Thursday, December 31, 2020

Apa itu Bitcoin? Begini Penjelasannya

  Poor Man       Thursday, December 31, 2020

Orang-orang termasuk kamu tentu pernah mendengar bitcoin. Bahkan banyak orang antusias dan bertransaksi atau berinvestasi dengan bitcoin karena menawarkan keuntungan yang luar biasa menggiurkan. Untuk lebih lanjut mengetahui apa itu bitcoin, mari kita simak penjelasan berikut ini.

 

Apa itu Bitcoin? Begini Penjelasannya

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah uang elektronik yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 lalu. Fungsi utama bitcoin digunakan untuk transaksi melalui internet tanpa perantara atau tanpa jasa bank. Sistem kerja bitcoin berupa peer to peer (P2P) yang bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal atau bisa disebut sebagai mata uang yang terdesentralisasi.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Bitcoin dapat disimpan dalam dompet digital yang terdapat di server cloud atau komputer pribadi. Dompet yang dimaksud berupa rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi bitcoin, berinvestasi maupun mengirim dan menerima bitcoin. Bitcoin bisa didapatkan dengan cara membeli dan mining. Bitcoin dapat dibeli di exchanger-exchanger seperti indodax.com (Indonesia), mtgox (US & Jepang), serta btcchina.com (China). Selain itu, bitcoin juga bisa didapat menggunakan komputer dengan menyelesaikan puzzle matematika. Setelah memenangkan puzzle matematika yang teramat kompleks, pengguna mendapat hadiah 12,5 bitcoin (setara Rp 1,4 miliar) setiap 10 menit. Sungguh luar biasa, bukan?

 

Fitur Bitcoin

Bitcoin sebagai aset digital mempunyai beberapa fitur sebagai berikut.

1.      Transfer Instan Secara Peer to Peer

Bitcoin berjalan tanpa server pusat dan penyimpanannya bersifat desentralisasi. Pendistribusian bitcoin dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung jaringan.

2.      Transfer Ke mana Saja

Bitcoin dapat dikirim ke mana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun. Pengiriman dapat dilakukan hanya dengan modal smartphone dan koneksi internet.

3.      Biaya Transfer Murah

Sebenarnya, biaya pengiriman bitcoin bisa gratis. Namun, untuk melakukan proses transaksi yang cepat, biasanya akan ada potongan biaya sekitar Rp 500 – Rp 3.000 untuk berapapun jumlah bitcoin yang dikirimkan.

4.      Transaksi Bersifat Irreversible

Artinya, bitcoin yang sudah dikirim ke orang lain tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkannya kembali.

5.      Transaksi Bersifat Pseudonymous

Pengguna bitcoin dapat memilih apakah ingin merahasiakan identitasnya atau tidak. Meskipun begitu, seluruh transaksi tetap tercatat dan bisa dilihat oleh publik.

6.      Bitcoin Tidak Dikontrol Oleh Lembaga Apapun

Bitcoin yang menggunakan database Blockhain bersifat terbuka untuk umum, sehingga tidak dapat dimanipulasi oleh pihak lain. Semua transaksi tercatat secara live, transparan dan tersebar ke berbagai server.

7.      Jumlahnya terbatas

Bitcoin hanya menyuplai sebanyak 21 juta yang tersebar di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin akan terus berkurang setiap 4 tahun sekali.

 

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki bitcoin yaitu :

1.      Aman dari peretasan

2.      Bisa digunakan sebagai mata uang global

3.      Bisa menekan laju inflasi yang berlebihan

4.      Bisa sebagai tabungan

 

Kelemahan

Bitcoin juga memiliki sejumlah kelemahan, seperti:

1.      Sedikitnya jumlah perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk-produk dengan bitcoin sebagai alat pembayarannya.

2.      Bitcoin berisiko hilang atau dicuri karena disimpan dalam bentuk file digital (wallet file) di harddisk yang sangat rentan diserang virus atau rusak.

3.     Bisa digunakan untuk melakukan tindakan kriminal, seperti pencucian uang dan penghindaran pajak

Demikianlah tadi penjelasan tentang apa itu bitcoin. Dibalik keunggulannya, ternyata bitcoin memiliki kelemahan yang cukup besar yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Sedangkan mengenai apakah perlu memiliki bitcoin, maka keputusannya ada di tangan kamu.

logoblog

Thanks for reading Apa itu Bitcoin? Begini Penjelasannya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.