Friday, June 18, 2021

Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

  Poor Man       Friday, June 18, 2021
Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga - Sebagai seorang ibu rumah tangga maka kejelian anda dalam mengelola dan mengatur uang dari hasil pendapatan sang suami sangat diperlukan. Pasalnya jika anda tidak bisa mengelola keuangan baik itu pendapatan dan pengeluaran sehari-hari, maka bisa-bisa keuangan anda membengkak dan tidak cukup untuk biaya hidup dalam satu bulan. Oleh sebab itu jika anda ingin disayang suami dan dijuluki sebagai ibu rumah tangga yang cerdas maka anda harus pintar - pintar dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran rumah tangga anda seminim mungkin.
Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Sebenarnya mengatur uang belanja bagi ibu rumah tangga memang sangat mudah, namun yang menjadi suatu permasalahan bagi mereka ialah seringkali ibu rumah tangga zaman sekarang terlalu konsumtif dan juga tidak dapat konsekuen dalam menjalankan anggaran rumah tangga mereka. Namun jangan khawatir sebab pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi tips-tips sederhana bagi anda sekalian mengenai bagaimana mengatur uang belanja bagi ibu rumah tangga. tips yang akan kita ulas kali ini terbukti sangat ampuh dalam memangkas pengeluaran yang kurang signifikan dalam sebuah rumah tangga, dan juga telah di praktekan oleh ribuan ibu rumah tangga yang terbukti berhasil, nah jika anda penasaran silahkan simak baik-baik Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga di bawah ini.

1. Siapkan Alokasi Belanja harian, Mingguan dan Bulanan


Tips yang pertama ialah dengan membuat schedule atau alokasi belanja harian, mingguan dan bulanan, hal ini dilakukan diKarenakan tidak semua kebutuhan rumah tangga anda bisa Anda beli dalam satu waktu. selain itu juga anda harus mematuhi aturan alokasi belanja harian, mingguan dan bulanan yang telah Anda rencanakan. Jangan coba-coba melanggar alokasi anggaran yang telah anda buat, sebab jika anda melanggar maka besar kemungkinan anda akan mengalami tagihan yang membengkak di akhir bulan

2. Belanjalah di Pasar-pasar Tradisional


Ketika anda berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga anda, maka ada baiknya jika anda belanja di pasar-pasar traditional sebab selain lebih murah, berbelanja di pasar traditional juga Anda akan banyak menemukan sayur-sayuran dan buah-buahan yang masih segar dibandingkan Anda harus berbelanja ke supermarket ataupun minimarket yang tentunya membandrol harga barang lebih tinggi karena biaya pajak yang sangat tinggi, selain itu juga anda bisa melakukan tawar menawar harga kepada penjual tersebut.

3. Belanjalah di Tempat Yang Menyediakan Diskon


Selain di pasar traditional saat anda berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga anda sekalian ada baiknya jika anda mencari tempat-tempat yang sedang menyediakan diskon secara besar-besaran, Manfaatkan hal ini untuk mendapat barang kebutuhan Anda dengan harga hemat. namun ingat kebutuhan rumah tangga tetap nomer satu, jangan sampai anda membeli barang yang tidak penting dan jarang digunakan oleh keluarga anda.

4. Ajarkan Anak untuk Mengatur Uang Jajan


Melatih pendidikan finasnsial bagi anak sejak dini merupakan salah satu langkah penting agar membuat anak anda tumbuh menjadi pribadi yang mapan dan disiplin, Ajarkan kepada anak-anak anda bahwa dibutuhkan suatu usaha yang tidak sedikit untuk mendapatkan mainan yang mereka inginkan. selain itu juga anda bisa mengajrkan anak-anak anda dalam menabung, menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan yang Anda berikan. dengan cara ini maka secara lambat laun mereka anda terlatih dalam menghemat pengeluaran uang jajan mereka.

6. Siapkan Bekal Saat Keluarga Anda Beraktivitas


Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga yang selanjutnya ialah dengan mempersiapkan bekal saat suami bekerja dan anak kesekolah, meskipun agak riskan di awal kali namun anda Tidak perlu gengsi untuk membawa bekal saat pergi ke kantor, selain lebih ekonomis memasak dari hasil sendiri jauh lebih sehat dibandingkan saat anda membeli makanan atau minuman di toko atau warung kelontong yang berjualan di pinggir jalan, selain itu juga cara ini terbukti sangat ampuh dalam menghemat uang pengeluaran rumah tangga anda dalam satu bulan

7. Memasak dengan Porsi yang Tepat


Cara yang terakhir ialah dengan memasak porsi yang tepat bagi keluarga anda,, Biasakan untuk memasak secukupnya, boleh saja dilebihkan tapi jangan berlebihan juga. Jika terpaksa masih sisa, simpanlah di lemari kulkas. Jangan sampai anda membuang-buang makanan dalam jumlah yang banyak setiap harinya sebab selain boros, membuang makanan sisa merupakan perbuatan yang tidak mensyukuri nikmat tuhan oleh sebab itu jika anda ingin memasak pastika anda memasak dalam porsi yang tepat.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga, semoga dengan ulasan yang singkat ini berguna bagi anda sekalian, semoga bermanfaat.

logoblog

Thanks for reading Tips Mengatur Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.