Tuesday, January 5, 2021

Peluang Usaha Angkringan di Rumah yang Menguntungkan

  Poor Man       Tuesday, January 5, 2021

Usaha Angkringan di Rumah - Meskipun sempat tidak diperbolehkan untuk membuka tempat tongkrongan, nyatanya saat ini beberapa tempat tongkrongan sudah mulai aktif kembali. Baik itu tongkrongan di pinggir jalan, cafe, atau bahkan angkringan rumahan. Bisnis satu ini semakin diminati karena kebiasaan para muda-mudi yang suka ngumpul bareng di tempat-tempat angkringan. Terlebih lagi usaha angkringan ini tidak butuh modal besar, dan keuntungan yang didapat terbilang besar.

Kamu yang punya jiwa bisnis bisa mencoba membuka tempat tongkrongan di rumah. Apalagi jika rumahmu berlokasi di tempat yang strategis, jauh lebih menguntungkan lagi dengan membuka angkringan rumahan. Berikut ini informasi lengkap mengenai peluang usaha angkringan di rumah perlu kamu tahu.

Peluang Usaha Angkringan di Rumah yang Menguntungkan


Peluang Usaha Angkringan di Rumah yang Menguntungkan

Bisnis angkringan memang mulai banyak diminati di jaman sekarang ini, khususnya di kalangan anak mudah. Mereka menyulap teras rumah atau bagian samping rumah menjadi tempat nongkrong yang asyik dan menyenangkan. Angkringan rumahan ini tentunya sangat cocok dijalankan bagi kamu yang mencari usaha sampingan di rumah dengan modal kecil.

Apalagi bagi kamu yang punya banyak teman yang suka nongkrong, semakin pas jika memilih bisnis menguntungkan satu ini. Selain itu, ada beberapa daya tarik lain dari usaha angkringan rumahan sehingga menjadikannya peluang bagus untuk dijalankan, di antaranya:

1. Tidak Butuh Modal Besar

Usaha angkringan di rumah tidak mengharuskanmu menyiapkan modal yang besar. Karena memang di sini kamu tidak perlu menyewa tempat sebagai angkringan. Cukup memanfaatkan teras ataupun taman samping rumah untuk dijadikan tempat angkringan yang menarik.

Angkringan dengan konsep rumahan seperti ini memang mulai ramai dijalani oleh banyak orang. Khususnya mereka yang memiliki lahan kosong di rumahnya dan memang punya jiwa bisnis. Untuk penghitungan modalnya sendiri cukup sederhana, berikut ini gambarannya:

·         Biaya renovasi lahan di rumah untuk angkringan = Rp 3.000.000,-

·         Meja dan kursi kayu sederhana = Rp 2.000.000,-

·         Peralatan penyajian (kompor, gelas, wadah, dll) = Rp 2.000.000,-

·         Bahan untuk menu makanan dan minuman = Rp 5.000.000,-

·         Gaji Karyawan = Rp 800.000,- (1 karyawan)

·         Biaya Listrik dan Wifi = Rp 600.000,-

Modal awal investasi dan operasional di atas tentunya masih bisa ditekan lagi jika kamu mau. Misalnya untuk renovasi, bisa mengerjakannya sendiri sesuai konsep yang kamu tentukan. Yang diperlukan hanyalah bahan dan alat untuk renovasi tempat angkringan tersebut.

2. Sudah Menjadi Tren Di Kalangan Muda-Mudi

Nongkrong di tempat angkringan sudah menjadi kebiasaan bagi muda-mudi kekinian sekarang ini. Karena itulah, bisnis angkringan sangat cocok untuk diwujudkan di rumah. Tidak perlu susah mencari pelanggan, mereka pasti akan datang dengan sendirinya.

Agar semakin banyak pelanggan yang datang, pastikan angkringan di rumah tersebut mengusung konsep yang unik. Misalnya saja angkringan dengan konsep taman minimalis, lesehan taman, konsep warna-warni, dan lain sebagainya.

3. Keuntungan yang Didapat Besar

Modal yang kecil bukan berarti keuntungan yang didapat dari bisnis angkringan rumahan juga kecil. Justru menjalankan bisnis angkringan di rumah ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Keuntungan yang besar bisa didapatkan seiring bertambahnya pelanggan yang datang ke tempat angkringanmu.

Selain membuat konsep unik pada angkringan, kamu juga perlu menghadirkan menu yang menarik. Variasi menu ini menjadi senjata kedua selain tempat yang nyaman dan unik. Jika menu sudah ngena di hati pelanggan, pasti mereka akan datang lagi ke angkringanmu tersebut.

4. Minim Risiko

Usaha angkringan rumahan bisa dibilang minim risiko, bahkan nyaris tidak ada risiko sama sekali. Yang menjadi hambatannya adalah saingan yang terbilang ketat, khususnya untuk angkringan yang berlokasi di daerah perkotaan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan memberikan konsep berbeda pada angkringanmu, baik dari segi konsep angkringan, pelayanan, maupun variasi menunya.

Sementara untuk menu makanan basah biasanya menjadi kendala tersendiri bagi pemilik angkringan. Menu makanan basah biasanya tidak bertahan lama, sehingga mau tidak mau harus membuangnya jika memang ada sisa. Solusinya dengan menghadirkan menu dengan penyajian cepat. Kamu bisa membeli bahan mentahannya, dan hanya diolah ketika ada yang pesan.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Angkringan di Rumah

Tidak jarang pemilik angkringan mengeluh karena angkringannya sepi pengunjung. Mungkin mereka belum bisa memaksimalkan potensi dari angkringan yang didirikannya tersebut. Ada beberapa tips agar angkringan rumahan bisa sukses dan dibanjiri pelanggan, di antaranya:

1. Buat Angkringan yang Nyaman

Salah satu tujuan seseorang datang ke tempat angkringan adalah menghibur diri. Karena itulah, pastikan angkringan yang kamu bangun bisa memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Baik dari segi tata letak meja dan kursi, suasana di angkringan, keramahan dalam pelayanan dan lain sebagainya.

Dengan membuat mereka nyaman berada di angkringanmu, dijamin mereka akan kembali lagi di lain waktu. Syukur-syukur mereka bisa menjadi pelanggan tetap di angkringanmu.

2. Lengkapi Angkringan dengan Fasilitas Lengkap

Hal lain yang sering diabaikan oleh pemilik angkringan adalah fasilitas yang tersedia. Pastikan kamu melengkapi angkringan dengan fasilitas terbaik. Mulai dari jaringan Wifi cepat, stop kontak, kamar mandi atau toilet, musholla, tempat cuci tangan, area ramah anak dan lain sebagainya. 

Fasilitas yang lengkap juga bisa memberikan kenyamanan lebih bagi para pelanggan yang berkunjung. Bisa juga menghadirkan spot unik untuk foto selfie bagi para pengunjung yang datang.

3. Variasi Menu yang Unik dan Lezat

Menu di angkringan juga tidak boleh kamu abaikan jika ingin angkringan di rumahmu kebanjiran pengunjung. Hadirkan menu yang beda dari tempat angkringan lainnya, misalnya saja menu ketan unik dengan berbagai varian rasa. Mulai ketan keju, ketan susu, ketan cokelat, atau bisa dimix sesuai keinginan.

Tidak hanya menu makanan dan cemilan, varian minuman unik juga bisa dihadirkan. Misalnya saja menghadirkan berbagai varian thai tea, minuman dengan boba, varian kopi unik dan lain sebagainya.

4. Berikan Harga yang Murah

Harga murah menjadi pilihan bagi para remaja, itu bisa kamu wujudkan di usaha angkringanmu. Meskipun murah, tentu kamu juga tidak boleh mengabaikan rasa dan kualitas dari hidangan yang disediakan, baik itu makanan maupun minuman.

5. Promosikan di Media Sosial

Agar semakin ramai, angkringan di rumah bisa kamu promosikan di media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram atau platform media sosial lainnya. Jika mau, kamu berlakukan penawaran unik bagi para pengunjung.

Penasawaran yang dimaksud misalnya memberikan diskon untuk para pelanggan yang mau berfoto di angkringanmu dan mengunggahnya ke medsos pribadi mereka. Syaratnya mereka harus menandai akun medsos angkringanmu dan memberikan komentar positif sebagai ajakan untuk temannya di medsos.

Penutup

Itulah tadi informasi seputar peluang usaha angkringan di rumah dan tips untuk menjalankannya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next Article: Jasa Pencucian Motor dan Mobil

logoblog

Thanks for reading Peluang Usaha Angkringan di Rumah yang Menguntungkan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.