Friday, August 6, 2021

Meningkatkan Pertumbuhan Startup Bisnis Anda

  Poor Man       Friday, August 6, 2021

Sebelum membahas tentang strategi growth hacking di startup, terlebih dahulu kita akan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan growth hacking itu sendiri. Growth hacking merupakan suatu strategi yang terfokus pada pertumbuhan bisnis.

Strategi growth hacking di startup hadir bertujuan untuk mengakuisisi pengguna dan pelanggan sebanyak mungkin dengan mengeluarkan budget atau dana marketing seminimal mungkin. Dengan strategi yang tepat, tentu saja growth hacking sangat berguna bagi setiap pebisnis.

Bagi Anda yang ingin menerapkan strategi growth hacking untuk usaha yang sedang Anda bangun atau Anda rintis, berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda!

Strategi Growth Hacking di Startup


Strategi Growth Hacking di Startup

Memaksimalkan followers

Followers adalah sekumpulan orang yang berpotensi menjadi customer. Jadi, jika Anda tidak bisa langsung mendapatkan customer untuk closing, hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar terjadi dalam sebuah bisnis. Apalagi jika Anda baru pertama kali membuat suatu bisnis atau usaha.

Solusinya, Anda tetap harus berusaha membuat suatu komunitas yang memaksimalkan followers di dalamnya. Dari followers yang sudah menjadi bagian dari bisnis Anda tersebut, potensi closing akan jauh lebih besar. Terlebih jika Anda dapat memberikan informasi menarik, penting dan bermanfaat dari followers yang sudah bersama Anda tersebut.


Membangun komunitas

Dari followers yang sudah Anda gaet, buat sebuah komunitas. Komunitas ini di dalamnya bisa menjadi alat Anda memaksimalkan promosi. Dengan memiliki komunitas, artinya Anda sudah punya pasar tersendiri yang di dalamnya berisi orang – orang yang tertarik dengan produk Anda.

Rawat komunitas tersebut dengan memberikan giveaway, hadiah atau gift, dan sebagainya. Dengan begitu komunitas Anda akan terawat dan peluang agar komunitas Anda bisa tumbuh jauh lebih besar bisa Anda dapatkan.


Mengendalikan kepercayaan customer dan calon customer

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kepercayaan customer dan calon customer. Tentunya Anda harus menyediakan produk sebaik mungkin untuk melakukan menggaet customer karena apapun yang dilakukan pasti hasil akhirnya adalah penilaian produk atau jasa Anda tersebut.

Setelah Anda yakin produk sudah maksimal, ada beberapa tips dan trik juga yang perlu Anda jalankan dalam mengendalikan kepercayaan customer dan calon customer meliputi :

Pembuatan konten marketing

Konten marketing menjadi salah satu strategi growth hacking di startup yang harus dijalankan. Konten marketing juga menjadi suatu alat yang dapat dimanfaatkan dalam memperkenalkan suatu brand atau produk yang Anda miliki.

Membuat suatu konten marketing bisa melalui video atau tulisan memanfaatkan berbagai sosial media yang dimiliki bisnis Anda. Strategi ini tidak butuh biaya besar, hanya saja konsistensi dalam pengaplikasiannya sangat Anda perlukan.

Paling tidak tiga hari atau satu minggu sekali Anda harus membuat konten marketing yang menarik agar followers Anda tidak menunggu terlalu lama untuk mengenal produk Anda lebih jauh. Anda juga bisa membuat konten yang berkaitan dengan produk Anda, cara packing produk Anda, atau berbagi tips memulai usaha. Pastikan konten marketing yang Anda buat berkaitan dengan produk dan pastinya memiliki value agar Anda tidak kehilangan followers.

Memaksimalkan product marketing

Membuat produk yang menarik, dan memiliki kelebihan menjadi tugas Anda sebagai seorang pebisnis. Sementara jika usaha yang Anda kembangkan adalah di bidang jasa maka yang harus Anda lakukan adalah berusaha menyediakan jasa yang solutif untuk setiap customer Anda.

Sukses atau tidaknya product marketing yang diterapkan terdiri atas beberapa indikator berikut ini :

·         Customer satisfaction : merupakan suatu aspek yang menunjukkan seberapa puas konsumen terhadap produk yang mereka gunakan sehingga dapat menjadi acuan dalam penentuan success rate suatu produk yang ditawarkan.

·         Retention curve : merupakan suatu data yang nantinya menunjukkan apakah setelah jangka waktu tertentu konsumen dapat menggunakan suatu produk atau tidak. Penilaian ini biasanya digunakan terhadap suatu produk yang sudah ada di pasaran, bukan produk yang baru saja dikeluarkan.

·         Growth or revenue rate : ada beberapa aspek yang termasuk dalam penentuan revenue rate yaitu jumlah konsumen dan juga jumlah produk yang digunakan. Perhitungan ini pada akhirnya akan menjadi aspek penentu terhadap performa produk apakah sudah melebihi target yang sudah ditetapkan di awal atau belum memenuhi target.

·         Diskon untuk social shares : Anda bisa memberikan giveaway atau gift terhadap orang – orang yang menyebarkan berita tentang layanan atau produk Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan sales baru melalui social shares atau word of mouth dan mendapatkan leads yang oke dari sana.

·         Advertising : traffic dan eksposure bisa didapatkan melalui berbagai macam cara. Salah satu caranya adalah dengan mengandalkan strategi advertising atau brand awareness, jadi pastikan Anda tidak pelit untuk mengeluarkan budget iklan demi kelangsungan perkembangan atau pertumbuhan usaha Anda.


Memanfaatkan email marketing

Hal pertama yang Anda perlu manfaatkan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah email marketing. Melalui email marketing, Anda bisa mengumpulkan pelanggan dan memberikan informasi melalui email baik informasi yang berbentuk ketersediaan produk, produk baru, dan sebagainya.

Dengan begitu, perhatian pengguna dapat lebih mudah untuk Anda dapatkan. Cara ini juga sekaligus dapat meningkatkan kemungkinan seseorang memasukkan email mereka menuju ke email list Anda. Jadi ketika ada pembelian, Anda bisa mengajak pelanggan di form pembelian agar mereka memasukkan email. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan email pembeli dan bisa Anda simpan di database untuk memudahkan memberikan informasi atau melakukan aktivitas promosi.  


Kolaborasi dengan brand lain

Kolaborasi menjadi salah satu tips tepat yang bisa Anda jalankan karena ketika Anda berkolaborasi dengan brand lain, visibilitas produk Anda akan meningkat dengan pesat.

Hal ini terjadi karena produk Anda tidak hanya dipromosikan melalui sosial media Anda ketika kolaborasi sudah dijalankan. Melainkan produk Anda juga akan dipromosikan melalui sosial media brand lain yang tentu hal ini membuat produk Anda bisa menjangkau audiens baru jauh lebih banyak.

Strategi growth hacking di startup menjadi sangat penting diperhatikan karena akan sangat memungkinkan bagi sebuah startup agar bisa tumbuh dan berkembang secara jauh lebih cepat. Bukan hanya dari segi jumlah pengguna atau pelanggan saja, brand juga akan jauh lebih kompetitif dan jauh lebih kuat dengan strategi growth hacking yang tepat. Oleh sebab itu, mekanisme dan metode growth hacking tidak boleh Anda remehkan.

 

 

logoblog

Thanks for reading Meningkatkan Pertumbuhan Startup Bisnis Anda

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.