Ikuti Info Bisnis Online Terbaru

Friday, August 7, 2020

Keunggulan dan Kekurangan Asuransi Unit Link Yang Perlu Diketahui

  Gus Faqir       Friday, August 7, 2020

Keunggulan  dan Kekurangan Asuransi Unit Link Yang Perlu Diketahui

Keunggulan  dan kekurangan asuransi unit link wajib kita ketahui dan dipahami dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli polisnya. Dengan memahami risiko dan manfaat asuransi unit link, kalian akan terhindar dari kerugian karena ketidaksesuaian. Seperti yang kalian tahu, asuransi unit link merupakan asuransi sekaligus investasi dalam satu produk. Karena adanya unsur investasi inilah, kalian perlu memahaminya dengan seksama.


Investasi tentu akan menawarkan keuntungan, tetapi juga tidak boleh melupakan risiko yang melekat. Apapun jenis investasi, pasti akan risikonya. Selain itu, asuransi unit link tentu ada beberapa biaya yang akan berbeda dengan asuransi lain. Nah, penasaran apa saja Keunggulan  dan kekurangan asuransi unit link? Simak ulasannya berikut ini yaitu

A. Keunggulan  Asuransi Unit Link

Terdapat beberapa Keunggulan  asuransi unit link yang cukup menggoda para nasabah, karena Keunggulan  itu pula asuransi unit link menjadi salah satu jenis asuransi yang populer. Nah, berikut ini Keunggulan  asuransi unit link yang perlu kamu perhatikan yaitu

 1. Mendapat 2 Manfaat Sekaligus

Seperti yang kamu tahu, asuransi unit link sanggup memberikan 2 manfaat dalam 1 produk, yaitu manfaat proteksi dan manfaat investasi. Bagi beberapa orang yang memiliki pertimbangan cukup komplek, antara melindungi diri dan memanfaatkan uang dengan baik, mungkin asuransi unit link menjadi solusi terbaik. Sedangkan bila  harus memisah antara proteksi dan investasi, ini akan menimbulkan tambahan biaya dan memakan waktu lebih banyak.

2. Premi Asuransi Unit Link Tidak Akan Hangus

Keunggulan asuransi unit link yang tidak kalah menggiurkan ialah premi dari asuransi yang telah dibayarkan tidak akan hangus. Hal ini lebih baik daripada asuransi jiwa pada umumnya,  bila  asuransi jiwa biasa pasti akan menghanguskan premi bila  risiko yang ditanggung tidak terjadi hingga masa proteksi berakhir. Sedangkan asuransi unit link tidak demikian, kalian bisa mengklaim bahkan bila  risiko tertanggung tidak terjadi. Plus, kalian bisa menikmati hasil investasinya bila  sanggup memberikan keuntungan.

3. Jangka Waktu Pertanggungan Yang Lebih Panjang

Yang tidak kalah, masa pertanggungan pada asuransi unit link cukup lama, lebih lama dari rata-rata asuransi jiwa biasa. Dengan asuransi unit link, kamu bisa mendapatkan proteksi selama 100 tahun. Walaupun tiap perusahaan kebijakannya bisa berbeda-beda.

4. Investasi Jadi Mudah

Berapa duit yang perlu kamu siapkan bila  ingin investasi? Beberapa ada yang popular murah, seperti reksadana yang minimal modalnya hanya Rp. 100 ribu. Tetapi, berinvestasi dengan asuransi unit link akan lebih murah lagi lho. Selain itu, tidak perlu kuatir bila  kamu buta akan dunia investasi, karena perusahaan asuransi akan memilihkan investasi terbaik.



Dengan begitu kamu hanya perlu mengamati dan mengawasi saja perkembangan investasi tersebut. Tetapi bagaimana bila  investasi tidak sesuai harapanmu? Bila  demikian kondisinya, kamu juga diberikan kemudahan untuk memindahkan atau mengalihkan dana investasi ke jenis investasi lain, selama jenis investasi tersebut disediakan oleh perusahaan asuransi.


5. Tersedia Banyak Asuransi Tambahan

Seperti halnya rata-rata jenis asuransi lain, pada asuransi unit link juga tersedia pilihan bila  kamu ingin mendapat manfaat lainnya. Jadi selain 2 manfaat di atas, kamu juga bisa menambahkan manfaat lain sesuai keinginan. Contohnya, kamu khawatir dengan kesehatan atau kecelakaan, maka bisa menambahkan manfaat ini.

Tiap perusahaan asuransi mungkin menyuguhkan tambahan manfaat yang berbeda-beda dan berbagai macam , jadi pastikan memilih yang tepat bila  kamu memang membutuhkan tambahan proteksi. Tetapi sebelum kamu menambahkan manfaat pada asuransi unit link, perhatikan pula tambahan premi yang perlu dibayar, karena tiap penambahan manfaat selalu diikuti naiknya premi.

6. Adanya Fasilitas Cuti Premi

Terakhir, Keunggulan  asuransi unit link ialah adanya fitur atau fasilitas cuti premi. Hal ini merupakan fasilitas untuk sementara berhenti membayar premi selama waktu tertentu. Fasilitas ini tentunya akan menguntungkan, terutama bila  terjadi sesuatu yang tidak terduga dan membutuhkan banyak dana. Atau karena kesibukan dan memungkinkan kamu untuk tidak bisa membayar tagihan premi. Kamu bisa menggunakan fasilitas ini sebagai solusinya. Walaupun kamu cuti premi, ini tidak melepaskan hak yang kamu miliki. Artinya, kamu tetap dapat informasi terbaru terkait asuransi dan manfaat lainnya.

B. Kekurangan Asuransi Unit Link

Selain Keunggulan nya di atas, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ialah kekurangan asuransi unit link. Mengetahui kelemahan asuransi unit link  bisa mengontrol harapan tinggi yang kamu miliki, dan juga memperbanyak pertimbangan. Nah, apa sajakah kerugian asuransi unit link yang bisa kamu terima? Berikut ini beberapa diantaranya yaitu

1. Premi Asuransi Yang Tinggi

Kekurangan asuransi unit link yang paling nyata dan terlihat jelas ialah besarnya premi yang harus dibayarkan. Kalau dibandingkan dengan asuransi jiwa biasa, premi asuransi unit link jauh lebih besar. Ini wajar karena dalam asuransi ini terkandung manfaat investasi.

Walaupun sebenarnya premi yang lebih besar tersebut tidak dikeluarkan sia-sia. Ya, karena investasi tentu memiliki potensi keuntungan. Selain itu, walau dikatakan besaran premi yang perlu dibayarkan selalu tetap, tetapi tidak untuk biaya asuransi. Umumnya biaya asuransi akan selalu naik tiap tahun, jadi ini perlu juga kalian pertimbangkan. Pastikan kenaikan biaya asuransi ini tidak mengganggu keuangan kamu.

2. Nilai Tanggungan Relatif Kecil

Tak hanya premi yang tinggi, kamu juga akan dipusingkan dengan kenyataan bahwa nilai perlindungan atau pertanggungan pada asuransi unit link cukup kecil. Bila  kita bandingkan dengan asuransi jiwa biasa, asuransi unit link jauh lebih kecil. Ini tidak sebanding dengan besarnya premi yang wajib dibayar. Hal ini perlu kamu sadari, karena adanya manfaat investasi maka keadaan ini bisa terjadi, premi besar tetapi perlindungan kecil.

3. Hasil Investasi Kurang Maksimal

Celakanya, kekurangan asuransi unit link disempurnakan dengan hasil investasi yang kurang maksimal. Perlu kamu pahami, sebenarnya asuransi unit link fokus utamanya tetap pada proteksi. Bila  kamu sendiri fokus pada investasi, asuransi unit link benar-benar tidak disarankan karena manfaat investasi hanya sebuah manfaat tambahan. Hal ini artinya, bila pun ada keuntungan dari investasi, itu tidak semaksimal investasi murni. Jadi pilihlah investasi murni bila  tujuan utama kalian ingin berinvestasi. Selain itu, semua investasi juga tidak ada jaminan keuntungan, selalu ada risiko kerugian. Begitu juga investasi pada asuransi unit link.

C. Pertimbangan Memilih Asuransi Unit Link

Setelah tahu dan memahami manfaat dan kerugian asuransi unit link di atas, apa keputusanmu? Masihkah berminat?

1. Apakah Memang Sesuai Tujuan?

Yang pertama yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri ialah apakah asuransi unit link benar-benar sesuai dengan tujuan kamu? Bila  kamu hanya ingin proteksi, kenapa harus unit link? Dan bila  kamu ingin investasi saja, kenapa pula harus unit link? Tetapi bila  kamu memang menginginkan keduanya tanpa ribet urus ini itu, asuransi unit link sangat tepat dipilih.


2. Sudahkah merencanakan Keuangan Kedepannya?

Tidak lupa, apakah kamu sudah mempertimbangkan kemampuan keuangan kalian. Sebaiknya kamu merencanakannya agar di masa depan kamu tidak kesulitan membayar premi. Walaupun tersedia fasilitas cuti premi, tapi tidak menutup kemungkinan kamu akan masih kesulitan keuangan di masa mendatang.

D. Asuransi Unit Link Syariah

Tetapi bila  kamu sudah bulat ingin mengambil asuransi unit link, saran saya terakhir ialah gunakanlah asuransi unit link berbasis syariah. Dengan asuransi unit link syariah, manfaat proteksinya akan dikelola dengan cara yang sesuai syariat Islam. Sedangkan investasinya juga demikian. Bila  kamu beragama Islam, ini akan cocok banget. Selain dapat manfaat dari unit link, juga hati akan tenang dan tidak berasa ada beban.



Nah, itulah ulasan tentang Keunggulan  dan kekurangan asuransi unit link yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian membuat keputusan terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

 

logoblog

Thanks for reading Keunggulan dan Kekurangan Asuransi Unit Link Yang Perlu Diketahui

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.