Thursday, March 11, 2021

Strategi mengembangkan startup yang baik

  Poor Man       Thursday, March 11, 2021

Ingin membangun atau memiliki startup cukup mudah dikerjakan. Anda juga bisa memulainya dari sekarang. tapi ada hal yang sulit untuk dilalui, terutama dalam menjaga dan mengembangkan startup untuk terus eksist.

Mungkin lebih tepat jika mengembangkan startup adalah sebuah kunci sukses dan harus dipertahankan. bukan hal mudah untuk terus berkembang dalam startup. ada banyak tantangan yang harus dilewati, bahkan itu akan selalu berbeda di setiap harinya.

strategi mengembangkan startup


Dalam artikel ini, Anda bisa menemukan strategi untuk mengembangkan startup dengan baik. ini akan menjadi topik yang sangat penting, terutama bagi Anda pelaku bisnis startup yang baru memulai.

Strategi mengembangkan startup yang baik

Memiliki startup itu bisa dikatakan mudah, tapi Anda tidak dapat melakukannya dengan sembarangan. jika Anda punya sebuah pondasi yang cukup kuat dalam membangun startup. kemungkinan terbesarnya adalah startup Anda dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk itu, Anda harus menggunakan beberapa strategi mengembangkan startup yang benar. mungkin tidak banyak informasi yang kami bagikan. tapi hal utamanya adalah bisa memberikan banyak manfaatkan kepada Anda.

1. Mencari ide bisnis yang tepat

Startup dalam pandangan Neil Blumenthal adalah sebuah perusahaan yang punya visi untuk dapat menyelesaikan kendala sosial. artinya, Anda tidak bisa menghilangkan inovasi-inovasi baru saat mengembangkan Startup. itu sudah tidak bisa dipisahkan dan akan selalu terkait dengan erat.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk serius dalam mengembangkan Startup. Anda harus memiliki ide-ide baru yang tepat untuk bisa menyelesaikan kendala sosial. Anda dapat menemukannya dari lingkungan sekitar. coba analisa sendiri, hal-hal apa yang kerap menjadi kendala di tengah-tengah masyarakat. disini Anda bisa menemukan solusi yang bagus untuk mengatasinya.

Dengan Anda menggunakan strategi seperti ini, besar kemungkinan Anda bisa mengembangkan startup lebih juah dan bertahan lama. nantinya orang-orang akan menyadari dengan sendirinya, bahwa ada manfaat yang diterima.

2. Membuat sebuah rencana bisnis yang besar

Hal wajib yang harus Anda miliki adalah membuat rencana bisnis yang besar ( business plan big ). dengan membangun rencana matang, akan menjadi strategi pemasaran bagus. ini akan berlangsung lama dan membantu Anda dalam mencapai target.

Tidak hanya memberikan keuntungan dari sktruktur yang lebih fokus. tapi menerapkan strategi ini dapat mendapatkan banyak manfaat lain. bahwa itu akan memudahkan Anda dalam mendapatkan pinjaman dana atau investor. rencana yang besar dapat memberikan prospek baik dalam Startup. jadi Anda tidak boleh mengabaikan hal ini jika ingin sukses.

3. Mencari kebutuhan sumber dana

Startup masuk dalam ketegori bisnis yang sangat ideal, namun dalam mengembangkannya bukan tidak mungkin tanpa dana atau modal. setiap orang yang menjalankan bisnis pasti akan memberikan sebuah penghargaan kepada semua orang yang bekerja dibawah. baik itu diberikan untuk membiayai kebutuhan bulanan hingga sebagai modal untuk mengembangkan bisnis dengan inovasi baru.

Terdapat 6 kebutuhan sumber dana atau modal yang harus dikeluarkan untuk membiayai Startup. di antaranya dana kredit, dana simpanan pribadi, dana keluarga / teman, dana perusahaan, dana investasi personal, dan dana bank / crowdfunding. pahami semua ini dengan baik, Anda bisa lebih mudah dalam mengembangkan Startup.

4. Menemukan rekan kerja yang sejalan dengan visi dan misi

Saat membangun Startup di tahap pertama, Anda harus memilih dengan hati-hati bersama siapa yang akan diajak untuk mengembangkan bisnis. ini memiliki tingkatan yang cukup sulit untuk dikerjakan. memilih orang-orang yang punya tujuan misi dan visi sejalan, akan memberikan proses yang bagus.

Dalam hal ini, memiliki tujuan sama akan sangat membantu dalam mengembangkan Startup. meski kadang bisa terjadi beberapa perbedaan, tapi yang terpenting masih dapat memberikan kontribusi baik untuk masyarakat. Anda harus bersyukur lebih banyak, karena dari inovasi dan ide yang diberikan sangat membantu dalam mengembangkan Startup Anda.

Pada awal membangun Startup, Anda tidak boleh melupakan hal penting lainnya. pastikan untuk melakukan diskusi denan beberapa akuntan, pengacara, dan penasihat finansial. meraka cukup memberikan dampak yang besar dan siap memberikan kontribusi besar dalam bisnis Anda kedepannya nanti.

Jika langkah tersebut sudah Anda kerjakan, berikutnya Anda bisa mencari orang-orang yang memiliki banyak inovasi, ide, dan kreatifitas dalam mengembangkan Startup.

5. Membangun system online dan offline

Ketika Startup Anda sudah berjalan, pasti ingin mendapatkan hasil yang bagus dan selalu eksis di tengah-tengah masyarakat. strategi lain yang harus Anda terapkan adalah tidak meninggalkan pemasaraan offline dan online. ini adalah kunci sukses yang sangat bagus untuk Anda.

Dalam pemasaraan offline, Anda harus memiliki sebuah kantor. sebisa mungkin, buat desain kantor Anda untuk nyaman bagi semua pekerja. penuhi semua fasilitas yang dibutuhkan untuk pekerjaan. apabila memiliki dana lebih, Anda dapat memberikan fasilitas hiburan. ini dapat menghilangkan perasaan jenuh dan bosan selama bekerja.

Untuk pemasaran online, tugas Anda harus lebih aktif. buat website atau blog dengan tampilan professional. berikan layanan chat atau kontak pelanggan yang lengkap. ini akan memberikan interaksi yang lebih dekat kepada calon pelanggan.  

6. Jalin hubungan baik dengan konsumen

Pemilik Startup yang baru merintis, pasti akan selalu mencari calon pelanggan baru. namun ada hal yang kadang dilupakan, bahwa sangat penting sekali untuk membuat pelanggan merasa loyal. dalam fakta, membuat promosi untuk calon pelanggan baru, akan menghabiskan biaya promosi yang cukup besar. ini sangat berbeda, ketika mampu untuk mempertahankan pelanggan loyal.

Pelanggan yang loyal dapat membeli produk kembali tanpa melakukan pencarian. jadi sangat penting untuk Anda menggunakan loyalty card (system poin) kedalam system Startup Anda. jalin hubungan yang erat dengan semua pelanggan Anda. buat inovasi-inovasi baru yang dapat menarik kembali pelanggan lama untuk membeli produk-produk Anda.

7. Tidak mudah untuk menyerah

Mungkin ini sudah tidak asing untuk didengar bagi pelaku bisnis. meski cukup klasik, tapi itu dapat memberikan harapan yang sangat bagus untuk kedepannya.

“Tidak mudah untuk menyerah”

Kalimat ini memang tidak hanya berlaku untuk pelaku bisnis, namun dalam segala hal apapun pantas untuk berkaca dari kalimat tersebut.

Meski terbaca cukup singkat, makna yang ada di dalamnya sangat kuat. ini dapat mendorong semua orang untuk memiliki tekat yang lebih besar saat menjumpai kegagalan. orang-orang yang sukses, pasti pernah mengalami hal-hal yang tidak nyaman. bahkan sempat memilih untuk menyerah.

Tapi membaca sepenggal kalimat diatas, bisa memberikan pengaruh besar yang berdampak positif. bahwa masih banyak jalan yang bisa dicapai untuk sukses. mengganggap bisnis menjadi seni, akan menjadi sebuah keuntungan besar.

Emosi, insting, kecerdasaan, peluang, dan intuisi. memiliki peran yang sangat besar dalam mengembangkan sebuah bisnis. faktanya dalam menjalankan bisnis dapat merasakan kemajuan yang cepat, stagnan, bahkan menurun drastis. tapi kembali lagi, bahwa kuncinya satu; “tidak mudah untuk menyerah”.

logoblog

Thanks for reading Strategi mengembangkan startup yang baik

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.