Ikuti Info Bisnis Online Terbaru

Monday, August 3, 2020

Cara Memulai Bisnis Rumahan Usaha Produksi Kue

  Gus Faqir       Monday, August 3, 2020

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Produksi Kue - Peluang bisnis rumahan produksi kue merupakan bisnis yang bisa saja berdasarkan hobi. Karena membuat kue biasanya disukai oleh para wanita.

Hanya saja, keahlian membuat kue para wanita dan ibu-ibu rumah tangga ini jarang yang mengembangkannya untuk dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

Kue juga mempunyai pangsa pasar yang luas. Terutama pada hari raya, permintaan akan kue biasanya meningkat banyak. Karena budaya di indonesia yang akrab dengan kue pada momen-momen yang spesial.


Berjualan kue bisa menjadi bisnis yang menguntungkan dengan perhitungan yang tepat. Memproduksi kue sendiri dapat menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan menjadi seorang agen.

Variasi kue juga bermacam-macam dan salah satu keuntungan kue adalah masa berlakunya yang cukup lama alias tidak gampang kadaluarsa.

Hal ini membuat kue cukup aman untuk distock dan dikirim ke daerah-daerah pemesan tanpa perlu khawatir kualitasnya jadi berkurang. Usaha kue pun juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang lumayan menghasilkan.

Terutama bagi ibu-ibu rumah tangga, bisnis rumahan produksi kue bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang sekaligus menyalurkan hobi memasak tapi juga menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Berikut ulasan lebih mendalam tentang Peluang Bisnis Rumahan Usaha Produksi Kue, simak selengkapnya.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha kue ini antara lain :

         Tentukan jenis kue yang ingin kita produksi lebih dahulu. Kita harus mempelajari bagaimana cara membuat kue tersebut yang baik dengan rasa yang enak. Apabila kita sudah mempunyai keahlian dalam membuat kue, kita tinggal membuat sedikit kreasi tentang kue buatan kita. Kreasi yang mungkin bisa dilakukan misalnya tentang bentuk kue atau warna kue. Cobalah minta teman dan keluarga untuk menilai hasil kue kreasi kita sebelum diluncurkan ke pasaran. Mintalah kritik dan saran kepada mereka, lebih bagus lagi apabila kita mempunyai kenalan yang mengerti akan pembuatan kue, saran dari beliau bisa jadi sangat membantu.

         Cari informasi tentang kue apa yang sering dicari dipasaran. Informasi tersebut bisa digunakan sebagai pilihan alternatif jenis kue yang kita tawarkan. Pelajari juga cara membuatnya. Apakah bahan bakunya juga gampang di cari.

         Langkah selanjutnya adalah survey dimana tempat membeli bahan baku yang murah untuk produksi kue. Miliki beberapa alternatif toko penjual bahan bakunya.

         Rencanakan bagaimana kemasan kue nantinya. Pertimbangkan harga kemasan dan model kemasannya. Semakin unik dan menarik kemasan kue kita, semakin mencolok dan gampang terlihat diantara rak-rak toko kue maka semakin bagus.

         Pilih bagaimana cara pemasaran usaha kue kita. Apakah akan di jual offline melalui agen-agen, atau akan dijual online melalui media sosial dan website. Bisa juga bisnis kue kita jual dengan cara dua-duanya, baik secara offline maupun online.

Pembahasan Singkat Strategi Bisnis 4P Untuk Peluang Bisnis Rumahan Produksi Kue

Cara berbisnis yang baik adalah dengan persiapan yang matang termasuk analisa bisnisnya. Berikut ini adalah analisa bisnis bauran pemasaran (4P) yang bisa kita gunakan dalam bisnis kue rumahan :

•    Product (produk)

Macam kue sangat banyak yang bisa kita pilih. Ada bisnis kue basah dan juga bisnis kue kering. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Apabila anda ingin kue yang tahan lama, pilihan untuk berbisnis kue kering bisa jadi pilihan yang tepat. Pilihlah salah satu jenis kue yang mempunyai tingkat permintaan yang banyak. Kreasikan jenis kue tersebut agar ada pembeda antara kue kita dengan kue produksi lain. Masukkan nilai tambah pada kreasi kue kita yang bisa menjadi kekuatan jual produk.

•    Place (tempat)

Tempat untuk memproduksi bisa juga di dapur kita sendiri untuk awal usaha. Ketika kita baru membangun usaha kue, biasanya permintaan masih kita tangani dengan peralatan yang ada dalam dapur kita. Namun, bila permintaan kue kita sudah semakin banya, lebih baik kita menyediakan tempat khusus untuk melayani permintaan kue dari pembeli. Dengan memakai dapur sendiri, bisa menghemat modal usaha kue kita karena tidak perlu ada biaya sewa tempat produksi. Hal ini disarankan bagi kita yang baru saja membangun usaha. Memanfaatkan apa yang ada dahulu daripada mengeluarkan biaya yang sebenernya bisa kita tekan.

•    Promotion (promosi)

Usaha rumahan membuat kue akan membutuhkan promosi yang lebih banyak karena tempat usaha kita berada di dalam rumah. Tidak akan ada orang tahu bahwa kita sedang berjualan kue kalau tidak dikomunikasikan kepada orang lain. Karena itu, tips promosi dalam usaha kue antara lain :

        Pasang banner/papan usaha di depan rumah kita bahwa kita melayani pembuatan kue.

        Pasang photo-photo kue hasil kreasi kita di dalam profil picture aplikasi chat seperti BBM atau WA.

        Bangun jaringan pemasaran dengan membuat program khusus agen kue hasil produksi kita. Pertimbangkan juga sistem kongsinyasi dengan toko-toko penjual kue yang ada di kota kita.

        Promosikan produk kue kita melalui website profesional. Sebuah produk yang sudah mempunyai website akan dipandang lebih “wah” oleh pembeli.

        Tawarkan kue-kue kita ke dinas-dinas pemerintahan karena dinas pemerintahan biasanya sering melakukan rapat. Kita bisa mengajukan diri untuk mengisi konsumsi disetiap rapat dinasnya.

•    Price (harga)

Menentukan harga produk salah satunya bisa kita lakukan dengan melihat biaya bahan baku dan operasional lainnya. Berikut ini adalah gambaran mengenai modal usaha bisnis kue yang bisa dijadikan sebagai acuan:

A. Modal awal

1. Peralatan

Mixer                                       1.500.000

Blender                                     500.000

Oven                                         500.000

Loyang dan cetakan kue         1.000.000

Timbangan kue                        1.000.000

Jumlah                                     4.500.000

Asumsi penyusutan peralatan dalam 4 tahun dengan nilai residu (sisa) adalah 1.000.000, maka biaya penyusutan 4.500.000-1.000.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 1.124.750/ tahun atau 93.729/ bulan.

2. Perlengkapan

Kantong plastik                                   100.000

Stoples                                                            300.000

Lakban                                                              50.000

Alat tulis                                               50.000

Jumlah                                                 500.000

3. Bahan baku

Bakan baku kue                                  2.000.000

Jumlah                                                 2.000.000

B. Perhitungan laba/rugi per bulan

Pendapatan (50 kue x 30 hari x 3.500)                       5.250.000

Biaya-biaya :

         Biaya bahan baku                                                        2.000.000

         Biaya perlengkapan                                                       500.000

         Biaya listrik, air dan telepon                                         300.000

         Biaya gaji karyawan                                                      750.000

         Biaya penyusutan peralatan                                            93.729

         Biaya transportasi dan kirim                                         300.000

         Biaya lain-lain                                                               100.000

Jumlah biaya                                                               4.043.729

Laba bersih                                                                  1.206.271

Asumsi: tempat memakai aset pribadi (bisnis rumahan), sehingga tidak ada biaya sewa tempat. Apabila ada biaya sewa tempat atau perubahan harga yang lainnya, silahkan disesuaikan dalam perhitungan di atas kemudian harga kue disesuaikan kembali supaya mendapatkan laba sesuai yang kita inginkan.

Analisa SWOT Dalam Bisnis Rumahan Produksi Kue

Faktor Internal - Strengths (Kekuatan) & Weaknesses (kelemahan)

  • Pelayanan yang ramah
  • Rasa dan bentuk yang khas
  • Usaha yang belum dikenal
  • Membutuhkan keahlian dan inovasi tinggi

Faktor Eksternal - Opportunity (peluang) & Threats (ancaman)

  • Target pasar yang luas
  • Tingkat re-order tinggi
  • Persaingan yang lumayan tinggi
  • Harga bahan baku yang naik

Contoh Strategi Bisnis Usaha Produksi Kue Yang Bisa Dilakukan Dari Hasil Analisa Analisa SWOT

•    Pelajari para penjual kue yang lain yang terlihat laris, amati apa yang membuat mereka laris dan terapkan dengan sedikit modifikasi terhadap usaha kue kita

•    Selalu review tentang pelayanan kepada pelanggan, tingkatkan kualitas pelayanan untuk membuat pembeli merasa ingat terus dengan usaha kita.

•    Terus lakukan percobaan inovasi-inovasi terhadap rasa dan bentuk kue kita. Hal ini untuk menghindari rasa bosan pembeli dan menambah pilihan menu. Minimal satu bulan sekali kita harus bisa menghadirkan rasa atau varian baru dari kue yang kita jual.

•    Lakukan promosi secara massive baik secara offline maupun online. Iklan usaha kue saat ini juga marak dilakukan secara online melalui akun-akun media sosial mereka. Karena media online mampu memperluas pangsa pasar kita secara maksimal. Persiapkan kemasan pengiriman apabila ada order yang datang dari luar kota.

•    Selalu meningkatkan kemampuan memasak kue dengan mengikuti kursus memasak agar kita bisa menambah referensi ide kreatifitas kue yang kita produksi.

•    Simpan database pembeli, berikan promo khusus kepada mereka yang pernah membeli produk kita untuk meningkatkan re-order.

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Produksi Kue ini merupakan bisnis yang menjanjikan. Bagi yang hobi memasak dan membuat kue, bisnis kue ini justru akan menjadi ajang menyalurkan hobi. Justru dengan berbisnis sesuai dengan hobi membuat pekerjaan kita menjadi tidak terasa karena kita melakukan dengan senang hati. Apabila dipejari dan serius dikembangkan, usaha kue ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

logoblog

Thanks for reading Cara Memulai Bisnis Rumahan Usaha Produksi Kue

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.