Saturday, July 31, 2021

5 Cara Cerdas Memilih Bisnis Waralaba atau Franchise yang Tepat

  Poor Man       Saturday, July 31, 2021

Memilih Bisnis Waralaba - Bisnis waralaba atau franchise bisa menjadi alternatif Anda dalam memulai bisnis yang praktis. Hal ini dikarenakan bisnis waralaba sudah terkonsep dengan rapi mulai dari sistem kerja, cara pembuatan, dan lain-lain. Anda tinggal menjalankan saja sesuai prosedur yang ada.

5 Cara Cerdas Memilih Bisnis Waralaba atau Franchise yang Tepat


Bisnis waralaba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis pada umumnya. Oleh karena itu kita perlu melakukan pengembangan agar bisnis ini bisa terus bertahan dan maju, misalnya dengan merencanakan strategi pemasaran atau promosi.

Saat ini banyak bisnis waralaba lokal yang menawarkan modal kecil dengan keuntungan yang relatif besar. Mulai dari jutaan sampai ratusan juta rupiah, tergantung jenis bisnisnya. Anda harus berhati-hati dan jeli dalam Memilih Bisnis Waralaba atau Franchise yang Tepat dengan mempertimbangkan beberapa faktor tertentu. Mari simak pemaparan berikut ini.


1. Pelajari bisnis waralaba

Anda harus memahami terlebih dahulu seluk beluk jenis bisnis ini. Mulai dari waralaba itu sendiri, tata kelola, pokok-pokok perjanjian, aspek keuangan, pemilik bisnis dan pola kontrak kerja samanya.

Pilihlah jenis bisnis waralaba yang sesuai dengan minat atau passion Anda. Apakah itu makanan atau minuman, restoran, retail, jasa transportasi, jasa pengiriman dan lain sebagainya.


2. Bisnis harus kredibel

Sebaiknya mencari bisnis waralaba yang sudah dikenal oleh orang banyak, atau sedang hits pada waktu itu. Tentu saja terkenal dengan nama positif pemilik atau brand-nya dan produknya yang bagus serta unik. Jangan langsung tertarik dengan bisnis waralaba yang menawarkan modal kecil.

Kredibilitas atau citra produk dalam bisnis waralaba sangat penting dalam menarik minat konsumen membeli produk kita. Selain itu bekerja sama dengan franchistor berpengalaman dan sudah punya nama menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan.


3. Modal awal yang ditawarkan

Sebaiknya memilih bisnis waralaba sesuai dengan kemampuan modal yang dimiliki oleh Anda. Banyak bisnis waralaba yang menawarkan modal kecil, tetapi dengan potensi keuntungan yang lumayan besar.


4. Izin bisnis sudah legal

Periksa izin waralaba yang akan dipilih untuk memastikan kelegalannya. Jika bisnisnya berupa produk makanan atau minuman, cek kelengkapan sertifikat PIRT atau Halal MUI-nya. Jangan sampai salah pilih bisnis waralaba.

Pastikan usaha tersebut memiliki izin jelas dan produk yang ditawarkan bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai terjerat kasus hukum dan membuat bisnis waralaba yang telah dikembangkan jadi gulung tikar.


5. Gali informasi selengkap mungkin

Telusuri informasi mengenai reputasi bisnisnya. Kita harus tahu perjalanan pemilik bisnis dalam mengawali usaha, sudah berjalan berapa lama, produknya, sistem yang sudah teruji serta jumlah cabang dimiliki.

Coba lakukan survey dengan mendatangi salah satu cabang, cobalah beli produknya dan lakukan pengamatan langsung beberapa kali. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, maka Anda bisa menentukan apakah bisnis waralaba tersebut layak, baik dan mampu untuk bertahan lama.

Selain itu, dengan mengetahui cara franchisor memulai bisnis, kita bisa mengambil pelajaran untuk mengembangkan bisnis tersebut nantinya. Pastikan juga bahwa jenis bisnis ini cocok untuk dibuka atau diaplikasikan di lokasi yang Anda tentukan.

Demikialah tadi diantaranya beberapa tips cara Memilih Bisnis Waralaba atau Franchise yang Tepat. Semoga Anda yang tertarik berbisnis waralaba bisa menemukan franchistor yang tepat. Salam sukses selalu!!.


Baca juga:  Tips Sukses Mengikuti Pameran UKM

logoblog

Thanks for reading 5 Cara Cerdas Memilih Bisnis Waralaba atau Franchise yang Tepat

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.