Ikuti Info Bisnis Online Terbaru

Powered by Blogger.

Saturday, August 8, 2020

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian

  Gus Faqir       Saturday, August 8, 2020

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian - Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian. Baiklah, yuk kita mulai dengan sebuah pertanyaan kenapa sih bisnis jahitan masih menjadi salah satu bisnis atau usaha yang prospek dan tetap bertahan dari tahun ke tahun? Padahal kan pembeli pakaian jadi sudah banyak dan disediakan berbagai macam ukuran. Kenapa ya?


Peluang bisnis rumahan usaha jahitan masih dan akan terus bertahan karena selain mengakomodai kebutuhan custom jahitan (setor kain saja dengan model sesuai pesanan) juga ada beberapa resiko dalam pembelian baju jadi yang bisa diterima oleh pembeli, antara lain :

1.      Tidak semua pakaian jadi (walaupun dengan ukuran masing-masing yaitu S, M, L, XL, XXL) akan cocok dan pas bila dikenakan konsumen. Terutama bagi orang-orang yang mempunyai postur tubuh dan badan yang di atas atau di bawah rata-rata. Karena hal tersebut, jasa usaha jahitan pakaian akan terus dicari oleh orang.

2.      Ada beberapa jenis pakaian yang akan lebih pas dan nyaman apabila di jahit sendiri dibanding dengan membeli pakaian jadi, contohnya: pakaian adat, pakaian brukat, kain tenun dan lain-lain. Contoh lagi adalah Jas, meskipun banyak dipasaran, tapi cenderung untuk orang dengan postur standart.

Dari penjelasan di atas, sudah cukuplah alasan bagi kita untuk memulai usaha jasa jahitan pakaian di rumah. Ingin tahu lebih mendalam lagi? Berikut ini adalah Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian yang dapat menjadi gambaran untuk anda.

Sebelum kita memulai usaha Jahitan Pakaian Di Rumah, ada hal-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Diantaranya sebagai berikut :

         Mulai mengasah kemampuan di bidang jahit menjahit. Saat ini banyak sekali kursus untuk menjahit dari berbagai tingkat dasar maupun mahir. Lengkapi kemampuan kita dengan ketrampilan desainer supaya lebih baik, atau lengkapi juga dengan pengetahuan yang berkaitan dengan menjahit, seperti kursus menyulam (sulam pita, benang, payet dll) untuk memperkaya variasi hasil jahitan kita.

         Siapkan mesin jahit dan berbagai alat yang dibutuhkan seperti obras, gunting, meteran dll. Khusus untuk mesin obras, apabila dana masih terbatas bisa obras di tempat lain.

         Cari lokasi yang bagus. Lokasi bisa sangat menentukan dalam permulaan usaha menjahit. Pilih lokasi usaha yang mudah terlihat dahulu. Kalau usaha jahitan pakaian kita sudah banyak langganan, orderan biasanya lebih banyak dari mulut ke mulut. Tapi untuk permulaan usaha, pilihan lokasi bisa menentukan juga.

         Persiapkan papan nama yang besar dan terlihat mencolok agar mudah di kenali.

Analisa Bauran Pemasaran (4p) Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Rumahan

Analisa bauran pemasaran atau yang biasa disebut dengan 4P akan kita gunakan untuk melihat gambaran umum usaha jahitan pakaian ini. Mari kita bahas bersama-sama:

•    Product (produk)

Produk dalam usaha jahitan rumahan ini adalah berupa jasa. Dalam produk jasa, pelayanan adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan pelanggan. Usaha jahitan pakaian bisa dilengkapi dengan jasa pelengkap lainnya, misalnya jasa jahitan dan obras, Sulam dan lain sebagainya. Semakin kita bisa memberikan jasa atau service yang lengkap, pelanggan tidak akan lari kemana-mana. Tapi perhatikan kualitasnya ya.

•    Place (lokasi)

Lokasi Usaha jahitan banyak yang ada di dalam gang, tidak kelihatan tapi ramai orderan. Kok bisa? Ya asalkan usaha jahitan kita sudah terkenal hehe. Untuk awal-awal membuka usaha jahitan baju dan pakaian, sebaiknya pilih lokasi yang mudah terlihat dan gampang di akses. Jenis usaha rumahan jasa jahitan seperti ini agak susah untuk di pasarkan secara online.

Apabila dana kita terbatas, maka menggunakan lokasi rumah kita sendiri pun juga jadi, Jangan jadikan alasan karena tidak punya ruko yang strategis akhirnya tidak jadi usaha loh. Kalau lokasinya dirumah, strategi promosinya dan bisnisnya yang dikencangkan. Lihat ulasannya di bawah.

•    Promotion (promosi)

Apabila lokasi kita sudah strategis dan gampang terlihat, kita sudah melakukan promosi skaligus. Tinggal pasang banner atau papan nama yang besar dan mencolok. Gratis lagi. Tapi apabila lokasi kita ada di rumah sendiri dan lokasinya masuk ke gang, kita bisa optimalkan dengan promosi lebih banyak. Mulailah promosi dari tetangga dan RT/RW yang ada di lingkungan sekitar. Kasih “harga perkenalan” pun bisa dilakukan , tapi harus diimbangi dengan kualitas yang baik. Harga murah tapi kalau jahitannya gak pas terus, siapa yang mau?

Kita juga bisa membuat slogan-slogan penekanan yang menunjukkan kualitas kita. Misalnya ‘Menjahit Dengan Hati’, ‘Kualitas Adalah Prioritas Kami’ dll. Sekali lagi, slogan tinggalah slogan bila hasilnya ternyata tidak seperti yang dijanjikan. Bisa jadi malah boomerang bagi kita.

•    Price (harga)

Menentukan harga jasa jahitan sebenarnya bisa kita “mainkan” asal kualitas dan service jasa kita memang benar-benar bagus. Apalagi kalau pelanggan kita ada yang dari tokoh-tokoh masyarakat, bisa jadi modal berharga buat menaikkan image usaha jahitan kita. Tapi perhatikan juga harga dari pesaing sekedar untuk perbandingan.

Menentukan harga juga bisa melihat dari analisa bisnis jahitan yang akan kita bangun. Berikut adalah analisa sederhana usaha rumahan bisnis jasa jahitan pakaian di rumah (harga pasti tidak sama di masing daerah, silahkan disesuaikan).

1. Modal Awal

Mesin Jahit                  500.000

Mesin Obras                400.000

Jumlah                         900.000

Peralatan usaha jahitan akan mengalami penyusutan (depresiasi) selama 4 tahun dengan nilai residu (sisa) sebesar 1.000 dengan menggunakan penyusutan metode garis lurus. Jadi biaya penyusutan pertahun 900.000 – 1.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 224.750/ tahun atau sama dengan 18.729/ bulan.

2. Perlengkapan

         Gunting jahitan                 40.000

         Penggaris jahitan               10.000

         Benang obras                    25.000

         Benang jahit                      20.000

         Jarum jahit                         5.000

Jumlah                                     100.000

3. Perhitungan Laba Rugi Perbulan

- Pendapatan (115 Stel @100.000)1.500.000

- Biaya-Biaya

Biaya Perlengkapan                            100.000

Biaya Transportasi                              30.000

Listrik,  Air dan Telepon                     100.000

Biaya Penyusutan Peralatan                18.729

Biaya Lain-Lain                                  20.000

Jumlah Biaya                                       268.729

Laba Bersih                                         1.231.271

Asumsi: perhitungan di atas diasumsikan menggunakan rumah sendiri untuk lokasi usaha Jahitan sehingga tidak ada biaya sewa lokasi usaha. Apabila ada perubahan harga bahan baku atau yang lainnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaru. Harga produk usaha Jahitan juga disesuaikan kembali untuk pendapatkan laba yang diinginkan.

Analisa Swot Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian

Faktor Internal - Strenght (Kekuatan) & Weak (Kelemahan)

         Lokasi usaha yang strategis

         Kualitas Jahitan yang Bagus

         Pelayanan yang ramah

         Jasa komplit

         Usaha yang belum dikenal

         Biasa konsumen terbatas area

Faktor Eksternal - Opportunity (Peluang) & Threat (Ancaman)

         Kebutuhan akan Pakaian custom yang selalu ada

         Persaingan Usaha

Strategi Bisnis Rumahan usaha Jahitan Pakaian Yang Bisa Dilakukan Berdasarkan Analisa Swot

Berdasarkan analisa SWOT di atas, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan usaha Jahitan Rumahan ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

         Manfaatkan lokasi yang strategis dengan membuat papan nama yang bagus dan mencolok serta desain/dekorasi kan lokasi usaha yang rapi dan tidak berantakan untuk menampilkan kesan profesional. Pernah lihat film Kingsman: The Secret Service? Kalau bisa, dekorasikan lokasi jasa jahitan kita seperti Kingsman, terlihat sangat profesional (kalau ada dana tentunya hehe).

         Kualitas jahitan yang bagus membuat kita percaya diri untuk menjalin kerjasama dengan konveksi atau lembaga-lembaga tertentu seperti sekolah/yayasan (seragam siswa dan guru).

         Kita boleh gak sih mengirim hadiah baju batik hasil jahitan kita kepada bapak bupati, lalu kita photo baju batik tersebut (jangan lupa di tulisi untuk bapak bupati) terus kita klaim bahwa bapak bupati juga memakai jasa jahitan kita? boleh lah ya hehe.. walaupun batik tersebut nanti dipakai apa tidak sama bapak bupati itu urusan belakangan.

         Bila kita sangat bagus dengan salah satu bidang jahitan, misalnya Jas, maka fokuskan usaha kita menjadi spesialis jahitan jas. Bukankah yang spesialis selalu kelihatan profesional dan di bayar lebih mahal?

         Untuk memperbanyak konsumen luar daerah, lakukan kerjasama-kerjasama bisnis. Bisa juga dengan berkolaborasi dengan sesama penjahit ataupun konveksi. Tapi pilih yang jahitan sama-sama bagus. Jadi bila ada over orderan bisa saling lempar.

         Untuk memenangkan persaingan usaha jahitan, kita bisa memakai sistem garansi. Bila kurang pas, silahkan kembalikan kapan saja tanpa dipungut biaya. Ingat, usaha dalam bidang jasa adalah masalah pelayanan dan kepercayaan.

         Jaga hubungan dengan pelanggan, bila pelanggan puas maka referensi bisa datang setiap saat.

Membangun usaha jahitan pakaian terutama di rumah, harus melalui proses yang tidak bisa cepat. Membutuhkan waktu dan pembuktian kualitas untuk membuat usaha jasa jahitan pakaian kita menjadi terkenal. Seringkali memang orderan jahitan datang dari rekomendasi atau referensi pelanggan kita yang puas.  Demikian pembahasan mengenai Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian. Semoga dapat bermanfaat. Salam Sukses!

logoblog

Thanks for reading Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Jahitan Pakaian

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.