Sunday, January 3, 2021

Peluang Bisnis Kursus Online dan Tips Menjalankannya

  Poor Man       Sunday, January 3, 2021

Kursus Online - Dunia sudah semakin modern, hampir semua hal pasti ada hubungannya dengan digital. Berbagai jenis perangkat elektronik semakin mendukung perkembangan digital tersebut. Sebagai contohnya saja perangkat smartphone, di mana perangkat elektronik satu ini punya fungsi beragam dan memungkinkan untuk memudahkan aktivitas manusia. Selain itu, ada pula PC atau laptop yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan smartphone.

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat, juga mempengaruhi dunia bisnis. Sekarang ini sudah ada banyak pilihan bisnis yang bisa dilakukan secara digital, salah satunya adalah kursus atau pelatihan. Tidak seperti kursus konvensional, kursus online ini tidak mengharuskan pembimbing dan peserta kursus bertemu secara langsung. Bisnis satu ini mulai diminati, karena memang bisa menghasilkan cuan yang menggiurkan. Tertarik ingin membuka kursus atau pelatihan online? Kalau begitu kamu perlu menyimak ulasan di bawah ini.

Peluang Bisnis Kursus Online dan Tips Menjalankannya


Peluang Bisnis Kursus Online di Era Digital

Di jaman yang sudah semakin modern seperti sekarang ini, banyak hal yang dulunya hanya bisa dilakukan secara offline sekarang sudah go online. Sebut saja bisnis kursus atau pelatihan, sekarang sudah bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dengan sarana PC/laptop ataupun smartphone, pelatihan sudah bisa dilakukan dengan lancar. Selain itu, bisnis ini juga bisa dijadikan pilihan tepat untuk kamu yang mencari usaha sampingan di rumah.

Bisnis kursus online sendiri semakin diminati, pasalnya cukup mudah untuk dijalankan. Yang terpenting kamu punya skill mumpuni sesuai topik kursus yang akan dijalankan tersebut. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, semuanya harus dilakukan dari rumah. Dengan demikian, akan lebih banyak orang yang tertarik untuk mengikuti kursus secara online dibandingkan harus bertatap muka secara langsung.

Yang paling menarik lagi, bisnis kursus secara online ini bisa dibilang minim modal. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menjalankannya. Meski demikian, hasil yang bisa didapat dari kursus tersebut sangat menggiurkan. Apalagi yang mengikuti kursus onlinemu banyak, tentu semakin banyak pula cuan yang didapatkan.

Jenis-jenis Kursus Online yang Paling Banyak Diminati

Salah satu trik sukses menjalankan bisnis kursus secara online yakni memilih topik yang tepat untuk dibahas. Ada beberapa jenis kursus yang bisa kamu pilih untuk dijalankan. Pastinya jenis kursus ini harus dan wajib disesuaikan dengan skill yang kamu miliki. Adapun beberapa jenis kursus yang cocok dijadikan pelatihan online, di antaranya:

1. Kursus Bahasa Asing

Kursus bahasa asing menjadi yang paling diminati di jaman sekarang ini. Apalagi sekarang sudah banyak anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri, kebanyakan dari mereka akan memilih belajar bahasa asing di tempat kursus.

Selain itu, wisata di Indonesia juga mulai dikenal di kancah internasional, sehingga banyak turis asing yang datang ke Indonesia. Kondisi ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menjadi tour guide yang akan melayani para turis yang berkunjung ke Indonesia. Mereka juga ingin secara cepat bisa berbahasa asing, salah satunya dengan mengikuti kursus bahasa asing.

Ada beberapa pilihan bahasa asing yang cukup diminati sekarang ini, mulai dari Bahasa Inggris (British), Bahasa Jepang, Bahasa Korea, dan lain sebagainya. Kamu lebih mahir bahasa asing yang mana?

2. Kursus Bisnis Online

Selain kursus bahasa asing, ada satu lagi jenis kursus yang tidak kalah menarik dan diminati banyak orang, yakni kursus bisnis online. Banyak orang yang lebih memilih untuk menjalankan bisnis online dibandingkan harus menjadi karyawan kantoran. Ini tentunya bisa kamu manfaatkan, terutama jika kamu punya skill mumpuni di bidang bisnis online tertentu.

Beberapa tema bisnis online bisa kamu pilih untuk diajarkan kepada para peserta kursus. Mulai dari pelatihan marketing online, pengelolaan toko online, cara menghasilkan uang dari internet dan lain sebagainya.

3. Kursus Membuat Website

Pembuatan website sendiri sangat jarang diajarkan di sekolah-sekolah ataupun universitas. Karena itulah, jenis kursus satu ini bisa kamu pilih untuk dijalankan. Tentunya kamu harus sudah paham tentang seluk beluk building website. Mulai dari editing template, SEO, pengembangan website dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk pembuatan website sendiri bisa dari berbagai platform, baik itu website berbasis java, CMS, PHP, HTML dan lain sebagainya. Beberapa jenis website bisa diajarkan, mulai website personal, website pemerintah, website perusahaan, website toko online, website sekolah atau universitas hingga landing page.

4. Kursus SEO Website

Sampai sekarang ilmu SEO (Search Engine Optimation) masih bisa dibilang abu-abu. Masih jarang orang yang tahu persis dengan sistem yang dirancang oleh Google tersebut. Intinya belajar tentang SEO tujuannya agar website yang kita bangun bisa bersaing dengan website lain.

Meskipun masih menjadi rahasia, namun ada beberapa trik yang memungkinkan website kita bisa menembus halaman pertama pencarian Google. Kamu yang punya skill tersebut, bisa mencoba membuka pelatihan online tentang pembelajaran SEO.

Langkah-langkah dalam Menjalankan Bisnis Kursus Online

Untuk mulai membangun bisnis pelatihan online, ada beberapa stage yang perlu kamu ketahui. Setidaknya ada 3 stage untuk membangun bisnis kursus secara online, di antaranya:

1. Stage Awal Menjalankan Bisnis Kursus Online

Untuk tahap awal bisnis kursus secara online ini ada beberapa urutan yang harus dilakukan, yakni:

·         Pemilihan jenis kursus. Di atas sudah dijelaskan beberapa pilihan jenis kursus secara online yang paling diminati. Kamu bisa memilih salah satu atau bisa memilih jenis kursus lain.

·         Minat Orang pada kursus yang dipilih. Masih berhubungan dengan yang tadi, kamu harus tahu seberapa besar minat orang-orang terhadap kursus tersebut. Berikan pula ide yang unik agar semakin membuat banyak orang tertarik.

·         Hasil yang didapat. Dari kursus tersebut, apa yang akan diperoleh oleh peserta kursus? Kamu juga harus memikirkan masalah ini. Jika memang manfaatnya besar, maka akan semakin banyak orang yang bergabung dengan kursusmu.

·         Membuat konten dan modul kursus. Setelah semua dipilih, sekarang waktunya membuat konten kursus. Selain itu, modul khusus juga diperlukan untuk mempermudah peserta kursus mempelajari materi kursusmu.

2. Stage Running Kursus Secara Online

Untuk tahap berikutnya ini harus dilakukan secara cermat, karena sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kursusmu.

·         Memilih metode pembelajaran. Metode pembelajaran sangat penting di dalam kursus online. Beberapa jenis metode bisa dipilih, mulai dari  video, Ebook, audio, buku bergambar dan comic.

·         Buat video untuk kursus. Yang namanya kursus secara online, pastinya kamu harus menjelaskan segala sesuatu di kursus melalui video. Video bisa dibuat terlebih dahulu agar lebih maksimal. Namun, jika kamu punya skill mengajar yang baik, maka bisa langsung melakukan pengajaran secara live.

·         Penentuan harga kursus. Inilah yang paling penting, harga kursus akan menentukan minat orang-orang untuk mengikuti kelas kursus kamu. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga yang tepat untuk kursus.

3. Tahap Kontinuitas

Dan tahap yang terakhir yakni mulai launching dan memperkenalkan kelas online yang sudah kamu rancang tadi. Pengenalan kelas ini bisa melalui website, media sosial atau sarana lainnya.

Agar lebih maksimal, kamu bisa mengiklankan kursus atau pelatihan onlinemu tersebut. Bisa memanfaatkan Facebook Ads, Instagram Ads, melalui influencer, atau yang lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi informasi singkat seputar peluang bisnis kursus online yang menjanjikan dan cara menjalankannya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Jasa Desain Grafis

logoblog

Thanks for reading Peluang Bisnis Kursus Online dan Tips Menjalankannya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.