Sunday, July 18, 2021

Cara Mengatasi Rasa Takut Sebelum Membuka Usaha

  Poor Man       Sunday, July 18, 2021

Cara Mengatasi Rasa Takut Sebelum Membuka Usaha - Hidup itu butuh persaingan agar kamu bisa merasakan betapa berharganya suatu proses menuju satu titik pencapaian. Apalagi di tahun – tahun sekarang persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat lah sulit. Pendidikan saja tidak cukup untuk dapat mengalahkan rival – rival yang ada. Kamu juga perlu memiliki pengalaman yang cukup untuk dapat berada di posisi yang layak.

Cara Mengatasi Rasa Takut Sebelum Membuka Usaha


Karenanya sekarang sebagian orang lebih memilih membuka usaha kecil untuk dapat mengurangi persaingan. Sayangnya membuka usaha sendiri di jaman – jaman ini pun juga tidak luput dari persaingan. Ditambah lagi usaha yang kamu dirikan ternyata memiliki kesamaan oleh para saingan. Oleh sebab itu pula banyak orang – orang yang merasa takut untuk membuka usaha karena telah dibayang – bayangi ketakutakan lebih dulu. Berikut diantaranya beberap tips Cara Mengatasi Rasa Takut Sebelum Membuka Usaha.


Ciptakan Jiwa yang Optimis dan Berani

Penting untuk memiliki jiwa yang optimis dan berani, karena mendirikan sebuah usaha memang tidak semudah yang dipikirkan. Ada saatnya kamu mengalami pasang surut dalam berusaha. Apalagi usaha yang kamu dirikan ternyata memiliki kemiripan dengan saingan.

Perasaan takut gagal pasti pernah terlintas dipikiran kamu. Oleh karenanya, selalu optimis sebelum membuka usaha dan berani untuk mencoba hal – hal yang baru. Kalau pun usaha yang kamu rintis ternyata masih belum membuahkan hasil yang positif, maka jangan lah menyerah. Tidak hanya itu kamu juga perlu berani dala mengambil resiko yang ada dalam bentuk apapun.

Tidak jarang para pengusaha sukses selalu diwarnai oleh kegagalan yang tidak hanya sekali tapi malah berkali – kali. Namun, mereka selalu bangkit dan mencoba usaha itu lagi walaupun harus jatuh sekali lagi. Jadi, coba lah untuk selalu optimis dan berani dalam mencoba usaha.


Terus Belajar dari Pengalaman

Kegagalan akan selalu ada di setiap kali seseorang membangun usaha. Namun, jangan jadikan kegagalan ini menjadi jalan buntu yang membuat kamu stak di tempat dan malas mencoba langkah selanjutnya. Jadikan lah kegagalan ini menjadi pengalaman yang mengajarkan kamu untuk bangun dan pembelajaran agar tidak salah langkah di usaha selanjutnya.

Jika kamu mengalami kegagalan berpuluh – puluh kali maka secara tidak langsung kamu pun mendapatkan pengalaman dan pembelajaran berpuluh – puluh kali juga. Di kegagalan itu lah kamu bisa mendapatkan pembelajaran apa sisi positif dan negatif dari hal tersebut.


Yakin dan Konsisten

Membangun usaha bisnis pun kamu perlu konsisten lho. Jangan sampai keputusan yang kamu ambil menjadi beban di kemudian hari. Jadi selalu yakinkan diri kamu bahwa suatu hari nanti usaha yang kamu dirikan akan berjalan dengan sukses.

Buang jauh – jauh semua keraguan yang terus membayangi dan terus maju dengan langkah dan keputusan yang tepat. Memang kegagalan itu selalu ada di setiap langkah untuk membuka usaha baru. Tapi usahakan untuk selalu yakin dan konsisten dengan keputusan yang kamu ambil.


Bussiness Plan

Mempersiapkan bussiness plan sebelum membuka usaha bisnis juga patut kamu perhitungkan. Efektif dan efisien dalam bussiness plan merupakan fondasi utama yang wajib kamu persiapkan secara matang sebelum memasarkan produk atau jasa yang bakal kamu jual.

Ingat, produk yang memiliki keunikan dan beda dari yang lain menjadi kunci utama supaya produk yang kamu pasarkan mampu bersaing dengan produk lainnya. Sebelum memasarkan produk yang kamu miliki pun kamu harus survei atau riset terlebih dahulu tentang kebutuhan konsumen tentang produk yang kamu pegang. Hal ini dilakukan agar kamu dapat memperkirakan kelebihan dan kekurangan produk dengan para pesaing lainnya.

Demikianlah tadi beberapa Cara Mengatasi Rasa Takut Sebelum Membuka Usaha.  Semoga dapat menjad referensi bermanfaat, khususnya bagi anda para pemula. Salam sukses!


Baca juga: Contoh Bisnis Plan Sederhana

logoblog

Thanks for reading Cara Mengatasi Rasa Takut Sebelum Membuka Usaha

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.