kamu berada di tempat sepi, tidak menutup kemungkinan dagangan masker kamu akan didatangi banyak pengunjung. Baik pembeli satuan, grosir atau yang ingin jadi reseller.

Melihat inovasi dari masker yang kamu buat dan harganya yang murah menarik minat pembeli untuk berburu masker ke tempat kamu. Jangan lupa dikasih perbedaan harga antara pengecer, grosir dan reseller kamu.

Baca juga: Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian

7. Toko Pertanian

Penduduk di pedesaan mencapai 70% bekerja sebagai petani. Itu artinya penduduk banyak membutuhkan alat pertanian, bahan pertanian dan obat pertanian.

Kamu bisa coba membuka toko di desa kamu supaya penduduk tidak bersusah payah pergi ke kota hanya untuk membeli bahan pertanian.

Apakah toko pertanian membutuhkan modal yang besar? Tentu tidak karena kamu bisa buka toko bahkan tanpa modal sedikitpun. Caranya dengan melobi supplier penyedia alat, bahan dan obat pertanian untuk bekerjasama dengan kamu.

Jadi peran kamu adalah menjualkan barang dan menyediakan tempat. Sedangkan pihak supplier menyediakan barang yang kamu butuhkan. Untuk keuntungannya bisa dibicarakan secara khusus ke supplier untuk sistem pembagian feenya.

8. Tukang Pijat dan Relaksasi

Budaya orang yang tinggal di kota tentu beda dengan yang di desa. Biasanya penduduk kota sakit sedikit langsung bawa lari ke dokter. Berbeda dengan penduduk desa ketika merasa kaki terkilir, kelelahan dan semacamnya lebih suka datang ke tukang pijat.

Membuka jasa tukang pijat tidak perlu mengeluarkan modal. Kamu cukup mengandalkan keterampilan memijat kamu dan kembangkan agar bisa mengatasi segala masalah pijat.

9. Bengkel Las

Peluang usaha cocok di desa lainnya adalah bengkel las. Kamu bisa buka usaha ini cukup dari dalam rumah. Bahkan kamu bisa buka usaha ini hanya melalui garasi rumah kamu.

Sediakan saja alat untuk mengelas dan tentunya perlu keahlian di bidang pengelasan ya. Usaha las cukup ramai peminatnya karena keberadaannya sangat dibutuhkan untuk pembuatan tangga besi, railing balkon, konstruksi baja, kanopi, pagar, teralis pintu atau jendela dan lainnya.

Selain kamu bisa buka di rumah, lebih baik juga buka jasa panggilan untuk pengelasan.

Baca juga: Usaha bengkel motor

10. Sewa Tenda Dan Sound System

Jika kamu setelah terkena PHK tapi punya tabungan yang cukup besar untuk modal usaha bisa coba buka penyewaan tenda dan sound system. Modal untuk usaha yang satu ini memang besar tapi untungnya juga sebanding dengan modal yang dikeluarkan.

Di desa sering ada acara-acara besar seperti akhirussanah, pengajian akbar, maulid nabi, peringatan haul, hajatan nikahan dan lainnya. Tentu tenda dan sound system jadi kebutuhan utama bagi panitia acara.

11. Bimbingan Belajar

Usaha di desa sukses dengan memanfaatkan kemampuan dari diri kamu. Khusus bagi kamu yang lulusan sarjana bisa coba buka bimbel atau bimbingan belajar.

Untuk tarifnya bisa disesuaikan dengan pendapatan di desa kamu. Tidak perlu terlalu tinggi dalam menentukan tarif. Hal terpenting ada pemasukan dan banyak peminatnya.

Biarpun tarifnya kecil tapi peminatnya banyak secara otomatis pendapatannya juga besar pula. Niatkan juga untuk menularkan ilmu yang kamu miliki. Pasti bisnis akan berkah dan bisa melancarkan bisnis yang sedang kamu rintis ini.

Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha ini juga sederhana. Beberapa item yang bisa kamu beli untuk usaha bimbingan belajar ini seperti, papan tulis, alat peraga, meja, dan kursi.

12. Toko Sembako Atau Kelontong

Buka toko sembako atau kelontong memang sudah banyak dibuka di desa. Tapi percaya bahwa toko sembako dimanapun berada selalu laris pembeli. Apalagi jika harga yang kamu tawarkan ke penduduk murah.

Untuk usaha kelontong ini kamu hanya cukup menyiapkan tempat usaha kelontong, modal awal, supplier barang murah dan kendaraan untuk belanja.

Kisaran modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini Rp5000.000. Barang yang umumnya untuk dijual belikan adalah mie instan, telur, beras, gula, minyak goreng dan lainnya.

Baca juga: Usaha Toko Plastik

13. Pangkas Rambut

Jika kamu hobi dan punya keterampilan untuk memangkas rambut bisa coba buka jasa pangkas rambut. Kembangkan skill kamu dengan mempelajari beberapa model rambut agar hasilnya menarik dan stylish.

Pelanggan yang puas pasti akan kembali lagi ke tempat kamu. Alat yang dibutuhkan hanya pemotong rambut, sisir, kursi, gambar model rambut, alat cukur elektrik dan cermin. Hanya modalkan jasa dan tanpa modal yang terus menerus dikeluarkan kamu bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

Estimasi penghasilan berkisar Rp5.000.0000 – Rp6.000.000 per bulan. Tarif untuk pelanggan tidak perlu terlalu mahal cukup Rp10.000 saja per orang. Mengingat di desa rata-rata pendapatan kecil, jadi kamu harus menyesuaikan.

14. Pertamini Atau Pom Bensin Mini

Pertamini bisa kamu jadikan bisnis jika posisi rumah ada di pinggir jalan. Jika tidak di pinggir jalan misalnya ingin buka jasa ini juga tidak masalah tapi harus mengeluarkan sedikit uang untuk membayar sewa tempat.

Untuk membeli mesin pertamini harganya mungkin cukup mahal sekitar Rp10.000.000 - Rp 15.000.000. Jika modalnya tidak cukup kamu bisa memulai dengan menjual bensin dengan botol.

15. Warung Makan

Warung makan merupakan usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Baik di desa atau dikota usaha ini mudah untuk dijalankan. Contohnya saja usaha yang paling disukai di Indonesia yaitu warung bakso.

Saat cuaca hujan dan dingin sangat pas jika ditemani dengan yang anget-anget. Kamu bisa coba usaha masakan siap saji seperti gorengan, mie ayam, bakso dan lainnya.

Usahakan juga untuk menjualnya secara online. Jadi ketika ada pesanan masuk bisa di segera antar. Supaya tidak rugi bensin, berikan minimal pembelian misalnya 3 bungkus, 5 bungkus yang penting kamu tetap dapat untung.

16. Ternak Ayam

Peternakan ayam juga menjadi peluang usaha di desa yang menguntungkan. Jenis dari usaha ternak ayam ini beragam mulai dari ayam potong, petelur dan ayam kampung.

Untuk membuka usaha ini kamu perlu mempersiapkan kandang dan pakan. Tapi, untuk menjalankan usaha ini kamu memang perlu merawatnya dengan tekun agar hewan yang kamu pelihara bisa tetap sehat dan tidak banyak berpenyakitan.

17. Budidaya Lele

Hewan air yang paling mudah untuk diternak salah satunya adalah lele. Ikan ini tergolong tahan di segala musim dan jenis air. Perawatannya sangat mudah dan usia mulai dari pembibitan sampai panen tidak membutuhkan waktu yang lama hanya berkisar 3 bulanan.

18. Jual Pulsa

Jualan pulsa bisa coba kamu lakukan di desa. Caranya dengan buka layanan BPOB yang melayani semua jenis pembayaran seperti pembayaran rekening listrik, BPJS, paket data, pulsa dan lainnya.

Modal awal sangat kecil mulai Rp500.000 – Rp1.000.000, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini. Pastikan untuk terapkan sistem bayar tunai, soalnya uang hasil penjualan untuk memutarkan kembali modal awal.

Baca juga: Analisa Lengkap Usaha Jual Pulsa Dan Voucher Paket Data Internet

19. Warung Kopi, Photocopy dan Playstation

Usaha dari rumah kini tidak perlu bingung. Kamu bisa usaha photocopy dan alat-alat ATK. Jika tempat yang kamu miliki cukup luas bisa sambil buka playstation dan sediakan pula warung kopi agar pelanggan bisa betah main PS di tempat kamu.

Apalagi jika di warung kopi kamu disertai dengan WIFI, dijamin pelanggan akan betah. Kamu juga bisa sambil jualan jajanan pendamping kopi seperti goreng-gorengan, cemilan, rokok dan lainnya.

Baca juga: Analisa Lengkap Usaha Warung Kedai Kopi Murah Tradisional 

Dari peluang usaha di desa yang sudah dibahas di atas, manakah peluang usaha yang sesuai passion kamu? Apapun yang nantinya akan kamu pilih pastikan dalam menjalankan suatu usaha harus besarkan niat, tekun, kerja keras dan jangan lupa berdoa.


logoblog

Thanks for reading 19 Peluang Usaha Di Desa Dengan Prospek Menjanjikan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.