Saturday, January 16, 2021

Pentingnya Mengetahui Analisa Usaha Bengkel Las Bagi Pemula

  Poor Man       Saturday, January 16, 2021

Tertarik untuk memulai usaha bengkel las? Analisa usaha bengkel las berikut penting untuk diketahui para pemula. Mari simak terus ulasannya sampai selesai!

Analisa Usaha Bengkel Las Bagi Pemula


Ya, saat ini ada berbagai peluang usaha baru bermunculan dan menelurkan banyak sekali wirausahawan baru, terutama di Indonesia. Selain pengusaha berskala besar, tetapi juga pengusaha skala kecil dan menengah. Menariknya, tak sedikit usaha kecil menengah yang mengalami pertumbuhan sangat pesat.

Munculnya berbagai peluang usaha dengan modal kecil pun turut membuat banyak orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri, mungkin Anda termasuk salah satunya. Namun demikian, ada banyak pula pengusaha baru yang memutuskan untuk mundur ketika mendapati kendala saat memulai sebuah usaha. Padahal peluang usaha yang menjanjikan tersebut sudah ada di depan mata. Makanya, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dulu analisa usaha sebelum benar – benar menjalankan usaha tersebut.

Analisa Usaha Bengkel Las

Tempat Usaha Bengkel Las

Analisa usaha bengkel las bisa dibilang susah – susah gampang. Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tempat usaha. Pastikan untuk memilih lokasi usaha bengkel las yang strategis. Dengan begitu usaha bengkel lasmu akan lebih mudah dilihat dan dijangkau calon konsumen. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih tempat usaha yang cukup luas, karena akan ada banyak bahan baku dan peralatan untuk memulai usaha seperti besi, seng alumunium dan lain – lain.

Apabila Anda tidak memiliki tempat sendiri untuk memulai usaha bengkel las, sewa tempat merupakan solusi tepatnya. Perkiraan biaya sewa tempat usaha bengkel las adalah Rp 20 – 40 juta rupiah. Harga sewa ruko untuk memulai usaha bengkel las memang tidaklah murah, oleh karenanya Anda harus menyiapkan dana yang cukup. Lokasi usaha yang strategis biasanya yang dekat dengan keramaian.

Jika Anda sudah menemukan tempat yang tepat untuk memulai usaha, pastikan lahan sudah cukup memadai untuk mempermudah dalam volume pekerjaan yang nantinya dihadapi. Lalu, atur tempat barang material sesuai kebutuhan sehingga memudahkan pekerjaan, misalnya gudang untuk bahan baku, gudang untuk peralatan, tempat membuat desain, tempat produksi pengelasan, tempat pemotongan bahan baku, tempat finishing dan lain sebagainya.

Anda juga perlu menyediakan ruangan khusus untuk kegiatan seperti pemasaran, memajang contoh produk, brosur, proses administrasi, proses pengendalian produksi, transaksi pemesanan, konsultasi dengan konsumen dan lain – lain.

Penyediaan Perkakas dan Peralatan

Dalam analisa usaha bengkel las ini juga membutuhkan beberapa alat pendukung lainnya seperti alat las, pemotong metal, alat finishing dan beberapa alat bantu lainnya yang akan memudahkan, serta mempercepat pekerjaan.

Sebagai pemula, Anda pastinya akan memiliki peralatan yang cukup terbatas, namun seiring dengan berjalannya waktu Anda akan mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan dikemudian hari untuk melengkapi kebutuhan – kebutuhan bengkel las Anda. Berikut ini adalah beberapa peralatan bengkel las yang harus Anda tahu dan siapkan.

Mesin Las

Mesin Las


Namanya bengkel las tentu alat pertama yang harus Anda siapkan adalah mesin las. Di pasaran ada banyak jenis mesin las yang bisa dipilih, tetapi yang paling umum dan sering digunakan, yakni mesin las SMAW (Shielded Metal Arc Welding), atau bisa juga mesin las tipe MMA yang memiliki kapasitas dibawah 400 Amp. Lalu, ada pula instalasi Las Gas (Asetelin dan Oksigen, atau LPG dan Oksigen).

Sebagai rekomendasi yang baik dan memilih jenis mesin las sebaiknya pilih mesin yang bisa digunakan dengan genset, yang juga memiliki kemampuan untuk melakukan pengelasan stainless steel. Alternatif lainnya adalah memilih mesin las listrik yang menggunakan sumber aliran energi untuk melakukan pengelasan, atau las inventer. Harga las inventer biasanya dibanderol sekitar Rp 635.000,00 per unit.

Alat Pemotong Metal

Alat Potong Metal


Selanjutnya Anda juga perlu menyediakan alat pemotong, sebab dalam kegiatan produksi Anda akan menggunakan bahan dasar besi atau metal. Ada beberapa jenis alat yang bisa dipilih dan digunakan seperti gergaji, blander potong gas, tang potong, gunting potong dan gerinda potong.

Alat pemotong metal tersebut berfungsi untuk memotong metal, besi atau logam yang digunakan dalam pembuatan pagar, teralis, canopy, tangga dan lain – lain. Namun demikian, biasanya perkiraan harga mesin pemotong ini mulai Rp 745.000,00 – Rp 1.800.000,00.

Alat Finishing

Alat Finishing Las

Pada tahapan akhir dalam proses produksi, maka alat – alat yang digunakan untuk proses finishing tersebut berupa mesin poles, mesin gerinda tangan, alat untuk cat duco dan masih ada banyak lagi. Khususnya untuk proses akhir ini biasanya akan dilakukan penyempurnaan produk yang dibuat dan biasanya menggunakan dempul, atau mesin amplas untuk menghaluskan bagian permukaan dan lain sebagainya.

Sementara itu untuk material stainless steel hanya membutuhkan gerinda dan mesin pemoles. Perlu Anda tahu, di pasaran harga gerinda tangan biasanya ditawarkan sekitar Rp 200 ribuan saja.

Alat Bantu Produksi

Sementara itu untuk alat bantu tambahan yang diperlukan dalam analisa usaha bengkel las diantaranya seperti alat ukur atau meteran, ragum, palu, tang penjepit, palu terak las, kuas, kikir dan lain – lain. Lalu, ada pula alat bantu untuk proses pengecatan duco seperti selang udara, kompressor, spatula dan genset sebagai sumber listrik di luar bengkel.

Alat – alat untuk usaha bengkel las tersebut akan memberikan dampak yang baik untuk memudahkan para pekerja dalam kegiatan produksi. Biar jelasnya, berikut adalah rekomendasi alat yang diperlukan lainnya ketika Anda memulai usaha bengkel las beserta harganya.

Alat – Alat Untuk Usaha Bengkel Las

Perkiraan Harga

Mesin las listrik weldcraft MMA 900 watt 160A

Rp 1.950.000,00

Mesin gerinda Bosch

Rp 625.000,00

Mesin bor listrik tangan makita

Rp 600.000,00

Mesin bor listrik duduk mollar

Rp 950.000,00

Mesin cut off wipro 14”

Rp 1.350.000,00

Alat pembengkok pipa manual wipro 10 – 32 mm

Rp 1.350.000,00

Genset general 5000 watt

Rp 5.750.000,00

Kompressor shark 1/4Hp dan mesin penggerak shark se1625

Rp 2.350.000,00

Jumlah

Rp 14.925.000,00

Material yang Dibutuhkan

Bahan Baku

Bahan baku juga termasuk bagian penting dalam analisa usaha bengkel las yang akan Anda jalankan. Ini berguna untuk membantu memproduksi atau membuat teralis, pagar, tangga, canopy dan lain – lain. Bahan baku dalam menjalankan usaha las antara lain sebagai berikut :

·         Plat baja

·         Baja batangan

·         Besi siku

·         Hallow bar

·         Stainless steel

·         Besi beton

·         Pipa

·         dan lain – lain.

Umumnya bahan baku utama dibagi menjadi dua pilihan tipe atau spesifikasi yang bisa digunakan, seperti baja konstruksi atau baja karbon rendah dan stainless steel atau bahan tahan karat dengan berbagai bentuk. Baja stainless steel biasanya dipilih yang memiliki komposisi 18 : 8. Artinya khromnya 18% dan nikelnya 8%. Jadi, apabila dalam spesifikasi tekniknya, yakni AISI 304, SUS 304.

Bahan Tambahan

Bahan tambahan di sini bertujuan sebagai pelengkap. Berbeda dengan bahan baku, tetapi lebih ke bahan pendukung seperti :

·         Kawat las

·         Gas elpiji

·         Asetelin

·         Oksigen

Khususnya untuk jenis bahan tambahan kawat las ini biasanya memiliki dua ukuran, yakni kawat las besar dan kecil, atau 2.5 mm dan 3.2 mm. Tetapi kawat las untuk mengelasan stainless steel umumnya disediakan khusus untuk material tersebut.

Aksesoris

Guna memperindah penampilan, aksesoris juga memiliki nilai plus yang bisa digunakan dalam pembuatan pagar, teralis, tangga, canopy dan lain sebagainya. Biasanya, aksesoris yang digunakan berupa ornamen untuk mempercantik dan memperindah terbuat dari besi cor. Untuk mendapatkan berbagai bentuk dan jenis Anda bisa langsung datang ke toko besi terdekat.

Beberapa jenis ornamen yang biasanya digunakan berupa mata tombak, motif daun, motif bunga, motif binatang dan lain – lain. Dalam penambahan ornamen tersebut ada baiknya digunakan secukupnya. Jika terlebihan maka dapat mengurangi estetika, bahkan terkadang juga bisa terlepas sehingga membuat kualitasnya terlihat kurang baik di mata konsumen. Harga aksesorisnya pun beragam, ada yang Rp 20 ribuan juga ada pula yang Rp 1 jutaan lebih.

Sediakan Mobil Pick-Up

Hal lain yang perlu dipersiapkan dalam memulai usaha bengkel las adalah mobil pick-up untuk mengantarkan barang ke konsumen. Pick-Up merupakan jenis mobil yang sering digunakan untuk mengantarkan produk yang sudah jadi yang dipesan konsumen ke tempat tujuan. Dikarenakan produk dari bengkel las rata – rata memiliki ukuran besar dan berat, maka Anda harus memilih jenis pick-up yang masih dalam kondisi baik.

Harga mobil pick-up di pasaran memang tidak murah, oleh karenanya sebagai alternatifnya Anda bisa menyediakan torbil. Ini merupakan jenis motor mobil yang memiliki roda tiga dan memiliki bak untuk mengangkut barang. Kendaraan tersebut cukup efisien dan bisa digunakan untuk mengantarkan barang atau produk ke tempat konsumen jarak dekat.

Pegawai

Ketika Anda akan membuka bengkel las pastinya akan membutuhkan orang yang bisa melakukan pekerjaan ini. Pilih pegawai atau karyawan yang kompeten di bidangnya, sebab pegawai Anda penting peranannya dalam produksi pembuatan teralis, pagar, tangga, canopy dan lain – lain.

Pembantu Tukang

Pembantu tukang akan bertugas membantu atau mendampingi tukang las (pegawai), baik dalam proses pengelasan atau pengerjaan pemotongan material. Tidak hanya itu, pembantu tukang juga bertugas menyediakan kawat – kawat las, membantu proses finishing, menyediakan serta memasang instalasi gas untuk pengelasan dan lain sebagainya.

Baca juga: Analisa dan Peluang Usaha Bengkel Motor

Tips Memulai Usaha Bengkel Las

Fokus Pada Satu Peluang Usaha

Di jaman internet seperti sekarang, semua hal seakan – akan bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Begitu banyaknya peluang usaha yang dapat diambil dan dijalankan, mungkin membuat Anda bingung dalam memilih satu peluang yang nantinya akan dikembangkan. Sehingga yang demikian membuat banyak orang malah mencoba mengembangkan banyak peluang usaha dalam waktu yang bersamaan. Pertanyaannya, apa hal tersebut benar?

Disarankan agar Anda berfokus pada satu peluang usaha. Dengan demikian semua ide dan pikiranmu akan tertuju pada satu bidang usaha saja, sehingga Anda pun akan lebih mudah untuk mengembangkan usahamu. Selain itu, hal tersebut juga akan memudahkan Anda dalam mengeksekusi semua ide – ide tersebut.

Menguasai Segalanya Tentang Usaha Anda

Di awal – awal memulai usaha bengkel las, biasanya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya di sana. Namun, kesempatan tersebut bisa datang kapan pun. Jadi, Anda harus kuasai benar – benar segalanya mengenai usaha yang akan Anda geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas – jelasnya. Tujuannya, agar Anda bisa membuat investor yakin bahwasannya ia meletakkan uangnya di tangan yang tepat, yakni kepada Anda, seseorang yang benar – benar sudah paham mengenai usaha bengkel las ini.

Mau Belajar dari Orang Lain

Tiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Tak ada orang yang tahu segala hal, makanya penting bagi Anda untuk selalu bersikap terbuka pada pandangan atau pun pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang yang lebih paham dan berpengalaman, Anda bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah mereka lakukan.

Pilih mentor, teman atau orang yang lebih dulu sukses menjalankan bidang usaha yang sama denganmu. Banyak mendengar akan lebih baik dibanding lebih banyak berbicara.

Hidup Sederhana

Untuk sementara waktu silakan lupakan semua keindahan dari jadi pengusaha. Mobil mewah, rumah besar, makan mewah atau segala hal yang menunjukkan kemewahan. Sebaiknya hidup dengan pandangan bahwasannya Anda adalah pemula yang butuh uang untuk sukses. Dengan begitu, Anda akan lebih menikmati proses menuju kesuksesan dan segala hal yang Anda impikan akan datang diwaktu yang tepat nanti.

Belajar dari Kegagalan

Tak ada hal yang pasti di dunia ini, tidak terkecuali dengan dunia bisnis atau usaha. Ada dua pilihan dalam hidup yang akan menentukan kesuksesan seseorang, yakni maju atau diam. Apabila Anda ingin maju, maka Anda harus bersiap menghadapi kegagalan.

Alasannya, tidak semua yang sudah Anda rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginan. Justru kegagalan harus terjadi agar Anda bisa belajar dan bersiap untuk menjadi orang sukses nantinya. Ketika mendapati kegagalan, jangan langsung berputus asa, teruslah mencoba dan berjalan dari pengalaman tersebut.

Menunjukkan Bahwa Konsep Usahamu yang Terbaik

Terus yakin bahwa tak ada investor yang mau berinvestasi dalam usahamu, karena mereka belum tahu standar dari konsep usahamu. Oleh karenanya, penting untuk menunjukkan bahwa konsep usahamu akan sangat menguntungkan baginya. Jalankan konsep usahamu dengan modal seadanya untuk memberikan bukti nyata kepada investor. Ketika Anda berhasil menunjukkan bahwasannya konsep yang sudah Anda buat adalah yang terbaik, maka para investor sendirilah yang akan mencarimu.

Jaga Kesehatan

Untuk sukses dalam menjalankan suatu usaha, tak terkecuali usaha di bidang bisnis bengkel las memang harus bekerja keras. Tapi, jangan lupa bahwasannya menjaga kesehatan juga tanggung jawab Anda sendiri. Dengan Anda menjaga kesehatan, percayalah apapun yang Anda kerjakan pastinya akan lebih produktif.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengatur pola makan, olahraga yang teratur dan sempatkan waktu untuk istirahat sejenak dari pekerjaan. Jika Anda jatuh sakit, maka pastinya tidak ada hal yang bisa Anda lakukan dengan baik. Kesehatan memberikan Anda kesempatan untuk melakukan segala sesuatu yang baik. Jadi, sebisa mungkin seimbangkan antara pekerjaan dengan menjaga kesehatan.

Buktikan dengan Tindakan

Perhatikan dengan baik apa yang Anda katakan. Katakan hal – hal yang mampu Anda lakukan dalam menjalankan usaha bengkel las, jangan terlalu banyak berbicara tapi Anda tidak bisa berbuat apa – apa. Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pentingnya mengetahui analisa usaha bengkel las bagi pemula. Semoga bermanfaat

Baca juga: Rekomendasi Usaha Sampingan Di Rumah

logoblog

Thanks for reading Pentingnya Mengetahui Analisa Usaha Bengkel Las Bagi Pemula

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.