Ikuti Info Bisnis Online Terbaru

Powered by Blogger.

Sunday, August 9, 2020

Rekomendasi 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Gratis dan Mudah

  Gus Faqir       Sunday, August 9, 2020

Rekomendasi 5  Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Gratis dan Mudah

Apakah kamu pernah berpikiran tidak sih kenapa banyak orang yang rela menghabiskan waktunya untuk membuat dan mengelola blog atau website? Tentu saja ada manfaatnya bagi si pengelola blog dan website tersebut, kebanyakan karena untuk mendapatkan uang.



Ya, untuk mendapatkan uang. Seperti saya ini, selain karena hobi menulis, alasan lain kenapa saya rajin menulis di blog ialah karena akan mendapatkan uang. Dan apakah kamu tahu, bila  kamu bisa serius dalam mengelolanya maka bukan tidak mungkin akan mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta?

hal tersebut memang benar dan bukan tipu-tipu, ada banyak sekali orang diluar sana yang mendapatkannya. Contoh nyatanya ialah media besar di Indonesia seperti kompas, Tribun, Detik, dan lain-lain. Tetapi tentu saja kamu tidak mungkin langsung bisa membuat media sebesar mereka, mulai dulu dari nol, untuk mendapatkan uang dari blog tidak harus menunggu blog menjadi besar dan popular, blog sederhana seperti blog inipun sudah bisa mendapatkan uang.

Oh iya kawan-kawan, saya di sini tidak akan memberikan tutorial bagaimana membangun dan mengelola blog. Yang akan saya share kali ini ialah cara atau jalan yang bisa dilakukan oleh seorang pemilik blog untuk mendapatkan uang, dan artikel ini saya tujukan untuk para pemula yang benar-benar masih awam.

1. Menjadi Penayang Iklan Google Adsense

Menjadi penayang iklan google adsense  merupakan cara mendapatkan uang dari blog yang menjadi favorit saya, dari awal hingga sampai sekarang cara ini lah yang paling memberikan saya pendapatan paling banyak. Pertama saya jelaskan dulu apa itu Google Adsense? Google Adsense merupakan program periklanan milik Google yang dapat diikuti oleh siapapun yang memenuhi persyaratan, syarat utamanya tentu saja harus memiliki blog yang layak. Kalian bisa serching bagaimana membangun blog yang layak untuk bisa bergabung dengan Google Adsense.

Bagaimana sistem iklan ini? Sistem ini bekerja sama dengan Google, para pengusaha dan pemilik bisnis yang beriklan pada Google, sebagian iklannya akan ditampilkan di blog kita oleh Google. Kita akan mendapatkan keuntungan setiap kali ada klik iklan yang valid. Keuntungan tersebut sudah terpisah dari persentase keuntungan Google sendiri, jadi keuntungannya dibagi dua, sekitar 64% untuk kita dan sisanya untuk Google.

Berapa yang kita dapat setiap klik iklan? Bervariasi ya, semakin tinggi harga iklan yang diberikan oleh pemilik bisnis, semakin tinggi pula uang yang kita peroleh,tidak ada minimal dan tidak ada maksimal, semuanya tergantung pemilik bisnis, Google, situasi dan kondisi pasar.

Untuk mengikuti program ini, langkah pertama yang perlu kalian lakukan ialah membangun blog yang baik, isi dengan artikel yang berkualitas, permudah navigasi, dan belajarlah tentang SEO (Search Engine Optimization) agar blog kalian banyak dikunjungi. Saran saya, jangan terlalu fokus pada uang dulu, butuh berbulan-bulan untuk bisa menikmati hasil dari blog dengan bergabung bersama Google Adsense ini. Fokuslah dulu membangun blog dan memperbanyak pengunjung.


2.Menampilkan Iklan Dari Program Iklan Lainnya

Hal ini merupakan alternatif kedua pada saat kamu  belum bisa bergabung dalam program Adsense. Kenapa saya sebut alternatif kedua? Ini karena potensi pendapatan yang akan kalian terima dari program iklan lainnya jauh lebih kecil ketimbang menggunakan Adsense. Ini pandangan saya pribadi ya, dan saya yakin juga kalau banyak senior blogger yang sependapat bahwa Adsense masih menjadi program periklanan terbaik.

Nah, apa sajakah program iklan selain Adsense? Ada banyak ya, beberapa yang terbaik yang saya tahu di antaranya adalah: 1. Media.net (Ini milik Yahoo/Bing, ada banyak review yang mengatakan bahwa program iklan ini sangat baik, salah satu alternatif Adsense yang paling saya rekomendasikan.) 2. AdNow, 3. RevenueHits, 4. Chitika, 5. Qadabra, 6. Bidvertiser, 7. PloppelerAds, 8. Infolink, 9. Popcash, 10. BuySellAds.

Semua program iklan di atas tentunya memiliki persyaratannya sendiri-sendiri, bila  kalian ingin gabung maka wajib membaca persyaratan dan review apakah programnya cocok dengan keinginan kalian. Tetapi sekali lagi, saya sarankan jangan terlalu pusing memikirkan uang dulu, berpusing-pusinglah dulu membangun blog. Sampai blog atau website tersebuat memiliki taffic yang banyak.

3. Menampilkan Iklan Mandiri

Selain bergabung dengan program iklan, kalian juga bisa mencari iklan sendiri dan menampilkannya di blog. Tetapi ini agak susah dilakukan karena blog kalian harus memiliki kredibilitas tinggi, tidak cukup hanya dengan traffic yang tinggi saja. Apa yang dimaksud dengan kredibilitas tinggi? Selain traffic tinggi, konten benar-benar harus berkualitas dengan 1tema yang sesuai, misalnya blog kalian hanya membahas teknologi saja, wisata, bisnis. Beda bila  blog kalian isinya campur-campur, akan lebih susah mencari pengiklan yang mau mengiklan. Atau web kalian bisa dikatakan kredibilitas tinggi bila  memang berbadan hukum seperti kompas, tribun, detik, dan media besar lainnya.

Berbeda dengan program iklan yang umumnya kalian akan mendapatkan uang per klik atau perseribu tayang, iklan mandiri ini lebih sering pembayarannya dalam satu tarif harga, bisa perhari, perminggu, atau perbulan, jadi tidak peduli berapa banyak klik atau berapa banyak penayangan, bayaran kalian akan sesuai tarif yang kalian dan pengiklan setujui.

Lebih menguntungkan pakai program iklan atau iklan mandiri? Ini sulit ditebak, semua sangat tergantung dengan kualitas blog kalian. Kalau kita melihat web-web besar di Indonesia, mereka sering menggabungkan antara iklan Adsense dengan iklan mandiri. Mereka menggunakan iklan mandiri, ini bukti bahwa iklan mandiri tidak kalah dengan Adsense. Tapi ingat, mereka web berkredibilitas tinggi.

4. Mendapatkan Uang Dari Afiliasi

Cara selanjutnya untuk mendapatkan uang dari blog ialah dengan mengafiliasi blog kalian dengan suatu produk tertentu. Apa maksudnya? Jadi, afiliasi itu suatu usaha untuk mendatangkan pengunjung ke suatu blog/web pihak lain supaya si pengunjung tersebut membeli atau mendaftar ke pihak tersebut.

Contohnya, Lazada, salah satu toko online terkemuka di Indonesia, Lazada membuka program afiliasi jadi bila  kalian bergabung dan menampilkan banner atau link afiliasi di blog kalian, dan bila  ada orang yang membuka Lazada kemudian membeli produk di sana dari banner atau link kalian tersebut, maka kalian akan mendapatkan komisi.

Besarnya komisi berbeda-beda ya, bisa 1%, 10%, 20%, dan seterusnya. Saya kira, afiliasi ini sangat cocok bila  tema blog kalian ialah blog review. Jadi, setiap kali kalian review produk, langsung di kasih link tempat pembeliannya, sangat tertarget. Bila  kamu minat dengan afiliasi ini, pilihlah program afiliasi dari pihak yang memiliki nama besar, yang memiliki kredibilitas tinggi, takutnya kalian dimanipulasi bila  program afiliasi dari pihak yang tidak kredibel.


5. Mengiklankan Produk Kamu Sendiri

Cara ini memang hanya dikhususkan untuk blogger yang memiliki produk sendiri, dan cara ini sudah dilakukan oleh pebisnis-pebisnis sukses, misalnya Tokopedia, DewaWeb, dan beberapa blog besar. Jadi mereka ini mendatangkan calon pembeli dengan membuat suatu artikel yang dicari konsumen. Misalnya, bila  kalian punya produk komputer rakitan, maka buatlah artikel dengan judul “cara merakit komputer sendiri”, dan di artikel tersebut tawarkanlah produk kalian tersebut.

Cara ini tergolong sangat efektif karena ditawarkan langsung kepada orang yang sedang membutuhkan. Dan bila  kalian jeli dalam membuat artikel serta menyasar target, cara ini benar-benar efektif menurunkan biaya pemasaran kalian.


Nah, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari blog secara gratis dan sangat mudah. Semoga cara-cara di atas bermanfaat dan membantu kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

 

logoblog

Thanks for reading Rekomendasi 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Gratis dan Mudah

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.