Thursday, August 6, 2020

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Agen Travel Haji Dan Umroh Murah

  Gus Faqir       Thursday, August 6, 2020

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Agen Travel Haji Dan Umroh Murah - Peluang bisnis rumahan usaha agen travel haji dan umroh menjadi salah satu usaha menjanjikan sampai saat ini. Hal ini dikarenakan bagi umat agama islam, melaksanakan haji merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan bila sudah mampu. Sedangkan ibadah umroh, juga menjadi salah satu ibadah sunah bagi umat islam. Sebagai agama dengan penganut yang paling besar di dunia, tentu saja ibadah haji dan umroh tidak pernah sepi, bahkan sampai harus antri sekian tahun untuk beribadah haji. Di indonesia sendiri kuota ibadah haji terus ditambah dari tahun ke tahun, hal ini karena umat muslim yang mendaftarkan ibadah haji terus bertambah banyak.


Usaha agen travel haji dan umroh semakin marak dan berkembang dimana-mana. Banyak penawaran program haji dan umroh dari masing-masing travel dengan kelebihannya masing-masing. Bahkan, untuk ibadah umroh pun juga ada program pinjaman dengan sistem syariah bagi yang ingin berangkat beribadah. Berbagai kemudahan dan banyaknya pilihan program paket umroh membuktikan bahwa usaha ini semakin berkembang dengan persaingan yang cukup ketat. Melalui ulasan kali ini, kami akan mencoba membuat Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Agen Travel Haji Dan Umroh Murah.

Sebelum memulai usaha  agen travel haji dan umroh murah, ada persiapan-persiapan yang harus kita lakukan. Berikut diantaranya :

•    Niatkan untuk merintis usaha agen travel haji dan umroh murah ini juga sebagai ibadah kita dalam membantu saudara sesama umat muslim untuk beribadah. Jangan melulu untuk mencari duit ya. Berdo’a kepada Allah SWT supaya kita dijadikan jalan untuk membantu saudara sesama muslim untuk beribadah haji dan umroh dengan biaya yang murah.

•    Cari informasi mengenai perusahaan yang membuka kemitraan travel haji dan umroh. Pelajari semua syarat dan ketentuannya.

•    Selidiki latar belakang perusahaan tersebut sebelum bergabung menjadi mitra bisnis travel haji dan umroh. Pastikan bahwa perusahaan tersebut adalah benar-benar perusahaan yang bisa dipercaya dan berpengalaman. Check sudah berapa lama perusahaan itu menjalankan usahanya, dan sudah berapa banyak jamaah yang berhasil berangkat haji dan umroh melalui perusahaan tersebut.

•    Cari beberapa alternatif perusahaan haji dan umroh dan bandingkan program-programnya, pilih yang sesuai dengan kondisi (modal) kita.

•    Tanyakan juga bagaimana marketing support untuk mitra usaha agen travel haji dan umroh yang ada.

•    Rencanakan strategi bisnisnya

Strategi Bisnis Bauran Pemasaran Untuk Peluang Bisnis Rumahan Agen Travel Haji Dan Umroh Murah

Berikut ini pembahasan strategi bisnis bauran pemasaran untuk usaha rumahan agen travel haji dan umroh murah :

•    Product (produk)

Produk dalam usaha ini adalah jasa travel untuk ibadah haji dan umroh dengan biaya murah. Merintis usaha dengan produk jenis jasa harus mengutamakan kualitas dan pelayanan yang benar-benar bagus. Karena itu, tips langkah-langkah dalam memulai bisnis di atas harus benar-benar diperhatikan karena hal itu akan mempengaruhi jalannya bisnis kita ke depannya.

•    Place (tempat)

Tempat atau lokasi usaha untuk menjalankan bisnis agen travel haji dan umroh murah bisa dengan memakai ruangan yang ada dirumah kita sendiri. Kita juga mempunyai pilihan untuk menjalankannya secara online dengan membuat website dan memasarkannya melalui media sosial yang ada. Pada dasarnya, untuk tempat usaha agen travel haji dan umroh murah kita ini bisa fleksibel sesuai dengan kondisi kita. Kalaupun kita ada modal sewa ruko untuk kantor usaha pun juga tidak masalah, justru lebih baik asalkan lokasi usaha kita tata sedemikian rupa sehingga tampak profesional.

•    Promotion (promosi)

Ada beberapa cara bagi kita untuk mempromosikan usaha agen travel haji dan umroh murah kita ini. Berikut diantaranya :

         Tawarkan secara langsung kepada keluarga kita sendiri dahulu yang sekiranya mampu dalam keuangannya. Kenapa keluarga menjadi pilihan pertama dulu? Karena kita bisa lebih mudah dipercaya oleh keluarga kita sendiri dari pada orang lain, sehingga lebih mudah dalam menawarkan produk layanan travel haji dan umroh kita.

         Buat papan nama yang jelas di lokasi usaha agen travel haji dan umroh murah kita. Berikan sedikit penjelasan mengenai keunggulan-keunggulan travel haji dan umroh kita yang murah.

         Buat brosur disertai contact person untuk dibagikan. Pelajari cara membuat brosur yang baik, jangan asal-asalan karena nanti kesannya akan berbeda. Ingat, travel haji dan umroh adalah bisnis jasa jadi harus dibuat sebaik mungkin.

         Sebarkan brosur-brosur tersebut kepada target market kita. Misalnya: di masjid, di saat ada pengajian dan lain sebagainya.

•    Price (harga)

Sasaran usaha kita adalah memberikan biaya travel haji dan umroh dengan biaya yang murah. Karena itu, kita harus selektif dalam memilih perusahaan dan harus benar-benar membandingkan biaya haji dan umroh kita dengan travel yang lainnya. Survey agen travel haji dan umroh murah di sekitar daerah kita untuk membandingkan biayanya serta untuk menentukan biaya haji dan umroh kita agar benar-benar murah dibanding yang lain.

Analisa modal usaha dan laba rugi dari agen travel haji dan umroh murah ini tergantung dari program kemitraan masing-masing perusahaan penyedia jasa travel haji dan umroh. Pelajari dengan detail sistem kerja dan program yang di tawarkan kepada para mitra bisnisnya. Fasilitas yang diberikan dalam travel haji dan umroh akan memudahkan kita dalam menjual atau berpromosi, sedangkan sistem kemitraan yang baik akan memudahkan kita dalam mengembangkan usaha kita sebagai mitra agen.

Analisa Swot Dalam Bisnis Rumahan Usaha Agen Travel Haji Dan Umroh Murah

Contoh strategi bisnis rumahan usaha agen travel haji dan umroh murah yang bisa dilakukan dari hasil analisa analisa SWOT :

Faktor Internal - Strengths (Kekuatan) & Weaknesses (kelemahan) :

  • Biaya haji dan umroh yang bersaing (murah)
  • Pelayanan yang ramah dan kekeluargaan
  • Perusahaan yang sudah berpengalaman
  • Usaha yang belum dikenal
  • Semangat yang terkadang naik turun.

Faktor Eksternal - Opportunity (peluang) & Threats (ancaman) :

  • Target pasar yang luas (Umat Islam)
  • Haji dan umroh tidak pernah sepi peminat
  • Persaingan yang ketat
  • Rupiah yang melemah, membuat biaya haji dan umroh menjadi naik

Berdasarkan analisa SWOT di atas, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan usaha rumahan agen travel haji dan umroh murah ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

        Buatlah program promosi melalui berbagai media. Bisa secara online (media sosial dan website), maupun secara offline (majalah lokal, radio dll).

        Kumpulkan testimoni-testimoni yang baik atas pelayanan perusahaan travel haji dan umroh yang kita pilih sebagai mitra usaha.

        Ketahui seluk-beluk haji dan umroh secara detail. Apabila kita sudah pernah melaksanakan ibadah haji dan umroh sendiri, hal tersebut bisa sangat membantu untuk berbagi pengalaman dengan calon jamaah haji dan umroh.

        Salah satu paket umroh yang cukup banyak diminati selain umroh ramadhan adalah ibadah umroh di bulan Desember. Hal ini karena pada bulan desember, cuaca di kota mekkah dan madinah cukup dingin. Berikan juga tips kepada calon jamaah haji dan umroh untuk mempersiapkan diri saat umroh pada bulan desember.

        Layani setiap calon jamaah dengan tulus dan ikhlas. Tunjukkan sikap kekeluargaan dan kehangatan kita. Semakin calon jamaah dihargai, akan semakin percaya kepada kita. Siapa tahu kita juga bisa mendapatkan referensi dari jamaah tersebut. Betul kan? Hehe

        Mengatasi semangat yang naik-turun, harus kita kembalikan kepada niat kita bahwa kita ingin membuka jasa agen travel haji dan umroh murah ini adalah sebagai salah satu bentuk ibadah kita juga. Selalu berdo’a untuk diberikan kekuatan dalam menjalankan usaha ini dan hasil yang terbaik bagi kita.

Banyak orang yang sukses dengan menjadi agen travel haji dan umroh. Usaha ini memang bisa menjanjikan bila dijalankan dengan serius. Tapi juga tidak sedikit orang yang gagal saat menjalankan bisnis ini. Bagi yang sedang merintis usaha untuk pertama kali, usaha agen travel haji dan umroh murah juga dapat kita jadikan sebagai usaha sampingan dahulu.

 Setelah kita menguasai dan yakin dengan prospek ke depan akan bagus, baru usaha agen travel haji dan umroh murah kita jadikan sebagai usaha utama kita. Demikian Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Agen Travel Haji Dan Umroh Murah, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam sukses!

logoblog

Thanks for reading Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Agen Travel Haji Dan Umroh Murah

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.