Saturday, December 26, 2020

Peluang Usaha Laundry Rumahan dan Analisisnya

  Poor Man       Saturday, December 26, 2020

Usaha Laundry Rumahan - Kehidupan masyarakat sudah mengalami banyak perubahan sekarang ini. Sebagian besar masyarakat memiliki aktivitas harian yang super padat, sehingga banyak dari mereka yang tidak sempat mengurus rumah. Mulai merapikan rumah, nyapu dan ngepel hingga mencuci pakaian. Kondisi seperti ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan, misalnya dengan membuka usaha laundry rumahan.

Peluang usaha laundry kiloan terbilang cukup besar, mengingat gaya hidup masyarakat yang semakin menuju modernitas. Kebanyakan dari mereka enggan untuk mencuci bajunya sendiri, dan lebih senang menyerahkannya ke jasa laundry. Hal ini sendiri tidak hanya terjadi di daerah perkotaan, bahkan sudah merambah ke pedesaan juga. Kamu yang sedang mencari usaha sampingan di rumah, peluang ini bisa kamu manfaatkan.

Peluang Usaha Laundry Rumahan dan Analisisnya

Peluang Usaha Laundry Rumahan Perlu Kamu Tahu

Kalau dulu usaha laundry kiloan mungkin dianggap remeh, karena keuntungan yang didapat cukup kecil. Namun tidak untuk sekarang ini, ada beberapa hal yang membuat peluang usaha laundry ini menjadi semakin menjanjikan. Adapun beberapa target peluang dari bisnis laundry rumahan sendiri, di antaranya:

1. Mahasiswa yang Tinggal di Tempat Kost

Salah satu target pelanggan yang paling menjanjikan jika Anda membuka usaha laundry yakni anak kuliahan yang nge-kost. Sekarang ini banyak anak-anak yang lebih memilih untuk kuliah di universitas negeri. Dan umumnya universitas negeri ini hanya ada di kota-kota besar saja. Mereka yang rumahnya di pedesaaan atau jauh dari kota, pasti akan memilih untuk tinggal di rumah kost.

Ini tentunya bisa menjadi peluang bagi kamu yang memiliki bisnis laundry rumahan. Pasalnya, sebagian besar anak kuliahan sibuk dengan kuliahnya sehingga tidak sempat untuk mencuci baju. Mereka akan memilih mencucikan bajunya ke jasa laundry rumahan.

2. Karyawan Kantoran yang Tinggal di Tempat Kost

Sama halnya dengan anak kualihan, karyawan kantoran yang tinggal di rumah kost juga punya kesibukan ekstra. Belum lagi jika harus lemburan, tentu tidak akan sempat lagi untuk mencuci pakaian. Ini bisa menjadi target lain jika kamu memilih untuk membuka usaha laundry kiloan.

3. Wanita Karir yang Super Sibuk

Tidak hanya pria saja yang bisa bekerja, sekarang ini juga banyak wanita yang lebih memilih untuk hidup mandiri dengan menjadi wanita karir. Karena kesibukannya tersebut, mereka sampai tidak sempat untuk mencuci pakaian.

Khususnya bagi para pasangan yang sudah menikah dan mereka juga sama-sama sibuk bekerja. Jasa laundry akan menjadi pilihan terbaik mereka untuk urusan mencuci pakaian.

4. Masyarakat Biasa

Selain beberapa target di atas, masyarakat umum juga banyak yang membutuhkan jasa cuci ini. Bukan hanya pakaian, melainkan barang-barang lain seperti, karpet, selimut, sepatu, helm dan lain sebagainya. Ini tentunya bisa menjadi peluang lain bagi kamu yang menjalankan usaha laundry.

Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry Rumahan

Sebelum memulai bisnis laundry kiloan di rumah, penting untuk melakukan analisis biaya untuk usaha tersebut. Mulai dari menghitung modal, biaya operasional bulanan, hingga keuntungan yang bisa didapat dari usaha tersebut. Di bawah ini akan saya jelaskan secara umum modal dan keuntungan dari bisnis laundry rumahan.

·         Modal Investasi Awal

Ada beberapa alat yang perlu disiapkan untuk bisnis laundry rumahan, di antaranya:

Mesin cuci = Rp 2.000.000,- per unit (minimal 2 unit)

Mesin pengering = Rp 1.500.000,- per unit (minimal 1 unit)

Setrika = Rp 200.000,-

Alat timbangan digital = Rp 250.000,-

Meja dan kursi = Rp 350.000,- per set

Renovasi ruangan = Rp 1.200.000,-

Promosi (spanduk, selebaran, dll) = Rp 500.000,-

Total modal investasi awal sebesar = Rp 8.000.000,-

·         Biaya Operasional Bulanan

Selain modal utama, bisnis laundry rumahan juga punya biaya operasional bulanan yang harus dipikirkan. Berbeda dengan modal awal, biaya operasional ini tentu lebih kecil dan bersifat tetap. Untuk penghitungannya sendiri, sebagai berikut:

Biaya listrik = Rp 500.000,-

Pewangi dan detergen = Rp 600.000,- (masing-masing 1 kg)

Air = Rp 300.000,-

Gaji pekerja (jika ada) = Rp 800.000,- (1 pekerja)

Biaya lain-lain = Rp 300.000,-

Total biaya operasional bulanan sebesar = Rp 2.500.000,-

·         ROI untuk Bisnis Laundry Rumahan

ROI atau Return of investment dari usaha laundry rumahan tentu tergantung dengan pelanggan yang didapatkan setiap harinya. Semakin banyak pelanggan yang mencucikan pakaiannya di laundry Anda, tentunya keuntungan yang didapat semakin banyak. Untuk penghitungannya sendiri, sebagai berikut:

Keuntungan harian dengan asumsi cucian 30kg per hari dengan biaya Rp 5.000 per kilogram. Maka yang keuntungannya 30 x Rp 5.000 x 30 hari = Rp 4.500.000,-

Dan untuk laba bersih untuk satu bulan yakni Rp 4.500.000 – Rp 2.500.000 (biaya operasional = Rp 2.000.000,-

Tips dan Trik Menjalankan Bisnis Laundry Rumahan

Agar bisnis laundry rumahan yang kamu jalankan bisa sukses, tentunya perlu melakukan menyiapkan strategi yang tepat. Beberapa tips bisa kamu terapkan agar bisnis laundry tersebut bisa cepat terkenal dan banyak pelanggannya, antara lain:

1. Memilih Nama yang Tepat

Nama untuk bisnis laundry mungkin menurut beberapa orang tidak begitu berpengaruh. Jangan salah, karena nama ini bisa menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan. Di sini kamu bisa memilih membuat brand nama sendiri atau sebagai franchise dari brand laundry yang sudah terkenal. Ibaratnya kamu membeli nama franchise sebagai batu loncatan agar bisnis laundrymu cepat dikenal.

2. Memilih Lokasi yang Tepat

Selain nama, pemilihan lokasi juga tidak boleh dilupakan jika kamu ingin membuka jasa laundry. Karena di sini niatnya adalah bisnis sampingan di rumah, tentunya lokasi mengikuti di mana kamu tinggal.

Akan tetapi, lebih baik lagi jika Anda menyewa tempat untuk laundry di lokasi yang ramai. Misalnya dekat dengan area kost-an, pesantren, perkantoran, kontrakan dan lain sebagainya.

3. Harga yang Bersaing

Harga untuk jasa laundry juga harus kamu perhatikan jika ingin cepat mendapat banyak pelanggan. Kamu perlu melakukan riset pasar, misalnya dengan mencari tahu harga jasa laundry di beberapa tempat yang dekat dengan usaha laundry-mu.

Berikan harga jasa laundry yang kompetitif agar para pelanggan bisa berdatangan ke tempat laundry-mu.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Inilah yang menjadi poin penting suksesnya jasa laundry rumahan, di mana pelayanan terbaik akan mampu mendatangkan banyak pelanggan. Pelayanan terbaik ini sendiri, meliputi ramah dengan pelanggan, kualitas pencucian yang  bagus, tepat waktu, hingga sangat hati-hati saat mencuci baju pelanggan.

Agar lebih menarik lagi, kamu bisa memberikan layanan antar-jemput cucian bagi pelanggan. Tentunya hal ini akan menambah biaya operasional, meskipun tidak begitu besar. Akan tetapi, hal ini akan menjadi daya tarik lain bagi pelanggan sehingga mereka akan setia memilih jasa laundry-mu.

Penutup

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai peluang usaha laundry rumahan yang cukup menjanjikan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Nex Article: Menjadi Dropship atau Reseller

logoblog

Thanks for reading Peluang Usaha Laundry Rumahan dan Analisisnya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.