Saturday, January 2, 2021

Tips Menjadi Agen Properti Online yang Sukses

  Poor Man       Saturday, January 2, 2021

Agen Properti Online - Untuk kalian yang punya keahlian di bidang marketing atau sales, agen properti mungkin pilihan tepat untuk digeluti. Di era modern seperti sekarang ini, menjual rumah sudah bukan dilakukan secara offline saja. Kabanyakan dari mereka yang ingin menjual rumahnya dengan cepat, mengandalkan sistem online. Hal ini juga bisa menjadi peluang menarik bagi kalian yang ingin mendapatkan penghasilan walaupun hanya dari rumah.

Menjadi seorang agen properti atau yang dikenal pula dengan istilah broker adalah pekerjaan yang sangat diminati banyak orang. Salah satu alasannya karena seorang agen properti bisa mendapatkan komisi yang cukup besar hanya dari satu penjualan properti saja. Menjalankannya juga terbilang mudah, bahkan bisa dijadikan usaha sampingan di rumah selagi libur ngantor. Jika memang tertarik, berikut ini ulasan mengenai agen properti online bisa kamu simak.

Tips Menjadi Agen Properti Online yang Sukses


Alasan Kenapa Profesi Agen Properti Sangat Diminati

Kemudahan melakukan pemasaran via online mungkin menjadi salah satu alasan profesi agen properti online ini cukup diminati. Terlebih lagi profesi ini bisa dijadikan usaha sampingan, khusus di masa pandemi seperti sekarang ini yang memaksa banyak pekerja harus dirumahkan. Selain itu, ada alasan lain kenapa banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis agen properti, di antaranya:

1. Komisi yang Didapat Terbilang Besar

Hal utama yang menjadi daya tarik dari profesi sebagai agen properti ini adalah komisi yang didapat sangat menggiurkan. Baik itu sebagai agen properti lepas (Freelance) ataupun berisensi, keduanya bisa mendapatkan komisi yang cukup besar jika berhasil menyelesaikan transaksi properti. Seperti yang sudah dicatat di Permendag nomor 51 tahun 2007 tentang P4, bahwasannya agen properti bisa mendapatkan komisi sebesar 2% hingga 5% dari nilai transaksi.

Meski demikian, besaran komisi ini bisa berbeda-beda, tergantung beberapa hal. Mulai dari status dari agen properti (lepas atau bekerja di perusahaan), lisensi agen properti, lingkup jasa dari agen properti, hingga kesepatan yang dicapai antara agen dengan pihak terkait (perusahaan atau pengguna jasa).

2. Bisa Dijadikan Usaha Sampingan

Bagi kamu pekerja kantoran atau yang lainnya, masih bisa kok menjadikan profesi agen properti sebagai usaha sampingan. Di sini kamu bisa memilih menjadi agen properti lepas atau freelance. Kamu bisa mulai menawarkan properti langsung ke pembeli secara online, baik melalui media sosial ataupun website.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung di website atau forum properti online yang menerima agen properti. Dengan demikian, kamu sudah bisa mulai menjalankan profesi ganda sebagai agen properti tersebut.

3. Modal Kecil

Secara kasarnya di sini kamu akan bertindak sebagai perantara atau makelar dari sebuah penjualan aset properti, baik rumah, ruko atau yang lainnya. Jadi, jika berbicara soal modal kemungkinan hampir tidak ada sama sekali. Kamu hanya harus pintar mencari pembeli dari properti yang ditawarkan.

Untuk mendukung itu semua, modal perlu kamu keluarkan. Misalnya untuk menjadi member berbayar di sebuah website properti ternama. Selain itu, moda juga diperlukan untuk ikut kelas premium atau seminar yang mengajarkan kita agar sukses menjadi agen properti. Serta juga modal untuk hal lainnya, seperti promosi melalui influencer, iklan di media sosial, promosi di website khusus dan lain sebagainya.

Jika dihitung-hitung, kemungkinan modal awal yang kamu perlukan untuk memulai menjadi agen properti sekitar Rp 2.000.000,- . Besarnya modal ini tergantung kemauan kamu untuk memanfaatkan layanan premium agar bisa menjadi agen properti handal.

4. Saingan Belum Cukup Ketat

Mungkin karena alasan margin kesuksesan transaksi yang lebih kecil dibandingkan bisnis lainnya, membuat profesi ini kurang diminati. Padahal jika kamu berhasil menyelesaikan satu transaksi properti saja, komisi yang didapat terbilang besar.

Sebagai contohnya sebuah rumah, di mana harga kisarannya sekarang ini sekitar Rp 500 juta. Anggap saja komisi yang kamu dapatkan sebesar 5% dari harga rumah tersebut. Berarti komisi yang  kamu dapatkan sebesar Rp 25.000.000,-.

Karena saingannya yang masih cukup longgar, tentunya ini menjadi peluang emas bagi kamu yang berminat menjadi agen properti. Mulailah dengan belajar dasar-dasar sebagai agen properti agar paham alurnya. Kemudian memperluas pengetahuan dengan membaca informasi seputar properti.

Tips Menjadi Agen Properti Online yang Sukses

Untuk menjadi seorang agen properti yang sukses dengan menyelesaikan banyak transaksi atau penjualan, ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu terapkan. Adapun tips dan trik yang dimaksud tersebut, di antaranya:

1. Menjadi Agen Properti yang Berlisensi Resmi

Memiliki lisensi resmi sebagai agen properti menjadi poin penting untuk kesuksesan kamu dalam menjalankan profesi ini. Untuk mendapatkan lisensi tersebut kamu bisa mendaftar melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Broker Properti atau LSP Broker Properti. Setidaknya ada 3 jenis lisensi untuk profesi ini, yakni Broker Properti, Manajemen Properti dan Investasi, serta Manajemen Broker Properti.

Dengan memiliki izin menjalankan profesi agen properti, kamu juga bisa lebih mudah mendapatkan pembeli. Mereka akan langsung percaya bahwa jasamu ini bukanlah abal-abal yang berpotenti penipuan.

2. Membangun Relasi dan Portofolio

Bagi kamu yang masih terbilang pemula untuk profesi ini, sangat penting untuk membangun relasi dan portofolio. Untuk melakukannya kamu bisa memanfaatkan mentor atau dengan jaringan pribadi. Pemilihan mentor yang tepat akan sangat mempengaruhi kemampuan kamu dalam menjalankan profesi ini.

3. Memanfaatkan Media Online

Namanya saja agen properti online, sudah seharusnya untuk kamu memanfaatkan media online sebagai bahan promosi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan jasa atau sebagai tempat penawaran properti. Kamu juga dituntut untuk aktif di sosial media agar lebih memperbesar peluang suksesnya penjualan properti.

Selain media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan website sebagai sarana untuk promosinya. Mungkin ini akan membutuhkan modal, namun cukup efektif untuk menjaring pembeli agar mau membeli aset properti yang kamu tawarkan.

4. Memberikan Penawaran yang Menarik

Salah satu trik agar bisa mendatangkan calon pembeli adalah dengan memberikan penawaran istimewa untuk mereka. Misalnya saja memberitahukan proses transaksi yang cepat dan anti-ribet. Atau bisa juga memberikan bonus menarik jika proses transaksi telah selesai.

5. Bergabung dengan Asosiasi Agen Properti

Inilah hal penting yang jarang diketahui oleh para broker atau agen properti. Bergabung dengan Asosiasi Agen Properti akan meningkatkan kredibilitas kamu sebagai agen properti. Selain itu, hal ini juga akan membantu branding kamu di hadapan para calon klien nantinya.

Di Indonesia sendiri ada satu Asosiasi Agen Properti ternama, yakni bernama AREBI atau Asosiasi Real Estate Broker Indonesia. Kamu bisa bergabung dengan asosiasi tersebut, di mana sudah ada sekitar 500 lebih perusahaan broker real estate di dalamnya.

Penutup

Itulah tadi informasi singkat mengenai profesi sebagai agen properti online yang ternyata cukup menggiurkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Catering Untuk Sarapan

logoblog

Thanks for reading Tips Menjadi Agen Properti Online yang Sukses

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.