Sunday, June 20, 2021

Cara Cerdas Menabung Untuk Pendidikan Anak

  Poor Man       Sunday, June 20, 2021
Cara Cerdas Menabung Untuk Pendidikan Anak - Memiliki kebiasaan menabung merupakan kebiasaan yang baik namun hal tersebut bukanlah perkara yang mudah mengingat semua kebutuhan di zaman modern ini sangatlah mahal terutama bagi mereka yang hidup di perkotaan. Banyak diantara mereka mengeluh karena mengalami kesulitan untuk menyisihkan uang untuk ditabung terutama menabung untuk pendidikan anak-anak mereka di masa depan. Secara umum untuk disiplin menabung memang tidaklah mudah namun juga hal tersebut bukanlah perkara yang mustahil untuk dilakukan asalkan anda memiliki niat yang kuat dan mampu berkomitmen dalam menabung.








Berdasarkan penelitian dari LSI (lembaga survey Indonesia) menyebutkan bahwa hampir dari separuh warga negara indonesia mengalami kesulitan untuk menabung, ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa mereka mengalami kesulitan untuk menabung selain dikarenakan pendapatan yang kecil juga disebabkan karena masyarakat Indonesia pada umumnya merupakan masyarakat yang konsumtif, nah adapun langkah-langkah Cara Cerdas Menabung Untuk Pendidikan Anak anda akan dibahas pada penjelasan di bawah ini.

Pilihlah Tabungan Yang Memiliki Bunga Besar

Cara Cerdas Menabung Untuk Pendidikan Anak yang pertama ialah dengan memilih tabungan atau Bank yang memiliki bunga besar (high rate), secara umum ketika anda berencana menabung untuk pendidikan anak anda dengan memilih bank yang memiliki tabungan besar maka anda sudah menemui titik terang sebab selain anda tidak perlu menabung dalam jumlah banyak, umumnya bank-bank yang memiliki bunga besar dapat memperbesar tabungan anda tanpa menambah saldo tabungan awal.

Jangan Suka Menggunakan Uang Dari Tabungan Anda

Pada dasarnya faktor-faktor mengapa anda gagal menabung untuk pendidikan anak-anak anda umumnya disebabkan karena anda suka sekali menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan yang sifatnya kurang mendesak. Di sisi lain anda juga menganggap remeh bahwa anak anda masih kecil dan belum waktunya untuk melanjutkan ke pendidikan, jika hal ini anda lakukan maka besar kemungkinan anda akan gagal dalam menabung hal ini dikarenakan sifat anda yang konsumtif dan kurang berkomitment. Adapun langkah terbaik untuk mengatasinya ialah dengan tidak menggunakan uang tabungan anda meskipun dalam keadaan mendesak.

Sisihkan 10 % dari Penghasilan anda

Langkah selanjutnya dalam menabung untuk pendidikan anak-anda anda ialah dengan cara menyisihkan 10% penghasilan anda untuk ditabung, meskipun terasa sulit pada awalnya namun jika anda berkomitmen dalam melakukan langkah ini maka besar kemungkinan anda akan sukses menabung untuk pendidikan anak-anak anda, selain itu juga anda harus ingat bahwa masa depan anak-anak anda adalah tanggub jawab anda.

Selalu Biasakan Untuk Hidup Hemat

“Hemat pangkal kaya” mungkin itu istilah yang tepat untuk menggambarkan bahwa hemat merupakan salah satu cara cerdas agar anda dapat menabung untuk pendidikan anak-anak anda. Secara umum ada banyak sekali cara untuk berhemat, sebagai contoh Bawalah makanan dan air minum dari rumah ketika anda pergi bekerja ataupun beraktivitas lain, berhenti merokok dan juga anda dapat menggunakan transportasi umum ketika anda ingin pergi ke suatu tempat. Jika anda mampu melakukan hal-hal tersebut maka bisa jadi anda tidak lagi kesulitan untuk menabung.

Pangkas Biaya Pengeluaran Anda

Secara umum memangkas biaya pengeluaran yang kurang signifikan merupakan salah satu langkah tepat agar anda bisa menabung, adapun cara memangkas biaya pengeluaran ialah dengan cara membatasi penggunaan listrik, gas dan air, Cobalah anda mulai berpikir untuk mengurangi jatah menonton TV, dan juga mematikan lampu serta alat-alat elektronik yang tak terpakai, membatasi penggunaan komputer dan tidak berlama-lama ketika di kamar mandi, jika anda melakukan langkah-langkah ini maka anda bisa menghemat biaya pengeluaran anda untuk ditabung.

Menjual Barang-Barang Bekas yang Tidak Terpakai

Mungkin anda tidak menyangka bahwa dengan Menjual perabot rumah atau barang-barang yang tidak terpakai dapat menjadi tambahan tabungan anda. Di sisi lain anda harus tahu betul bahwa tabugan anda di Bank dapat berbunga-bunga dan dapat bertambah secara berkesinambungan dibandingkan dengan barang-barang bekas, oleh sebab itu jika anda memiliki barang-barang bekas yang tidak terpakai mungkin ada baiknya jika anda segera menjualnya.

Kurangi Kebiasaan Buruk yang Menghabiskan Banyak Uang

Cara Cerdas Menabung Untuk Pendidikan Anak yang terakhir ialah dengan cara mengurangi Kebiasaan Buruk yang Menghabiskan Banyak Uang, secara umum 40% dari pendapatan seseorang umumnya dihabiskan karena hal-hal yang kurang bermanfaat seperti melakukan kebiasaan merokok, shopping di mall-mall, liburan setiap akhir pekan ataupun membeli makanan cepat saji setiap hari. Adapun langkah tepat dalam mengatasi nya ialah dengan berhenti melakukan kebiasan-kebiasan buruk dan dapat menghabiskan uang anda. Meskipun sulit namun jika anda berkomitmen dalam melakukannya maka besar kemungkinan anda tidak akan kesulitan untuk menabung untuk pendidikan anak-anak anda, semoga bermanfaat!.

logoblog

Thanks for reading Cara Cerdas Menabung Untuk Pendidikan Anak

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.