Friday, July 23, 2021

4 Tips Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya

  Poor Man       Friday, July 23, 2021

Tips Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya - Dewasa ini, reseller menjadi satu model usaha yang digemari oleh para pebisnis. Hampir semua orang bisa melakukannya, seperti mahasiswa, pekerja kantoran, pegawai negeri sampai ibu rumah tangga.

Tips Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya


Bisnis menjadi seorang reseller bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun relatif mudah untuk dijalankan, baik secara online maupun offline. Kita bisa menjalankannya dengan santai sebagai sumber penghasilan tambahan. Tidak ada tekanan berlebihan dalam bisnis ini.

Supplier menjadi faktor utama yang menentukan kelancaran bisnis reseller. Oleh karena itu Anda harus pandai dalam memilih supplier yang tepat dan terpercaya. Berikut ini 4 Tips Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya untuk berjualan online maupun offline.


1. Produk berkualitas dan terpercaya

Pastikan supplier memiliki produk berkualitas dengan harga yang sesuai dan layak untuk dijual. Sebaiknya lakukan percobaan dengan membeli sendiri produk ke supplier yang akan dipilih.

Anda harus menelusuri informasi mengenai calon supplier, bisa lewat internet. Carilah website atau akun media sosial mereka dan teliti riwayatnya. Dengan demikian bisa dipastikan kualitas produk, pelayanan dan keterpercayaan dari supplier. Reseller juga tidak akan khawatir ditipu dan terhindar dari supplier yang tidak bertanggung jawab.

Setelah yakin dengan pilihan, pastikan kembali beberapa hal seperti bagaimana jika terjadi masalah seperti produk salah kirim (tidak sesuai pesanan), paket tidak sampai, produk cacat dan tiga poin berikutnya yang akan kita bahas.


2. Respon cepat (Fast respons)

Stok produk di gudang relatif cepat berubah, oleh karena itu supplier harus merespon setiap pesanan dengan cepat. Ketika reseller mengecek stok suatu produk, maka supplier harus tanggap dalam menginformasikan kepada reseller.

Pembeli biasanya tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan kepastian ada atau tidaknya produk yang ingin dipesannya.Jangan sampai pembeli merasa dibohongi karena kita menawarkan produk yang sudah sold out.

Sebaiknya jangan mengandalkan satu channel saja untuk berkomunikasi dengan supplier. Anda bisa menggunakan telepon, chatting, atau e-mail. Apabila ada masalah dari satu channel yang biasanya Anda gunakan, masih ada pilihan lainnya untuk menghubungi supplier.


3. Dukungan penuh untuk reseller

Biasanya supplier memberikan dukungan kepada reseller untuk pemasaran produk. Dukungan seperti katalog berisi informasi lengkap mengenai produk, alat promosi (x-banner dan brosur) atau pelatihan untuk meningkatkan penjualan.

Bagi reseller yang fokus berjualan online, ada juga supplier yang memberikan dukungan berupa foto dan informasi produk serta program promosi saja. Misalkan diskon harga dan ongkos kirim gratis.


4. Pengiriman ke semua wilayah

Reseller online bisa mendapatkan pesanan dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, sebaiknya dicari supplier yang bisa menangani pengiriman dengan jangkauan wilayah yang luas. Kecuali jika Anda fokus melayani pemesanan dari dalam negeri saja, cukup mencari supplier yang bisa mengirim ke seluruh Indonesia.

Demikianlah tadi mengenai 4 Tips Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya, semoga bisa menjadi referensi bermanfaat dalam menjalankan dan pengembangan bisnis anda. Salam sukses!


Baca juga: Cara Membidik Target Pasar Potensial

logoblog

Thanks for reading 4 Tips Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.