Saturday, December 26, 2020

Peluang Usaha Ikan Hias dan Tips Menjalankannya

  Poor Man       Saturday, December 26, 2020

Usaha Ikan Hias - Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang mencari bisnis atau usaha yang bisa dilakukan dari rumah. Pasalnya, pembatasan sosial sudah merubah segalanya, termasuk untuk urusan bisnis. Banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis rumahan, salah satunya adalah budidaya ikan hias. Karena memang menarik, bisnis ikan hias sekarang ini sudah semakin menjamur.

Alasan lain semakin banyak yang mencoba menjalankan usaha ikan hias adalah karena keuntungan yang didapat cukup besar. Tentunya ini bisa dijadikan sebagai batu loncatan bagi kamu para mantan karyawan yang mendapatkan imbas pengurangan karyawan. Berikut ini informasi seputar peluang bisnis ikan hias dan tips untuk menjalankannya.

Peluang Usaha Ikan Hias dan Tips Menjalankannya

Peluang Usaha Ikan Hias yang Mulai Menjamur

Pembatasan sosial karena pandemi covid-19 membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah saja. Hal ini terkadang dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menjalankan bisnis rumahan. Salah satu usaha sampingan di rumah yang memiliki prospek tinggi adalah bisnis ikan hias. Bisnis satu ini memang bukanlah hal baru, tetapi masih jarang yang menjalankannya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang mulai tertarik untuk memulai bisnis ikan hias. Selain itu, ikan hias memiliki minat pasar yang cukup tinggi sehingga lebih mudah untuk penjualannya nanti. Terlebih lagi untuk perawatannya juga tidak begitu sulit, cukup rutin mengganti air dan memberi makan dirasa sudah cukup untuk perawatan ikan hias.

Dan lagi, modal yang dibutuhkan untuk menekuni bisnis ikan hias juga tidak begitu besar. Tergantung dengan jenis ikan hias yang ingin kamu koleksi. Misalnya ikan cupang, di mana harga bibitnya bisa didapat dengan harga Rp 5 ribuan saja per ekor. Jika membeli dalam jumlah banya, pastinya harga akan lebih murah.

Analisa Bisnis Ikan Hias Perlu Kamu Tahu

Sebelum mulai menjalankan bisnis ikan hias, ketahui dulu beberapa hal mengenai usaha tersebut. Di bawah ini sudah dijelaskan beberapa analisa terhadap bisnis ikan hias, di antaranya:

1. Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat

Lokasi menjadi poin cukup penting dalam menjalankan bisnis ikan hias. Memilih lokasi yang tepat juga akan menentukan sukses tidaknya bisnis yang kamu jalankan, termasuk tenak ikan hias. Untuk lokasi sendiri sebenarnya bebas, kamu bisa memulainya di rumah.

Misalnya dengan mengalihfungsikan ruangan kosong di rumah menjadi tempat ikan hias. Yang terpenting di sini ruangan tersebut bersih, terdapat ventilasi yang baik dan jauh dari ancaman hewan lain, seperti kucing, tikus, atau yang lainnya. Memilih rumah sebagai tempat usaha akan menekan biaya untuk memulai bisnis ikan hias ini.

2. Memilih Jenis Ikan Hias

Selain lokasi, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jenis ikan hias yang ingin ditekuni. Jenis ikan hias ini bisa disesuaikan dengan trend di kalangan masyarakat, khususnya para pecinta ikan hias. Untuk yang lebih umum yakni ikan hias jenis cupang, di mana sekarang ini mulai banyak peminatnya. Mulai dari ikan cupang lokal hingga ikan cupang dari luar negeri.

Selain itu, kamu juga bisa memilih ikan hias yang tidak pernah mati pasaran, seperti ikan arwana. Beberapa jenis ikan hias lain yang layak untuk dibudidayakan, seperti ikan manvis, ikan oscar, ikan discus dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Modal untuk Budidaya Ikan Hias

Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan saat ingin memulai usaha adalah modal yang dibutuhkan. Termasuk juga ketika ingin menekuni usaha ikan hias, di mana modal awal dibutuhkan untuk memulainya. Adapun perkiraan besar modal awal untuk bisnis ikan hias, di antaranya:

·         Biaya akuarium besar = Rp 3.500.000,-

·         Biaya pompa air = Rp 200.000,- per unit

·         Kolam pemeliharaan (bibit) = Rp 4.000.000,-

·         Peralatan tambahan lain = Rp 1.000.000,-

·         Listrik dan air = Rp 500.000,-

·         Bibit ikan hias = Rp 500.000,- sampai Rp 5.000.000,- (sesuai jenis dan jumlahnya)

·         Pakan ikan = Rp 500.000,- (asumsi per bulan)

·         Vitamin dan obat-obatan = Rp Rp 100.000,-

Sementara untuk ROI atau Return of Investment dari usaha ikan hias ini sendiri tergantung seberapa besar keuntungan yang diperoleh. Untuk bisnis ikan hias ini diperkirakan penjual akan mendapat keuntungan sekitar 10% dan modal + biaya operasional bulanan. Keuntungan akan jauh lebih besar jika Anda bisa mendapatkan bibit yang murah dan sesuai jenis dari ikan hias.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Ikan Hias

Agar bisnis ikan hias yang kamu jalankan cepat berkembang dan sukses, ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu terapkan. Adapun tips sukses menjalankan usaha ikan hias selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memilih Ikan Hias yang Tepat

Memilih ikan hias harus disesuaikan dengan target pasar yang diinginkan. Misalnya ingin mengandalkan masyarakat kalangan menengah ke bawah, maka jenis ikan hias yang dipilih haruslah yang murah. Meski demikian, ikan hias harus sehat dan memiliki daya tarik tinggi. Misalnya dengan menekuni ikan cupang dengan berbagai jenis dan corak unik.

Ikan emas dan koi juga cukup menarik minat masyarakat untuk membelinya, salah satunya untuk pengisi kolam atau aquarium di rumahnya. Sementara untuk target pasar kelas tinggi, ikan hias yang mahal bisa dijadikan pilihan. Misalnya dengan menjual ikan arwana red super yang harganya cukup menggiurkan.

2. Perluas Pengetahuan Tentang Pengembangbiakan Ikan

Jika harus membeli bibit ikan ke orang lain, tentunya akan butuh biaya rutin. Cobalah untuk mencoba mengembangbiakkan ikan hias sendiri. Pelajari bagaimana cara mengembangbiakkan jenis ikan hias tertentu. Mulailah dari jenis ikan hias yang murah dan mudah perawatannya, seperti ikan cupang.

3. Fokus pada Satu atau Dua Jenis Ikan Hias Dulu

Jika memang kamu tidak memiliki banyak modal untuk membuka usaha ikan hias, maka bisa menyiasatinya dengan mengoleksi satu atau dua jenis ikan hias terlebih dahulu. Jika sudah banyak peminat dan modal yang didapat besar, maka bisa menghadirkan koleksi ikan hias jenis lainnya. Tentunya pilih jenis ikan hias yang punya prospek tinggi.

4. Maksimalkan Prmomosi

Agar usaha budidaya ikan hiasmu lebih dikenal oleh banyak orang, hal yang harus dilakukan yakni dengan promosi. Lakukan pengenalan bisnismu melalui media sosial, e-commerce ataupun melalui website. Jika perlu kamu juga bisa mencoba bekerjasama dengan influencer sebagai cara membangun branding usahamu.

5. Jangan Stuck di Jualan Ikan Hias

Jika nama bisnismu sudah dikenal oleh orang banyak, sekarang waktunya untuk mengembangkannya. Di sini kamu bisa mencoba menyediakan berbagai bahan dan alat untuk ikan hias. Mulai dari menjual pakan ikan, obat-obatan, hingga botol atau aquarium kecil untuk satu ikan.

Penutup

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai peluang usaha ikan hias yang cukup menjanjikan untuk dijalankan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Beternak Ayam

logoblog

Thanks for reading Peluang Usaha Ikan Hias dan Tips Menjalankannya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.