Monday, June 21, 2021

Tips Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit

  Poor Man       Monday, June 21, 2021
Tips Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit - Di era pandemic global yang terjadi sekarang ini bahkan hampir di seluruh dunia, mau tidak mau berdamapak baik secara langsung ataupun tidak langsung terhadapap setiap lini kehidupan. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi semakin parahnya pandemic yang terjadi, diantaranya adalah pembatasan mobilitas manusia dengan pengawasan yang ketat. Beberapa kebutuhan pokok sempat melonjak tinggi dan harganya kian melangit, namun hal tersebut tidak diimbangi dengan pendapatan setiap bulannya.

Tips Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit

 

Di masa-masa sulit ini kita sebagai warga indonesia sekaligus konsumen mau tidak mau harus menjadi pribadi yang cerdas, dimana kita harus mampu cerdas dalam mengelola setiap pengeluaran yang stabil setiap bulannya. Sebab jika tidak bukan hal yang mustahil jika finansial anda akan menjadi berantakan yang menyebabkan anda kesulitan untuk memperbaikinya. Ada beberapa ide sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi segala kebutuhan yang ada di masa-masa sulit ini. Tips yang akan kita ulas pada kesempatan kali ini merupakan cara-cara cerdas Tips Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit, jika anda penasaran silahkan simak baik-baik penjelasan di bawah ini:

1. Kurangi Kebutuhan Yang Tidak Penting

Tips yang yang pertama guna bertahan di masa-masa sulit ialah dengan mengurangi pengeluaran hidup yang bukan merupakan kebutuhan pokok, seperti berjalan-jalan setiap akhir pekan, makan di restoran mahal ataupun berbelanja pakaian di Mall. Untuk memudahkan anda dalam memilah mana kebutuhan yang penting dan kurang penting ialah dengan membuat daftar anggaran pengeluaran dan belanja anda setiap bulannya. Lakukan kebiasaan ini dengan penuh kedisiplinan, jangan biarkan hati mengalahkan rasio saat belanja. Anda harus pastikan tidak berbelanja di luar daftar yang sudah ditetapkan, jika anda menerapkan hal ini dengan sunguh-sungguh maka besar kemungkinan anda akan tetap survive melalui masa-masa sulit.

2. Atur strategi Pengeluaran dan Belanja Anda

Setelah anda membuat daftar kebutuhan anda dalam setiap bulannya, maka langkah selanjutnya dalam mengatur keuangan di masa-masa sulit ialah dengan cara mengatur strategi pengeluaran dan belanja anda setiap bulannya serta buatlah simulasi anggaran dengan asumsi harga barang kebutuhan yang melonjak naik di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Sebagai contoh jika di masa-masa ekonomi sedang normal harga beras Rp.7000 maka di masa-masa sulit harga beras bisa naik hingga 10%, jika hal ini terjadi maka aturlah strategi Pengeluaran dan Belanja Anda dengan asumsi harga barang sekarang.

3. Cari Kerja Sampingan

Mencari kerja sampingan di masa-masa sulit merupakan cara cerdas agar anda mampu mengatur keuangan anda di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Adapun kerja sampingan yang bisa anda lakukan ialah dengan membuka les private bagi anak-anak sekolah dasar di komplek rumah anda ataupun jika memungkinkan ajaklah istri anda untuk membuka jasa menjahit, jika anda melakukan hal ini secara rutin maka besar kemungkinan jika anda akan dapat melalui masa-masa sulit dan tetap eksis dalam memenuhi kebutuhan hidup anda setiap bulannya.

4. Siapkan Anggaran Darurat

Secara umum hampir semua masyarakat yang hidup di perkotaan tidak memiliki yang namanya dana darurat padahal dana ini sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang hidup di perkotaan. Sebab di masa-masa sulit seperti sekarang ini banyak pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan hal yang sangat tidak asing terjadi di dunia industri, oleh sebab itu sebelum anda di PHK oleh perusahaan anda. Langkah terbaik dalam mengatasinya ialah dengan cara cobalah untuk membuka tabungan khusus yang diambil dari 10% gaji anda setiap bulannya, dan dapat digunakan di saat darurat, deposito berjangka misalnya, jika anda melakukan hal ini maka saat anda di PHK anda masih memiliki dana darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup anda.

5. Hindari Hutang Berbunga Tinggi

Cara yang terakhir agar dapat survive di masa-masa sulit ialah dengan cara menghindari hutang berbunga tinggi, di masa-masa sulit sekarang ini bukanlah hal yang aneh jika ada banyak sekali para rentenir yang meminjamkan uang dengan jaminan atau bunga yang tinggi, mereka kerapa kali mengiming-imingi masyarakt bahwa cara agar dapat bertahan hidup di masa-masa sulit ialah dengan cara berhutang pada mereka, nah jika hal ini terjadi pada anda maka langkah terbaik dalam mengatasinya ialah dengan menghindari hutang berbunga tinggi pada mereka sebab jika anda melakukan hal ini maka ekonomi anda akan berantakan.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Tips Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit. Semoga beberapa tips diatas dapat berguna bagi para pembaca sekalian, semoga bermanfaat!.

logoblog

Thanks for reading Tips Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.