Monday, January 4, 2021

Peluang Usaha Cucian Mobil Rumahan yang Menguntungkan

  Poor Man       Monday, January 4, 2021

Usaha Cucian Mobil - Menjalankan bisnis rumahan merupakan keinginan bagi banyak orang. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, memaksa orang-orang untuk meminimalkan aktivitas di luar rumah. Namun, kebanyakan dari mereka bingung memilih bisnis rumahan apa yang cocok untuk dijalankan. Apakah kamu juga merasakan hal yang demikian?

Sebenarnya ada banyak sekali bisnis atau usaha yang memungkinkan untuk dijalankan sebagai usaha sampingan dirumah. Salah satunya adalah bisnis cucian mobil dan motor, di mana bisnis satu ini bisa dibilang cukup jarang dijalankan. Khususnya untuk kamu yang memiliki rumah di pinggir jalan atau lokasi strategis, bisnsi cuci mobil bisa dijadikan pilihan. Berikut ini informasi seputar usaha cucian mobil yang perlu kamu ketahui.

Peluang Usaha Cucian Mobil Rumahan yang Menguntungkan


Jenis-jenis Usaha Cucian Mobil Secara Umum

Sebelum memulai bisnis cucian mobil, sebaiknya kamu ketahui dulu jenis-jenis dari bisnis tersebut. Setidaknya ada 4 jenis cuci mobil yang ada sekarang ini dan bisa kamu pilih salah satunya sesuai keinginan. Pemilihan jenis cuci mobil ini juga bisa disesuaikan dengan budget, lokasi, serta luas lahan yang kamu miliki. Adapun keempat jenis cucian mobil tersebut, antara lain:

1. Cuci Mobil Manual

Jenis cucian mobil satu ini biasa kita temukan di pedesaan dan umumnya modal yang dimiliki cukup terbatas. Untuk usaha ini hanya tidak memerlukan tempat yang mewah, cukup lahan datar yang diberi atap sederhana.

Seringkali juga cucian jenis ini di bawahnya terdapat air yang mengalir layaknya sungai buatan. Akan tetapi, jenis cucian seperti ini sudah mulai ditinggalkan karena diklaim kurang efektif.

2. Cuci Mobil Manual dengan Tanjakan dan Kolong Dibawahnya

Merupakan kemajuan dari cucian mobil tradisional seperti di atas. Di tempat cucian terdapat sebuah tanjakan tempat mobil dicuci, dan di bawahnya terdapat kolong khusus sebagai tempat pencuci mobil membersihkan bagian bawah mobil.

Jenis cucian mobil satu ini yang masih banyak kita temukan di beberapa daerah, bahkan di daerah perkotaan.

3. Cuci Mobil Hidrolik

Cucian mobil hidrolik bisa dikatakan sebagai cuci mobil semi manual. Yang membedakan dengan cuci mobil manual adalah adanya peralatan hidrolik sebagai pendukungnya. Jenis cucian satu ini sedikit lebih modern dan pembersihannya juga terbilang lebih efektif.

Pompa hidrolik sendiri digunakan untuk mengangkat mobil agar memudahkan pencuci untuk membersihkan bagian bawah mobil. Dengan demikian mobil jauh lebih bersih bahkan bisa menjangkau area tersulit.

4. Cuci Mobil Robotik

Jika kamu lebih suka dengan cara instan untuk mencuci mobil, jenis cucian mobil satu ini bisa dijadikan pilihan. Pencucian mobil seluruhnya dilakukan oleh sistem robotik yang dikendalikan dengan sistem kontrol. Jenis cucian mobil satu ini masih jarang di Indonesia karena mungkin biaya yang dibutuhkan cukup besar.

Tips Menjalankan Usaha Cucian Mobil di Rumah

Untuk memulai bisnis cucian mobil rumahan, ada beberapa langkah yang perlu kamu terapkan. Dengan menerapkan langkah-langkah yang benar, kemungkinan besar bisnis cucian mobilmu akan sukses dan maju. Berikut ini tips untuk memulai bisnis cuci mobil selengkapnya, yakni:

1. Memilih Jenis Cucian Mobil

Di atas sudah saya jelaskan beberapa jenis usaha cuci mobil yang bisa kamu jadikan pilihan. Pemilihan jenis cuci mobil di atas bisa kamu sesuaikan dengan besar modal, kemampuan, lokasi, hingga minat pasar.

2. Menyiapkan Modal

Modal menjadi hal paling utama dalam perencanaan sebuah bisnis, termasuk usaha cuci mobil rumahan. Jika memang modal yang kamu miliki tidak banyak, maka bisa memilih jenis cuci mobil manual atau semi manual.

3. Mempersiapkan Peralatan dan Keperluan Cuci Mobil

Jika sudah mantap kamu bisa mulai mempersiapkan bisnis cuci mobilmu tersebut. Mulailah dengan membuat tempat cucian, mengatur tata letak, hingga membeli peralatan untuk cuci mobil. Untuk peralatannya sendiri seperti, mesin car wash otomatis, pompa hidrolik, cairan pembersih, alat pembersih mobil dan lain sebagainya.

4. Rekrut Karyawan

Jika kamu tidak sanggup menjalankan bisnis ini sendiri, maka bisa mencoba merekrut karyawan atau pekerja. Tidak perlu banyak-banyak, 2 karyawan saja kemungkinan sudah cukup sebagai permulaan bisnis ini.

5. Mempromosikan Bisnis Cuci Mobil

Sebagai cara untuk mendatangkan banyak pelanggan, kamu bisa mempromosikan bisnismu tersebut. Promosi bisa dengan membagikan selebaran, promosi via media sosial dan lain sebagainya. Pastikan kamu memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan kembali lagi ke cucian mobilmu di lain waktu.

6. Menambah Usaha Sampingan

Sudah punya tempat cucian mobil sendiri, kamu bisa memaksimalkannya dengan menyediakan fasilitas tambahan. Misalnya saja menyediakan berbagai jenis minuman untuk dijual. Cemilan juga bisa disediakan agar para pelanggan tidak bosan menunggu mobilnya yang sedang dicuci.

Modal dan Keuntungan dari Usaha Cuci Mobil

Mungkin kamu masih bertanya-tanya berapa kira-kira modal awal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis cuci mobil tersebut. Tidak perlu bingung, karena di bawah ini sudah dirangkumkan perincian untuk modal usaha cuci mobil di rumah, di antaranya:

1. Modal Awal Investasi

·         Peralatan Cuci Mobil = Rp 50.000.000,-

·         Meja dan kursi tunggu = Rp 1.500.000,-

·         Pembuatan sumur = Rp 5.000.000,-

·         Banner Cuci Mobil = Rp 100.000,-

Total modal awal investasi untuk usaha cuci mobil hidrolik = Rp 56.600.000,-

Untuk peralatan cuci mobil yang dijelaskan di atas, meliputi 2 unit hidrolik mobil, kompresor udara, alat penyemprot, vacuum cleaner, 4 unit selang spiral, 2 unit air duster, dan tabung snow medium. Modal awal ini tentunya masih bisa ditekan jika kamu memilih untuk menjalankan bisnis cuci mobil manual.

2. Biaya Operasional Bulanan

Untuk biaya operasional yang dibutuhkan secara rutin setiap bulannya, antara lain:

·         Sampo mobil = Rp 200.000,-

·         Semir ban = Rp 140.000,-

·         Kanebo = Rp 80.000,-

·         Bahan bakar kompresor = Rp 450.000,-

·         Biaya listrik dan air = Rp 1.000.000,-

·         Air minum = Rp 50.000,-

·         Gaji Karyawan = Rp 1.500.000,- (dibagi 2 orang dan belum termasuk fee/bagi hasil)

Jadi, total kebutuhan operasional setiap bulannya untuk cuci mobil yakni sebesar Rp 3.420.000,-

3. Keutungan Setiap Bulan

Sementara untuk keuntunganya dari usaha cuci mobil ini tergantung dari banyaknya pelanggan yang didapatkan setiap harinya. Diasumsikan dalam satu bulan kamu mencuci mobil sebanyak 300 mobil dengan hitungan 10 mobil per hari. Dan biaya cuci mobil untuk satu mobil diberi harga Rp 35.000,-. Jadi, keuntungan yang didapat, yakni:

Penghasilan 1 bulan = 300 x Rp 35.000,- = Rp 10.500.000,-

Fee untuk karyawan (bagi hasil) =  300 x Rp 5.000,- = Rp 1.500.000,-

Keuntungan bersih untuk 1 bulan = Rp 10.500.000 – Rp 1.500.000 – Rp 3.420.000 = Rp 5.580.000,-

Dengan keuntungan bulanan di atas, tidak butuh waktu lama kamu sudah bisa balik modal. Apalagi peralatan cucian mobil pastinya punya data tahan cukup lama, jadi tidak perlu membeli lagi di waktu dekat.

Penutup

Itulah tadi informasi seputar peluang usaha cucian mobil rumahan yang ternyata sangat menjanjikan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Bertani Hydroponik

logoblog

Thanks for reading Peluang Usaha Cucian Mobil Rumahan yang Menguntungkan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.