Thursday, July 11, 2019

Peluang Analisa Lengkap Usaha Warung Kedai Kopi Murah Tradisional

  Deka pradifta       Thursday, July 11, 2019
Analisa usaha warung kopi - tahukah anda bahwa dari dulu sampai sekarang ini bisnis membuka warung kopi ternyata sangat menjanjikan sekali, mengingat banyaknya kaum muda yang suka nongkrong ketika malam hari sambil minum secangkir kopi panas, walaupun banyak pesainya akan tetapi pangsa pasarnya sudah cukup luas sekali terutama kaum lelaki.

Peluang Analisa Lengkap Usaha Warung Kedai Kopi Murah Tradisional

Yang namanya kedai kopi tentunya menjadi serbuan ketika malam hari terutama hari libur, cocok sekali sambil santai bersama teman-teman.

Kekurangannya ialah kebiasaan orang dalam meminum kopi agak sedikot bergeser, mengapa demikian ? Karena kaum perempuan kebanyakan tidak suka nongkrong di warung kopi. Maka dari itu hanya pangsa pasar bagi kaum lelaki saja.

Apalagi untuk sekarnag ini sudah hadir yang namanya model kopi blended, ini adalah salah satu olahan minuman seduhan kopi yang dicampur dengan aneka ragam topping agar bisa mengunggah selera banyak orang.

Tak heran juga penyuka menu minuman yang satu ini bisa meluas mulai dari anak muda, orang dewasa, hingga orang tua.

Bahkan tidak hanya itu saja, ternyata ada upaya lain agar dapat menarik ikon kemasan maupun gelas pada kopi tersebut, contohnya bila membidik pasar masyarakat kelas atas maka penggunaanya lebih terlihat mewah namun terlihat unik, seperti pemberian nama "coffee shop".

Beberapa kedai juga bisa menyasar target kaum anak muda dengan memberi usaha mereka bernama cafe sederhana kekinian, ada juga yang membidik masyarakat kelas menengah terutama orang dewasa dengan menggambarkan konsep warung kopi tradisional.

Perlu diketahui juga bahwa masing-masing orang yang menggeluit bisnis ini tentunya memberikan keunggulannya tersendiri terutama pada interior desain ruangan yang disuguhkan

Nah dari beberapa kedai kopi yang sering saya kunjungi biasanya kunci sukses usaha yang di rintis tersebut ialah KOMUNITAS, sekali lagi adalah komunitas.

Komunitas kedai kopi

Mengapa demikian ? Karena dari gabungan komunitas tersebut bisa menjadi wadah tempat mereka berkumpul ke warung/kedai kopi anda, apalagi jika ada banyak perorangan dalam 1 komunitas.

Bayangkan saja apabila anda mampu bergabung dengan banyak komunitas lain, jalin silaturahmi atau hubungan baik agar warung kopi anda menjadi salah satu tempat tongkrongan terbaik bagi mereka. Hal ini bisa berpotensi ke bisnis agar berkembang lebih cepat...


Terkadang juga dari beberapa komunitas mereka membutuhkan wadah tongkrongan atau tempat nongkrong bersantai di sembari bertukar pikiran, maka jangan heran bila warung kopi adalah tempat yang cocok bagi anda menjaring banyak pelanggan.

Cara Memulai Usaha Kedai Kopi

1. Siapkan konsepnya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah konsep, ini menurut saya sangatlah penting sekali bagi pengusaha yang mau terjun menjalankan bisnis warung kopi. Sebuah konsep yang matang dapat memberikan jembatan yang bagus bagi usaha tersebut.

Contohnya ialah "penataan konsep tentang target market", pikirkan terlebih dahulu planning tersebut, "apakah interior desain yang tepat untuk calon konsumen saya agar menjadi calon pelanggan yang tetap ?"

Malah akan terus bertambah ?"

Lakukan penataan plan dengan memikirkan desain interior, penyajian kepada konsumen, hiasan pernak pernik ruangan warung, dan lain sebagainya.

Bila target anda adalah komunitas sepeda, maka sajikan interior dengan tampilan sederhana/tradisional. Terbukti bahwa warung kopi dengan tampilan sederhana dapat memberikan nuansa di mata konsumen.

Warkop roki

Contohnya ialah "WARKOP ROKI" yang terletak di Jogja, tampilan warungnya sangat sederhana, namun ramai akan konsumen dan pelanggan tiap malam hari.

Intinya targetkan plan konsep berdasarkan komunitas yang anda jaring.

2. Supllier kopi

Hal kedua yang tidak kalah pentingnya ialah memilih supplier kopi yang tepat untuk memperlancar usaha anda, pilihlah supplier yang menyajikan harga murah, berkualitas, dan terjangkau khusus pelaku usaha.

Sebenarnya ada dua jenis kopi yakni arabica dan juga robusta, walaupun masing-masing berbeda, akan tetapi dari beberapa daerah hampir  menghasilkan cita rasa yang berbeda namun tetap nikmat di santap😂.


Pilihlah supllier yang bisa diajak kerja sama agar ada diskon bagi anda, pemilihan supplier tidak hanya memperhatikan kebutuhan kopi, namun spesifikasi rasa juga harus sesuau yang anda inginkan.

3. Harus siap hunting lokasi

Banyak orang beranggapan bahwa membuka kedai kopi harus di tengah kota, karena targetnya pas yaitu anak muda hits.. SALAH BESAR..

Membidik target market tidak harus di tengah kota untuk mengawali usaha anda, intinya tetap humble sesuai komunitas yang anda sasarkan, ini bisa menjadi calon konsumen dan pelanggan tetap.

Landy coffee

Contohnya ialah brand yang bernama "Landy Coffee" yang terletak di Bandung.

Menurut saya ini terlihat anti mainstream karena terletak di tengah hutan pinus dimana tempat tersebut sering dilalui oleh komunitas mobil off road untuk menantang aksi jalanan lumpur yang ekstrim.

"Land" artinya mobil yang dijadikan sebagai keperluan off road, namun ini unik dimana mobil tersebut dimanfaatkan sebagai tempat cafe kopi yang nuansa sederhana

Target market mereka ialah komunitas off road.

Landy coffee terletak di jalan utama pada trek off road, jangan heran bila pelanggan mereka semua ialah kalangan pecinta alam terutama petualangan off road.

Kiri kanan terlihat pohon pinus yang menjulang lebat, sedangkan belakangnya ialah kebun teh sukawana.

4. Modal juga tak kalah penting

Nah untuk konsep terakhir siapkan juga modal untuk mendirikan bisnis tersebut, memang semua biaya operasional yang diperlukan pastinya membutuhkan yang namanya modal. Mulai dari bangku, kursi, dan perlengkapan interior lainnya.

Pada awalan buka, memang belum terlalu ramai dikunjungi oleh konsumen. Nah maka dari itu gencarkan promosi strategi marketing yang tepat.

Biasanya pelanggan akan ramai terlihat mulai dari 2 - 3 bulan, tergantung pemasaran yang dilakukan. Sedikit tips dalam menghindari kerugian pada saat buka kedai ialah jangan terlalu banyak anda menyiapkan makanan matang, karena bisa menghabiskan produksi makanan.

Mengapa tidak saya bolehkan ? Karena menu makanan yang disajikan tentunya mudah basi jika tidak dimakan, apalagi jika tidak ada yang membelinya.

Bagi anda yang kesulitan dengan masalah modal, maka alangkah baiknya bisa menjalin kerja sama antar teman, meminjam uang di bank, atau jalin hubungan baik dengan investor agar ada sistem bagi hasil antar kedua belah pihak.
Teddy dian patria

Contohnya seperti beliau Teddy Dian Patria yang sukses mendirikan kedia kopi hanya berawal dari proposal bisnis dan menjalin kerja sama bersama investor.

Cerita singkatnya seperti ini...

"Pada awalnya kami mempunyai ide untuk menjalankan sebuah usaha coffee dengan tim bernama saya (Teddy), Citot Tatar Kusnoto, dan M Ali Sofyan dengan modal 200ribu dan membuat proposal, kemudian ditawarkan kepada calon konsumen"

Analisa Usaha Kedai Kopi

Modal Awal


Pengeluaran uang renovasi tempat: Rp 10.000.000,-

Membeli semua peralatan coffee maker dan bahan lain-lain: Rp 10.000.000,-

Membeli peralatan meja dan juga kursi: Rp 1.500.000,-

JUMLAH total semuanya: Rp 21.500.000,-

Pengeluaran Biaya Operasional

Modal untuk sewa tempat: Rp 1.500.000,-

Pengeluaran modal beli bahan baku: Rp 1.500.000,-

Biaya untuk modal listrik, Air, dan juga Internet: Rp 1.000.000,-

Pengeluaran Gaji bulanan pegawai sebanyak 3 orang: Rp 3.000.000,-

Modal pemasaran atau marketing: Rp 1.000.000,-

JUMLAH total semuanya: Rp 8.000.000,-

Omset atau pendapatan

Asumsi saja disini mampu habis 30 gelas per hari @Rp 10.000,- maka hitungan dalam satu bulan adalah:

= 30 gelas per hari x Rp 10.000 x 30 harian

= maka semuanya Rp 9.000.000,-

Pengeluaran makanan ringan anggap saja 15 pcs per hari @Rp 10.000,- maka hitungannya dalam satu bulan:

= 15 pcs makanan ringan snack x Rp 10.000 x Rp 30 harian

= Rp 4.500.000,-


Maka hitungan semua omset perbulan sebagai berikut:

= Rp 9.000.000 + Rp 4.500.000

= total yaitu Rp 13.500.000,-

Pendapatan Keuntungan atau laba Bersih

= Omset – pengeluaran semuanya atau biaya operasional

= Rp 13.500.000 – Rp 8.000.000

= totalnya adalah Rp 5.500.000,-

Break Event Point

= semua modal awal / pendapatan keuntungan

= Rp 21.500.000 / Rp 5.500.000

= selama 3,9 bulan = artinya 118 hari

Tips usaha warung kopi laris manis

1. Lebih baik gelasnya ganti cup saja mas

Pernahkah anda mengamati beberapa cafe terkenal, atau contohnya saja kedai coffee yang kekinian pasti bentuk cup nya memiliki tampilan yang hits sekali. Bila mengenai cita rasa memang biasa saja, namun tampilan gelas yang mampu memberikan nuansa tersendiri.
Cup kopi
Alangkah baiknya pilih saja bentuk gelas yang unik dan menonjolkan sesuatu kekinian sesuai planning anda.

2. Kerjasama sama ojek online

Ojek online
Ojek online memang sangat merajalela sekali jaman sekarang ini, walaupun anda berjualan secara tampilan sederhana di pinggir jalan, jangan lupa manfaatkan juga perkembangan jaman dengan menjalin kerja sama antar ojek online.

3. Spanduknya ganti papan saja biar kekinian

Masih jaman pakai spanduk ? Mengingat sekarang pecintan kopi lebih memilih nuansa tradisional, namun bukan berarti ketinggalan jaman. Makna "tradisional" disini ialah menonjolkan kesederhanaan yang sangat unik.
Papan kopi
Terutamanya ialah memakai papan sebagai pengganti spanduknya, nah hal ini dapat menambah daya tarik konsumen loh...

Atau bila punya biaya budget banyak, bisa gunakan lebih hits lagi seperti neon sign.

4. Jualan di Instagram

Walaupun jenis usaha ini bersifat offline, namun tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pemasaran secara online juga. Menurut saya ini terbilang cocok sekali dilakukan bila target calon konsumen anda adalah kalangan anak muda.

Jualan di instagram

Buatlah akun instagram dengan nama akun brand bisnis anda, follow beberapa anak muda yang suka dengan hal-hal berbau modern.

Ada banyak sekali manfaat melakukan pemasaran seperti ini terutama dalam hal penjualan dan juga branding business.

5. Cari orang buat di endorse

Instagram adalah salah satu media sosial paling hits dengan jumlah pengguna terbanyak, nah salah satu trik ampuh dalam mempercepat brand usaha anda dikenal banyak orang adalah mencari endorse.
Endorse bisnis
Cari akun selebgram yang mempunyai banyak follower...

6. Mengundang wartawan biar di liput media ( ini kalau bisa )

Lakunya kedai kopi hits juga gara-gara banyaknya media online yang mengulas. Dari situ akhirnya viral, dan orang pun rame-rame mengorder. Nah, warung kopi pinggir jalan pun juga bisa melakukan hal yang sama lah.

Ini kalau anda beruntung dan mempunyai teman dekat dengan reporter, karena bila sekali di liput media maka kedai tersebut akan langsung booming dengan kunjungan calon konsumen. Ini sudah tidak asing lagi.


Karena bila di liput tentunya sudah bisnis masum televisi dan dapat dilihat banyak orang.

Bisnis di liput media

"Lalu bagaimana bila saya tidak mempunyai teman dekat dengan reporter media ?"

Tipsnya mudah, cukup sabar dan lakukan hal ini :

- mulai dengan nama brand yang unik dan nyentrik bila di baca orang ( karena ini dapat menarik media )
- buat akun instagram, dan fokus ke tagar nama brand anda ( contoh #kopikecoa )
- interior ruangan harus unik dan sederhana
- berikan promo diskon di hari tertentu
- jaring banyak komunitas ke kedai anda

Tips promosi usaha ramai konsumen dalam 2 bulan

1. Perkuat eksistensi di media sosial 

Jaman sekarang sudah tidak lepas lagi dengan yang namanya media sosial, nah tipsnya anda hanya perlu memperkuat branding atau engagement, terutama jagalah eksistensi di akun Instagram, Facebook, dan Twitter.

Follow orang yang anda targetkan sebagai konsumen, ini disebut sebagai interest. Triknya sederhana silakan cari akun komunitas yang sedang hits, lalu follow satu per satu akun yang ada di follower komunitas tersebut.

Kemungkinan mereka akan melakukan follow balik. Jangan lupa ajak juga teman untuk follow akun anda.

Untuk urusan beriklan sebenarnya bisa bisa saja dilakukan, ini bagi anda yang paham mengenai dunia periklanan terutama Facebook Ads, tentunya mengeluarkan budget modal.

2. Ajaklah food blogger me-review kedai atau vlogger youtube

Food blogger adalah seorang penulis yang hobi dalam hal wisata kuliner dan mereka juga mempunyai sebuah blog, dimana blog tersebut memiliki banyak pengunjung setiap harinya.
Vlogger

Nah hal ini bisa anda manfaatkan agar menunjang bisnis yang baru berdiri dapat gencar akan datangnya calon konsumen baru. Apalagi jika mereka paham mengenai SEO.

Atau bisa juga mengajak vlogger untuk me-review usaha anda mulai dari penyajian, interior, diskon, dan lain sebagainya. Mereka bisa mengupload video tersebut ke youtube dan ditonton oleh banyak orang.

3. Luncurkan promo untuk momen atau hari tertentu

Dengan memanfaatkan momentum seperti ini ternyata bisa memberikan hal yang spesial bagi usaha anda, terutama ramai akan calon konsumen baru, intinya akan terus bertambah bila mereka dapat mengenal warung kopi anda melalui promo tersebut.
Promo coffee

Jangan lupa gunakan juga kalimat yang ampuh agar dapat menarik perhatian mereka, contohnya yang sedang ngetrend ialah "Jomblo Night! DISC 50%" atau bisa juga "BUY 1 GET 1". Intinya sesuatu yang nyentrik adalah trik ampuh.

Buatlah di brosur dalam karcil kecil, sebar karcik tersebut ke kalangan anak muda terutama anak sma, mahasiswa, pekerja kantoran. Bidik sesuai target market anda.

Bisa juga memanfaatkan media sosial sebagai lahan promosi diskon yang anda berikan. Namun menurut saya menggunakan karcik adalah hal yang terbilang efektif.

4. Ajak band-band manggung

Menurut saya ini merupakan strategi marketing kuno yang lama sekali namun masih saja efektif untuk mengundang calon konsumen mengunjungi warung atau kedai anda secara langsung.
Band warung kopi
Hal ini dikarenakan oleh adanya nyanyian musim dari band tersebut, tentunya calon konsumen akan merasa terhibur dari alunan musik tersebut

Buatlah registrasi berbayar bila ingin band-band tersebut menggung di kedai kopi anda, ini dapat menambah pemasukan yang lumayan, jadi tidak hanya dari makanan saja😁.

Perlu di ingat, dalam memilih band, alangkah baiknya lakukan seleksi terlebih dahulu. Biasanya mereka yang nongkrong di cafe sangat mencari sesuatu yang santai.

Sehingga lagu yang cocok adalah bergenre reggae atau juga jenis lagu pop.

5. Buat website

Sudah mempunyai media sosial ? Apakah website juga perlu ?

Ya, jawabannya bisa anda coba agar brand tersebut makin eksis, jadi tidak hanya di kenal oleh lingkungan sekitarnya juga, ternyata jika kita membuat website dapat mengenalkan brand ke kalangan luar kota.

Beruntungnya lagi bila anda mampu dalam bidang SEO marketing, hal ini bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis ke beberapa traveler bila ingin nongkrong di kota yang ingin mereka kunjungi.
Website coffee
Ini adalah kata bijak dari Bill Gates “If your business is not on the internet, then your business will be out of business.”

Artinya...

Sebuah bisnis yang memiliki website akan terlihat kredibel dan profesional, dan hal ini mampu meningkatkan daya jual terutama value pada sebuah produk yang ditawarkan tersebut.

Anda sebagai owner tentunya sangat bangga bila kedai yang tadinya berpenampilan sederhana dapat dikenal banyak orang, jadi tidak hanya di lingkungan sekitarnya saja

Bicara tentang website ternyata dalam pembuatannya sangat mudah sekali, anda bisa memanfaatkan platform gratisan blogger.com dan gunakan domain yang diinginkan.

Pajang semua foto minuman, makanan, dan tampilan interior ruangan anda, jepret ruangan sekitar dengan kualitas sempurna.

Penutup

Demikianlah artikel yang sudah saya tulis mengenai analisa usaha warung kopi, semoga konten ini dapat memberikan wawasan bagi pembaca. Terima kasih

Penasaran omset warung kopi, tonton video dibawah ini


logoblog

Thanks for reading Peluang Analisa Lengkap Usaha Warung Kedai Kopi Murah Tradisional

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.