Friday, January 8, 2021

Peluang Freelance Writer Online yang Menjanjikan

  Poor Man       Friday, January 8, 2021

Freelance Writer Online - Bingung mencari usaha sampingan yang cocok untuk dijalankan di rumah? Kalau begitu kamu bisa mencoba menjadi seorang penulis atau writer online. Bahkan kamu yang sedang mencari bisnis online tanpa modal, penulis online juga sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Yang dibutuhkan mungkin hanya perangkat PC atau laptop, sambungan internet dan juga skill untuk menulis.

Menjadi penulis online memang mulai diminati oleh banyak orang, namun tidak menutup kemungkinan untuk kamu mendapatkan penghasilan besar dari usaha ini. Terlebih lagi sekarang ini sudah semakin banyak orang yang membutuhkan jasa penulisan, baik untuk mengisi blog, bahan promosi, atau yang lainnya. Tertarik untuk menjalankan freelance writer online? Simak dulu ulasan di bawah ini!

Peluang Freelance Writer Online yang Menjanjikan


Peluang Freelance Writer Online yang Menjanjikan

Dunia digital semakin berkembang dengan begitu pesatnya, menjadikan kebiasaan orang-orang semakin tidak bisa terlepas dari hal tersebut. Apa-apa sekarang ini dilakukan secara online, mulai dari berbelanja, belajar, mencari informasi, hingga menjalankan bisnis. Salah satu bisnis online paling menjanjikan dan bisa kamu jalankan di rumah yakni freelance writer online.

Bisnis satu ini bisa dibilang masih sangat potensial untuk dijalankan. Pasalnya semakin banyak perusahaan, media ataupun perorangan yang membutuhkan jasa dari penulis online tersebut. Tentunya jasa penulisan ini perlu disesuaikan dengan kemampuanmu dalam menulis. Mungkin itu skill menulis berita, artikel blog, cerita pendek, novel, komik atau yang lain sebagainya.

Ada beberapa alasan kenapa bisnis jasa penulisan online ini masih sangat potensial untuk dijalankan sekarang ini, di antaranya:

1. Minat Pasar Tinggi

Hal yang paling utama kenapa jasa penulisan harus kamu jalankan, yakni karena banyak pihak yang membutuhkan jasa tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, beberapa pihak seperti perusahaan, media, ataupun perorangan butuh tulisan untuk hal tertentu. Mulai dari mengisi konten blog, landing page, konten di media sosial, atau yang lain sebagainya.

Kamu yang memang punya skill untuk menulis, baik artikel, berita ataupun cerpen/novel, bisa mencoba menjalankan bisnis satu ini.

2. Tidak Butuh Modal Besar

Freelance penulis online wajib dijadikan pilihan karena juga tidak membutuhkan modal besar. Hanya dengan modal kecil saja kamu bisa langsung menjalankan usaha satu ini. Meskipun modalnya kecil, namun imbalan yang didapat dari jasa writer online sangat menggiurkan.

Freelance penulisan online juga sangat cocok untuk dijadikan usaha sampingan di rumah. Karena pengerjaannya sendiri bisa diatur dengan waktu luang yang kamu miliki, mungkin di malam hari atau sepulang kerja dari kantor.

Meskipun dikatakan minim modal, bukan berarti kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun. Tetap butuh yang namanya uang untuk membeli beberapa peralatan dan aset investasinya. Adapun gambaran modal untuk menjalankan bisnis freelance penulisan online, di antaranya:

·         Perangkat PC atau laptop = Rp 3.000.000,- sampai Rp Rp 7.000.000,-

·         Aksesoris PC atau laptop = Rp 500.000,-

·         Kuota internet bulanan = Rp 100.000,- per bulan

·         Biaya listrik = Rp 50.000,- per bulan

·         Meja dan kursi (opsional) = Rp 1.200.000,-

3.  Minim Risiko

Tidak seperti jenis bisnis lainnya, bisnis writer online bisa dibilang hampir tidak memiliki risiko apapun. Pasalnya yang dikerjakan di sini adalah tulisan, risikonya mungkin tulisan minta direvisi karena tidak sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh klien. Itupun tidak memerlukan biaya, hanya dengan mengedit ulang tulisan agar sesuai dengan permintaan.

Risiko lainnya yakni kerusakan pada perangkat laptop ataupun aksesorisnya. Risiko ini kemungkinan sangat jarang terjadi, dan tidak mungkin dialami secara terus-menerus.

4. Pesaingan Masih Renggang

Seiring bertambahnya permintaan pasar terhadap jasa penulisan, hal ini semakin membuat renggang persaingan di antara para pemilik jasa writer. Hal ini tentunya menjadi peluang terbaik bagi kamu yang ingin terjun ke dunia jasa penulisan.

Pastikan kamu memberikan pelayanan terbaik agar klien merasa puas dengan hasil tulisanmu.

5. Tidak Membutuhkan Kantor Khusus

Karena basisnya online, artinya kamu tidak perlu yang namanya kantor khusus untuk menjalankan bisnis satu ini. Cukup manfaatkan ruang di rumah, mungkin itu kamar, ruang keluarga atau ruangan lainnya untuk dijadikan tempat menulis.

Renovasi nyaris tidak dibutuhkan, yang penting sudah tersedia meja dan kursi sebagai tempat untuk menaruh perangkat PC atau laptop dan perlengkapan lainnya.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Freelance Writer Online

Ada beberapa tips agar sukses menjalankan bisnis penulisan online lepas atau freelance. Tips yang dimaksud tersebut, di antaranya:

1. Terus Mengasah Skill Menulis

Namanya saja jasa penulisan, tentunya yang harus kamu dalami untuk bisnis ini yakni mengasah skill menulis. Belajarlah membuat tulisan yang menarik dan berkualitas, baik secara mandiri, melalui internet atau lewat buku.

Sesuaikan skill penulisan tersebut dangan bidang penulisan yang ditekun. Baik itu penulisan artikel SEO untuk website, marketing, pembelajaran atau yang lainnya.

2. Buat Portofolio yang Berkualitas

Agar bisa menarik lebih banyak klien, pastikan kamu menyediakan portofolio yang berkualitas untuk jasa penulisanmu tersebut. Pajang hasil karya tulisanmu kepada para calon klien agar mereka semakin yakin untuk memilih jasa penulisanmu.

Portofolio ini sendiri bisa dilampirkan di website pribadi, media sosial, ataupun platform lainnya. Yang terpenting calon klien bisa melihat portofoliomu tersebut dengan mudah.

3. Buat Landing Page Penawaran Jasa Writer Online

Selain portofolio, kamu juga bisa membuat website khusus yang berbentuk landing page. Isinya tentu penawaran dari jasa writer yang kamu berikan kepada para calon klien. Berikan informasi yang lengkap seputar jasa writer online yang kamu geluti tersebut. Mulai dari reputasi penulis, hasil karya, penawaran harga jasa, testmoni dan lain sebagainya.

Buatlah landing page dengan tampilan yang profesional agar para calon klien langsung tertarik dengan jasamu tersebut.

4. Promosikan di Media Sosial

Trik lain agar jasa freelance writer online yang kamu jalankan ramai peminat yakni dengan mempromosikannya di media sosial. Baik itu promosikan di Twitter, Facebook, Instagram, atau platform media sosial lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang disediakan di beberapa platform, seperti Facebook Ads misalnya. Mungkin ini akan mengharuskanmu mengeluarkan sedikit budget, tetapi itu akan terbayar dengan pelanggan yang datang lebih banyak.

5. Bergabung dengan Forum Freelancer

Agar namamu semakin dikenal dan bisa menjaring lebih banyak pelanggan, salah satu caranya dengan bergabung di forum-forum freelancer. Sekarang ini sudah ada banyak forum yang dimanfaatkan freelancer untuk menawarkan jasanya. Salah satunya adalah ads.id yang sudah menjadi tempat untuk para freelancer dan pengguna jasa.

Selain itu, masih ada banyak lagi situs-situs yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan jasa penulisanmu. Mulai dari Sribulancer, Freelancer, Project,  dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penutup

Itulah tadi informasi singkat mengenai peluang bisnis freelance writer online yang ternyata sangat menjanjikan untuk dijalankan di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Usaha Kuliner Homemade

logoblog

Thanks for reading Peluang Freelance Writer Online yang Menjanjikan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.