Tuesday, December 29, 2020

Peluang Bisnis Jahit Online untuk Usaha Rumahan

  Poor Man       Tuesday, December 29, 2020

Bisnis Jahit Online - Bingung mencari usaha sampingan yang tepat untuk dilakukan di rumah? Kalau begitu kamu bisa mencoba usaha jahit online yang ternyata cukup menguntungkan. Bisnis satu ini umumnya dilakukan secara offline, di mana pelanggannya pasti hanya sekitar rumah. Berbeda dengan bisnis jahit secara online, kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dan banyak.

Penjahit konvensional mungkin hanya bisa menghasilkan uang yang kecil. Namun dengan sistem online ini keuntungan bisa lebih besar karena target pasarnya sudah beda. Sayangnya, masih banyak yang belum paham dengan bisnis jahit online ini, sehingga mereka masih setia mengandalkan sistem penjahit konvensional. Bagi kamu yang tertarik, berikut ini ulasan lengkap mengenai usaha jahit online yang lebih menguntungkan.

Peluang Bisnis Jahit Online untuk Usaha Rumahan


Peluang Bisnis Jahit Online untuk Usaha Rumahan

Bisnis online jahit mulai diperhitungkan sekarang ini, di mana banyak orang yang meminatinya. Dibandingkan penjahit konvensional, jahit online ini diklaim lebih menguntungkan. Ada beberapa kelebihan dari bisnis jahit online tersebut dan bisa dijadikan alasan kamu perlu menjalankannya. Beberapa kelebihan yang dimaksud, di antaranya:

1. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Kelebihan utama dari bisnis jahit secara online yakni kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dibandingkan sistem konvensional. Bahkan pelanggan bisa datang dari luar kota atau bahkan luar negeri jika mau. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pelanggan yang akan mempercayakan jahitannya.

Apalagi sekarang sebagian besar orang menghabiskan waktunya di dunia maya, lebih tepatnya media sosial. Peluang besar akan kamu dapatkan jika mempromosikan jasa jahit online-mu di media sosial tersebut. Lebih profesional lagi dengan membuat laman website khusus yang menawarkan jasa jahit online, pasti jangkauan pelanggan bisa lebih luas lagi.

2. Komisi yang Lebih Besar

Tidak seperti penjahit konvensional, jasa jahit online bisa memberikan komisi yang lebih besar. Ini karena target pasarnya sudah berbeda, dan kebanyakan pelanggan mungkin dari kalangan menengah ke atas. Mereka kebanyakan tidak terlalu memedulikan soal harga jasa, yang terpenting kualitas dari jahitan yang bagus.

Dengan demikian, keuntungan yang bisa didapat dari usaha penjahit online tersebut akan lebih besar. Terlebih lagi jumlah pelanggan yang dijangkau lebih banyak, pasti lebih menguntungkan lagi.

3. Saingan Belum Terlalu Ketat

Dikarenakan masih belum banyak yang menjalankan bisnis ini, tentu siangannya terbilang masih rendah. Kebanyakan penjahit mengandalkan sistem offline untuk menjangkau pelanggan. Sementara yang merambah ke sistem online masih cukup jarang.

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa bisnis satu ini masih sangat potensial untuk digeluti. Mempromosikannya di media sosial atau platform lain, pasti akan ada banyak orang tertarik dengan jasamu tersebut.

4. Modal Kecil

Kamu yang mencari usaha sampingan di rumah dengan modal kecil dan hasil besar, bisnis jahitan online ini bisa dipilih. Terlebih jika kamu sudah mahir dalam urusan jahit-menjahit, pasti akan lebih mudah menjalankan bisnis satu ini.

Modal yang dibutuhkan juga tidak begitu besar, hanya peralatan untuk menjahitnya saja yang perlu dipersiapkan. Alat penjahit ini sendiri bisa digunakan dalam jangka waktu lama, kecuali memang ada kerusakan yang mengharuskan untuk menggantinya. Adapun gambaran modal untuk menjalankan bisnis jahit online ini, di antaranya:

·         Mesin jahit = Rp 1.800.000,-  per unit

·         Mesin Obras = Rp 3.300.000,- per unit

·         Peralatan pendukung (gunting, benang, resleting, kertas pola, dll) = Rp 500.000,-

Sementara untuk kainnya sendiri bisa diminta langsung ke pembeli. Atau jika mereka ingin kamu yang memilihkan, maka bisa membelikannya di toko kain terdekat. Sementara untuk ongkos jahit online cukup bervariasi, sesuai jenis pakaian yang dijahit. Secara umum, ongkos jahit pakaian ini sekita Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribuan.

5. Sisa Bahan Jahitan Bisa Dikreasikan Lagi

Sebagian besar penjahit akan membuang sisa kain untuk bahan jahitan. Nyatanya sisa kain atau kain perca masih bisa dikreasikan lagi menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi, seperti tas mini atau tas dompet, anting unik, bros hijab, gantungan kunci atau yang lain sebagainya.

Risiko Menjalankan Bisnis Jahit Online

Selain berbicara mengenai kelebihan dan keuntungan dalam bisnis jahit berbasis online, kamu juga perlu tahu apa saja risiko yang harus dihadapi. Bukan mau menakut-nakuti, tetapi ini bisa dijadikan pelajaran agar kamu bisa meminimalisir semua risiko yang mungkin terjadi tersebut.

Salah satu risiko yang bisa saja dialami dalam usaha jahit online adalah hasil jahitan yang kurang cocok di pembeli. Mungkin karena ukurannya yang tidak pas, model yang tidak sesuai, bahan kain tidak sesuai atau yang lainnya. Karena pemesanannya berbasis online, terkadang cara mengukur setiap orang berbeda dengan yang seharusnya. Kalau sudah begini, refund dana atau memperbaiki jahitan bisa dijadikan solusi terbaik.

Sebenarnya risiko ini masih bisa diminimalisir, misalnya dengan menyediakan panduan pengukuran badan, bahan kain langsung dari klien, model jahitan lebih diperjelas atau menyediakan model pakaian sendiri, dan yang lain sebagainya.

Tips Menjalankan Bisnis Jahit Berbasis Online

Agar bisnis online jahitmu semakin maju dan dikenal banyak orang, maka perlu menerapkan beberapa tips dan trik khusus, di antaranya:

1. Memberikan Harga yang Kompetitif

Tips pertama agar lebih mudah menggaet pelanggan yakni dengan menawarkan harga jahitan yang kompetitif. Kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum nantinya menentukan harga untuk jasa jahitmu. Harga jangan terlalu murah dan jangan pula terlalu mahal.

2. Manfaatkan Media Sosial

Untuk sarana promosi, selain menyediakan jasa di platform situs atau website, kamu bisa mempromosikannya melalui media sosial. Bisa dengan membuat akun khusus untuk jasa jahit atau bekerjasama dengan influencer untuk menawarkan jasa jahitmu tersebut.

Beberapa platform media sosial yang bisa dimanfaatkan, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

3. Mengikuti Tren Jasa Jahit

Mengikuti tren bisa menjadi jurus paling ampuh untuk mendatangkan minat para pelanggan. Sesuaikan tren jahitan terkini dengan spesialis jahitan yang sedang kamu tekuni. Misalnya saja kamu bergerak di bidang produksi gamis, maka bisa mengikuti tren gamis yang sedang booming saat ini.

Untuk soal tren ini kamu dituntut untuk aktif di dunia maya agar tahu tren apa yang sedang ramai di kalangan masyarakat.

4. Memberikan Penawaran Istimewa

Dan trik terakhir agar bisnis jahitan onlinemu cepat berkembang yakni dengan memberikan penawaran spesial bagi calon pelanggan. Misalnya saja memberikan promo atau diskon untuk penggunaan jasa dengan jumlah tertentu. Atau bisa juga diskon untuk jahitan pakaian satu keluarga, yang terdiri dari suami, istri, dan dua anak.

Penutup

Itulah tadi informasi singkat mengenai peluang bisnis jahit online yang cocok untuk ibu rumah tangga atau bisnis sampingan di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Budidaya Ikan Untuk Konsumsi

logoblog

Thanks for reading Peluang Bisnis Jahit Online untuk Usaha Rumahan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.