Sunday, July 4, 2021

5 Cara Efektif Memajukan Usaha Dagang Menjadi Besar

  Poor Man       Sunday, July 4, 2021

5 Cara Efektif Memajukan Usaha Dagang Menjadi Besar - Usaha dagang adalah cara usaha paling tua setelah barter didunia yang masih saat ini menjadi usaha paling diminati banyak orang untuk cepat kaya dan sukses. Dagang adalah kegiatan usaha paling sederhana karena hanya menjual-membeli dari tangan pertama ke tangan kedua, atau lebih sederhananya dari penjual ke pembeli, sekalipun mudah ada banyak faktor yang membuat usaha dagang berkembang dan maju. Apalagi sekarang sudah jamannya belanja online, kemungkinan besar mereka yang punya modal besar yang dominan di pasar. Untuk itu, sebagai pengusaha kecil anda memerlukan cara efektif dalam memajukan dan mengembangkan usaha anda menjadi besar melalui celah dan kesempatan yang ada.

5 Cara Efektif Memajukan Usaha Dagang Menjadi Besar

Memajukan usaha bisnis memang tak semudah mengedipkan mata, anda perlu menerapkan beberapa prinsip dan cara  agar bisnis dagang anda laris manis. Apalagi jika anda seorang pengusaha pemula yang baru menggeluti bidang perbiagaan atau perdagangan. Anda memerlukan ilmu dan pengalaman. Berikut akan kami akan bagikan beberapa tips sukses menjalankan dan mengembangkan usaha perdagangan yang bisa anda terapkan di bisnis anda. Simak baik baik 5 Cara Efektif Memajukan Usaha Dagang Menjadi Besar berikut ini.

1. Menerapkan Etika Bisnis yang Baik

Orang yang tidak paham etika bisnis kebanyakan gagal walau kerja keras berlumuran darah. Usaha dagang tidak semata mata mencari untung, tetapi karena adanya hubungan komunikasi formal dan non formal diantara manusia yang terlibat, penjual dengan pembeli, penjual dengan mitra dan penjual dengan karyawannya. Orang yang pandai membaur mempunyai kelebihan dalam hal berdagang. Bagaimana bisa anda menjual barang dan jasa kepada pembeli jika anda tidak mau menghadapi pembeli yang rewel, mitra yang bandel dan karyawan yang lamban. Semua itu butuh etika bisnis, sikap dan tindakan yang bisa mengatasi hal atau masalah dalam kegiatan berdagang. Selain itu, anda juga perlu menerapkan etika bisnis lainnya, seperti tanggng jaewab, kerja keras, disiplin dan lainnya.

2. Inovasi baru

Menurut saya ini adalah kunci suksesnya usaha dagang anda, melahirkan inovasi produk dan layanan setiap waktu sesuai perkembangan zaman, kemudahan teknologi dan perubahan budaya. Ibarat anda menjual HP, tidak mungkin anda menjual hp jadul terus. Selain menerapkan pada produk anda juga menerapkan layanan yang baik, seperti halnya memberi kredit, bonus dan diskon kepada pembeli. Dengan adanya produk dan layanan yang baru tentu usaha dagang anda dicari.

3. Spiritualitas yang baik

Orang sukses rata rata memiliki spiritualitas yang baik, apa itu? Yaitu hubungan baik dengan penciptanya. Mereka paham bukan hanya usaha keras, mereka juga perlu doa dan harapan dari yang menciptakannya. Doa itu ibarat pupuk, kalau tanaman diberi pupuk yang baik maka tanaman itu juga tumbuh baik, begitu juga dengan usaha yang diringi doa, usaha tersebut terasa mudah dan lancar.

4. Inovasi sebagai jaminan modal pinjaman/hutang/investasi

Banyak pengusaha kreatif yang hanya mengandalkan inovasi usaha untuk menarik pinjaman dan investasi. Ada banyak contohnya seperti kisah wiliam tanuwidjaya pemiliki tokopedia dan zaky CEO bukalapak. Mereka cuma berinovasi, dan hasil inovasi tersebut menjadi daya tarik orang lain untuk meminjamkan modal dan investasi.

5. Menjamah perdagangan online

Sudah sepantasnya usaha dagang anda berbasis online untuk memperluas jarinan pemasaran anda. Seperti kita tahu bahwa masyarakat telah beralih kebiasan belanja ofline ke online yang lebih praktis dan mudah. Masalah biaya buat toko online itu kecil jika dibandingkan keuntungan yang didapat nantinya. Jadi jangan ragu untuk memulai menjamah dunia online.

Ya demikianlah tadi ulasan mengenai 5 Cara Efektif Memajukan Usaha Dagang Menjadi Besar yang bisa anda lakukan. Beda kepala beda pengalaman, namun pengalaman anda sendirilah yang tetap paling berharga. Sekian, semoga sukses !!.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membangun Bisnis Agar Terus Berkembang

logoblog

Thanks for reading 5 Cara Efektif Memajukan Usaha Dagang Menjadi Besar

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.