Wednesday, December 30, 2020

Peluang Bisnis Pulsa Online dan Analisanya

  Poor Man       Wednesday, December 30, 2020

Bisnis Pulsa Online - Smartphone sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhkan di jaman sekarang ini. Bagaimana tidak? Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone. Tidak lain karena smartphone sudah dilengkapi dengan beragam fitur keren sehingga mampu membantu berbagai aktivitas harian pengguna. Namun, smartphone tidak akan berguna jika belum terhubung ke jaringan internet.

Berbicara mengenai internet, sekarang kita bisa membeli kuota internet dengan mudah menggunakan pulsa. Ada banyak sekali pilihan paket internet murah yang bisa dibeli dan dinikmati oleh pengguna. Pulsa sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk internetan saja, melainkan juga untuk hal lain, seperti nelpon dan SMS. Karena kebutuhan inilah, pulsa juga penting untuk dimiliki oleh para pengguna smartphone.

Kebutuhan pulsa yang terus meningkat tentunya menjadi peluang tersendiri bagi kamu yang mencari usaha sampingan di rumah. Menjadi penjual atau bahkan agen pulsa online, akan memberikan keuntungan yang lumayan besar. Tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis pulsa online? Berikut ini ulasan selengkapnya perlu kamu simak!

Peluang Bisnis Pulsa Online dan Analisanya


Peluang Bisnis Pulsa Online yang Menguntungkan

Menjual pulsa mungkin menurut beberapa orang tidak begitu menarik, mungkin karena margin keuntungan setiap transaksi yang terbilang kecil. Jangan salah, meskipun keuntungan untuk setiap transaksinya cukup kecil, nyatanya banyak orang yang sukses menjadi bos pulsa. Ya, hanya mengandalkan penjualan pulsa mereka bisa menghasilkan uang yang banyak.

Ada beberapa kelebihan jika kamu berminat untuk berdagang pulsa online. Beberapa kelebihan ini juga bisa menjadi alasan kenapa banyak orang mulai tertarik untuk menjual pulsa secara online. Adapun kelebihan dalam berbisnis pulsa online selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pulsa Sudah Termasuk Kebutuhan Primer

Di era modern yang serba digital seperti sekarang ini, pulsa sudah bukan menjadi kebutuhan tambahan, melainkan berubah menjadi kebutuhan pokok. Lihat saja, sebagian besar masyarakat modern pasti membutuhkan pulsa. Baik untuk membeli kuota internet, kuota nelpon & SMS atau yang lainnya.

Kebutuhan terhadap pulsa yang semakin meningkat di masyarakat akan memberikan peluang keuntungan bagi kamu jika memilih untuk berjualan pulsa.

2. Mudah untuk Menjalankannya

Bisnis pulsa online juga sangat mudah untuk dimulai dan dijalankan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Masih ada hubungannya dengan hal di atas, kamu tidak perlu takut dagangan pulsa tidak laku. Setiap harinya pasti akan ada saja orang yang membutuhkan pulsa. Bahkan tanpa penawaran sekali pun orang-orang pasti sudah tertarik untuk membeli pulsa.

3. Tidak Memerlukan Modal Besar

Menjual pulsa tidak mengharuskan kamu untuk memiliki modal yang besar. Hanya dengan modal kecil pun kamu sudah bisa memulai untuk berjualan pulsa. Misalnya memulai dengan mengisi saldo pulsa sebesar Rp 500.000,-. Kamu sudah bisa mulai berjualan pulsa dengan sistem pemutaran modal. Jadi, modal Rp 500.000,- harus tetap utuh, hanya labanya saja yang diambil.

4. Tidak Perlu Sewa Tempat

Pulsa merupakan produk digital yang tidak memiliki bentuk fisik, melainkan hanya berbentuk saldo. Karena itulah, untuk berjualan pulsa kamu tidak perlu menyewa tempat atau apa pun itu. Cukup bermodal banner atau tulisan kecil, kamu sudah bisa berjualan pulsa. Atau bisa juga dengan mempromosikan jualanmu di media sosial, aplikasi dan website.

Namun, jika ingin mendapat keuntungan yang lebih besar, bisa dengan membuat konter kecil di rumah. Selain pulsa, kamu juga bisa mencoba menjual kartu perdana, voucher internet, aksesoris HP dan lain sebagainya.

Modal dan Keuntungan dalam Bisnis Pulsa Online

Seperti yang sudah disinggung di atas, berjualan pulsa online tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan modal kecil kamu sudah bisa memulai berbisnis pulsa online. Hanya saja, di sini kamu harus pintar-pintar untuk mengelola keuangan pulsa agar modal tidak habis begitu saja. Di bawah ini akan diberikan gambaran modal dan keuntungan yang bisa didapat dari penjualan pulsa online, yakni:

Modal awal bisnis pulsa = Rp 500.000,- (sistem putar modal, artinya jika saldo habis maka bisa diisi lagi dengan modal awal)

Keuntungan untuk setiap transaksi = Rp 700 - Rp 1.500

Keuntungan dalam satu bulan = 30 transaksi per hari x 30 hari x Rp 1.500 = Rp 1.350.000,-

Penghitungan di atas diasumsikan per hari ada 30 transaksi atau pembelian pulsa dengan margin keuntungan setiap transaksi sebesar Rp 1.500,-. Untuk modal awal akan tetap diputar dengan cara memutarnya.

Selain menjual pulsa online secara mandiri, kamu juga bisa mencoba untuk menjadi agen pulsa. Di sini kamu bisa menawarkan ke orang-orang yang berminat untuk menjual pulsa, baik itu mahasiswa, pelajar, pemilik warung, karyawan atau yang lain sebagainya. Untuk penghitungan modal dan keuntungan yang didapat dari agen pulsa, yakni:

Modal awal = Rp 10.000.000,- dengan asumsi 20 sub-agen saldo masing-masing Rp 500.000,-

Keuntungan per transaksi = Rp 200,-

Transaksi per hari dari satu sub-agen = 30 transaksi

Keuntungan harian yang didapat dari semua sub-agen = 30 transaksi x 20 sub-agen x Rp 200 = Rp 120.000,-

Keuntungan yang didapat dalam sebulan = Rp 120.000 x 30 hari = Rp 3.600.000,-

Risiko dan Kelemahan Usaha Pulsa Online

Meskipun terbilang mudah dijalankan, namun ternyata bisnis pulsa ini punya kelemahan tersendiri. Salah satu kelemahannya adalah terlalu banyak saingan sehingga sulit untuk mendapatkan banyak transaksi dalam satu harinya. Selain itu, karena bisnis ini tidak membutuhkan biaya yang besar, sehingga banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis tersebut.

Sementara untuk risikonya sendiri bisa dibilang hampir tidak ada. Mungkin risiko yang paling nampak adalah sikap tidak jujur dari distributor pulsa yang menjadi tempat kamu membeli saldo. Selain itu, jika kamu menjadi agen pulsa, terkadang ada saja sub-agen yang nakal dengan tidak mengembalikan modal.

Tips Menjalankan Bisnis Pulsa Online dari Rumah

Persaingan dalam bisnis pulsa memang terbilang ketat, namun dengan strategi khusus kamu bisa kok melewati persaingan tersebut. Ada beberapa tips sukses jualan pulsa yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Berikan Penawaran Istimewa

Agar sukses dalam bisnis pulsa, kamu harus memberikan sesuatu yang beda. Misalnya dengan memberikan bonus untuk pelanggan jika sudah beberapa kali membeli pulsa. Misalnya saja dengan memberikan voucher gratis atau semacamnya.

2. Promosi Secara Online

Karena sistemnya jualan pulsa online, tentu kamu harus bisa mempromosikan bisnismu tersebut via online. Mulai dari media sosial, website atau media promosi lainnya. Buat mereka tertarik untuk membeli pulsa, terlebih lagi menarik orang untuk menjadi sub-agen.

3. Berikan Harga yang Kompetitif

Harga sangat mempengaruhi sukses tidaknya bisnis jualan pulsa atau menjadi agen pulsa ini. Karena itulah, kamu harus memberikan harga yang kompetitif agar bisa bersaing dengan penjual pulsa lainnya.

Penutup

Dari penjelasan mengenai bisnis pulsa online di atas, apakah kamu tertarik untuk berbisnis pulsa? Mulailah dari modal kecil dan mengembangkannya dengan mencari sub-agen yang ingin berjualan pulsa agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Next Article: Menjadi Agen Property

logoblog

Thanks for reading Peluang Bisnis Pulsa Online dan Analisanya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.