Thursday, January 7, 2021

7 Ide Usaha Kuliner Homemade yang Unik dan Menguntungkan

  Poor Man       Thursday, January 7, 2021

Usaha Kuliner Homemade - Masa pandemi yang masih terus melanda, membuat banyak orang lebih menghabiskan waktunya di rumah. Terlalu lama berdiam diri di rumah tentunya akan membuat siapa saja merasa bosan. Karena itulah, cara yang paling ampuh untuk mengusir rasa bosan di rumah adalah dengan menyalurkan hobi yang selama ini belum bisa secara maksimal dilakukan.

Bagi kamu yang punya hobi memasak atau membuat hidangan kuliner, bisa mencoba membuka bisnis kuliner rumahan. Bisnis satu ini memang sangat cocok dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah. Alasannya karena bisnis tersebut tidak butuh modal besar dan mudah untuk dijalankan tentunya. Apalagi untuk kamu yang memang hobinya masak-masak, sangat pas jika menjalankan bisnis satu ini. Berikut ini ada beberapa ide usaha kuliner homemade yang paling menjanjikan untuk dipilih.

7 Ide Usaha Kuliner Homemade yang Unik dan Menguntungkan


Hal Penting Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner Homemade

Sebelum mulai menjalankan usaha kuliner homemade, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Hal ini bertujuan agar bisnis yang kamu jalankan tersebut bisa sukses dan banyak diminati pelanggan. Adapun hal penting yang perlu diperhatikan tersebut, di antaranya:

1. Memilih Ide Kuliner yang Unik

Kuliner yang unik dan beda dari yang lain, ini tentunya bisa menjadi jurus terbaik untuk mendatangkan banyak pelanggan. Ada banyak jenis kuliner yang bisa kamu jadikan bisnis rumahan, mulai dari makanan utama, cemilan, kue, minuman, atau yang lain sebagainya.

Pemilihan ide kuliner yang tepat akan membuatmu cepat mendapatkan banyak pelanggan. Selain itu, pemilihan jenis kuliner juga harus disesuaikan dengan kemampuanmu dalam memasak. Sesuaikan juga dengan target pasar dari kuliner tersebut agar disukai oleh pelanggan. Cara satu juga bisa dijadikan solusi untuk meminimalisir risiko dalam bisnis kuliner.

2. Promosi yang Tepat

Ketika sudah membuka bisnis kuliner rumahan, hal paling penting untuk kamu lakukan yakni promosi. Mulailah mengenalkan bisnis kuliner tersebut ke tetangga, kerabat dekat dan juga teman-temanmu. Kalau perlu beri mereka gratisan terlebih dahulu atau paling tidak separuh harga, yang penting bisa balik modal. Mintalah komentar mereka, kemudian lakukan perbaikan jika memang perlu. Yang penting juga, minta mereka untuk mempromosikan bisnis kulinermu tersebut di sosial medianya.

Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan sendiri di akun sosial media pribadi. Berikan foto terbaik sekaligus harga yang ditawarkan. Website juga bisa menjadi sarana lain untuk promosi bisnis kulinermu.

3. Mengembangkan Ide Lain Agar Tidak Membosankan

Sukses dengan satu ide kuliner, kamu bisa mengembangkannya lagi agar semakin banyak variasi menu yang kamu tawarkan. Variasi menu seperti ini bisa juga dijadikan solusi untuk menghilangkan rasa bosan dari pelanggan.

4. Memberikan Harga yang Kompetitif

Jika target pamasaranmu adalah kalangan menengah ke bawah, sebaiknya berikan harga yang terjangkau. Beda lagi jika targetnya kalangan atas, harga mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Yang terpenting di sini kamu tetap harus menjaga kualitas dari kulinermu, baik dari segi rasa maupun tampilannya.

7 Ide Usaha Kuliner Homemade yang Unik dan Menguntungkan

Setelah mengetahui beberapa hal penting di atas, sekarang lanjut ke pembahasan ide usaha bisnis kuliner rumahan yang cocok dipilih. Ada beberapa jenis usaha kuliner rumahan unik yang bisa kamu jalankan, di antaranya:

1. Bisnis Kuliner Rice Bowl

Ide unik untuk bisnis kuliner rumahan yang pertama bisa dijadikan pilihan yakni kuliner berkonsep rice bowl. Sebenarnya ide satu ini hampir sama dengan usaha catering rumahan lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah dari segi pengemasan, di mana makanan diberi wadah mangkuk kertas dengan tutup plastik transparan di atasnya.

Kuliner dengan wadah praktis seperti ini cukup menarik minat, di mana pembeli bisa mengonsumsinya di mana pun dan kapan pun. Untuk isiannya sendiri bisa divariasikan, mulai dari nasi putih, nasi uduk, nasi merah, nasih kuning dan lain sebagainya.

2. Bisnis Kuliner Katering Bento

Hampir sama dengan ide kuliner di atas, hanya saja untuk satu ini kamu bisa menggunakan wadah biasa. Baik itu menggunakan kotak makan plastik, mika atau yang lainnya. Sementara untuk isiannya sendiri bisa menu apa saja, yang terpenting merupakan menu makanan utama.

Yang membedakan katering bento dengan jenis katering lainnya yakni bentuk dari nasinya. Di mana dalam ide ini nasi dicetak dengan bentuk yang unik dengan dekorasi lauk-pauk bervariasi. Untuk targetnya sendiri mulai dari ibu muda, anak kost atau yang lainnya.

3. Bisnis Kuliner Aneka Salad

Mengonsumsi salad bisa menjadi pilihan untuk mulai menjalankan gaya hidup sehat. Tidak heran banyak orang yang suka dengan menu salad segar ini. Selain menyehatkan, menu satu ini juga cukup ramah di kantong.

Untuk aneka saladnya sendiri bisa divariasikan, baik untuk sadal buah ataupun salad sayur segar. Kreasikan dengan memberikan tambahan topping ataupun pilihan rasa untuk menu tersebut.

4. Bisnis Kuliner Katering Makanan Sehat

Ide kuliner unik lain yang cocok untuk usaha kuliner homemade yakni berfokus pada jenis makanan sehat. Sekarang ini orang-orang dituntut untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan memilih menu makanan yang  sehat.

Kabanyakan orang  enggan atau justru tidak bisa memilih makanan yang sehat dan baik untuk konsumsi sehari-hari. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini dengan menawarkan menu makanan sehat untuk memenuhi gizi harian. Pasti akan langsung banyak yang tertarik dengan usaha kulinermu tersebut.

5. Bisnis Sambal Kemasan

Salah satu kebiasaan dari sebagian besar masyarakat di Indonesia adalah makan dengan sambal. Sambal memang tidak bisa terlepas sebagai pendamping makanan utama. Ada banyak jenis sambal yang cocok untuk lidah orang Indonesia, dan masing-masing daerah punya resep tersendiri.

Kamu bisa mencoba untuk menjalankan bisnis kuliner sambal kemasan tersebut. Mulailah dengan 2 atau 3 jenis sambal kemasan terlebih dahulu, kemudian bisa menambah varian lain kedepannya.

6. Bisnis Kuliner Dessert Box

Sesuai namanya bisnis kuliner satu ini hanya berfokus pada menu dessert. Di sini kamu bisa membuat variasi menu dessert yang unik agar banyak diminati oleh pelanggan, salah satunya adalah dengan memilih kuliner dessert box.  

Kuliner dessert box ini sendiri mulai digandrungi oleh kawula muda kekinian. Untuk menunya sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari tiramisu, banoffe, sponge cake dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Bisnis Kue dan Roti

Dan pilihan ide usaha kuliner rumahan yang paling menguntungkan yang terakhir yakni bisnis roti dan kue. Untuk targetnya sendiri bisa kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas.

Kue dan roti sendiri biasanya dibutuhkan untuk hidangan di berbagai acara, mulai dari seminar, rapat, hajatan, acara keluarga, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa ide unik untuk usaha kuliner homemade atau rumahan yang cocok untuk dijadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Usaha Pembuatan Kartu Ucapan dan Undangan

logoblog

Thanks for reading 7 Ide Usaha Kuliner Homemade yang Unik dan Menguntungkan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.