Wednesday, July 21, 2021

3 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Tim Bisnis

  Poor Man       Wednesday, July 21, 2021

3 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Tim Bisnis - Sendirian membangun bisnis adalah hal yang tidak mudah. Logikanya bisnis bisa meroket dengan lebih cepat jika ditangani bersama tim kerja yang baik dan efektif. Kita bisa saling melengkapi kekurangan sehingga bisa mengubahnya menjadi kekuatan.

3 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Tim Bisnis


Dapat anda perhatikan bahwasanya setiap pebisnis sukses tidak sendirian dalam membangun bisnisnya. Selalu ada sosok penting, partner atau tim yang berjuang bersama untuk membesarkan bisnisnya. Bisa dibilang bahwasanya  “tidak ada yang namanya Superman, yang ada adalah  Superteam”.

Sebut saja pebisnis asal luar negeri, Top Ittipat dengan produk cemilan rumput lautnya. Dalam film kisah nyata perjalanan bisnisnya, sang paman menjadi sosok penting yang membantu Top dalam membangun bisnisnya.

Leader harus mampu membangun team yang solid, teamwork yang baik, sehingga roda bisnis bisa berjalan dengan maksimal. Bisnis yang baru dirintis, idealnya ditangani oleh 3 orang dengan karakter berbeda (Guy Kawasaki). 3 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Tim Bisnis ini bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. Bisnis bisa melesat lebih cepat jika mereka bekerja bersama. Tiga tipe orang tersebut adalah:


1. Orang yang ahli memproduksi (membuat produk)

Tipe pertama ini punya passion yang kuat terhadap produk buatannya. Beberapa bisa dikategorikan idealis. Contohnya adalah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Orang produksi selalu memiliki banyak ide. Dia bisa mengeksekusi atau menciptakan produk atau jasa yang bernilai. Orang tipe ini biasanya banyak menciptakan peluang bisnis baru. Tipe pertama ini sangat dibutuhkan dalam tim bisnis agar produk atau jasa bisa terus berinovasi, berkembang dan maju. Walaupun bisnis kita banyak pesaingnya.

Muncul pertanyaan bagaimana jika kita tidak bisa membuat produk, namun tahu produk yang bagus? Atau kita tahu produk yang layak dijual, namun tidak memiliki kapasitas untuk memproduksinya? Jawabannya adalah menjualkan produk orang lain, atau menjadi reseller.


2. Orang yang bisa menjual

Orang tipe kedua adalah orang yang bisa menjual produk yang dibuat oleh orang tipe pertama. Ciri orang tipe ini adalah memiliki relasi yang luas, suka berada di depan layar dan nyaman bila berada di tengah kerumunan orang.

Orang pemasaran memiliki skill persuasi, yaitu memengaruhi orang lain melalui perkataan, tindakan atau tulisan. Dia tidak demam panggung dan ahli dalam melakukan presentasi. Contohnya adalah pendiri Apple, Steve Jobs.

Skill berjualan ini pada dasarnya bisa dilatih. Orang tipe pertama bisa saja memiliki kemampuan orang pemasaran, begitu juga sebaliknya. Karena kita bicara tim, sebaiknya setiap orang fokus untuk menangani tugas yang spesifik.


3. Orang yang bisa mengatur keuangan

Tipe ketiga adalah orang yang teliti dan suka angka-angka. Tipe orang ini biasanya sangat disiplin, cenderung kaku saat bertemu orang lain sehingga senang berada di belakang layar.

Tipe orang ini jarang ditemui berada di jajaran owner atau founder. Padahal ilmu akuntansi erat kaitannya dengan bisnis. Contoh orang tipe keuangan adalah pendiri Berkshire Hathaway, Warren Buffet.

Sangat penting untuk memahami cara mengatur keuangan di dalam bisnis. Terutama jika sudah memiliki omset yang besar, banyak hal yang harus diurus semisal perkara pajak. Oleh karena itu setiap pengusaha minimal harus memahami indikator keuangan dalam bisnis.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 3 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Tim Bisnis  yang penting untuk anda ketahui. Tipe yang manakah kamu? Sudah saatnya untuk melengkapi tim bisnis kamu dengan dua tipe orang lainnya. Jangan merasa bisa menangani semuanya sendiri, saya pastikan kamu akan kerepotan.


Baca juga: Karakter yang Harus dimiliki Oleh Pebisnis Profesional 

logoblog

Thanks for reading 3 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Tim Bisnis

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.