Friday, July 30, 2021

Tips Sukses Mengikuti Pameran UKM

  Poor Man       Friday, July 30, 2021

Tips Sukses Mengikuti Pameran UKM - Pameran UKM menjadi sarana yang bagus bagi para pelaku UMKM untuk menampilkan keunggulan dan mengenalkan produknya secara langsung kepada konsumen. Keuntungan mengikuti pameran adalah bisa berpromosi sambil berjualan secara langsung.

Tips Sukses Mengikuti Pameran UKM


Pelanggan baru atau mitra bisnis baru juga bisa didapatkan dalam waktu singkat dengan cara mengikuti pameran atau bazar. Bahkan produk Anda bisa berpeluang diliput oleh media dan ini menjadi ajang promosi yang sangat menguntungkan.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu disiapkan agar sukses dalam mengikuti pameran atau bazar UKM? Mari baca sampai tuntas beberapa Tips Sukses Mengikuti Pameran UKM berikut ini.


1. Siapkan perlengkapan pameran dengan detil

Cari informasi mengenai pameran seputar panitia penyelenggara, waktu dan tempat, lokasi stan, kemungkinan jumlah pengunjung dan lain sebagainya secara detil. Harus dipastikan bahwa pengunjung yang kemungkinan datang sesuai dengan target pasar produk kita. Jangan sampai usaha untuk menjaring relasi dan keuntungan menjadi sia-sia karena pameran sepi pengunjung atau tidak sesuai target pasar.

Siapkan kartu nama dan brosur sesuai dengan perkiraan jumlah pengunjung. Brosur akan sangat membantu saat stan diserbu oleh banyak pengunjung. Anda harus memberikan informasi yang tepat dan jelas dalam waktu singkat dengan cara menyapa dan memberikan brosur kepada setiap pengunjung.

Tata dan hias stan semenarik mungkin sehingga bisa lebih menarik perhatian dibandingkan dengan stan yang lain. Nama brand ditonjolkan dengan cara khusus, seperti memakai spanduk berukuran cukup besar yang dipasang di atas stan agar mudah dilihat dan diingat oleh pengunjung.

Jika memungkinkan, pilihlah stan yang lokasinya strategis seperti berada di dekat pintu masuk pameran. Hal ini bisa membuat stan kita dilirik dan dikunjungi oleh banyak orang.


2. Siapkan kanal pembayaran

Jangan sampai pengunjung tidak dilayani dengan baik. Jika penjaga stan terlalu sedikit sedangkan jumlah pengunjung banyak, hampir pasti akan kerepotan untuk menjawab pertanyaan, membagikan brosur dan kartu nama serta melayani pembeli.

Siapkan lebih banyak saluran pembayaran yang memudahkan calon pembeli untuk membeli produk kita, misalnya dengan membawa mesin EDC, pembayaran melalui transaksi online, atau menambah jumlah penjaga stan.


3. Program promosi khusus

Curi perhatian pengunjung agar melirik dan tertarik mengunjungi stan kita dengan berbagai cara kreatif. Salah satunya dengan menginformasikan bahwa ada penawaran menarik selama pameran jika mereka membeli produk kita.

Siapkan program promosi yang menarik, misalnya beli 3 produk dapat gratis 1 produk, hadiah yang ditentukan roda keberuntungan jika membeli produk dengan jumlah tertentu, games, diskon khusus selama pameran berlangsung, dan lain-lain.


4. Sediakan buku pengunjung

Siapkan buku pengunjung untuk mencatat nama, alamat, dan nomor kontak calon pelanggan. Buku pengunjung penting agar suatu saat Anda bisa menghubungi lagi calon pembeli untuk menawarkan produk.

Selalu sampaikan terima kasih dan jangan biarkan pengunjung stan berlalu begitu saja tanpa mendapatkan apa-apa. Minimal pengunjung stan membawa kartu nama atau brosur yang kita bagikan.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa Tips Sukses Mengikuti Pameran UKM. Semoga bermanfaat bagi Anda saat akan mengikuti pameran atau bazar. Salam sukses selalu!!


Baca juga: Strategi Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk

logoblog

Thanks for reading Tips Sukses Mengikuti Pameran UKM

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.