Monday, February 22, 2021

Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh dalam Bisnis

  Poor Man       Monday, February 22, 2021

Cara Meningkatkan Penjualan - Bagi seorang pebisnis, target utama yang harus dicapai yakni mendapatkan keuntungan yang besar. Jika belum tercapai, sudah seharusnya ia menerapkan strategi penjualan jitu agar semakin menggenjot omset penjualan produknya atau jasanya. Sayangnya, kebanyakan para pemula masih kurang mengerti betul akan hal ini. Alhasil, bisnis yang dijalankannya tersebut stagnan atau bahkan merosot penghasilannya. Jika dibiarkan pastilah bisnis tersebut akan gagal dan berhenti di tengah jalan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena di jaman yang sudah modern seperti sekarang ini kamu bisa dengan mudah menemukan informasi mengenai bisnis. Salah satunya yakni cara untuk meningkatkan penjualan dalam urusan bisnis. Tidak perlu mencari kemana-mana, karena pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap. Berikut ini informasi mengenai cara meningkatkan penjualan dalam usaha yang selengkapnya.

Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh dalam Bisnis


Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh dalam Bisnis

Di internet kita bisa dengan mudah menemukan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dalam urusan bisnis. Hanya saja, mungkin dari beberapa informasi yang tersedia kamu cukup kesulitan untuk memahaminya. Karena itulah, pada artikel kali ini akan dibahas cara meningkatkan penjualan dengan bahasa yang lebih ringan dan mudah dimengerti.

Untuk urusan meningkatkan penjualan dalam bisnis ini setidaknya ada dua metode yang bisa kamu lakukan. Kedua metode yang dimaksud tersebut yakni meningkatkan penjualan dengan media online dan media offline.

Pada jaman yang sudah modern seperti sekarang ini kamu perlu menyeimbangkan kedua metode tersebut. Jangan hanya menggunakan satu metode saja, melainkan menerapkan semua metode agar peluang meningkatkan omset penjualan semakin besar. Agar lebih mudah memahami strateginya, berikut ini cara mudah meningkatkan omset penjualan secara online dan offline selengkapnya, yakni:

Meningkatkan Penjualan dengan Metode Online

Seperti yang kita tahu, dunia online sekarang ini berkembang dengan sangat pesat. Hal ini juga berpengaruh terhadap bisnis, di mana beberapa jenis bisnis offline sudah merambah ke sistem online. Salah satu contohnya adalah jualan produk, sekarang ini tidak perlu toko fisik seperti dulu. Kita bisa memanfaatkan rumah sebagai gudang dan produk diposting di marketplace atau toko online pribadi.

Penjualan online adalah salah satu metode pemasaran produk atau jasa yang diklaim sangat efektif untuk menjaring banyak calon pelanggan. Pasalnya melalui media online tidak ada batasan jarak dan waktu dalam urusan menawarkan produk dan jasa. Untuk sistem ini sendiri dikenal juga dengan sebutan digital marketing.

Memang jika dilakukan perbandingan antara digital marketing dan marketing offline, keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, untuk soal jangkauan digital marketing dirasa lebih efektif. Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan, di antaranya:

·         Google Ads. Beriklan di Google Adwords untuk menjaring lebih banyak orang.

·         Facebook Ads. Mirip seperti Google Ads, namun di sini kamu menggunakan platform iklan dari Facebook.

·         SEO atau Search Engine Optimization. Membuat situs khusus untuk menunjang bisnis.

·         Sosial Media Marketing. Menawarkan produk dan jasa melalui akun sosial media populer.

·         Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meningkatkan Penjualan dengan Metode Offline

Selain marketing secara online, kamu juga menyeimbangkannya pula dengan pemasaran secara offline. Ini merupakan pondasi utama yang harus kamu persiapkan lebih matang terlebih dahulu dalam membangun sebuah bisnis. Pasalnya, jika hanya mengandalkan metode online, orang-orang pasti sedikit banyaknya kurang yakin dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut.

Ada beberapa tips untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis secara offline, di antaranya:

1. Memperluas Target Pasar

Trik yang pertama agar omset penjualan semakin meningkat yakni dengan melakukan perluasan target pasar. Misalnya kamu mulai dengan memperkenalkan produk atau jasamu di kota A. Jika target pasarnya sudah penuh, maka kamu bisa memperluasnya lagi ke kota B. Begitu seterusnya hingga bisnismu tersebut dikenal oleh banyak orang dan punya sangat banyak pelanggan.

Untuk memperluas wilayah target bisnis mungkin akan memaksamu mengeluarkan biaya lagi. Akan tetapi, jika berhasil pastinya akan akan sangat cepat kembali modal, bahkan keuntungan yang didapat jauh lebih besar. Namun, sebelum mulai memperluas target pasar, sebaiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu. Riset pasar dilakukan untuk mengetahui ketatnya persaingan, minat produk atau jasa, hingga harga yang berlaku.

2. Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Selain memperluas target pasar, jangan lupa juga untuk selalu menghadirkan hal baru dalam bisnismu. Hal baru yang dimaksud yakni dengan meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut. Kebanyakan orang akan merasa bosan jika produk dan jasa yang ditawarkan begitu-begitu saja, tidak pernah ada perkembangan.

Meningkatkan kualitas dari produk atau jasa mungkin mengharuskan kamu memperbesar harga jualnya. Agar para pelanggan tidak kabur, kamu harus bisa menjelaskan peningkatan kualitas dari produk atau jasamu tersebut. Cara ini tidak hanya akan mempertahankan pelanggan lama, melainkan juga para calon pelanggan.

3. Memilih Lokasi yang Strategis

Jika yang menjadi kendala dalam bisnismu adalah masalah lokasi, maka perbaikan dari sektor ini perlu dilakukan. Analisa dulu apakah benar yang menjadi faktor utama usahamu tidak ada peningkatan adalah karena lokasinya yang kurang strategis. Jika benar, maka kamu bisa mulai mencari-cari tempat yang sekiranya cocok dengan bisnismu tersebut.

Memilih lokasi usaha yang strategis akan memberikan pengaruh cukup besar terhadap penjualan. Misalnya saja produk yang kamu jual merupakan makanan dan souvenir khas daerah, maka lokasi yang tepat yakni di dekat jalan raya dan dekat dengan tempat wisata ternama di daerah tersebut. Jadi, sebelum membangun sebuah usaha kamu harus memikirkan dengan matang lokasi yang tepat untuk usahamu tersebut.

4. Membuat Pelanggan Tetap Setia

Inilah hal paling penting harus kamu lakukan agar bisnis yang kamu jalankan tetap bertahan dan cenderung meningkat omsetnya. Pelanggan harus kamu istimewakan agar mereka tidak berpaling ke lain hati, sama halnya dengan orang terkasih. Perlakukan mereka seolah raja dan ratu sehingga mereka pun tidak akan pernah meninggalkanmu.

Salah satu cara untuk menjaga kesetiaan para pelanggan yakni dengan sering mem-follow up dan berikan informasi menarik untuk mereka. Misalnya saja peluncuran produk atau jasa baru, pengembangan fitur dan kualitas, hingga bonus atau potongan harga untuk para pelanggan loyal. Perlu kamu tahu, pelanggan yang sudah pernah beli atau menyewa jasamu akan lebih mudah tertarik untuk re-order.

5. Sering Memberikan Promo dan Diskon

Cara lain untuk meningkatkan omset penjualan yakni dengan sering memberikan promo atau diskon. Promo dan diskon ini sendiri bisa kamu berikan di waktu-waktu tertentu, seperti hari perayaan, harbolnas, black friday atau yang lain sebagainya.

Jangan lupa juga, promo dan diskon tersebut kamu berikan masa aktif untuk diklaim oleh para pelanggan. Dengan cara ini akan membuat para pelanggan lebih terdorong untuk segera order dan menggunakan event promo dan diskon tersebut. Cara untuk memberitahu kepada para pelanggan kalau ada promo, bisa melalui banner, email, atau pesan melalui SMS.

6. Memberlakukan Garansi

Kebanyakan pelanggan lebih suka membeli sebuah produk atau jasa yang dilindungi dengan  garansi. Dengan adanya garansi ini mereka akan merasa lebih aman dan percaya sehingga tidak perlu berpikir panjang untuk membelinya.

Agar tidak mengalami kerugian karena adanya sistem garansi, maka kamu bisa menaikkan harga dari produk dan jasamu tersebut. Untuk masa garansinya sendiri bisa kamu sesuaikan sendiri dengan jenis produk dan jasamu. Tidak perlu terlalu lama masa garansinya agar kamu tidak dirugikan karena adanya garansi tersebut.

7. Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis kamu harus memperlakukan pelanggan layaknya raja dan harus diistimewakan. Sebagai bentuk memberikan keistimewaan terhadap mereka adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan terbaik ini sendiri meliputi, ramah dengan pelanggan, memberikan penjelasan dan pemahaman tentang bisnismu dengan baik, dan membantu semua hal yang mereka perlukan.

Dengan cara ini tentu akan membuat para pelanggan merasa puas sehingga suka dengan produk dan jasa yang kamu berikan. Jika sudah seperti ini secara otomatis mereka akan merekomendasikan bisnismu tersebut kepada teman atau kerabat dekatnya. Dan secara tidak langsung juga hal ini akan mampu sedikit banyaknya meningkatkan penjualan dalam bisnis yang kamu jalankan.

8. Memberikan Testimoni dan Review

Memberikan penawaran kepada para calon pelanggan ataupun pelanggan lama biasanya kita akan menggunakan kata-kata yang manis. Akan tetapi, beberapa orang terkadang tidak terlalu percaya akan penjelasan yang kamu sampaikan tersebut. Solusi terbaiknya adalah dengan menunjukkan testimoni atau review yang diberikan oleh pelanggan lain.

Namun, sebelumnya kamu perlu meminta dulu review dari para pelanggan yang sudah membeli produk atau jasamu. Cara ini diklaim lebih efektif untuk menarik para pelanggan baru untuk tujuan meningkatkan omset penjualan dalam bisnis. Tentunya bukan review jelek yang ditunjukkan, melainkan review positif dari pelanggan. Agar mendapatkannya, beberapa hal yang sudah disebutkan di atas harus kamu terapkan.

9. Membuat Paket Bundling

Jika kamu memiliki beberapa produk sekaligus untuk ditawarkan dan saling terkait, maka trik satu ini bisa coba diterapkan. Kamu bisa menyediakan paket bundling untuk produk yang kamu tawarkan. Dalam membuat paket bundling pastikan kamu menentukan harga yang lebih mudah dibandingkan harga per satuannya. Cara ini cukup efektif untuk menarik para pelanggan untuk lebih memilih paket bundling tersebut.

Selain bisa membuat pelanggan mudah membeli, ini juga akan memberikan nilai tambah bagi mereka. Secara tidak langsung juga kamu bisa meningkatkan penjualan produk, di mana sekali penjualan langsung ada beberapa jenis produk yang terjual.

10. Brand Awareness

Dan cara yang terakhir untuk meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa yakni dengan memperkuat nama brandmu. Dengan nama brand yang sudah sangat kuat, maka kamu akan lebih mudah lagi mendapatkan pelanggan baru dan membuat pelanggan lama tetap setia.

Lantas, bagaimana cara memperkuat brand bisnismu tersebut. Caranya dengan menerapkan strategi marketing yang tepat dan konsisten. Mamperkenalkan produk dan jasa ke semua orang, baik melalui media online maupun offline. Semua harus kamu lakukan secara seimbang dan berkelanjutan.

Beberapa cara untuk tingkatkan penjualan di atas bisa kamu terapkan baik untuk  bisnis toko online ataupun toko offline. Akan tetapi, memang lebih efektif keduanya dijalankan secara beiringan. Toko offline-nya ada dan toko online untuk bisnis tersebut juga ada. Inilah cara meningkatkan penjualan toko yang paling efektif harus kamu terapkan.

Contoh Strategi Penjualan Terbaik untuk Meningkatkan Omset

Di atas sudah saya jelaskan sedikit tentang strategi pemasaran secara online, namun kali ini akan dijelaskan secara lebih terperinci. Adapun beberapa strategi marketing untuk meningkatkan penjualan produk selengkapnya, sebagai berikut:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Yang pertama ada SEM atau yang memiliki kepanjangan Search Engine Marketing. Ini merupakan salah satu strategi marketing online yang paling populer dan efektif dilakukan di jaman serba digital seperti sekarang ini.

Cara ini bisa dikatakan sebagai jalan pintas untuk meraih posisi utama Search Engine Result Page atau SERP, dikarenakan SEO situs yang belum cukup baik. Sayangnya cara ini mengharuskanmu mengeluarkan budget lebih untuk beriklan di Google tersebut. Meski demikian, namun cara ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Untuk cara yang kedua ini hanya berlaku bagi situs yang sudah punya SEO bagus dan mampu bersaing di Page One Google. Hasilnya sama efektifnya dengan cara di atas, hanya saja untuk penggunaan budget bisa dibilang lebih minim.

Di sini kamu hanya mengandalkan konten yang diposting di situs resmi untuk bisnismu tersebut. Jika sudah berhasil nangkring di Page One Google, siap-siap saja pembeli akan berdatangan. Yang penting juga kamu harus tepat menargetkan kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasamu tersebut.

3. Sosial Media Marketing

Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnismu. Ini juga bisa dijadikan langkah untuk membangun brand awareness sehingga bisnismu lebih dikenal oleh orang banyak.

Kamu bisa membuat sendiri akun media sosial untuk bisnismu tersebut. Mulai dari akun Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Linkedin dan lain sebagainya. Agar lebih efektif, kamu juga bisa bekerjasama dengan influencer untuk mengenalkan brand bisnismu.

4. Email Marketing

Strategi internet marketing yang tidak kalah efektif untuk meningkatkan penjualan toko yakni dengan email marketing. Di sini kamu bisa mengumpulkan alamat email para pelanggan ataupun calon pelanggan untuk dikirimi penawaran menarik.

Penawaran bisa berupa promo dan diskon, informasi produk, penawaran keanggotaan dan lain sebagainya.

5. Content Marketing dan Inbound Marketing

Keduanya ini memang saling berkaitan dan sama-sama merupakan strategi dalam digital marketing. Untuk content marketing kamu buat dan berikan kepada para audiens yang tepat sasaran. Tujuannya untuk mengenalkan sekaligus memberikan solusi kepada mereka sehingga akhirnya mendorong mereka membeli produkmu.

Sementara untuk inbound marketing yakni melakukan pendekatan yang lebih baik kepada para pelanggan dan calon pelanggan. Buatlah konten menarik yang akan memberikan banyak orang solusi terhadap masalah yang mereka hadapi. Konten juga tidak boleh keluar jalur dan diakhir penjelasan akan mengarahkan orang-orang untuk membeli produk atau jasamu.

6. Cause Marketing

Sederhananya strategi marketing ini yakni memberi bantuan kepada masyarakat sekaligus mendapatkan keuntungan darinya. Sebagai contohnya kamu ikut memberikan suntikan dana untuk sebuah kegiatan yang diadakan di masyarakat.

Pastikan kamu memilih kegiatan yang tepat untuk menjadi sponsor bagi mereka, agar keuntungan yang didapat lebih besar.

7. Advertorial

Dan strategi marketing satu ini hampir mirip seperti content marketing, hanya saja gaya penyampaiannya yang berbeda. Di sini kamu bisa membuat sebuah konten dengan gaya jurnalis, di mana secara tidak langsung pembaca akan dikenalkan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara meningkatkan penjualan dan beberapa contoh strategi pemasaran yang paling efektif untuk dilakukan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online Shop

logoblog

Thanks for reading Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh dalam Bisnis

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.