Thursday, July 29, 2021

Strategi Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk

  Poor Man       Thursday, July 29, 2021

Strategi Membidik Target Pasar Wanita - Wanita merupakan target pasar potensial dalam dunia pemasaran. Wanita adalah konsumen yang berpengaruh. Sekitar 97% keputusan pembelian dipengaruhi oleh wanita. Seperti belanja makanan, kebutuhan peralatan rumah tangga dan pakaian didominasi oleh ‘kekuasaan’ wanita. Melihat potensinya yang cukup besar, tak sedikit para pengusaha yang memikirkan aneka Strategi Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk.

Strategi Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk


Wanita masa kini tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga saja, tetapi juga sebagai wanita karir dan pengusaha. Jumlah wanita yang bekerja lumayan banyak, terjun baik di sektor industri maupun panggung politik. Ada lebih dari satu miliar wanita yang diperkirakan bekerja. Saat ini kemudahan berbisnis secara online melalui internet membuat wanita bisa merintis usahanya sendiri.


Tips dan Strategi dalam Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk

Wanita cenderung lebih konsumtif dibandingkan dengan kaum pria. Meskipun demikian mereka teliti dan membelanjakan uangnya untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan, terutama wanita yang sudah menikah. Ibu rumah tangga relatif fokus pada bidang pendidikan dan kesehatan. Wanita suka berinteraksi dan membentuk komunitas, sehingga menjadi target pasar yang menjanjikan.

Banyak yang bilang wanita mudah tertarik dengan benda-benda yang unik dan gemar berbelanja. Hasrat yang muncul ketika ingin membeli suatu produk terkadang bukan karena kebutuhan, tetapi karena suka semata.

Banyak faktor yang membuat wanita tertarik atau menyukai suatu produk. Misalnya bentuk yang unik dan lucu, harga murah, diskon, gratis dan saran dari teman. Seringkali wanita membeli produk yang sebenarnya tidak ingin dibeli. Meskipun demikian, wanita akan selektif mengenai harga suatu produk. Faktor harga menjadi pertimbangan pertama dan utama ketika memilih produk.

Pengusaha yang menawarkan produk kepada target pasar wanita harus memiliki banyak strategi untuk menarik perhatian mereka. Pengecualian untuk dunia fashion, relatif lebih mudah. Ada beberapa tips atau strategi promosi yang sering dilakukan oleh para pengusaha untuk menjual produknya kepada target pasar wanita :

· GRATIS UJI COBA

Free trial terutama bagi usaha yang baru launching menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian. Misalnya mencoba produk kecantikan secara gratis atau voucher makan gratis satu kali bagi mahasiswi dengan menunjukkan kartu identitas.


· GRATIS.

Siapa yang tidak tertarik melihat atau mendengar kata GRATIS? Terutama kaum wanita akan sangat tertarik dan langsung memburunya. Misalnya dengan membeli beberapa produk tertentu, konsumen bisa mendapatkan gratis produk yang lain.

· DISKON.

Wanita dan diskon seakan tidak bisa dipisahkan. Promo potongan harga bisa dilakukan pada momen-momen khusus, seperti awal bulan dan hari raya tertentu.

Strategi lainnya bisa menggunakan strategi voucher, bonus, hadiah, promo terbatas dan promo paket. Strategi ini tergolong sangat efektif jika dicocokan dengan fakta berikut ini.

Banyak yang bilang wanita punya hobi belanja, naluri belanjanya besar. Mungkin ini ada benarnya. Secara ilmiah, menurut peneliti di University of Michigan, belanja menjadi terapi untuk menurunkan stres dan membuat bahagia. Kegiatan membeli sesuatu, 40 kali lebih efektif membuat bahagia dibandingkan hanya melihat-lihat saja. Penelitian lainnya memaparkan bahwa orang yang berbelanja saat mood dalam kondisi buruk, berbelanja lebih banyak dari biasanya. Sebanyak 62% di antaranya mengaku untuk menghibur diri.

Demikianlah tadi tadi pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Strategi Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat dalam membidik pasar potensial untuk bisnis anda. Salam sukses selalu !!


Baca juga:  6 Tips Sukses Melakukan Percakapan Bisnis

logoblog

Thanks for reading Strategi Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.