Saturday, December 29, 2018

11 Alat Promosi Pemasaran Online Terbaik Internet Marketing ( Marketing Tool )

  Deka pradifta       Saturday, December 29, 2018
Alat pemasaran online - perkembangan dunia digital marketing untuk sekarang ini bisa dibilang lumayan pesat sebab dengan hadirnya startup di Indonesia, nah maka dari itu upaya untuk meningkatkan penjualan di internet adalah hal yang sangat mutlak sekali dilakukan oleh kalangan internet marketer, apa yang harus anda lakukan agar lebih mudah ? Pastinya perlu membutuhkan alat pemasaran online atau bisa dibilang tools marketing, hal ini bertujuan untuk membantu upaya pemasaran branding website maupun penjualan produk.
11 Alat Promosi Pemasaran Online Terbaik Internet Marketing ( Marketing Tool )

Tahukah anda bahwa sekarang kita berada di era digital jaman modern, maka dari itu sudah tidak jaman pemasaran kuno yang diterapkan, sebab upaya ini kurang efektif untuk dilakukan dalam jangka panjang, solusi paling tepat dan sering sekali di pilih banyak orang terutama entrepreneue ialah mengandalkan alat marketing online. Ada sedikit sekali pemasar digital yang memanfaatkan teknologi seperti ini, maka jangan heran jika tidak ada media ini akan memperlambat dalam menunjang bisnis mereka.

Para pemasar digital ini pun biasanaya membekali pekerjaan mereka dengan beberapa tools. Nah dalam posting ini, Admin akan berikan 10 tools yang biasa dipakai oleh pemasar digital.

Perlu diketahui online marketing akan terasa tidak maksimal jika tidakd dibarengi pemakaian tools marketing lalu, lalu yanh menjadi suatu pertanyaan ialah, apa saja alat pemasaran onlinr tersebut, jika penasaran silakan langsung simak dibawah ini.

Alat Internet Marketing Yang Efektif

1. MailChimp

Siapa yang tidak mengenal Mailchimp, bagi kalangan intenet marketer tentu mailChimp ini sudah tidak asing lagi, bagi anda yang belum paham, nah Mailchimp merupakan situs penyedia layanan pemasaran email marketing, dimana website ini telah menyediakan berbagai macam tools maupun fasilitas fitur yang cukup membantu anda dalam kegiatan pemasaran online di internet.

Baca juga Kerja Online Part Time Input Data Entry di Rumah Dibayar Online 2019

Memang pada dasarnya dunia email marketing sudah dikenal sejak lama sekali, apabila saat ini anda mempunyak banyak list database email pelanggan tentu sangat penting dalam melakukan pemasaran ulang agat penjualan produk bisa meningkat tajam. Sudah sejak tahun 2001 email marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang sudah digunakan oleh kalangan pebisnis startup.

Apabila anda tertarik ingin menggunakan tools ini, maka bisa dicoba sekarang juga, bahkan pengguna Mailchimp bisa dikatakan gratis bagi member baru yang baru saja melakukan registrasi, walaupun ada batasan kuota tertentu, akan tetapi MailChimp bisa anda nikmati dengan maksimal 2000 subcriber dalam hitungan limitnya.

2. HubSpot

Tidak hanya mailchimp saja yang bisa anda andalkan, akan tetapi masih ada contoh web alat pemasaran lainnya yang dapat dipilih, salah satunya ialah website terkenal dan ternama HubSpot, website ini sebenarnya telah banyak menyajikan tools penjualan, perangkat lunak, CRM, dan lain sebagainya yang dapat anda gunakan.

Layanan hubspot bisa dikatakan mempunyai fasilitas fitur yang cukup all in one, artinya ada banyak sekali manfaat dari tools tersebut yang sudah disuguhkan kepada pengguna, diantara manfaat tersebut ialah sebagai berikut.
  • Kegiatan blogging
  • SEO ( search engine optimization )
  • Optimasi landing page
  • Search engine marketing social media
  • E-mail
  • Analytics, dan lain sebagainya.
Dengan kelebihan dari berbagai keuntunga tools tersebut, setidaknya dapat memudahkan ativitas pemasaran online anda yang sebelumnya menggunakan metode manual, sekarang dapat menggunakan automation marketing, bahkan tidak hanya itu saja, akan tetapi anda bisa diringankan dalam manajemen social media.

Baca juga: 10 Best Advertising Ways

3. Trello

Bagi mereka yang baru terjun dalam dunia marketing, tentu belum asing dengan nama tools Trello ini, sebenarnya website trello sudah lama sekali berdiri dan sudah banyak pengguna merasa puas terhadap layanan ataupun fasilitas fitur mereka tersebut. Trello disini berguna sebagai upaya meningkatkan online marketing product bersama tim anda.

Trello merupakan tools pemasaran konten, dimana hal ini bisa membantu anda untuk tetap fokus terhadap proyek dan tetap berada di satu halaman tersebut bersama tim anda lainnya, sehingga produktivitas tim akan berjalan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Bila anda belum paham pengertian tersebut, maka contoh sederhananya ialah anda ingin mempublikasikan konten ke blog ataupun website baru, sebelum dipublikasikan pastinya trello akan memberi waktu kepada tim anda untuk meninjau pos tersebut terlebih dahulu, hal apa saja yang masih kurang ? Jika ada yang kurang maka tim lainnya dapat menambahkan ide baru atau memperbaiki kekurangan tersebut sebelum konten ditayangkan.

Dengan adanya trello ternyata dapat memudahkan aktivitas pemasaran konten di website anda, meskipun tim berada di lokasi yang berbeda, namun trello akan memberikan ruang untum bisa berada di satu halaman tersebut sebagai wadah dalam perbaikan konten jika ingin ditayangkan atau publikasi ke banyak orang. Bahkan kelebihan lainnya ialah anda dapat dengan mudah mengundah staff maupun tim lainnya berada di satu halaman yang sama.

4. Hootsuite

Tahukah anda bahwa media sosial adalah menjadi peran yang sangat penting sekali dalam aktivitas pemasaran online di internet, sebab tanpa media soaial akan sangat sulit dalam meningkatkan penjualan ataupun target yang ingin dicapai bisnis tersebut. Namun dalam mengelola banyak akun social media tidak semudah yang anda bayangkan, sebab butuh kerja keras dan jam terbang yang cukup banyak sekali.

Baca juga Kerja Online Sehari Gratis Gaji Langsung Dibayar Per Hari Ke Rekening Harian 2019

Apabila anda kesulitan dalam manajemen akun sosmed tersebut, maka ada solusi lain yang terbaik ialah memilih alat pemasaran ( marketing tool ) bernama Hootsuite, kegunaan tools ini bisa bermanfaat untuk manajemen banyak akun anda, contoh sederhananya ialah mampu menjadwalkan postingan tertentu di jam tertentu, ataupun di hari yang anda inginkan.

Ada banyak sekali kegunaan dari tools pemasaran online bernama Hootsuite, dibawah ini merupakan kegunaan alat tersebut :

  • Mengirim post ke sosial media secara terjadwal
  • Mengindentifikasi target market konsumen dari produk yang ingin anda pasarkan tersebut.
  • Membalas komentar ataupun mention secara otomatis
  • Mengirim post status promosi ke grub, fanspage sosial media secara cepat.

Perlu diketahui juga untuk melakukan sosial media marketing memang tidak sesulit yang anda bayangkan, sebab bila anda paham bagaimana penggunaan alat tersebut tentu akan lebih mudah untuk menjalankan bisns lebih baik dan lebih mudah, alat khusus ini pula ternyata mempunyai kelebihan yakni dapat manajemen 30 puluh profil lebih akun media sosial, jadi tidak perlu menguras tenaga anda.

5. Google Analytics

Nah untuk poin kelima ini ialah bernama Google analytics, tools ini berada dibawah naungan perusahan google dengan manfaat yang cukup banyak sekali bagi pelaku internet marketer, terutamanya ialah dapat digunakan dalam analisis hasil strategi pemasaran yang sudah anda lakukan sebelumnya.

Tidak perlu ribet dalam menggunakan tools ini, sebab sekarang sudah tercatat dalam marketing online terbaik yang sering digunakan sebagai analisis perkembangan website, anda hanya perlu menempelkan kode script ke web, kemudian tools ini mampu melacak semua data perkembangan yang ada di website tersebut secara detail.

Tak banyak orang menggunakan google analytics sebagai upaya untuk melihat perkembangan web, contohnya ialah peningkatkan trafik visitor, umur pengunjung web anda, ctr halaman, bounce rate, dan lain sebagainya. Bila anda mampu menggunakan dengan baik tools ini pastinya perubahan yang ada di website bisa lebih signifikan, seperti dapat memperbaiki kekurangan yang ada di konten maupun tampilan situs.

Cara kerja google analytics cukup sederhana sekali, ia akan melacak atau melihat perilaku visitor atau bisa dibilang pengunjung di web anda, jika visitor tersebut berasal dari negara Indonedia, tentunya akan terlihat di tampilan halaman google analytics anda nantinya.

Baca juga: 13 Free Advertising Sites

6. Yoast SEO

Apabila saat ini wordpress menggunakan CMS atau kepanjangan dari Content Management Systen, maka anda bisa menginstall  Yoast SEO search engine optimization, sebenarnya kepanjangan seo disini ialah upaya mengoptimalkan mesin pencari di google agar website dan konten berada di halaman pertama sesuai dengan bidikan keyword yang sudah ditargetkan.

Nah dengan adanya tools seperti ini ternyata dapat memberikan pengaruh yang sangat baik sekali bagi website anda, jadi ini merupakan keputusan yang baik untuk konten website jika ingin dioptimasi mesin telusur.

7. Keywordtool.io

Biasanya sebelum anda membuat konten tentu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar bisa mengetahui jumlah tingkat persaingan dari bidikan keyword yang sudah ditentukan, riset kata kunci untuk saat ini sudah menjadi pondasi utama bagi pemain SEO ( search engine optimization ) hal ini dikarenakan bisa menjaring banyak visitor ke blog anda.

Untuk contoh web alat pemasaran yang digunakan untuk riset keyword kali ini ialah bernama keywordtool.io , alat ini sangat berguna untuk melihat jumlah pencarian atas keyword yang ingin dibidik, jad bagi pemain blogger alangkah lebih baiknya gunakan tools ini sebagai pondasi SEO agar bisa mendapatkan pengunjung ke blog.

8. Facebook Page Insights

Pemasaran media sosial terutama facebook sudah menjadi primadona bagi kalangan internet marketer yang mempromosikan produk mereka di facebook termasuk melalui fanspage atau halaman produk, di fanspage ini anda pasti sering publikasi foto maupun konten berunsur penjualan agar produk yang dipasarkan tersebut ada yang membelinya. Alat pemasaran online paling efektif di facebook kali ini ialah bernama facebook page insights, tools ini berguna untuk melihat analisis atau hasil perkembangan dari halaman facebook anda.

Contohnya ialah dapat mengetahui apa saja orang yanh sering berinteraksi di halaman fb anda, kiriman apa saja yang sering ditanggapi, tampilan metrik tentang perkembangan halaman, pemirsa pengguna, dan lain sebagainya. Memang ada banyak sekali kegunaan tools ini, anda dapat menggunakannya dengan baik sebagai alat marketing di media sosial.

9. Google Page Insights

Mempunyai loading website yang berat ternyata sangat berbahay untuk jangka panjang startup bisnis anda, hal ini sudah tidak dapat kita pungkiri lagi karena kecepatan loading adalah faktor terpenting yang harus anda perhatikan sekarang juga, apabila website anda mempunyai loading yang sangat lelet sekali, pastinya dapat berpengaruh buruk terhadap visitor tersebut. Anda bisa menganalisis kecepatan website menggunakan alat andalan google page insights, dengan tools ini ternyata mampu mengenali seberapa persen kecepatan web anda, dan hal apa saja yang perlu diperbaiki.

10. Google Webmaster

Google webmaster adalah alat alat pemasaran langsung yang sangat terpenting sekali, jika web belum terdaftar ke google webmaster pastinya konten yang sudah di publikasi sangat sulit terindex oleh search engine google, jadi alangkah lebih baiknya anda perlu mendaftarkan web tersebut ke google webmaster, lalu menempatkan kode script ke template web. Dengan adanya webmaster ternyata dapat membantu proses index melalui fetch as url/inspeksi URL, bahkan anda bisa menghapus broken link yang rusak.

11. Moz

Tools terkahir ini yang membantu sekali dalam proses pemasaran website terutama optimasi SEO ( search engine optimization ) ialah bernama Moz, untuk sekarang tools moz.com mempunyai peran yang sangat penting sekali dalam menganalisis banyak hal, bahkan anda juga bisa melihat persaingan kompetitor website, contoh sederhananya ialah mampu mengintip backlink kompetitor web, lalu menirunya agar website anda bisa berkembang pesat.

Baca juga Apa Sih Perbedaan Antara Internet Marketer dan Pelaku Bisnis Startup ? Ini Jawabannya

Bahkan tidak hanya itu saja, namun masih banyak lagi fitur yang tersedia di moz ini, seperti riset keyword, melacak perkembangan web, melihat data web, dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah konten yang sudah kami bagikan mengenai alat pemasaran online, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca, apabila ada yang salah dalam penyebutan kata, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih
logoblog

Thanks for reading 11 Alat Promosi Pemasaran Online Terbaik Internet Marketing ( Marketing Tool )

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.