Saturday, July 24, 2021

Prinsip Penting Teknik Mudah Closing Produk Jualan Online yang Efektif

  Poor Man       Saturday, July 24, 2021

Teknik Mudah Closing Produk Jualan Online - Penguasaan teknik closing saya kira wajib hukumnya bagi kamu yang berprofesi sebagai seorang marketer. Tahapan terakhir penentu keputusan pembelian customer agar membeli produk yang ditawarkan. Closing adalah tujuan akhir penjual. Dalam hal ini adalah Teknik Mudah Closing yang efektif, bukan yang asal-asalan.

Teknik Mudah Closing Produk Jualan Online


Berdasarka sebuah riset sederhana, banyak pencarian untuk kata kunci ‘arti kata closing’ dan ‘cara closing produk/sales yang jitu pasti berhasil’. Ini mengindikasikan informasi yang akan kami share di sini sangat bermanfaat bagi kamu yang sudah membaca sampai kalimat ini. Mari lanjutkan.

Teori dan praktek ibarat kamu dan jodoh kamu, dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pilih mana, memahami teori dulu baru kemudian praktek, atau praktek dulu baru kemudian menemukan teori dan memahaminya. Kalau saya jelas pilih yang pertama. Jika sependapat, lanjutkan membaca prinsip closing di bawah ini sebelum menerapkan teknik closing yang akan menjadi bahasan selanjutnya.


1. Jangan menyerah dengan kata TIDAK

Ketika calon pembeli menolak penawaran kita dengan mengatakan TIDAK atau NGGA. Maka ini bukan akhir dari segalanya. Dibalik penolakan pasti ada alasannya. Posisikan kamu sebagai pembeli, coba tebak apa yang ada di benak calon konsumen.

Misalnya seorang penjual jam tangan couple yang mendapatkan penolakan dari calon konsumen. Mungkin karena alasan tidak sekarang karena belum punya uang, tidak cocok dengan harganya, tidak tertarik dengan warnanya, dan lain sebagainya.

Terus gali keinginan calon konsumen dan temukan alasan kenapa mereka menolak penawaran kamu. Misalkan calon konsumen tidak berminat karena warnanya tidak sesuai seleranya, kamu tinggal menawarkan produk lain dengan warna yang diinginkan.

Prinsip ini sejalan dengan perinsip “Penanya yang menang”. Terus ajukan pertanyaan ke calon konsumen sampai kamu mengetahui keinginan mereka. Jangan sampai perbincangan berhenti di kamu. Jawab, tanya. Jawab, tanya. Ajukan pertanyaan yang berpeluang besar dijawab YA! oleh calon pembeli.


2. Jangan pernah berkata TIDAK kepada calon konsumen

Marketer handal selalu berkata ada, bisa dan boleh. Setiap pernyataan atau pertanyaan calon konsumen merupakan kesempatan untuk ‘menyerang balik’ mereka.

Misalnya jika konsumen bertanya, “Apa ada model jam tangan couple lain dengan warna yang sama?” Jangan berpikir, langsung saja jawab ADA! meskipun kita belum tahu status stoknya. Setelah itu segera cek stok produknya.

Syukur kalau stoknya ada, kalau ternyata sudah habis, kamu bisa bilang, "maaf ternyata stoknya habis. Model yang ini best seller banyak peminatnya.”

“Bisa dikirim foto-foto model yang ready?” Jawab BISA! dan usahakan kirim secepatnya. “Boleh dijelaskan spesifikasinya?” Jawab BOLEH! dan jelaskan serinci mungkin.


3. Selalu membuat NYAMAN calon pembeli

Tiga kata yang wajib digunakan ketika berkomunikasi dengan calon pembeli adalah maaf, terima kasih dan tolong. Kita harus selalu memakai kata atau kalimat positif kepada konsumen.

Misalnya, “Maaf ka, kalau sudah transfer segera konfirmasi ya, biar segera diproses.” “Terima kasih atas orderannya, semoga awet produk dan juga pemiliknya.” “Tolong kirim alamat lengkapnya ka.”


4. Panggil dengan NAMA konsumen agar lebih akrab

Sebutkan nama konsumen saat berinteraksi. Hal ini bisa lebih mendekatkan dan menambah kepercayaan konsumen terhadap kamu. Misalnya : Terima kasih ka Indri atas orderannya, no resi akan dikirim segera sebagai bukti produk sudah dikirim.


5. PUJI calon konsumen

Pada dasarnya seseorang senang dipuji. Cobalah untuk mengapresiasi konsumen dengan kata-kata pujian. seperti  : Selera kaka bagus, kebetulan produk ini memang lagi nge-trend.

Berhasil closing memang tidak semudah menengok ke kiri dan ke kanan, Dr. Herb True dalam penelitiannya menjelaskan bahwa 46% penjual menyerah ketika gagal closing untuk pertama kalinya dan 60% closing terjadi di percobaan kelima. Jadi, jangan gampang menyerah.

Setelah berkutat dengan teori Teknik Mudah Closing di atas, kami yakin anda sudah siap untuk mempraktekannya dalam berjualan. Percayalah closing produk akan semakin mudah. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!!


Baca juga: Tips Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya

logoblog

Thanks for reading Prinsip Penting Teknik Mudah Closing Produk Jualan Online yang Efektif

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.